menu makanan vegetarian

Praktis, Inilah 12 Menu Makanan Vegetarian yang Enak untuk Sehari-hari

Memilih vegetarianisme sebagai cara hidup tampaknya menjadi tren yang populer saat ini, dan mungkin kamu juga ikut serta.

Kebanyakan orang beralih ke pola makan vegetarian karena percaya ini akan membantu dalam penurunan berat badan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Menu Makanan Vegetarian yang Enak untuk Sehari-Hari

Jadi, apa saja pilihan menu vegetarian yang bisa kamu cicipi setiap hari? Mari kita lihat berbagai menu makanan vegetarian yang sederhana, lezat, dan sehat:

1. Sapo Tahu

Sapo Tahu

Sumber: Dapur KOBE

Sapo tahu, makanan asli dari Tiongkok yang sudah cukup populer di Indonesia, merupakan pilihan menu makanan vegetarian yang baik. Resep utamanya terdiri dari tahu, sayuran, dan berbagai bumbu.

Biasanya, sapo tahu disajikan dalam mangkuk keramik yang dikenal sebagai claypot. Ini bertujuan agar makanan tetap hangat dalam waktu yang lebih lama. Rasanya? Jangan ragu, pasti enak dan menyegarkan! 

2. Gado-Gado

Gado-gado adalah menu makanan vegetarian yang sempurna untuk sarapan dan makan siang. Makanan khas yang disajikan dengan saus kacang ini mudah ditemukan di berbagai warung dan restoran.

Kamu jug bisa membuat gado-gado sendiri di rumah karena menu ini cukup mudah dibuat. Kamu hanya perlu menyiapkan sayuran dan bumbu kacang.

Baca Juga: Tips Mencegah Kolestrol Naik! Ini dia Menu Vegetarian yang Bisa Kamu Coba

3. Ketoprak

Menu makanan vegetarian berikutnya berasal dari Betawi. Pastinya kamu sudah familiar dengan ketoprak. Ketoprak bisa dibilang “kerabat” gado-gado karena keduanya menggunakan saus kacang.

Perbedaannya, komponen utama ketoprak bukan sayuran (kecuali tauge), melainkan lontong, tahu, dan bihun. 

Versi vegetarian dari ketoprak bisa dibuat dengan menghilangkan telur dan memastikan tidak ada bahan hewani lain dalam saus kacangnya.

4. Sup Krim Jagung

Sup krim jagung adalah contoh lain dari menu makanan vegetarian. Selain rasanya enak, makanan ini juga sehat karena mengandung jagung.

Selain memberikan rasa manis alami dalam sup berkat teksturnya yang creamy dan lembut, jagung juga kaya serat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. 

Untuk membuat sup jagung cocok dimakan sebagai vegetarian, kamu bisa mengganti kaldu ayam dengan kaldu sayuran.

5. Sate Jamur

Sate jamur bisa menjadi pilihan menu makanan vegetarian berikutnya untukmu. Jamur memiliki tekstur yang mirip dengan daging ayam, sehingga cocok sebagai penggantinya.

Kamu bisa menikmati sate jamur seperti sate ayam biasa, yaitu disiram dengan saus kacang atau kecap, tergantung mana yang lebih kamu sukai.

Baca Juga: 7 Spot Sate Taichan Terlezat di Jakarta yang Wajib Kamu Coba!

6. Pepes Tahu

Pepes tahu juga bisa kamu coba saat menjalankan diet vegetarian. Makanan khas Sunda ini terbuat dari tahu yang dibungkus dalam daun pisang.

Selain tahu, kamu juga bisa memakai tempe atau jamur sebagai bahan utama pepes. 

7. Opor Tahu

Kamu mungkin sering melihat opor ayam di menu. Nah, sebagai seorang vegetarian, kamu bisa menikmati hidangan serupa dengan mengganti ayam dengan tahu.

Opor tahu juga sama lezatnya seperti opor ayam. Plus, tahu mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

8. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung

Sumber: detikFood

Plecing kangkung dengan rasa pedas dan asam bisa menjadi pilihan menu makanan vegetarian harianmu. Plecing kangkung punya banyak varian, tapi kamu bisa mencoba plecing kangkung khas Lombok

Plecing kangkung dari Lombok terkenal dengan rasa yang lebih lezat dibandingkan dengan resep plecing kangkung lainnya. Jenis kangkungnya pun merupakan kangkung air yang teksturnya lebih renyah. 

9. Pecel Sayur

Pecel adalah makanan tradisional dari Jawa. Berbagai jenis sayuran segar direbus dan disajikan dengan saus kacang pedas.

Biasanya, sayuran yang digunakan dalam pecel meliputi bayam, kacang panjang, tauge, dan kubis. Pecel sering disajikan dengan tahu atau tempe goreng dan lontong atau nasi.

Ini adalah pilihan yang baik untuk menu makanan vegetarian karena sayuran dan saus kacangnya kaya nutrisi, termasuk protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral.

10. Urap

Urap adalah salad sayuran tradisional Indonesia yang dicampur dengan kelapa parut berbumbu. Sayuran dalam urap biasanya direbus dan meliputi tauge, bayam, kacang panjang, serta daun singkong. Namun, berbagai sayuran lain juga bisa digunakan. 

Kelapa parutnya biasanya dibumbui dengan campuran bawang putih, cabai, gula merah, terasi (udang fermentasi), dan asam jawa. 

Untuk membuatnya vegetarian, kamu bisa menghilangkan terasi atau menggantinya dengan bahan alternatif vegetarian. 

Baca Juga: Menjadi Vegetarian Tidak Sesulit Itu Kok: Yuk Intip 7 Tips Menjadi Vegetarian yang Baik!

11. Nugget jamur

Coba rasakan kelezatan Menu Makanan Vegetarian dengan mencicipi Nugget Jamur, sebuah alternatif nikmat untuk sehari-hari yang umumnya dikenal sebagai hidangan ayam.

Melibatkan jamur sebagai bahan utama, nugget jamur tidak hanya unik tetapi juga lezat, menawarkan pengalaman rasa yang tidak kalah dengan nugget ayam.

angan biarkan rasa penasaran menghampiri, yuk langsung mencobanya di rumah. Dengan bahan-bahan seperti Jamur tiram, tepung terigu, telur, dan penyedap rasa, kamu bisa dengan mudah menciptakan hidangan vegetarian yang menggugah selera.

Ayo, nikmati kelezatan Nugget Jamur sebagai pilihan sehat dan enak dalam menu sehari-harimu!

12. Salad Buah

Coba nikmati kelezatan makanan vegetarian dengan mencicipi Salad Buah, sebuah pilihan menu yang enak untuk sehari-hari.

Sepakat dong bahwa buah-buahan merupakan makanan yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga tidak membuat gemuk?

Oleh karena itu, menjadikan salad buah sebagai menu wajib bagi seorang vegan adalah pilihan cerdas.

Ayo, jadikan Salad Buah sebagai bagian dari pola makan sehatmu dan rasakan kelezatan serta manfaat kesehatannya!

Apa Perbedaan antara Vegan dan Vegetarian?

Vegan dan vegetarian adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan gaya makan yang melibatkan pengecualian daging atau produk hewani.

Meskipun keduanya memiliki kesamaan dalam hal penolakan daging, ada perbedaan utama antara vegan dan vegetarian, terutama dalam hal jenis makanan yang mereka konsumsi dan tingkat eksklusivitas dalam mengecualikan produk hewani.

Vegetarian

Vegetarian adalah gaya hidup dengan menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, daging kambing, daging babi, daging unggas, dan makanan laut, seperti ikan dan kerang-kerangan.

Vegan

Vegan sebetulnya termasuk dalam kategori vegetarian, namun perbedaannya terletak pada ketatnya pembatasan jenis makanan yang diikutsertakan dalam pola makan ini.

Beberapa individu melihat pola makan vegan sebagai varian yang lebih ekstrem dari gaya hidup vegetarian.

Dengan demikian, pola makan vegan tidak hanya mengecualikan konsumsi daging hewan, tetapi juga menghindari produk susu, telur, dan bahan makanan lain yang berasal dari hewan.

Veganisme sering kali lebih dari sekadar pola makan; itu juga mencakup pandangan etika dan lingkungan.

Vegan didefinisikan sebagai gaya hidup yang berupaya untuk menghindari semua bentuk eksploitasi terhadap hewan, termasuk untuk dijadikan makanan, pakaian, kosmetik, atau tujuan lainnya.

Intinya, vegetarian menghindari daging hewan tetapi mungkin masih mengonsumsi beberapa produk hewani seperti telur dan susu, sementara vegan menghindari semua produk hewani dengan fokus yang lebih besar pada etika dan lingkungan.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobopod

lobby bobobox

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan berwisata kuliner atau menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi.

Jika jadwalmu padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation

Bobopod adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, Bobobox menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat.

Lokasinya yang strategis pun akan memudahkanmu pergi ke berbagai lokasi wisata dan kuliner terdekat.

Yuk reservasi Bobopod sekarang juga.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles