minuman khas manado

Segar! 7 Rekomendasi Minuman Khas Manado yang Harus Kamu Cicipi

Saat berlibur di suatu kota, kamu tentu wajib mencicipi kuliner makanan dan minuman khas kota tersebut. Pasalnya, kesempatan mungkin hanya datang sekali. Hal ini juga berlaku saat kamu sedang berlibur di Kota Manado.

Manado memiliki sejumlah minuman tradisional yang berbeda dengan minuman yang disajikan di daerah lain. Yup, beberapa di antaranya bahkan hanya bisa kamu temukan di Manado.

Kalau kebetulan kamu memang sedang berada di kota ini, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi aneka kuliner minuman khasnya. Sebagai rujukan, intip rekomendasi minuman khas Manado yang wajib kamu coba berikut ini!

7 Minuman Khas Manado yang Menyegarkan

1. Saraba

Saraba

Sumber: Dapur B’wish via Cookpad

Jika kamu mengeksplorasi Kota Manado pada malam hari, tentu kamu ingin mencicipi minuman yang mampu menghangatkan tubuh.

Nah, salah satu minuman khas Manado yang bisa kamu jajal adalah saraba. Saraba memang biasa diminum masyarakat Manado ketika musim hujan tiba. Pasalnya, minuman ini terbuat dari jahe merah, serai, cengkih, dan kayu manis. Supaya makin enak, minuman ini bisa kamu tambahkan telur ayam kampung mentah.

Proses pembuatannya sendiri terbilang cukup sederhana. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Hanya saja, tentu tak afdal jika tidak berlibur tanpa mencicipi secara langsung saraba yang dijajakan penjual setempat.

Bobocabin Bobobox

2. Saguer

Saguer

Sumber: idntimes.com

Selanjutnya, kamu bisa mencoba saguer. Minuman khas Manado ini terbuat dari fermentasi air nira pohon aren. Setelah jadi, warna minuman tersebut relatif mirip dengan air susu. Meski begitu, secara rasa, saguer punya cita rasa campuran antara manis, pahit, dan asam.

Pada zaman dulu kala, minuman tradisional ini dilarang untuk diminum masyarakat awam. Ini tak lepas dari mitos bahwa saguer dianggap sebagai minuman dewa. Namun, di abad ke-18, saguer mulai dikonsumsi masyarakat awam dan dijual oleh para petani.

Di Manado sendiri, saguer biasa dikonsumsi saat acara keluarga dan pesta pernikahan. Perlu diketahui bahwa minuman ini termasuk minuman keras karena punya kadar alkohol 4–5 persen. Jadi, hati-hati sebelum memutuskan untuk meminumnya, ya.

3. Es Tji Mei

Es Tji Mei

Sumber: Justdading via Tripadvisor

Es tji mei adalah minuman khas Manado lainnya yang mesti kamu cicipi.

Sekilas, minuman ini tampak seperti es kacang merah karena memang terbuat dari kacang merah rebus yang manis dan empuk. Namun, es tji mei memiliki tambahan buah durian dan alpukat.

Tambahan buah-buahan ini membuat rasa es tji mei makin spesial, terutama jika dinikmati saat cuaca sedang panas-panasnya. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 20 Rekomendasi Makanan Khas Bandung untuk Oleh-Oleh

4. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

Sumber: Muhammad Irzal Adiakurnia via Kompas.com

Es kacang merah Manado bisa kamu temukan di sejumlah tempat makan dengan cukup mudah.

Sebenarnya, kamu bisa menemukan es kacang merah di daerah lain seperti Palembang. Walau begitu, es kacang merah khas Manado punya perbedaan yang cukup signifikan dibanding es kacang merah di daerah lain.

Minuman tradisional Manado ini memakai susu cokelat manis sebagai pemanisnya. Ini yang menjadi pembeda karena es kacang merah di Palembang memakai sirup kokopandan.

Karena termasuk minuman dingin, es kacang merah amat cocok disantap saat cuaca sedang panas-panasnya. Di samping itu, es kacang merah juga cocok dijadikan sebagai takjil saat berpuasa.

5. Es Sirsak Manado

Es Sirsak Manado

Sumber: Desriayu via Cookpad

Kebanyakan minuman khas Manado memang berupa minuman dingin. Salah satu yang Bob rekomendasikan untukmu adalah es sirsak Manado.

Minuman ini terbuat dari buah sirsak yang diblender, dituang ke gelas atau mangkuk, lalu dicampur sejumlah topping. Topping yang kerap digunakan adalah alpukat, kelapa muda, sagu mutiara, jeli, dan buah-buahan lainnya. Terakhir, sirami dengan susu kental manis.

Es sirsak Manado bisa kamu jumpai di lapak pedagang kaki lima atau di rumah-rumah makan.

6. Es Kelapa Muda Gula Merah

Es Kelapa Muda Gula Merah

Sumber: nidarudi via Cookpad

Rekomendasi minuman khas Manado berikutnya adalah es kelapa muda gula merah. Minuman ini disajikan dengan mencampurkan gula merah ke kelapa muda dalam gelas. Setelah itu, barulah es kelapa diberi bongkah-bongkah es batu untuk memberi efek dingin.

Bagi yang butuh minuman yang menyegarkan dahaga, kamu memesan es kelapa muda gula merah segar ini saat liburan di Manado.

7. Cap Tikus

Cap Tikus

Sumber: Achmad Dwi Afriyadi via detik.com

Selain saguer, ada satu lagi minuman beralkohol yang jadi minuman khas Manado, yakni Cap Tikus.

Seperti halnya saguer, Cap Tikus berasal dari Minahasa dan berbahan dasar air nira. Pembeda minuman ini dengan saguer adalah proses pembuatannya yang lebih lama dan kadar alkoholnya yang lebih tinggi, yaitu 45 persen.

Cap tikus sendiri sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Saat itu, minuman ini masih bernama sopi dan biasa dijual di Benteng Amsterdam, Manado.

Para penjual sopi tersebut umumnya adalah para pedagang Tiongkok, sedangkan pembelinya para petani Minahasa. Para petani ini mengonsumsi sopi karena mampu menghangatkan tubuh serta memantik semangat kerja.

Rasakan Indahnya Menginap di Bobocabin Bunaken Hills

Bobocabin Kini Hadir di Bunaken!

Liburan di Manado terasa makin lengkap jika kamu menginap di tempat dengan pemandangan yang memukau. Kalau itu yang kamu cari, bersiaplah, karena Bobocabin Bunaken Hills telah hadir di Manado.

Bobocabin hadir dengan fasilitas lengkap yang bakal menunjang istirahatmu, seperti kabin yang leluasa, pengeras suara untuk mendengarkan musik, jendela yang bisa kamu atur agar transparan atau ke mode privasi, campfire & BBQ, dan banyak lainnya.

Yuk, amankan kabinmu segera dengan reservasi via aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier Abdul Fiqih P

Foto header: putrafarmayogyakarta.co.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles