Makanan Khas Bandung untuk Oleh-Oleh

20 Rekomendasi Makanan Khas Bandung untuk Oleh-Oleh

Bandung adalah salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain menawarkan keindahan alam, Kota Kembang ini juga memiliki berbagai kuliner lezat yang bisa kamu nikmati.

Belum lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh selagi di Bandung. Dalam ulasan ini, Bob akan kasih kamu rekomendasi makanan khas Bandung untuk oleh-oleh. Cocok untuk kamu berikan ke teman, keluarga, atau orang-orang tersayang.

20 Makanan Khas Bandung untuk Oleh-Oleh

Berikut adalah makanan khas Bandung untuk oleh-oleh yang terasa Bandung banget:

1. Bolen Pisang Kartika Sari

Bolen Pisang Kartika Sari

Foto: The Keytchen by Ikarani via Cookpad

Bolen pisang adalah kue yang terbuat dari adonan pastri yang diisi dengan pisang dan keju. Salah satu toko yang paling terkenal menjual bolen pisang adalah Kartika Sari.

Bolen pisang Kartika Sari memiliki rasa yang khas dan tekstur yang renyah. Kamu bisa memilih berbagai varian rasa, seperti cokelat, apel, durian, dan lainnya. Kamu bisa langsung mengunjungi Kartika Sari di Jalan H. Akbar No. 4, Bandung.

Baca Juga: Selalu Jadi Favorit, 10 Oleh-Oleh Khas Bandung dari Kartika Sari

2. Brownies Kukus Amanda Brownies

Brownies Kukus Amanda Brownies

Foto: amandabrownies.co.id

Makanan khas Bandung untuk oleh-oleh lainnya adalah brownies kukus Amanda. Brownies ini memiliki tekstur yang lembut. Kamu bisa memilih brownies dengan berbagai pilihan topping, seperti keju, cokelat, kacang, dan lainnya. 

Brownies kukus Amanda bisa kamu beli di Jalan Ranca Balong No. 5, Bandung dengan harga mulai dari Rp50.000-an saja!

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Foto: Rendy Roziki via Wikimedia Commons

Peuyeum adalah makanan yang terbuat dari fermentasi singkong dan sudah ada sejak dulu. Peuyeum Bandung memiliki rasa yang manis dan asam, serta aroma yang khas. 

Peuyeum Bandung bisa kamu dapatkan di hampir semua toko oleh-oleh di Bandung dan pasar tradisional.

4. Kue Cubit Bu Wulan

Makanan khas Bandung untuk oleh-oleh berikutnya adalah kue cubit. Salah satu merek kue cubit yang terkenal adalah Kue Cubit Bu Wulan. Bentuknya bulat, kecil, dengan bagian atas yang agak cekung.

Kamu bisa memilih antara rasa cokelat dan keju. Kue ini sering dibeli sebagai oleh-oleh. Salah satu outlet dari Kue Cubit Bu Wulan bisa kamu kunjungi di Jl. Sukajadi No. 20, Bandung.

5. Keripik Maicih

Keripik Maicih

Foto: maicih.com

Kamu suka makanan yang pedas-pedas? Camilan ini cocok untuk kamu coba. Keripik Maicih adalah keripik kentang yang memiliki rasa ekstra pedas.

Keripik ini tersedia dalam level kepedasan 1 sampai 10. Kamu bisa menyesuaikan selera dengan level kepedasan yang ada. Rasa gurih dan pedasnya dijamin bakal bikin ketagihan, deh!

6. Tahu Susu Bandung

Tahu Susu Bandung

Foto: siennaaa19 via pergikuliner

Makanan khas Bandung untuk oleh-oleh selanjutnya adalah tahu susu Bandung. Tahu susu Bandung memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih karena dibuat dari susu sapi segar.

Tahu susu Bandung bisa kamu nikmati dengan saus kacang atau saus tomat. Kamu bisa membelinya di daerah Lembang. Tertarik mencoba?

7. Tempe Gila

Rekomendasi oleh-oleh selanjutnya ditujukan untuk kamu, si pencinta pedas. Mirip dengan keripik maicih, tempe gila adalah gorengan tempe yang juga memiliki level kepedasan. Cocok dinikmati sembari bersantai bersama keluarga dan teman-teman, nih!

8. Basreng

Basreng Oleh Oleh Khas Bandung

Foto: Yurisa Kitchen via Instagram

Buat kamu yang hobi ngemil, basreng wajib untuk kamu beli. Basreng atau bakso goreng merupakan produk olahan bakso sapi yang digoreng hingga kering dan garing. Kemudian, bakso yang sudah jadi akan diberi bumbu dan rempah agar semakin sedap.

Baca Juga: Paket Gathering di Bandung dan 3 Lokasi Terfavoritnya

9. Surabi Bandung

Foto: Puji Winarni via Cookpad

Foto: Puji Winarni via Cookpad

Surabi adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung beras yang dipanggang di atas cetakan khusus. Surabi memiliki rasa yang manis dan gurih, serta berbagai pilihan topping, seperti cokelat, keju, kacang, dan lainnya.

Kamu bisa menemukan surabi di berbagai daerah di Bandung, seperti pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, bahkan pedagang pinggir jalan.

10. Cilok

Cilok Oleh Oleh Khas Bandung

Foto: DapurVY via Cookpad

Berikutnya ada cilok, yang merupakan kependekan dari “aci dicolok”. Pasalnya, aci yang sudah direbus dan dibentuk seperti bakso akan ditusuk dengan tusukan sate.

Cilok termasuk makanan basah, jadi tidak terlalu cocok untuk oleh-oleh jarak jauh. Namun, jika kamu tinggal dekat Bandung, tidak ada salahnya mampir untuk mencoba si bulat kecil yang kenyal ini.

11. Seblak

Seblak

Foto: Gunawan Kartapranata via Wikimedia Commons

Hidangan satu ini memang tidak terlalu cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Namun, kamu wajib mencoba hidangan lezat satu ini saat berkunjung ke Bandung.

Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk dan direbus dengan bumbu rempah serta bahan-bahan lain, seperti telur, ayam, sosis, bakso, dan sayuran. Rasanya pedas dan gurih dengan tekstur kenyal.

12. Oncom Raos

Oncom Raos

Foto: Hariadhi via Wikimedia Commons

Oncom terbuat dari fermentasi kacang kedelai atau ampas tahu. Nah, Oncom Raos adalah salah satu oleh-oleh khas Bandung yang menyajikan oncom dengan berbagai varian, seperti oncom goreng, oncom bakar, oncom leunca, dan lainnya. 

Baca Juga: Mengenal 10 Perpustakaan Kota Bandung yang Nyaman

13. Batagor Bandung

Batagor Bandung

Foto: Ignatiaadela via Wikimedia Commons

Jalan-jalan ke Bandung belum lengkap rasanya kalau belum makan batagor. Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini terbuat dari tahu yang diisi dengan daging ikan dan digoreng, lalu disajikan dengan saus kacang.

Batagor Bandung bisa dijadikan sebagai oleh-oleh asalkan saus kacangnya dipisah. Dengan begitu, saus kacang tidak akan cepat basi dan batagor tetap garing serta enak.

14. Pia 170

Pia 170 Oleh Oleh Khas Bandung

Foto: GGstore via Bukalapak

Kafetaria Pia 170 adalah salah satu oleh-oleh khas Bandung yang terkenal dengan pianya yang enak. Pia ini memiliki rasa manis gurih serta tekstur yang renyah. Kamu bisa membeli berbagai varian rasa, seperti kacang hijau, cokelat, keju, durian, dan lainnya.

15. Combro

Combro

Foto: Nana Hanif via Cookpad

 

Makanan olahan singkong ini juga sering dibeli sebagai oleh-oleh khas Bandung. Combro merupakan makanan yang terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat. Rasanya gurih dengan tekstur yang renyah. Biasanya, combro memiliki isian oncom atau teri.

16. Kopi Aroma

Kopi Aroma

Foto: Anastasiia Chepinska via Unsplash

Jika kamu adalah pencinta kopi, oleh-oleh ini wajib kamu coba. Kopi Aroma sendiri merupakan salah satu merek kopi terpopuler di Bandung. Cita rasa dan aromanya khas karena kopi ini masih diolah dengan cara tradisional.

17. Gepuk Nyonya Ong

Selanjutnya ada Gepuk Nyonya Ong. Dalam bahasa sunda, gepuk sendiri memiliki arti “dipukul” atau “dikempeskan”. Hal ini mengacu pada produk gepuk sapi yang dijual.

Gepuk Nyonya Ong memiliki tekstur yang empuk dengan rasa yang gurih, kaya akan rempah dan bumbu. Biasanya, gepuk juga bisa dinikmati dengan nasi atau lontong kuah.

18. Cireng

Cireng

Foto: Nurul Hasna via Cookpad

Meskipun banyak dijual di pedagang gorengan, kamu wajib coba sendiri rasa asli cireng khas Bandung. Cireng sendiri merupakan kependekan dari “aci digoreng”. Bahan utamanya sudah jelas, yaitu aci yang dicampur rempah dan bumbu, diberi air, dan digoreng hingga garing.

Cireng bisa kamu temukan di mana-mana, mulai dari pasar hingga pusat perbelanjaan di Bandung. Jangan lupa coba sendiri dan rasakan bedanya, ya!

19.Wajit Cililin 

Wajit Cililin

Foto: Muhammad Malik Ar Rahiem via Gmaps

Kue tradisional ini juga banyak diburu sebagai oleh-oleh khas Bandung. Wajit lilin terbuat dari beras ketan yang dilapisi dengan campuran kelapa parut dan gula merah.

Kamu bisa menemukan kue ini di berbagai toko jajanan pasar dan pasar tradisional. Tidak perlu khawatir, karena kue ini dikemas dalam kemasan rapi sehingga awet.

20. Martabak Bandung

Martabak Bandung adalah salah satu oleh-oleh khas Bandung yang terkenal karena ukurannya besar dan rasanya lezat. Ada beragam pilihan topping yang bisa kamu pilih, seperti cokelat, kacang, meses, dan lainnya.

Perlu diperhatikan, martabak ini tidak terlalu awet sehingga tidak dapat dibawa perjalanan jauh. Namun, jika kamu tinggal di dekat area Bandung, tentu boleh sesekali datang dan mencobanya, ya!

Baca Juga: Mari Mengenal Sejarah Gedung Sate Bandung dan Asal-Usul Namanya yang Unik

Liburan Makin Asyik dengan Bobobox

Liburan Makin Asyik dengan Bobobox

Liburan ke Bandung dan belanja oleh-oleh memang menyenangkan. Agar perjalanan semakin lengkap, jangan lupa untuk mencari akomodasi yang tepercaya dan memiliki fasilitas lengkap.

Kalau kamu lagi di Bandung, jangan lupa untuk booking akomodasi di Bobopod Paskal. Karena lokasinya strategis dan dekat pusat kota, ini adalah alternatif akomodasi yang pas banget untuk agenda liburanmu.

Yuk, pesan pod yang kamu mau  via aplikasi dan rasakan pengalaman baru menginap di hotel kapsul berkualitas eksklusif!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: Kartika Sari via Gmaps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles