offroad bandung, offroad malang

Seru Banget! Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata Offroad di Malang

Malang dan Batu terkenal memiliki kontur pegunungan yang pas banget untuk kegiatan offroad. Karena itu, tidak heran jika kawasan ini menjadi salah satu tujuan wisata offroad terbaik di Indonesia.

Selain menikmati keindahan dan kesejukan alam, kamu pun bisa sekalian seru-seruan sambil memacu adrenalin. Lalu, di mana ya kita bisa menjajal kegiatan offroad yang memacu adrenalin? Berikut ini adalah lima tempat wisata offroad Malang dan sekitarnya yang paling seru!

1. Offroad Coban Talun

offroad coban talun

Photo: @coban_talunofficial via Instagram

Lokasi: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Pilihan wisata offroad Batu Malang pertama yang bisa kamu coba adalah Coban Talun. Coban Talun sendiri merupakan air terjun setinggi 50-60 meter yang berada di tengah alam yang masih sejuk dan asri.

Kawasan wisata ini menjanjikan rute dengan medan terjal yang cocok untuk para pencinta offroad. Selama 2-5 jam, kamu akan bertualang melewati berbagai medan, mulai dari jalan raya, pedesaan, lumpur, perkebunan, hutan pinus, hingga sungai.

Jika memilih trek yang panjang, kamu akan melaju di atas kendaraan offroad dimulai dari:

Pura Giri Arjuna > kebun apel > Lapangan Jungga > kebun sayur > hutan pinus > Sungai Coban Talun

Untuk menjajal wisata ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp900.000/Jeep dengan kapasitas maksimal tiga orang. Harga ini berlaku untuk trek panjang (3-4 jam) dan sudah termasuk mobil, driver, bahan bakar, dan wisata petik apel.

Jika ingin paket yang sudah termasuk snack/coffee break, biayanya sebesar Rp1.150.000/Jeep. Untuk trek pendek dengan durasi 2-3 jam, harganya adalah Rp650.000/Jeep dan sudah termasuk mobil driver, dan bahan bakar. Selain itu, ada juga paket per orang seharga Rp220.000 per orang.

Sebelum menjajal keseruan wisata offroad Malang ini, kamu akan diminta untuk berkumpul di satu meeting point. Tempatnya tergantung pada event organizer yang dipilih. Salah satu yang paling sering digunakan adalah Coban Talun itu sendiri.

Dari Kota Batu, jaraknya sekitar 12 km dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menitan. Kamu bisa berkendara melewati Jalan Dewi Sartika-Jalan Sultan Agung-Jalan Ahmad Yani-Jalan Brantas-Jalan Bukit Berbunga-Jalan Raya Tulungrejo-Jalan Coban Talun.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan kendaraan umum dengan turun di Stasiun Malang. Lanjutkan perjalanan menuju Terminal Arjosari dengan menggunakan angkot.

Selanjutnya, kamu perlu menaiki angkot lagi ke Terminal Landungsari. Dari terminal ini, lanjutkan kembali perjalanan dengan angkutan kota menuju Terminal Batu. Lalu, naiklah angkot warna oranye tujuan Selecta dan Coban Talun.

Baca juga: 24 Rekomendasi Tempat Outbound Batu Malang. Tawarkan Segudang Aktivitas Seru!

2. Offroad Coban Tengah

Lokasi: Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

Pilihan wisata offroad Malang berikutnya adalah Coban Tengah. Coban Tengah merupakan air terjun setinggi 30 meter yang berlokasi di antara air terjun Coban Rondo dan Coban Manten. Karena itulah air terjun ini dinamai Coban Tengah.

Sama halnya seperti wisata offroad sebelumnya, Coban Tengah menjadi destinasi akhir yang akan kamu tuju setelah melewati serangkaian medan terjal. Ada jalan aspal, pedesaan, jalan tanah, jalan berlumpur, sungai, jalan berbatu, hingga hutan pinus.

Harga paket wisata per orang adalah sekitar Rp300.000 dan ini terbilang cukup lengkap karena sudah sudah termasuk:

  • Perjalanan dengan mobil Jeep selama 3-4 jam
  • Bahan bakar
  • Driver berpengalaman
  • Tiket masuk lokasi wisata
  • Coffee break dan gorengan
  • P3K standar
  • Dekorasi foto dan dokumentasi
  • Fun game

Kamu bisa mendapatkan harga lebih murah, namun dengan isian paket yang lebih standar, yaitu mobil, bahan bakar, driver, dan tiket wisata.

Di samping itu, meeting point-nya juga bisa berbeda-beda tergantung EO yang kamu pilih serta kesepakatan antara kamu dan EO. Namun, jika meeting point-nya berada di sekitar Coban Tengah dan kamu datang dari arah Malang, kamu bisa mengambil jalur menuju Kota Batu.

Selanjutnya, arahkan kendaraan ke kawasan Pujon. Jika sudah memasuki wilayah Pujon, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Coban Rondo. Setelah memasuki area wisata Coban Rondo, kamu akan menjumpai pertigaan dan beloklah ke kiri untuk jalan ke Coban Tengah.

Baca juga: 4 Rekomendasi Paket dan Lokasi Outbound di Jawa Timur

3. Offroad Budug Asu

offroad bogor

Photo: Saeid Anvar via Pexels

Lokasi: Kreweh, Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang

Puncak Budug Asu bisa menjadi pilihan lainnya buat kamu yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata offroad Malang. Budug Asu ini merupakan bukit di lereng Gunung Arjuno yang kerap dijadikan jalur pendakian ramah pemula.

Berlokasi di ketinggian 2.000 mdpl, Puncak Budug Asu akan memanjakan pengunjung dengan keindahan Gunung Arjuno sekaligus hamparan sabananya yang luas. Dari atas sana, kamu juga bisa melihat pemandangan perkebunan teh, kopi, hingga pepohonan pinus. Namun, sebelum sampai ke puncak, kamu perlu mendaki tanjakan ringan yang berbatu.

Kegiatan offroad-nya sendiri akan membawa kamu melewati perkebunan teh, perkebunan kopi, serta jalan berbatu, berlumpur, dan pedesaan. Perjalanannya dimulai dari kebun teh menuju Budug Asu dengan menggunakan mobil jenis Jeep dengan kapasitas maksimal tiga orang.

Ada tiga pilihan yang bisa kamu coba, yaitu trek pendek (4 jam/7 km), sedang (7 jam/9 km), dan panjang (8 jam/20 km).

Berikut ini adalah rincian harganya:

  • Trek pendek: Rp750.000/Jeep atau Rp250.000/orang
  • Trek sedang: Rp900.000/Jeep atau Rp300.000/orang
  • Trek panjang: Rp1.125.000/Jeep atau Rp375.000/orang

Paket trek pendek biasanya sudah termasuk sewa mobil Jeep, driver, bahan bakar, dan tiket masuk wisata. Untuk trek sedang, ada tambahan satu kali makan siang. Sementara itu, trek panjang memiliki tambahan sarapan, makan siang, dan wisata ke Candi Sumberawan dan Singosari.  

Karena bermula dari perkebunan teh, meeting point pun tidak akan jauh dari sana. Salah satu yang paling sering digunakan adalah Kebun Teh Wonosari. Untuk mencapai area tersebut dari Kota Malang, kamu bisa melalui Jalan Raya Mondoroko dan Jalan Diponegoro hingga sampai ke area kebun teh.

Baca juga: Sukawana Offroad Track: Jalur Ekstrem yang Menantang dan Seru di Bandung

4. Offroad Gunung Mujur

offroad bogor, offroad malang

Photo: @jwvein via  Pixabay

Lokasi: Dusun Borogragal, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang

Dengan konturnya yang berbukit, tidak heran kalau Gunung Mujur menjadi salah satu pilihan favorit wisata offroad Malang yang layak dicoba. Sama halnya seperti Budug Asu, Gunung Mujur merupakan sebuah bukit yang ada di lereng Gunung Arjuno dengan ketinggian 655 mdpl.

Ada beberapa karakter lintasan yang ditawarkan Gunung Mujur dan bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan kendaraan. Di antaranya adalah lintasan ringan yang melewati perkebunan jagung hingga lintasan menantang yang berakhir di Kebun Teh Wonosari.

Tantangannya sendiri berupa tanah berlumpur yang semakin memacu adrenalin saat hujan tiba. Di samping itu, ada juga tanjakan, turunan, dan lintasan sempit yang membuat mobilmu harus melaju dengan penuh perjuangan. Sebagai pelengkap, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan kebun apel, jeruk, kopi, hingga hutan pinus yang menyegarkan mata.

Sama seperti wisata offroad Malang lainnya, meeting point untuk offroad ke Gunung Mujur juga tergantung kesepakatan kamu dengan EO. Namun, untuk menuju kawasan Gunung Mujur, kamu bisa berkendara melalui Jalan Raya Mondoroko-Jalan Raya Tumapel-Jalan Raya Klampok-Gunung Mujur.

5. Coban Manan

Lokasi: Dusun Talasan, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

Satu lagi air terjun yang menjadi favorit untuk wisata offroad Malang, yaitu Coban Manan. Air terjun satu ini memang terletak di tengah hutan yang masih sulit dijangkau. Karenanya, tidak heran Coban Manan pun cukup populer di kalangan pencinta motor trail dan offroad.

Wisata offroad satu ini memang menjanjikan lintasan menantang yang akan memacu adrenalinmu. Kamu akan melaju melewati medan berlumpur, berbatu, dan bermakadam serta beberapa sungai kecil.

Untuk menikmati keseruan wisata offroad Malang ini, kamu bisa menyiapkan dana mulai dari Rp285.000 per orang. Harga tersebut biasanya sudah termasuk:

  • Sewa mobil Jeep/Land Rover
  • Driver professional
  • Bahan bakar
  • Retribusi desa
  • Coffee break, camilan dan air mineral
  • Tiket masuk wisata

Kalau datang dari Malang, kamu bisa mencapai kawasan Coban Manan dengan melewati Jalan Kalpataru-Jalan Raya Dadaprejo-Jalan Patimura-Jalan Sultan Agung-Jalan Hasanudin-Jalan Trunojoyo-Jalan Beringin.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata offroad Malang paling seru dan sayang untuk dilewatkan. Mana yang paling membuatmu tertarik?

Jajal Serunya Sensasi Offroad dan Menginap di Bobopod Malang

kamar Bobopod Malang

Photo: Bobobox Internal Asset

Sambil menentukan pilihan, sempatkan juga untuk mencari penginapan nyaman untuk melepas lelah setelah puas menjajal medan terjal. Kalau kamu masih belum tahu akan menginap di mana, Bobopod Alun-Alun, Malang bisa menjadi pilihan.

Lokasinya yang strategis di jantung Kota Malang akan memudahkan kamu untuk mengakses berbagai tempat menarik di Malang. Ada Stasiun Malang, Alun-Alun Malang, Alun-Alun Kota Malang, dan Plaza Malang.

Bobopod juga menawarkan pod nyaman dengan fasilitas canggih yang dijamin bikin kamu betah berlama-lama rebahan, apalagi saat tubuh lelah setelah berwisata offroad. Kamu akan dimanjakan dengan ranjang luas dan empuk, Wi-Fi-nya kencang, hingga fitur mood lamp untuk mengatur warna lampu di dalam pod. 

Putih, oranye, ungu, dan warna lainnya bisa kamu pilih untuk kamu sesuaikan dengan kenyamanan, termasuk untuk membaca, tidur, dan bahkan sekadar foto-foto. 

Kamarnya sendiri terdiri dari tipe single dan double dengan pilihan Earth (bawah) dan Sky (atas). Di setiap kamarnya sudah tersedia tempat duduk, meja mini, gantungan pakaian, serta handuk dan toiletries. Di area umum, kamu akan menjumpai toilet bersama yang bersih nan estetik, pantry dengan microwave dan wastafel,, ruang komunal, musala, dan isi ulang air. 

Yuk, langsung pesan pod yang kamu mau dengan mengunduh aplikasi Bobobox di Play Store maupun App Store!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Featured photo: Dan Gomer via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles