Menu Takjil Tanpa Minyak

Jangan Gorengan Terus! Inilah 10 Menu Takjil Tanpa Minyak

Gorengan adalah salah satu menu makanan yang biasa disantap untuk berbuka puasa. Sebab, makanan ini mudah didapat dan dipatok dengan harga yang sangat terjangkau.

Sayangnya, gorengan bisa memberi dampak buruk jika terus-terusan dijadikan menu buka puasa. Karena itu, tak ada salahnya jika kamu mencoba sejumlah menu takjil tanpa minyak.

Menu takjil tanpa minyak ini sangat direkomendasikan. Pasalnya, kumpulan takjil ini memiliki banyak kandungan yang menyehatkan bagi tubuh.

Mengapa Perlu Membatasi Makan Gorengan Saat Buka Puasa?

Saat buka puasa, kebanyakan orang kerap menyantap gorengan sebagai menu pembuka. Padahal, jenis makanan ini sangat disarankan untuk dihindari ketika kamu berbuka puasa.

Pertama, lemak pada goreng cenderung sulit dicerna. Ini membuat tubuh lebih lama mencerna gorengan.

Alhasil, kondisi tersebut bisa mengganggu dan menghambat perut dalam mencerna zat gizi lainnya.

Kedua, gorengan kemungkinan besar mengandung lemak trans. Lemak trans sendiri bisa meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Berikutnya, gorengan berpotensi mengandung akrilmadia, zat beracun yang terbentuk dalam makanan yang dimasak dalam suhu tinggi.

Kandungan akrimalida yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

Terakhir, gorengan mengandung lebih banyak kalori. Memakan gorengan sebagai menu berbuka puasa secara berlebihan justru bisa meningkatkan asupan kalori secara signifikan.

Rekomendasi Menu Takjil Tanpa Minyak

Kira-kira makanan apa saja yang masuk dalam rekomendasi Bob? Yuk, simak berbagai rekomendasinya di sini!

1. Putu Ayu

Putu Ayu

Sumber: Kompas.com

Rekomendasi menu takjil tanpa minyak pertama adalah putu ayu. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, dan telur.

Bahan yang membuat kue putu berwarna hijau mencolok sendiri adalah penggunaan air daun suji.

Dalam pembuatannya, setelah semua campuran tadi teraduk rata, adonannya dikukus dan dicetak.

Lalu, agar rasanya lebih enak, kebanyakan orang akan menambahkan kelapa parut di atasnya.

2. Kue Cokelat Cornflakes

Kue Cokelat Cornflakes untuk Takjil tanpa Gorengan

Sumber: Kompas.com

Kue cokelat cornflakes adalah menu takjil yang bisa kamu coba buat di rumah.

Jenis kue ini terbilang praktis dalam pembuatannya karena hanya membutuhkan 3 bahan utama saja, yakni cornflake, margarin, dan cokelat gelap.

Jika kebetulan kamu tidak mempunyai stok cornflake di rumah, tak perlu khawatir. Pasalnya, menu takjil tanpa minyak ini bisa dikreasikan sesuka hatimu.

Misalkan saja, kamu bisa menggunakan sereal sebagai pengganti cornflake.

3. Salad Buah

Takjil tanpa gorengan dengan salad buah

Sumber: Jane Doan via Pexels

Berikutnya, kamu bisa mengonsumsi salad buah sebagai menu untuk berbuka puasa. Makanan satu ini terkenal akan kandungan gizi yang sangat banyak dan dibutuhkan tubuh.

Menu takjil ini juga kaya vitamin. Kandungan tersebut pun memiliki manfaat, yakni bisa membuat tubuh tetap kuat menjalankan puasa di tengah kesibukan sehari-hari.

Umumnya, salad buah memakai buah-buahan seperti buah naga, apel, jeruk, dan mangga. 

Untuk proses pembuatannya, kamu dijamin tak akan kerepotan. Pasalnya, menu makanan ini bisa disajikan hanya dalam waktu 15 menit saja.

Baca Juga: 9 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa, Bikin Makin Semangat!

4. Kue Lumpur

Kue Lumpur

Sumber: caramembuat.id

Meski namanya terdengar aneh, kue lumpur adalah salah satu menu takjil tanpa minyak yang direkomendasikan.

Alasannya sendiri cukup sederhana, yakni makanan ini punya cita rasa dan tampilan yang menggiurkan.

Untuk bisa mendapatkan kue lumpur, kamu cukup datang ke pasar atau tempat yang menjual makanan tradisional. Sebab, makanan ini termasuk salah satu jajanan tradisional yang cukup populer.

Kue lumpur terbuat dari kentang, tepung, santan, dan telur. Kue ini sendiri dinamakan kue lumpur karena teksturnya yang lembut. Saat disantap, jajanan ini akan terasa meleleh di mulut.

5. Jagung Bakar

Jagung Bakar

Sumber: Meruyert Gonullu via Pexels

Menu takjil tanpa minyak berikutnya adalah jagung bakar. Seperti yang kamu ketahui, menu satu ini tidak membutuhkan banyak bahan untuk proses pembuatannya.

Saat dibuat, kamu hanya perlu jagung dan bumbu berupa mentega, kecap manis, dan saus. Setelah bahan dipersiapkan, kamu pun tinggal mengoleskan bumbu-bumbunya.

Selain itu, kamu tidak harus menggunakan peralatan memanggang untuk memasaknya. Kamu bisa memasak jagung bakar dengan air fryer jika peralatan memanggangnya tidak ada.

6. Lupis

Lupis

Sumber: herstory.co.id

Bagi yang suka makanan manis, kamu tentu tak asing dengan lupis. Makanan ini mempunyai rasa yang manis legit yang membuat siapa pun dibuat ketagihan.

Jika tertarik, kamu bisa membuatnya di rumah. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti beras ketan, kelapa parut, dan gula merah cair. Setelah dibuat adonan, lupis dimasak dengan cara dikukus atau direbus dalam air.

7. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Sumber: urbanjabar.com

Menu takjil tanpa minyak terakhir adalah es pisang ijo.

Menu satu ini kerap jadi primadona saat bulan puasa tiba. Hal ini terbilang cukup wajar mengingat rasanya yang tak hanya manis, tetapi juga menyegarkan.

Es pisang ijo sendiri sangat mudah dibuat. Kamu hanya perlu pisang sebagai bahan dasarnya.

Di samping mudah dibuat, es pisang ijo mampu memberikan kepuasaan tersendiri saat dijadikan sebagai menu buka puasa. Pasalnya, menu satu ini mampu memberi kesegaran yang dibutuhkan setelah seharian menahan dahaga.

Jadi, jangan sampai tidak mencoba es pisang ijo sebagai menu takjilmu, ya!

8. Nagasari

Nagasari

Sumber: food.detik.com

Menu takjil tanpa minyak berikutnya adalah Nagasari, dengan selera dengan kelezatan kue tradisional yang terbuat dari paduan tepung beras dan santan, diisi dengan potongan pisang raja. Keistimewaan rasa manisnya membuat kue nagasari sebagai alternatif yang pas untuk hidangan berbuka puasa. Dengan proses pembuatan yang simpel, kue ini cukup diukus setelah adonannya dibungkus dengan daun pisang, menciptakan pilihan takjil yang lezat tanpa menggunakan minyak.

9. Kue Talam

Kue Talam

Sumber: kompas.com

Menu berikutnya adalah kue talam, proses persiapannya melibatkan pengukusan yang menghasilkan tekstur lembut dan rasa yang memikat selera tanpa menambahkan kandungan minyak. Campuran tepung beras, tepung kanji, santan kelapa, gula jawa, dan gula pasir dalam adonannya menciptakan paduan cita rasa yang nikmat dan khas, menjadi pilihan takjil sehat dan lezat untuk dinikmati saat berbuka puasa.

10. Ongol-ongol

ongol-ongol

Sumber: kompas.com

Ongol-ongol, salah satu pilihan takjil tanpa minyak yang lezat dan menyegarkan. Kue yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan kelapa parut ini memiliki keunikan tersendiri. Proses pembuatannya melibatkan pencampuran ketan dengan air daun pandan, memberikan aroma harum yang khas. Setelah dikukus hingga matang, ongol-ongol dipadukan dengan kelapa parut dan gula kelapa sebagai pelengkap manis alami. Ongol-ongol tidak hanya memuaskan keinginan untuk sesuatu yang manis, tetapi juga memberikan pilihan takjil sehat yang ramah kesehatan selama bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Menu Buka Puasa yang Lezat dan Mudah Dibuat

Menginap selama Ramadan? Yuk, Datang ke Bobopod!

Nginap di Bobocabin yang Nyaman

Mencari penginapan yang cocok tentu cukup menyulitkan, khususnya di bulan Ramadan. Jika kamu mengalaminya, tak perlu pusing. Pasalnya, ada Bobopod yang bisa kamu kunjungi.

Hotel kapsul ini dilengkapi dengan fasilitas mumpuni seperti koneksi Wi-Fi kencang, kasur empuk, dan speaker Bluetooth untuk mendengarkan lagu.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapatkan di aplikasi Bobobox, ya!

 

Penulis artikel: Ernier Abdul Fiqih P

Foto header: Lisa Fotios via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles