Sumber: Pakuan Raya

Bikin Ketagihan, 5 Makanan Khas Bogor yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Makanan khas Bogor tidak hanya sebatas soto mi, soto kuning, dan kue talas. Di balik kota yang dikenal dengan keindahan alam dan iklim sejuknya ini, tersimpan beragam kuliner menggugah selera yang tak kalah lezatnya.

Makanan khas Bogor yang jarang diketahui punya cita rasa yang dijamin bikin kangen. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kamu mencobanya ketika mengunjungi Kota Hujan.

Lantas, makanan-makanan apa sajakah itu? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

5 Makanan Khas Bogor yang Jarang Diketahui

1. Doclang

Doclang

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Mungkin belum banyak yang tahu, tetapi Bogor memiliki sebuah kudapan khas yang unik yang disebut doclang.

Sekilas, doclang tampak mirip dengan kupat atau lontong sayur. Namun, makanan khas Bogor yang jarang diketahui ini punya ciri khas tersendiri yang menjadikannya favorit di Bogor.

Doclang terbuat dari ketupat yang dikenal dengan nama pesor, irisan tahu goreng renyah, kentang rebus yang kemudian digoreng, telur rebus lezat, dan dilengkapi bumbu kacang gurih.

Tidak hanya itu, doclang juga disajikan dengan kerupuk, emping tangkil yang memberikan rasa kriuk-kriuk, serta sedikit kecap untuk melengkapi cita rasanya.

Perpaduan semua bahan ini menciptakan sajian doclang yang unik dan menggugah selera.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Makan dengan View Bagus di Bogor

2. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar

Sumber: Indozone Food

Selain asinan buah yang kelezatannya sudah dikenal, Bogor juga memiliki makanan khas unik bernama asinan jagung bakar.

Kudapan ini memberikan sensasi baru. Kamu akan mencicip cita rasa yang menggoda dari perpaduan jagung bakar dengan beragam bumbu khas.

Asinan jagung bakar terbuat dari jagung yang dipanggang lalu dicampur kuah cabai, cuka, dan gula. Cita rasa yang dihasilkan dari kombinasi menarik tersebut adalah asam, manis, dan pedas.

Asam dan manis kuah cabai, serta rasa gurih dari cuka, memberikan lapisan rasa yang menambah kenikmatan dalam setiap gigitan kudapan ini. Dalam satu suapan, kamu dapat merasakan perpaduan harmonis yang mengejutkan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Liburan di Bogor Murah Meriah dan Seru

3. Cungkring

Cungkring

Sumber: Kompas Travel

Seperti namanya yang unik, makanan khas Bogor yang jarang diketahui ini punya ciri yang mengingatkanmu pada sebutan postur tubuh.

Walau begitu, cungkring di sini tidak ada hubungannya dengan hal tersebut. Dalam bahasa Sunda, makanan ini dikenal sebagai cungkring, yang secara harfiah berarti kikil sapi.

Cungkring terbuat dari potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning khas. Bumbu kuning kaya rempahnya menciptakan aroma yang menggoda dan cita rasa lezat.

Selain itu, cungkring juga diberi tambahan bumbu kacang manis yang memperkaya rasa dan memberikan sentuhan manis. Kombinasi bumbu kuning dan bumbu kacang manis ini menciptakan harmoni cita rasa yang membangkitkan nafsu makan!

4. Pepes Sagu

Pepes Sagu

Sumber: Kabar Kuliner

Jika kamu sudah terbiasa dengan pepes ikan dan tahu, maka saatnya mencoba keunikan pepes sagu.

Makanan ini menghadirkan pengalaman baru dengan menggunakan bahan dasar yang tak terduga, yaitu pisang.

Pepes sagu menawarkan rasa manis yang pas dan menggoda selera. Sudah banyak variasi rasa yang tersedia saat ini. Kamu bisa mencoba varian pepes sagu keju, pepes sagu nangka, dan masih banyak lagi.

Pepes sagu merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mencoba makanan berbeda dan mengeksplorasi variasi rasa kreatif. Keunikan pepes sagu yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya ini akan menghadirkan sensasi unik di lidah.

5. Dodongkal

Dodongkal

Sumber: viva.co.id

Tak kalah unik dari makanan khas Bogor yang jarang diketahui lainnya, ada satu lagi hidangan yang patut dicoba, yaitu dodongkal.

Dodongkal merupakan makanan lezat yang terbuat dari campuran tepung beras, parutan kelapa, dan gula aren.

Kudapan ini memiliki cita rasa yang menggoda dengan rasa gurih yang khas. Tekstur dodongkal yang kenyal dan lembut membuatnya begitu enak saat dikunyah. 

Dodongkal biasanya tidak menjadi menu utama, melainkah camilan yang disajikan oleh tuan rumah kepada tamu yang datang berkunjung.

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Bogor yang Paling Populer. Jadi Favorit Banyak Wisatawan!

Sedang Liburan di Bogor? Menginap di Bobocabin Puncak Bogor Saja!

Sedang Liburan di Bogor Menginap di Bobocabin Puncak Bogor Saja!

Bingung memilih penginapan selama liburan di Bogor? Tak usah bingung. Coba saja menginap di cabang terbaru Bobocabin yang berlokasi di kawasan ternama Bogor, yaitu Bobocabin Puncak Gunung Mas.

Bobocabin menawarkan kabin-kabin dengan konsep alami yang dilengkapi fasilitas teknologi modern agar pengalaman menginapmu lebih menyenangkan.

Kamu dapat menikmati kabin yang luas, tempat tidur yang nyaman, Wi-Fi, dan bahkan jendela kaca yang memberikan pemandangan langsung ke indahnya alam sekitar.

Dengan begitu, kamu dapat berada di dalam ruangan sambil tetap terhubung dengan alam sekitar. Pengalaman yang menakjubkan, bukan?

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles