jakarta

Liburan di Jakarta ke Mana? Kunjungi 21 Tempat Hits Ini Saja!

Siapa bilang liburan di Jakarta nggak menarik? Tahukah kamu, Jakarta punya segudang kejutan seru yang siap memanjakan rasa ingin tahu kamu. Mulai dari tempat-tempat tersembunyi yang mungkin belum banyak dikenal orang, hingga lokasi-lokasi populer yang selalu ramai diperbincangkan, semuanya ada di ibu kota ini. 

Kamu bisa mengeksplorasi warisan budaya kaya, mencicipi aneka kuliner khas yang viral, atau sekadar menikmati keindahan kota dari sudut pandang yang berbeda.

Nggak cuma itu, Jakarta juga menawarkan hiburan modern yang bisa membuat hari-hari kamu lebih berwarna, lo Sahabat Bob. Jadi, kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang baru, Jakarta adalah tempat yang tepat. 

Yuk, packing kamera, sepatu jalan, atau apapun yang kamu butuh, petualangan di Jakarta akan segera kita mulai!

Liburan di Jakarta Ngapain Aja?

Keliling Museum dan Wisata Sejarah 

1. Museum Fatahillah

museum fatahillah

Photo: jakarta-tourism.go.id

Tempat liburan di Jakarta yang pertama adalah Museum Fatahillah. Begitu masuk, kamu akan merasa seperti balik ke zaman dulu, menjelajahi lorong-lorong penuh cerita tentang Jakarta di masa kolonial. Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dan amati di sini, mulai dari penjara bawah tanah hingga koleksi barang-barang bekas penjajahan.

Tak cuma itu, kamu juga bisa menemukan hal seru di sekitaran Museum Fatahillah, seperti pegelaran seni tradisional, panggung musik, atau buat yang cepat capek, bisa beristirahat di hotel kapsul Bobopod Museum Fatahillah!

  • Alamat: Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
  • HTM: Rp10.000 per orang dewasa, Rp5.000 per anak

2. Museum Tekstil

Di Museum Tekstil Jakarta, kamu nggak cuma diajak melihat koleksi kain batik yang keren dan melegenda, tetapi juga bisa langsung belajar dari para ahlinya! Kamu bisa langsung turut serta dari mencelupkan canting ke malam, menggambar pola di atas kain, dan melihat hasil karya sendiri.

Kerennya lagi, kamu juga bawa hasil batik buatan sendiri untuk jadi kenang-kenangan yang unik!

  • Alamat: No 2-4, Jl. K.S. Tubun, Kota Bambu Sel., Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11420
  • HTM: Rp20.000 per orang

3. Museum Keramik

Museum Keramik

Photo: @museum_keramikjkt via Instagram

Sedang mencari liburan murah di Jakarta, kunjungi saja Museum Keramik! Dari luar saja, bangunannya sudah bikin penasaran dengan arsitektur kolonial yang megah. Begitu masuk, Sahabat Bob akan disambut oleh berbagai koleksi keramik dari beragam zaman dan daerah di nusantara.

Selain bisa lihat-lihat, kita juga bisa belajar tentang cara pembuatan keramik dan sejarahnya, jadi pengalaman ini nggak cuma menyenangkan, tapi juga menambah wawasan! 

  • Alamat: Jl. Pos Kota No.2 9, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
  • HTM: Rp5.000 – Rp15.000 per orang

Baca juga: 15 Glamping Dekat Jakarta, Kabur Melepas Penat Sejenak!

Wisata Seni di Jakarta

1. Galeri Nasional

galeri nasional

Photo: museum.kemdikbud.go.id

Galeri Nasional Jakarta adalah destinasi liburan di Jakarta yang nggak boleh dilewatkan buat para pecinta seni. Di sana, kamu akan menemukan berbagai karya seni dari seniman lokal dan internasional. 

Koleksinya bervariasi, mulai dari lukisan, patung, sampai instalasi seni modern yang tak jarang viral di sosial media!

  • Alamat: Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
  • HTM: –

2. Museum MACAN

museum macan

Photo: museummacan.org

Museum MACAN terkenal dengan koleksi seninya yang selalu up to date dan berkelas. Kamu bisa menemukan artis ternama, baik itu seniman lokal atau internasional seperti Basquiat, Hirst, Murakami, atau Warhol.

Setelah puas berkeliling melihat karya seni mereka, kamu bisa mampir ke toko suvenirnya yang penuh dengan barang-barang lucu dan keren.

  • Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530
  • HTM: Rp50.000-Rp80.000 per orang (tergantung hari)

3. Komunitas Salihara Arts Centre

Rekomendasi tempat liburan di Jakarta ini penuh dengan aktivitas seni yang bikin pengunjung penasaran. Bagaimana tidak? Tempatnya menyuguhkan pameran seni rupa hingga pertunjukan teater, musik, dan tari yang berbeda setiap event.

Selain nonton pertunjukan para tamu juga dapat mengikuti workshop yang diadakan Salihara Arts Centre, yang terkadang berkolaborasi dengan brand-brand seni ternama di Indonesia.

  • Alamat: Jl. Salihara No.16, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
  • HTM: –  

Wisata Kulineran di Jakarta

1. Chinatown Pancoran Glodok

makanan di glodok - liburan jakarta

Photo: Anthoni Askaria via Unsplash

Siap-siap disambut oleh jajanan dan makanan enak di Chinatown Pancoran Glodok. Dari dimsum yang menggugah selera sampai berbagai jenis mie pangsit dan goreng yang super enak, semuanya bisa kamu temukan di sini!

Suasana di Chinatown Pancoran Glodok juga sangat hidup, dengan aroma makanan yang menggoda dan keramaian yang bikin suasana makin seru. 

  • Alamat: Jl. Pancoran No.42A, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

2. Pasar Baru

Walaupun dikenal sebagai pusat perbelanjaan, Pasar Baru merupakan pusat kuliner populer di Jakarta juga lo, Sahabat Bob. Banyak jajanan kaki lima dan resto yang bisa kamu nikmati di sini. Beberapa di antaranya adalah Bakmi Aboen, Cakue Ko Atek, Bakmi Sui Sen, Bakso Metro Pasar Baru, atau Soto Betawi yang selalu jadi favorit warga Jakarta.

Kulineran akan semakin seru karena didukung suasana Pasar Baru yang ramai dan ramah, sehingga waktu yang kamu luangkan di sana semakin memorable!

  • Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat

3. Blok M

makanan di blok m - pastry - toko roti - liburan jakarta

Photo: Windo Nugroho via Unsplash

Kalau ngobrolin tempat hits, nggak afdal kalau kamu gak kunjungin Blok M untuk kulineran! Tempat kulineran di Jakarta ini tersohor sebagai area yang sering dikunjungi remaja karena banyaknya restoran enak dan aesthetic di sana.

Jenis makanannya beragam. Kamu bisa menemukan makanan lokal, Jepang, hingga menu pasta yang menggoyang lidah. Restoran terkenal yang bisa kamu kunjungi di sini termasuk Futago, Yuki Japanese Resto, Kira Kira Ginza, dan Pasta by The Park.

  • Alamat: Blok M, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Foto-Foto di Tempat Hits dan Instagramable

1. Monas

monumen nasional monas- liburan jakarta

Photo: Rifki Kurniawan via Unsplash

Main ke Jakarta masa gak foto-foto di tempat hits? Yuk, kita langsung pergi ke Monas! Nggak perlu khawatir akan pemandangan yang gersang. Monas kini sudah terlihat lebih hijau dengan ditanamnya pepohonan rindang di sekitar monumen.

Vibenya yang sejuk, ditambah suasanya yang hidup, membuat monas cocok jadi background foto untuk kamu upload ke sosial media!

  • Alamat: Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

2. Stasiun MRT

MRT Jakarta - liburan jakarta

Photo by Rendy Novantino on Unsplash

Destinasi liburan di Jakarta kali ini bukan soal traveling ya, Sahabat Bob. Ya, walaupun merupakan tempat singgah MRT, stasiun bisa kamu jadikan latar belakang foto. Apalagi di stasiun BCA Blok M yang dihiasi lampu-lampu futuristik, atau Stasiun Bundaran HI yang penuh akan LED canggih.

Setiap stasiun punya keunikan tersendiri, jadi setiap foto pasti punya vibe yang berbeda dan pastinya bikin feed Instagram makin menarik!

  • Alamat: Stasiun MRT, Jakarta Selata, DKI Jakarta

3. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium merupakan tempat yang cocok kamu singgahi kalau ingin foto-foto di tempat unik. Berbeda dengan Seaworld, akuarium ini berada di dalam salah satu mall besar Jakarta. Jadi, sudah bisa dibayangkan dong, suasananya yang gelap dan aesthetic?

Poin plusnya, kamu bisa berfoto dengan binatang laut, mulai dari spesies kecil seperti ikan Clownfish, ubur-ubur, ikan pari, hiu, sampai putri duyung, semuanya ada!

  • Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.106, RT.3/RW.3, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
  • HTM: Rp150.000

Belanja atau Thrifting di Jakarta

1. Pasar Tanah Abang

membeli pakaian - thrifting

Photo: Noemie Roussel via Unsplash

Pasar Tanah Abang memang merupakan tempat yang acap penuh dan sesak oleh pengunjung, tapi keseruan berburu barang dan ngobrol dengan pedagang yang ramah bikin pengalaman belanja di sana jadi sangat menyenangkan, lo.

Kamu bisa menemukan segala macam barang, mulai dari pakaian modis sampai aksesoris unik, dengan banyak pilihan dan harga yang bersaing. 

  • Alamat: Kb. Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

2. Mangga Dua

Tempat belanja di Jakarta selanjutnya adalah Mangga Dua. Sama seperti Pasar Tanah Abang, suasana di Mangga Dua selalu ramai dan penuh warna, dengan berbagai promosi dan diskon yang bikin belanja jadi semakin seru.

Selain belanja aksesoris, baju, atau sepatu, kamu juga bisa menemukan banyak oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu bawa pulang untuk orang tersayang!

  • Alamat: Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340

3. Pasar Senen

Pasar Senen merupakan tempat yang penuh energi dan seru buat berbelanja, apalagi thrifting! Dengan suasana yang ramai, kamu bisa menemukan segala macam barang dengan harga yang yang tidak bikin kantong bolong. Mulai dari pakaian stylish, aksesoris unik, atau barang-barang antik, pilihan yang ada di sini begitu beragam.

Keseruan dan keberagaman yang ada di Pasar Senen bikin pengalaman belanja di sini tentunya jadi sangat menarik!

  • Alamat: Jl. Pasar Senen, RW.3, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410

Cafe Hopping di Jakarta

1. Acaraki Jamu Kota Tua

Seperti namanya, Acaraki Jamu Kota Tua berada di pusat Kota Tua. Kapan lagi kamu bisa menemukan cafe hits di tengah-tengah daerah bersejarah di Jakarta?

Cafenya dibangun dengan nuansa industrialis yang modern tetapi tetap hangat. Menu makanan pun cukup banyak. Jadi, kalau capek muter-muter Kota Tua, kamu bisa singgah untuk ngopi atau mengisi perut sampai kenyang di sini.

  • Alamat: Acaraki Jamu, Gedung Kerta Niaga 3, Kota Tua, Jl. Pintu Besar Utara No.11, RT.4/RW.6 RT.4, RT.4/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Baca juga: Wisata Kuliner Jakarta Pusat Malam Hari: Menikmati Kelezatan Malam

2. Stroom Coffee

stroom cafe

Photo: @stroom.coffee via Instagram

 

Begitu masuk Stroom Coffee, kamu bakal disambut dengan desain interior yang modern dan minimalis, dengan dominasi warna netral yang bikin ruangan terasa lapang dan tenang. Suasana ini bikin waktu nongkrong di sana lebih cozy dan terasa homey, tentunya.

Ditambah rangkaian menu yang lezat dan beragam, Stroom Coffee patut dijadikan destinasi liburan Jakarta selagi kamu ada di sana.

  • Alamat: Jl. M.I. Ridwan Rais No.1, RT.7/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

3. Uma Oma Cafe

Dengan suasana yang cozy dan makanan yang bikin ingin balik lagi, Uma Oma Cafe adalah tempat yang pas untuk hangout, ngopi santai, atau makan siang.

Untuk sarapan, ada pilihan seru seperti eggs benedict dan avocado toast. Untuk makan siang, coba burger juicy, pasta creamy, atau nasi goreng khas Uma Oma Cafe. Jangan lupa camilan lezat seperti croissant dan brownies juga ya, Sahabat Bob!

  • Alamat: Jl. Melawai I No.28, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Santai-Santai di Taman Jakarta

1. Hutan Kota GBK

hutan kota GBK - liburan jakarta

Photo: Valaq Lazuardi via Unsplash

Hutan Kota GBK cocok dijadikan wisata liburan di Jakarta yang murah, and let us tell you why! Suasananya seperti oasis di tengah kota dengan bangunan tinggi, pas banget buat melepaskan kepenatan dari kesibukan kota.

Di sana, Sahabat Bob bisa jalan-jalan santai di jalur setapak yang dikelilingi tanaman hijau. Ada juga spot-spot duduk yang nyaman kalau mau istirahat, piknik, atau sekadar nikmatin suasana. Selain itu, ada area bermain untuk anak-anak, jadi cocok juga buat bawa keluarga!

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

2. Taman Situ Lembang

Berbeda dengan Hutan Kota GBK, Taman Situ Lembang punya karakter yang lebih seperti taman kota dengan danau di tengahnya. Walaupun begitu, aktivitasnya kurang lebih sama. 

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan danau yang tenang, jalan-jalan di sekitar danau, atau sekadar duduk-duduk sambil menikmati udara segar. Taman ini juga sering dipakai untuk piknik atau berkumpul dengan keluarga dan teman.

  • Alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910

3. Taman Literasi

Kalau tujuanmu buat rehat dan menikmati waktu santai, Taman Literasi itu pilihan yang oke. Suasananya nyaman dan tenang, cocok buat yang mau melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kota. Di sana ada banyak tempat duduk yang asik buat baca buku, ngopi, atau sekadar ngobrol santai sama teman.

Selain itu, taman ini punya vibe yang kreatif dan inspiratif, dengan berbagai instalasi seni yang unik. Kalau kamu suka dengan suasana yang rileks tapi tetap produktif, Taman Literasi bisa jadi destinasi liburan Jakarta yang tepat. 

  • Alamat: Jl. Sisingamangaraja No.2, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Serunya Jelajahi Jakarta Bareng Bobopod

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Kota Tua, Jakarta!

Photo: Bobobox Internal Asset

Bayangin aja, setelah seharian keliling destinasi liburan Jakarta yang seru, malemnya bisa istirahat di Bobopod Kota Tua. Tempatnya modern banget dengan konsep pod yang unik dan nyaman.

Di sana, kamu bisa dapetin suasana yang tenang dan nyaman buat recharge energi setelah seharian jalan-jalan. Kamarnya berbentuk pod mini, tetapi super cozy karena desainnya yang minimalis dan stylish. Teknologi yang dipake juga canggih, seperti kunci kamar pake QR code dan lampu yang bisa diatur sesuai mood. Jadi, pengalaman menginap sudah pasti berbeda dari yang lain.

Plus, lokasinya juga strategis, jadi gampang banget buat jalan-jalan lagi keesokan harinya. Kalau kamu suka konsep yang simpel tapi tetap seru, Bobopod Kota Tua bisa jadi pilihan yang tepat buat melengkapi petualangan kamu di Jakarta!

Tunggu apalagi, download aplikasi Bobobox dan book podnya sebelum kehabisan!

 

Penulis: Samala Mahadi

Foto header: Afif Ramdhasuma dari Pixabay

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles