makanan khas sumatera

Bikin Ngiler, 10 Makanan Khas Sumatera Ini Wajib Kamu Coba!

Misalnya saja, masakan Padang yang terkenal dengan rendang, gulai, dan sambal ijo. Saking populernya, rendang sampai bisa menyabet gelar makanan terenak di dunia versi CNN internasional. 

Selain itu, ada juga nih, kuliner Aceh yang identik dengan makanan pedasnya, seperti mie Aceh dan masam keuneung. Keduanya menawarkan cita rasa yang segar dan menggugah nafsu makan.

Kira-kira makanan khas Sumatera apa lagi ya, yang wajib dibahas? Yuk, kita pantengin satu-satu di bawah ini!

10 Makanan Khas Sumatera yang Terkenal Lezat

1. Pempek Palembang

pempek palembang, makanan khas sumatera

Photo: Jcomp via Freepik

Makanan khas Sumatera yang pertama adalah pempek Palembang. Siapa sih, yang tidak tahu hidangan satu ini? Ya, kepopuleran pempek tidak hanya berhenti di Palembang saja, Sahabat Bob. Hidangannya bahkan bisa kita nikmati baik di kota besar atau desa kecil di tanah air.

Pempek Palembang terbuat dari ikan tenggiri, terkadang gabus atau belida, yang dicampur dengan sedikit tepung dan digoreng hingga renyah di luar tetapi kenyal di dalam. 

Setelah matang, pempek disantap bersamaan dengan cuko yang terbuat dari air gula batok Palembang, cabai rawit, bawah putih, dan cuka putih.

2. Soto Padang

soto padang

Photo: Kurniati Hanifah via Freepik

Seperti namanya, soto Padang merupakan jenis soto yang datang dari kota Padang, Sumatera Barat. Berbeda dengan soto lain, hidangan ini memiliki kuah yang lebih ringan dan jernih, terbuat dari kaldu yang dimasak dengan bawah putih, jahe, serta rempah lainnya.

Agar soto terasa lebih mantap, biasanya orang Padang menambahkan daging sapi yang sudah digoreng garing, bihun, dan perkedel kentang ke dalam kuah. 

Sudah terbayang kan, sensasi menyantap kuah hangat yang kemudian dilanjut dengan kerenyahan daging sapi yang smoky? Awas jangan sampai ngiler!

Baca juga: Wajib Coba, Inilah 20 Kuliner Medan Halal yang Menggugah Selera

3. Rendang

rendang, makanan khas sumatera

Photo: Grapmaxstock via Freepik

Membahas makanan khas Sumatera rasanya kurang afdal tanpa si primadona asal barat alias rendang. Berasal dari Minangkabau, rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak lama dengan santan, cabai, bawang, serai, lengkuas, dan aneka rempah tambahan.

Tidak hanya terkenal dengan bahan-bahan yang cukup rumit, rendang juga tersohor dengan proses memasaknya yang membutuhkan waktu panjang. Ini dikarenakan semakin lama rendang dimasak, semakin lembut daging dan meresap bumbunya.

Menurut masyarakat sana, rendang bisa dimasak paling lama sampai 15 jam, dan biasanya disantap saat upacara adat.

4. Gulai Itiak

Berikutnya ada gulai itiak yang sama-sama berasal dari Minangkabau. Rasanya yang gurih, sedikit pedas, dan kaya akan rempah membuat gulai ini paling enak dinikmati dengan nasi hangat, mengingat kuahnya yang kental dan bikin nasi jadi semakin pulen.

Gulai itiak terbuat dari olahan bebek yang dimasak dengan bumbu gulai seperti santan, cabai, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan masih banyak lagi!

Baca juga: Indahnya Panorama di Pantai Teupin Layeu Sabang, Aceh

5. Ikan Asam Padeh

ikan asam padeh, makanan khas sumatera

Photo: Grapmaxstock via Freepik

Hidangan asal Sumatera berikutnya adalah ikan asam padeh. Persis seperti namanya, hidangan ini punya rasa asam dan pedas yang dominan. 

Biasanya, hidangan ini menggunakan ikan tongkol, kakap, atau patin yang dimasak dengan bumbu asam seperti asam kandis, asam jawa, atau belimbing wuluh. Kuahnya merah karena cabai, tetapi rasanya tetap segar berkat perpaduan asam dan rempah.

Yang bikin spesial, ikan asam padeh ini punya rasa yang ringan dan sama sekali tidak bikin eneg meskipun pedas, apalagi kalau dimakan dengan nasi putih hangat, rasanya makin mantap!

6. Bika Ambon

bika-ambon, makanan khas sumatera

Photo: Broewnis via Pixabay

Meskipun namanya “Ambon”, bika Ambon ini sebenarnya berasal dari Medan, Sumatera Utara, Sahabat Bob! Kue ini memiliki tekstur unik, kenyal dengan serat-serat yang terlihat jelas di dalamnya.

Terbuat dari santan, telur, gula, dan ragi yang kemudian dipanggang sampai matang, bika Ambon punya rasa manis yang tidak berlebihan, cocok buat kamu yang nggak begitu suka makanan manis.

7. Gulai Patin

Pindah ke Jambi, ada nih, masakan andalan kota yang dikenal dengan sebutan Bumi Melayu, yaitu gulai patin. 

Masakan ini menggunakan ikan patin sebagai bahan utama yang dimasak dengan kuah gulai. Kuah yang dimaksud didominasi oleh kunyit dan jahe, memberikan cita rasa gurih, sedikit pedas, dan hangat pada menunya.

Ditambah tekstur daging ikan patin yang lembut dan tidak amis bikin gulai ini jadi istimewa dan cocok dijadikan sebagai teman santap nasi putih hangat!

Baca juga: Menakjubkan, Inilah 15 Wisata Eksotis di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

8. Mie Celor

mie celor, makanan khas sumatera

Photo: Sri Widyowati via Freepik

Mie celor berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Mie-nya tebal dan disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih, mirip kuah lontong. 

Isinya ada mie, udang, telur rebus, dan tauge. Kuahnya sendiri dibuat dari kaldu udang dan santan, membuat rasanya semakin kaya dan gurih.

Yang bikin mie celor ini berbeda dari makanan khas Sumatera lainnya adalah kuahnya yang kental dan creamy, tetapi tetap segar karena ditambah perasan jeruk nipis atau cuka. 

9. Kue Delapan Jam

Balik lagi ke Palembang, kue delapan Jam adalah kue yang punya nama unik karena proses pembuatannya yang memang butuh waktu delapan jam. Kue ini biasanya dibuat saat ada acara besar atau perayaan khusus. 

Kuenya terbuat dari telur, susu, mentega, dan gula, menciptakan rasa yang legit saat sudah matang.

Rasa kue delapan jam manis dan kaya akan aroma telur, hampir mirip dengan puding karamel, tetapi lebih padat. Karena dimasak dengan cara dikukus lama, teksturnya jadi sangat halus dan lembut.

10. Brengkes Tempoyak

Brengkes tempoyak adalah hidangan khas dari Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan tempoyak, yaitu durian yang difermentasi. 

Tempoyak punya rasa yang asam dan sedikit manis. Jadi, saat dicampur dengan ikan dan bumbu-bumbu seperti cabai, kunyit, dan bawang, rasanya jadi unik dan kaya akan rempah.

Masakan asal Sumatera Selatan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan kerupuk untuk menciptakan tekstur crispy, dijamin bikin makan jadi lebih lahap, deh!

Baca juga: 12 Tempat Makan Legendaris di Indonesia yang Terkenal dari Generasi ke Generasi

Menjelajahi Kuliner Sumatera bareng Bobobox

Sumatera memang punya ragam kuliner yang membuat kita pembaca penasaran. Nah, cara terbaik buat menikmati makanan khas itu pastinya langsung di tempat asalnya agar mendapatkan pengalaman yang autentik!

Siapa sih, yang bisa nolak untuk menikmati rendang pedas di Padang, atau menyantap pempek langsung di Palembang. Semua rasanya pasti lebih nikmat karena suasana lokal serta resep original yang tidak bisa ditiru.

Ngomong-ngomong soal Sumatera, setelah perut kenyang bertualang kuliner, langsung saja istirahat di Bobocabin Patra Parapat atau Bobocabin Kaldera Toba, yang mana keduanya terletak di salah satu keajaiban dunia, Danau Toba.

Bobocabin Kaldera

Photo: Bobobox Internal Asset

Di Bobocabin Patra Parapat, kamu akan mendapatkan view yang luar biasa dari Danau Toba. Letaknya pas banget di tepi danau, jadi kamu bisa merasakan suasana tenang dengan pemandangan danau yang luas dan pegunungan yang hijau. 

Sementara itu, Bobocabin Kaldera Toba menawarkan pengalaman menginap yang lebih private dan eksklusif. Lokasinya sama-sana dekat banget dengan Kaldera Toba, dengan pemandangan langsung menghadap danau, lengkap dengan latar belakang perbukitan yang megah. 

Kedua tempat ini cocok buat yang suka ketenangan alam, tetapi masih bisa nyaman tidur di kabin mewah dan modern yang dibangun dengan fasilitas futuristik.

Tunggu apalagi? Nggak usah buang-buang waktu, unduh aplikasi Bobobox dan pesan kabinnya sekarang juga!

 

Penulis: Samala Mahadi

Featured photo: Wiratgasem via Freepik

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles