7 Destinasi Liburan Asyik ke Pangalengan dengan Budget ala Mahasiswa

Di masa kuliah, salah satu momen yang paling ditunggu oleh mahasiswa tentunya adalah libur semester. Setelah empat bulan berkutat dengan jadwal kuliah yang hectic, tugas, dan ujian akhir, liburan semester jadi waktu yang paling pas untuk refresh pikiran.

Tenang, liburan nggak harus mahal, kok! Opsi berwisata yang murah meriah untuk explore alam jadi opsi yang bisa kamu lakukan di masa liburan kuliah.

Pangalengan, yang hanya berjarak 1,5 jam dari Kota Bandung, jadi salah satu tujuan liburan hemat mahasiswa yang memburu tempat wisata hits yang instagrammable. Udaranya yang sejuk bakal bikin liburan kuliahmu makin nyaman. Apalagi, lokasi wisata di Pangalengan juga amat bervariasi; dari wisata alam sampai wisata buatan, semua tersedia di daerah sejuk ini.

Buat kamu yang mau liburan ke Pangalengan dengan budget ala mahasiswa, yuk merapat; Bob udah bikinin itinerary yang dijamin nggak akan menguras kantong. Baca di sini, ya!

1. Mulai Hari Healing-mu di Nuansa Riung Gunung

Short escape-mu bisa dimulai dengan menikmati udara segar pagi hari di Nuansa Riung Gunung yang dijuluki sebagai Swiss-nya Bandung. Jika kamu menginap di Bobocabin Pangalengan, kamu tidak perlu khawatir kesiangan karena Nuansa Riung Gunung hanya 10 menit dari cabin-mu.

Keluar dari cabin, kamu akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang tertata dengan sangat indah di atas lahan seluas 30 hektar. Sejuknya udara pagi bisa kamu nikmati sambil sky walk di jembatan kayu sepanjang 400 meter. Kamu juga bebas untuk hunting foto di beberapa spot yang sudah disediakan.

Jangan khawatir soal akses. Jalan menuju Riung Gunung Pangalengan bisa dilalui oleh mobil maupun motor, jadi kamu bisa memarkirkan motor di dalam area wisata. Kalau kamu pakai mobil, tersedia juga lahan parkir mobil di dekat jalan raya. Tarifnya hanya Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Untuk masuk ke kawasan Nuansa Riung Gunung, yang dibuka dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB, kamu hanya perlu membayar Rp10.000 saja. Murah banget untuk view pagi hari yang super fresh!

Pengeluaranmu sekarang: Rp15.000.

2. Menjelajah Danau di Situ Cileunca

Setelah puas hunting foto di Nuansa Riung Gunung, selanjutnya kamu bisa berkendara selama 16 menit menuju Situ Cileunca. Situ Cileunca adalah sebuah danau buatan seluas 1.400 hektar yang berlokasi di ketinggian 1.550 mdpl. Kamu akan disuguhi dengan hamparan air biru yang jernih dengan pemandangan gunung yang menyegarkan.

Kalau budget-mu lebih, kamu bisa mencoba untuk rafting dengan durasi selama dua jam di sepanjang sungai Palayangan sejauh 4,5 km dengan tarif mulai dari Rp150.000/orang. Rafting cocok banget untuk kamu yang liburan bareng dengan teman-temanmu, karena minimal pemesanan dimulai dari lima pax.

Selain rafting, kamu juga bisa mengikuti tur keliling danau dan menikmati view Gunung Wayang atau Jembatan Cinta yang bisa kamu lihat dari perahu. Wahana lake tour dibanderol jauh lebih murah dari rafting, yaitu Rp 25.000/per orang.

Kalau kamu hanya ingin berjalan-jalan saja, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp6.000. Jangan lupa siapkan juga budget parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp4.000 untuk mobil. Kurang dari sepuluh ribu, kamu sudah bisa menikmati panorama air dan alam yang cantik di satu tempat!

Pengeluaranmu sekarang: Rp23.000.

3. Mencicipi Sop Buntut, Menu Favorit di Rumah Makan Asti

Sop Buntut Asti via PergiKuliner.com

Liburan ke Pangalengan tak akan lengkap kalau enggak mampir ke Rumah Makan Asti yang jaraknya hanya tujuh menit dari Situ Cileunca. Sop buntut yang hangat di tengah dinginnya udara Pangalengan jadi menu yang pas untuk brunch atau makan siang. Daging sapinya tidak berlemak karena proses perebusannya dilakukan sampai dua kali. Kuahnya pun gurih dan sehat karena tanpa MSG, lho!

Selain sop buntut, Rumah Makan Asti juga menyediakan aneka menu andalan khas Sunda lainnya seperti iga bakar hot plate, ayam bakar, gurame bakar, udang goreng, serta aneka sambal tradisional lengkap dengan pilihan sayur dan lalapan.

Meskipun sudah terkenal legend, seporsi nasi sop buntut hangat bisa kamu nikmati hanya dengan Rp45.000 saja. Ramah banget untuk kantong mahasiswa!

Pengeluaranmu sekarang: Rp68.000.

4. Wisata Mistis di Pengabdi Setan Movie Set

Benno Putro via Google Maps

Buat kamu penggemar film horor, nggak ada salahnya untuk berkunjung ke lokasi syuting salah satu film horor populer di Indonesia, Pengabdi Setan. Jaraknya hanya 20 menit dari Rumah Makan Asti. Di sini tersedia parkir motor dan mobil dengan biaya masing-masing Rp5.000 dan Rp10.000 saja.

Dengan membayar tarif masuk Rp10.000, kamu bisa menelusuri sudut rumah bergaya Eropa yang terkesan vintage ini di tengah sejuknya udara Pangalengan. Siap-siap ya, ketika kamu masuk ke dalam rumah, kamu akan disambut foto besar sosok ‘Ibu’.

Rumah ini memiliki beberapa ruangan yang sudah diatur sesuai dengan penggambaran di dalam film. Lantai pertama ada tiga ruang kamar, ruang tengah, satu kamar mandi, dapur, dan sumur Nenek yang ikonik di bagian belakang rumah.

Pastikan juga kamu mampir ke kamar Ibu di lantai atas, ya. Kamar ini ditata persis seperti yang terlihat di film, termasuk kamu juga bisa menyisir rambut Ibu. Mistis tapi seru!

Pengeluaranmu sekarang: Rp78.000.

5. Menguji Adrenalin di NIMO Highland

Andhyto Rizqy Fauzan via Google Maps

Short escape selanjutnya adalah NIMO Highland yang berjarak 28 menit dari Rumah Pengabdi Setan. Tempat wisata hits yang baru launching tahun 2022 ini mengadaptasi konsep Kota Santorini di Yunani.

 

Selain konsepnya yang kekinian, NIMO Highland juga menawarkan pemandangan kebun teh dan pegunungan secara menyeluruh lewat landmark-nya, NIMO Sky Bridge. Di jembatan kaca sepanjang 150 meter yang didesain membentuk huruf U ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan secara 360 derajat. Kamu bisa menikmati hamparan kebun teh, pegunungan, dan Situ Cileunca sekaligus dari sky bridge.

Kalau kamu suka adrenalinmu terpacu, cobalah untuk naik ATV. Siapkan budget tambahan mulai dari Rp50.000 sampai Rp160.000 untuk tiga pilihan trek yang berbeda. Budget wajib yang harus diperhitungkan adalah tiket masuk Rp35.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk tarif parkir, siapkan Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil, ya.

Hanya Rp40.000 untuk menikmati pemandangan dari sudut terbaik di Pangalengan, terjangkau banget, kan?

Pengeluaranmu sekarang: Rp118.000.

6. Menikmati Momen Sunset yang Cantik di Taman Langit

Hasri Wahyudi via Google Maps

Taman Langit jadi destinasi short escape selanjutnya untuk melewatkan sore di Pangalengan. Berjarak 41 menit dari NIMO Highland, Taman Langit merupakan tempat wisata di ketinggian 1.670 mdpl yang menjanjikan panorama alam yang tentunya memukau.

Sesuai dengan namanya, Taman Langit menawarkan view yang tak terbatas untuk bisa kamu nikmati sambil melihat matahari terbenam. Kalau beruntung, datanglah setelah hujan turun karena akan ada kabut tebal yang menyelimuti, seolah kamu benar-benar ada di atas awan.

Di Taman Langit juga tersedia jembatan yang membentang 200 meter di atas perkebunan teh. Fasilitas ini bisa kamu nikmati dengan membayar Rp10.000 untuk tiket masuk. Sedangkan, untuk parkir motor kamu hanya perlu menyiapkan Rp5.000 dan Rp10.000 untuk mobil.

Kapan lagi kamu bisa punya pengalaman berkesan sambil foto bersama sunset yang cantik?

Pengeluaranmu sekarang: Rp133.000.

7. Menutup Perjalanan dengan Makan Malam di Kawitan Coffee

Kawitan Coffee via RestaurantGuru.com

Sebelum kembali ke penginapan untuk istirahat, kamu bisa singgah ke Kawitan Coffee untuk makan malam. Pastikan kamu memesan hidangan hangat seperti soto betawi yang jadi menu favorit seharga Rp35.000. Tutup healing-mu yang manis dengan menyesap choco latte hangat seharga Rp24.000 saja.

Kalau kamu sedang tidak ingin makan berat, Kawitan Coffee juga menyediakan aneka finger bites seperti kentang goreng, cireng, atau kebab keju yang berkisar antara Rp18.000 sampai Rp30.000.

Bob sangat merekomendasikan kamu untuk pilih tempat duduk outdoor. Di sini, kamu bisa meyantap hidangan sambil menikmati langit malam. Dijamin, kamu akan betah duduk berlama-lama di sini!

Pengeluaranmu sekarang: Rp197.000.

Lepas Lelahmu di Penginapan Terbaik, Bobocabin Pangalengan!

Dengan budget Rp200.000-an, kamu sudah bisa menjelajahi indahnya panorama alam dan mencicip kuliner terbaik di Pangalengan. Kini saatnya kembali ke penginapan untuk istirahat.

Bobocabin Pangalengan siap menyambutmu dengan private bathroom yang dilengkapi dengan air panas untuk melepas lelah setelah seharian berwisata. Kamu juga bisa rebahan dengan nyaman di king size bed sambil posting foto-foto selama liburan di Pangalengan menggunakan wifi super cepat. Booking cabin-mu sekarang untuk pengalaman menginap di glamping seru berbasis teknologi di sini!

Bob’s Budget Check

Segini kira-kira total pengeluaranmu kalau kamu mengunjungi tujuh destinasi wisata di Pangalengan yang sudah Bob siapkan untukmu:

  • Tiket masuk dan parkir Nuansa Riung Gunung: Rp15.000
  • Tiket masuk dan parkir Situ Cileunca: Rp8.000
  • Sop Buntut Rumah Makan Asti: Rp45.000
  • Tiket masuk dan parkir Pengabdi Setan Movie Set: Rp15.000
  • Tiket masuk dan parkir NIMO Highland: Rp40.000
  • Tiket masuk dan parkir Taman Langit: Rp15.000
  • Makan malam di Kawitan Coffe: mulai dari Rp18.000 – Rp35.000

Yuk mulai siapkan budget-mu untuk menghabiskan libur semester di Pangalengan. Kapan lagi kamu bisa liburan hemat tanpa terbebani tugas di tengah perkebunan teh cantik?

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles