Manfaat Yoga untuk Kecantikan Perempuan

7 Manfaat Yoga untuk Kecantikan Perempuan

Yoga merupakan olahraga yang berasal dari India, dengan fokus pada konsentrasi dan pernapasan.

Melakukan yoga secara rutin diketahui dapat meningkatkan daya tahan, ketenangan, fleksibilitas, serta kecantikan kulit serta tubuh.

Olahraga ini makin populer saat ini karena dapat dilakukan di mana saja dan cocok untuk pemula. Yoga dapat menjadi pilihan olahraga ringan di rumah ketika waktu terbatas.

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, yoga juga sering dilakukan untuk meningkatkan penampilan dan kecantikan kulit.

Berikut adalah sejumlah manfaat yoga untuk kecantikan yang dihimpun dari berbagai sumber.

7 Manfaat Yoga untuk Kecantikan Wanita Perempuan

Berikut adalah sejumlah manfaat yoga untuk kecantikan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Memperbaiki Kerusakan Kulit

Memperbaiki Kerusakan Kulit

Sumber: Pixabay via Pexels

Banyak yang tidak tahu bahwa yoga juga memiliki peran yang signifikan dalam mempercepat proses regenerasi sel-sel tubuh.

Rutinitas yoga memiliki dampak positif pada sistem pernapasan, membuat paru-paru dapat menampung lebih banyak oksigen.

Oksigen tersebut kemudian akan dibawa oleh aliran darah ke sel-sel kulit, mendukung proses regenerasi yang lebih cepat.

Dengan adanya regenerasi sel kulit yang lebih optimal, kerusakan pada kulit dapat berhenti dan kondisi kulit secara perlahan membaik.

Melalui praktik yoga yang teratur, tubuhmu menjadi lebih seimbang, pikiran lebih tenang, dan pernapasan yang dalam dan terkontrol membuat oksigen dapat mencapai seluruh tubuh dengan lebih efisien.

2. Membuat Kulit Wajah Glowing

Terdapat beberapa pose yoga yang dapat meningkatkan aliran darah ke wajah, seperti shoulder stand (pose lilin) dan fish pose (pose ikan).

Dengan pose-pose tersebut, kamu bisa mendapat manfaat yoga untuk kecantikan berikutnya, yakni peningkatan sirkulasi darah di area wajah yang baik untuk kesehatan kulit.

3. Mengurangi Risiko Penuaan Dini

Salah satu pose yoga yang terkenal dalam mengurangi risiko penuaan dini adalah sirsasana, atau pose berdiri di atas kepala.

Gerakan yoga ini memiliki manfaat meningkatkan suplai oksigen ke otak, yang kemudian meningkatkan fungsi fisik dan mental secara keseluruhan.

Dengan menjaga kondisi fisik dan mental yang baik, kamu dapat tampak lebih awet muda.

Baca juga: Jenis-Jenis Yoga Paling Populer: Mana yang Cocok untuk Kamu?

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki Postur Tubuh

Sumber: Joyce Hankins via Unsplash

Tidak dapat disangkal lagi bahwa senam yoga juga memiliki manfaat dalam meningkatkan postur tubuh. Memiliki postur tubuh yang tegap dan ideal dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Pasalnya, manfaat yoga untuk kesehatan lainnya adalah untuk menekan risiko postur tubuh yang membungkuk. Dengan begitu, tubuh secara alami akan lebih sigap dalam memperbaiki posisi tubuh.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu penyebab utama insomnia adalah tegangnya otot-otot tubuh. Jika kamu mengalaminya, senam yoga bisa menjadi pilihan.

Rutin melakukan yoga mampu merilekskan otot-otot tubuh, mempersiapkan tubuh untuk beristirahat, serta meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmu

6. Mencegah Munculnya Jerawat dan Iritasi

Manfaat yoga untuk kecantikan lainnnya adalah mendukung proses alami detoksifikasi tubuh.

Melalui praktik yoga, sirkulasi darah di otak dapat meningkat, sehingga merangsang kelenjar tiroid untuk bekerja dengan optimal.

Ketika kelenjar tiroid berfungsi dengan baik, kesehatan pencernaan akan terjaga. Tubuh pun mampu mengeluarkan zat-zat beracun melalui sekresi.

Namun, dengan menghilangkan zat-zat berbahaya dari tubuh, risiko kemunculan jerawat dan iritasi kulit dapat berkurang secara signifikan.

7. Melawan Dampak Buruk Stres

Manfaat Yoga Secara Rutin untuk Melawan Dampak Buruk Stress

Sumber: health.com

Latihan yoga secara teratur memiliki efek menenangkan bagi pikiran, yaitu membantu menjaga kesehatan mental, dalam hal ini mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Dalam kondisi mental yang lebih stabil, kamu akan merasakan perubahan positif pada tubuhmu.

Selain itu, stres yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan pada kulit, termasuk kemunculan jerawat.

Dengan mengurangi stres melalui yoga, manfaat yoga untuk kecantikan yang bisa kamu dapat adalah berkurangnya risiko jerawat.

Bobobox Maximum Comfort Banner

5 Gerakan Yoga yang Bermanfaat untuk Kulit

Berikut ini gerakan Yoga yang bermanfaat untuk kesehatan kulit:

1. Headstand

Headstand

Sumber: Yoga Journal

Posisi headstand dapat meningkatkan aliran darah ke wajah dan otak. Ini dapat menyegarkan pikiran dan memberikan kilau ekstra pada wajah.

Selain itu, posisi ini juga dapat mengurangi garis-garis halus di sekitar wajah.

2. Bow Pose

Bow Pose

Sumber: Yoga Journal

Cara melakukan bow pose adalah dengan berbaring tengkurap, lalu tarik kedua kaki mendekat ke arah punggung dan angkat bagian dada serta kepala ke atas.

Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan kelancaran sistem pencernaan dan aliran oksigen ke paru-paru.

Dengan aliran oksigen yang baik dalam tubuh, racun dapat dikeluarkan melalui keringat dan urine dengan mudah. Hal ini berkontribusi pada kesehatan dan kesegaran kulit.

Baca juga: Apakah Yoga Bisa Menurunkan Berat Badan? Cari Tahu Jawabannya!

3. Downward Facing Dog

Downward Facing Dog

Sumber: Yoga Journal

Gerakan yoga ini melibatkan membentuk huruf V terbalik dengan tubuh. Kamu dapat melakukannya dengan berbaring tengkurap seperti posisi push-up.

Angkat perlahan tubuhmu ke atas sambil menjaga tumit tetap menempel pada lantai. Tahan posisi ini selama beberapa menit, lalu kembali ke posisi awal.

Downward merupakan salah satu gerakan yoga yang memiliki manfaat untuk meningkatkan aliran darah ke kepala, terutama ke wajah, dan dapat membantu melancarkan sirkulasi.

4. Plough Pose

Plough Pose

Sumber: Arhanta Yoga

Dalam posisi berbaring telentang di lantai, angkat kaki perlahan mendekati wajah, dorong pantat ke atas, dan gunakan kedua tangan untuk menahan punggung.

Gerakan ini dapat merangsang kelenjar tiroid dan hormon tubuh yang berkontribusi pada kesehatan kulit.

5. Chin Lift

Chin Lift

Sumber: makeupandbeauty.com

Gerakan ini dirancang khusus untuk mengurangi double chin. Caranya sangat sederhana dan dapat dilakukan dalam posisi berdiri atau duduk, dengan posisi punggung tetap tegak. 

Mulailah dengan mengambil napas dalam, lalu dongakkan wajah ke arah langit-langit. Selanjutnya, kencangkan dan majukan bibirmu.

Kamu akan merasakan peregangan pada bagian rahang, tenggorokan, dan leher. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali dan lakukan tiga kali sehari.

Baca Juga: Mengalami Gangguan Tidur? Lakukan Gerakan-Gerakan Yoga Ini Untuk Meningkatkan Kualitas Tidurmu!

Sempurnakan MeTime Berkualitas dengan Staycation Nyaman di Bobobox

Me Time Sambil Nonton Film Favorit di Bobobox

Sumber: bobobox.com

Kadang, memilih tempat staycation bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika kamu mencari tempat yang nyaman dan ramah di kantung.

Namun, jangan khawatir. Sempurnakan me time kamu tanpa takut kantong jebol dengan staycation di Bobobox!

Bobobox menghadirkan hotel kapsul yang mengedepankan teknologi dan keamanan. Dengan kamar berupa pod, kamu bisa merasakan sensasi menginap dengan nyaman. 

Setiap pod sudah didukung fasilitas lengkap seperti AC, stopkontak, kasur, hingga speaker Bluetooth.

Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles