kuliner simpang lima semarang

18 Kuliner Simpang Lima Semarang yang Menggugah Selera

Simpang Lima Semarang terkenal dengan aneka kulinernya yang menggugah selera.

Selain untuk mencoba cita rasa makanan Semarang, kawasan ini tentunya bisa menjadi alternatif saat kamu ingin mengisi perut dan dompet sudah mulai menipis.

18 Kuliner Simpang Lima yang Murah Meriah

Dari soto hingga nasi pecel, yuk simak 18 kuliner Simpang Lima Semarang murah meriah berikut ini!

1. Soto Ayam Khas Kudus Mbak Lin

Soto Ayam Khas Kudus Mbak Lin

Sumber: Dedy Ariadi via Google Maps

Jika kamu tidak keberatan dengan cita rasa manis, Soto Mbak Lin bisa menjadi pilihan kuliner saat menyambangi Simpang Lima Semarang.

Satu porsi soto biasanya tersaji dalam mangkuk kecil berisikan nasi putih, tauge, ayam suwir, daun bawang, bawang goreng, dan kuah soto yang manis.

Sebagai pendamping, kamu bisa menambahkan paru goreng, sate ayam bacem, otak sapi goreng, pastel ayam, sosis Solo, sate kerang, sate telur, perkedel, dan tempe goreng.

Selain itu, ada juga menu minuman untuk melepas dahaga kamu, seperti es kelapa muda, jus alpukat, teh manis, es jeruk, kopi panas, kopi susu, dan jus lainnya.

Satu porsi soto bisa kamu dapatkan dengan harga Rp13.000. Sementara itu, harga menu pendamping berada di kisaran Rp5.000–9.000 sedang minuman sebesar Rp5.000–12.000.

Kamu bisa menikmati kuliner Simpang Lima Semarang ini pada pagi, siang, ataupun malam hari sebab kedai buka mulai pukul 07.00–22.00.

Baca juga: Warna-Warni Wahana dan Spot Foto di Ecopark Dusun Semilir, Semarang!

2. Nasi Pecel Mbok Sador

Nasi Pecel Mbok Sador

Sumber: Chris Wirawan via Google Maps

Buka mulai pukul 16.00–22.00, Nasi Pecel Mbok Sador adalah pilihan tepat saat kamu kelaparan pada sore atau malam hari.

Sesuai namanya, kedai ini menyuguhkan nasi pecel seharga Rp9.000 saja sebagai menu andalannya.

Dalam satu porsi pecel, kamu akan mendapatkan nasi, sayuran (termasuk bayam, tauge, kacang panjang, kembang turi, dan daun pepaya) serta siraman saus kacang.

Selain itu, ada menu tambahan berupa kerupuk gendar, tempe goreng/bacem, tahu bacem, perkedel, peyek kacang/teri, sate usus/kulit, sate keong, telur dadar/ceplok/asin/puyuh, babat, iso, paru, ati ampela, limpa, dan empal.

Pilihan minumannya terdiri dari teh manis, teh tawar, air jeruk, es sirup, air mineral, dan Teh Botol. Jika tidak ingin pakai nasi, kamu bisa memesan pecel sayur seharga Rp8.000.

Menu tambahan dari kerupuk hingga empal bisa kamu dapatkan dengan harga Rp1.000–15.000 sedangkan harga minumannya berkisar antara Rp2.000–7.000.

3. Nasi Ayam/Nasi Liwet Bu Widodo

Nasi AyamNasi Liwet Bu Widodo

Sumber: @tarakdudungdezh via Instagram

Berdiri sejak 1994, Nasi Ayam/Nasi Liwet Bu Widodo cukup populer di kalangan wisatawan. Tempat ini selalu ramai pengunjung yang ingin menikmati kelezatan seporsi nasi ayam.

Kuliner Simpang Lima Semarang ini biasanya berisi nasi dengan guyuran kuah lodeh labu siam, ayam suwir, telur bacem, dan sepotong ayam kampung.

Dari segi rasa, kuliner ini sekilas mirip gudeg dengan rasa dominan gurih manis, tapi tidak semanis gudeg.

Untuk melengkapi kelezatannya, jangan lupa tambahkan sambal pedas yang tersedia di sana. Selain itu, ada juga menu tambahan berupa sate jeroan, telur puyuh, dan lainnya.

Satu porsi nasi ayam biasanya dibanderol dengan harga Rp25.000, sedangkan harga nasi liwet tanpa lauk adalah Rp12.000. Kamu bisa datang mulai pukul 17.00–00.00.

4. Tahu Petis Prasojo

Tahu Petis Prasojo

Sumber: @tahu.petis.prasojo via Instagram

Selain makanan berat, kamu juga bisa mencoba camilan ringan di kawasan kuliner Simpang Lima Semarang.

Salah satunya adalah Tahu Petis Prasojo, yang menawarkan menu tahu petis yang terbuat dari tahu pong goreng dengan isian petis di dalamnya. Harga per satuannya adalah Rp4.000.

Sebagai informasi, petis ini biasanya terbuat dari campuran tepung tapioka, cumi, udang giling, garam, gula, dan bawang.

Selain tahu petis, kedai satu ini juga menjual tempe mendoan, pisang goreng, tape goreng, tahu baso, tahu brontak, lumpia goreng, rolade goreng, dan risoles goreng.

Jika tetrarik mencoba, kamu bisa datang antara pukul 14.00–23.00.      

5. Nasi Ayam Bu Sami

Nasi Ayam Bu Sami

Sumber: @surabayafoodies via Instagram

Selanjutnya, ada Nasi Ayam Bu Sami yang bisa menjadi alternatif saat ingin berwisata kuliner tengah malam.

Buka mulai pukul 22.00–06.00, kedai ini menyediakan nasi ayam berisikan nasi, suwir ayam, sayur lodeh labu, dan krecek dengan harga Rp15.000 per porsi.

Untuk menu pendampingnya, ada sate jeroan, telur bacem, sate telur puyuh, ayam, ati, ceker, dan lainnya.

Karena dominan rasa manis dan gurih, kamu bisa menambahkan sambal dan kerupuk agar rasanya lebih kaya.

Baca juga: 10 Tempat Kuliner Malam Semarang Ini Wajib Banget Kamu Kunjungi!

6. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Tahu Gimbal Pak H. Edy

Sumber: Travelel Gookiil via Google Maps

Tahu gimbal merupakan salah satu makanan khas Semarang yang wajib kamu coba saat bertandang ke sana.

Salah satu yang sangat legendaris dan sudah ada sejak tahun 1971 adalah Tahu Gimbal Pak H. Edy yang berlokasi tidak jauh dari kawasan kuliner Simpang Lima Semarang.

Karena banyak yang menggunakan nama “Pak Edy/Edi”, pastikan kamu benar-benar menyambangi kedai bernama Tahu Gimbal Pak H. Edy dengan foto Pak Edy di banner-nya.

Satu porsi tahu gimbal biasanya berisi tahu goreng, irisan kol, lontong atau nasi, bakwan udang, kerupuk udang, dan siraman saus kacang. Harga satu porsinya adalah Rp25.000.

Jika ingin menu komplit dengan tambahan telur dan ekstra gimbal, kamu perlu membayar sebesar Rp35.000.

Kedai Pak Edy ini juga menjual menu minuman, termasuk es campur, es teler, es teh, es jeruk, teh panas, jerus panas, dan air mineral dengan harga Rp6.000–19.00.

Kamu bisa datang mulai pukul 12.00–22.00.

Bobobox Maximum Comfort Banner

7. Wedang Radja

Wedang Radja

Sumber: Nina Sari via Google Maps

Menikmati kuliner malam Simpang Lima Semarang akan lebih cocok ditemani minuman hangat alias wedang. Salah satu kedai yang bisa kamu coba adalah Wedang Radja yang buka pukul 15.00–01.00.

Menu yang tersedia sangat beragam dan terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu wedang rempah, wedang stamina, kopi rempah, kopi nusantara, teh poci spesial, wedang tradisional, kopi, cokelat, dan aneka teh.

Beberapa menu minuman ini adalah uwuh Radja, secang pariamon, teh poci hitam, STMJ, kopi jahe, kopi Toraja, kopi Aceh Gayo, wedang ronde, wedang sekoteng, wedang bajigur, kopi tubruk, teh manis, lemon tea, cokelat panas, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga menu roti bakar dan indomie untuk pengganjal perut. Harga menu-menu tersebut mulai dari Rp10.000–20.000 per porsi.  

Baca juga: Ampuh Hangatkan Badan, Ini Dia Resep Wedang Jahe yang Mudah Dibuat

8. Roti Bakar dan Susu Murni IDOLA

Roti Bakar dan Susu Murni IDOLA

Sumber: Adine Utama via Google Maps

Kawasan kuliner Simpang Lima Semarang memiliki cukup banyak kedai yang menjual roti bakar dan susu murni.

Salah satu yang menjadi favorit adalah Roti Bakar dan Susu Murni IDOLA yang buka pukul 12.30–01.30.

Sesuai namanya, kedai ini menjual penganan roti bakar dengan berbagai topping, mulai dari cokelat, kacang, keju, pisang, nanas, hingga es krim.

Selain itu, ada juga aneka menu pisang bakar, jagung bakar, tape bakar, pancake, Indomie, naget, kentang goreng, banana split, dan omelette. Menu-menu ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp10.000–26.000.

Selain itu, ada juga menu minuman seperti STMJ, susu murni dan aneka varian susu lainnya, kopi, minuman dingin, jus, serta milkshake dengan harga mulai dari Rp5.000–16.000.

9. Bakmi dan Nasi Goreng Bu Lestari

Bakmi dan Nasi Goreng Bu Lestari

Sumber: @ngajak_jajan/Instagram

Buka mulai pukul 17.00–23.00, Bakmi dan Nasi Goreng Bu Lestari menjadi pilihan tepat untuk santap sore atau malam.

Sesuai namanya, kedai ini menyediakan menu nasi goreng dengan aneka isian, mulai dari ayam, babat, telur, sosis, bakso, ati, kambing, sapi, hingga seafood.

Satu porsi nasi goreng bisa kamu nikmati dengan membayar uang sebesar Rp10.000–20.000, tergantung isian yang kamu pilih.

Selain itu, ada juga menu bakmi, kwetiau, bihun, soto ayam, sup ayam, sup seafood, cumi, udang, ayam tepung/bakar/goreng/koloke/gongso/mentega, lele goreng/bakar, mujair goreng/bakar, dan bawal goreng/bakar.

Harganya juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000–30.000.

Baca juga: 10 Tempat Ngopi Di Semarang Yang Paling Cocok Untuk Berbuka Bareng Teman

10. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik

Sumber: Tommy Tjahjono via Google Maps

Jika kamu pencinta es krim, jangan lupa sempatkan diri untuk mencoba Es Puter Cong Lik yang buka pukul 18.00–23.00.

Kuliner Simpang Lima Semarang ini termasuk legendaris dengan ciri khas rasa gurih dari campuran santan serta tekstur yang lebih kasar dari es krim kebanyakan.

Menunya terdiri dari beberapa varian, yaitu es durian, kelapa muda, alpukat, dan cokelat, serta pilihan mix dua rasa dari menu tersebut.

Satu porsi biasanya berisi beberapa scope es puter, potongan roti, dan biji mutiara dengan harga Rp15.000 (satu rasa), Rp20.000 (dua rasa tanpa durian), dan Rp30.000 (dua rasa dengan durian).

Baca juga: 7 Tempat Wisata Wajib Masuk To-Do List Dekat Bobobox Kota Lama, Semarang

11. Pecel Yu Sri

Pecel Yu Sri

Sumber: Djoko Setiawan via Google Maps

Rekomendasi kuliner di kawasan Simpang Lima Kota Semarang yang terakhir yaitu Pecel Yu Sri. Dengan suasana yang sederhana dan ramah, warung ini memberikan para pelancong nuansa khas pedesaan Jawa Tengah.

Warung Makan Pecel Bu Yu Sri menawarkan hidangan pecel dengan nasi, sayuran segar, dan sambal kacang yang lezat, warung ini juga memiliki beragam lauk seperti sate telur, sate udang, tahu, tempe, dan lainnya.

Dengan cita rasa autentik yang maknyus, serta harga terjangkau sekitar Rp8.000 per porsi, Pecel Yu Sri buka mulai pukul 17.00 hingga 00.00 WIB, menyediakan pengalaman kuliner yang lezat dan terjangkau bagi para pelancong.

12. Seafood Pak Jari

Seafood Pak Jari

Sumber: rino raines via Google Maps

Sumber: rino raines via Google Maps

Seafood Pak Jari di Pujasera Simpang Lima, Semarang, adalah surga bagi pencinta kuliner laut dengan beragam pilihan dari udang, ikan, hingga kepiting.

Rasakan kelezatan hasil laut yang digoreng, dibakar, atau disajikan dengan aneka saus menggoda seperti saus asam manis, saus mentega, dan saus padang. Semua dilengkapi dengan beragam sayuran segar seperti kangkung, sawi, dan brokoli.

Tempat ini tidak hanya cocok untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan, tetapi juga menjadi pilihan terbaik untuk sahur. Harganya juga terjangkau mulai Rp25.000 – Rp200.000, dan tentu saja menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

13. Bakmi Jowo Pak Rebi

Bakmi Jowo Pak Rebi

Sumber: puspa melati via Google Maps

Bakmi Jowo Pak Rebi, yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno No. 11A, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang, adalah salah satu tempat terkenal di Semarang untuk menikmati bakmi jowo yang lezat.

Di warung ini, Anda akan menemukan berbagai pilihan menu bakmi jowo, termasuk bakmi godok, bakmi goreng, bihun goreng, bihun godok, nasi goreng, dan nasi ruwet. Harga satu porsi hidangan di sini sangat terjangkau, berkisar antara Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,-.

Warung ini juga memiliki jam operasional yang luas, buka dari jam 11.00 pagi hingga jam 12 malam setiap hari, bahkan saat hari besar dan libur.

14. Bandeng Juwana Elrina

Bandeng Juwana Elrina

Sumber: CNN Indonesia

Kuliner Simpang Lima di Semarang yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah ikan bandeng. Berada di sekitar Kawasan Simpang Lima, Jl. Pandanaran, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Bandeng Juwana Elrina.

Di sini kamu akan menemukan kelezatan bandeng presto dengan tulang yang lunak dan cita rasa yang sangat menggugah selera.

Ada pilihan menu yang beragam, seperti Bandeng Duri Lunak Biasa, Bandeng Duri Lunak Vakum Kering, Bandeng Duri Lunak Vakum Basah, Bandeng Dalam Sangkar, Bandeng Otak-Otak, dan Bandeng Teriyaki. Selain itu, kamu juga dapat membeli oleh-oleh seperti wingko babat, lumpia, kue pia, brownies, dan banyak lagi.

Bandeng Juwana Elrina berlokasi di Jl. Pandanaran No.57, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah, dan buka dari pukul 07.00 hingga 23.00 WIB. Tempat ini adalah destinasi wajib bagi pecinta makanan laut yang mencari cita rasa yang istimewa di kawasan Simpang Lima.

Baca juga: Resep Bakso Bakar Bumbu Kacang, Camilan Nikmat untuk Berbuka Puasa!

15. Bakso Iso Sapi Pak Lasino

Bakso Iso Sapi Pak Lasino

Sumber: Sitaresmi SR via Google Maps

Bagi kamu pecinta bakso, Warung Bakso Iso Sapi Pak Lasino adalah pilihan yang wajib kamu kunjungi saat berada Semarang.

Warung Pak Lasino terletak sekitar 1 km dari kawasan Simpang Lima, tepatnya di Jl. Kusuma Wardani No.25, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 18.30 WIB, kecuali pada hari Minggu.

Harga per porsi untuk cita rasa bakso yang lembut ini sangat terjangkau, berkisar antara Rp.18.000 hingga Rp20.000.

16. Nasi Ayam bu Wido

Nikmati pengalaman kuliner istimewa di Nasi Ayam bu Wido, salah satu destinasi legendaris di Semarang yang patut dicoba. Terletak tidak terlalu jauh dari Simpang Lima, warung ini menyajikan nasi ayam lezat di atas wadah pincuk daun pisang, lengkap dengan nasi gurih, sayur labu siam, kuah krecek, dan suwiran ayam.

Di sini, kamu dapat memesan daging per potongan dan berbagai tambahan lauk yang tersaji di meja, termasuk sate kulit ayam, sate usus, sate ati ampela, kepala ayam, ceker, dan gorengan. Kuliner murah meriah di Simpang Lima ini tidak hanya menggugah selera, tetapi juga menawarkan pengalaman makan yang autentik dan menarik.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi dan menikmati hidangan lezat di Nasi Ayam bu Wido, tempat di mana kamu bisa menikmati berbagai hidangan khas Semarang dengan harga yang terjangkau.

Alamat: Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

17. Soto Bangkong

Soto Bangkong Semarang

Sumber: CNN Indonesia

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati Soto Bangkong, warisan kuliner Semarang yang legendaris sejak tahun 1950. Salah satu cabangnya yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso dapat dijangkau hanya dalam waktu 7-10 menit berkendara dari kawasan Simpang Lima.

Meskipun namanya Bangkong, jangan khawatir karena sotonya tidak menggunakan bahan daging bangkong alias kodok besar.

Soto Bangkong menghadirkan semangkuk soto lezat berisi nasi putih, suwiran ayam, bihun, daun bawang, tomat, dan kuah bening berempah yang menggoda selera. Nikmati juga variasi sate kerang, sate ati ampela, dan sate telur puyuh yang dimasak semur sebagai pendampingnya.

Berkunjung ke Soto Bangkong akan memberikan kamu pengalaman kuliner yang autentik dan terjangkau. Jadi, ayo jelajahi kelezatan Soto Bangkong di Simpang Lima untuk memuaskan selera makanmu.

Alamat: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

18. Lunpia Cik Me Me

Jangan lewatkan pengalaman menikmati lumpia khas Semarang yang legendaris di Lunpia Cik Me Me. Lokasinya yang tidak jauh dari kawasan Simpang Lima membuatnya menjadi pilihan yang sangat praktis untuk kamu kunjungi.

Nama Cik Me Me sendiri adalah panggilan dari Meliani Sugiarto, generasi kelima dari pendiri lumpia legendaris Semarang.

Berbeda dari lumpia tradisional, di Lunpia Cik Me Me, kamu dapat menikmati kreasi terkini seperti lumpia crab berisikan daging kepiting, lumpia ikan kakap, lumpia jamur, hingga lumpia keripik. Pengalaman kuliner yang unik juga dapat kamu temukan dengan mencoba lumpia isi daging kambing muda.

Berkunjung ke Lunpia Cik Me Me akan memberikan kamu kenikmatan rasa yang luar biasa dan beragam pilihan lumpia yang tak terlupakan. Jadi, ayo kunjungi Lunpia Cik Me Me di Simpang Lima untuk menikmati kuliner yang lezat dan terjangkau.

Alamat: Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Hotel Strategis? Ya, Bobobox!

Hotel Strategis Ya, Bobobox!

Sumber: bobobox.com

Sebagai wisata populer, Semarang menyediakan beragam pilihan hotel agar kamu bisa istirahat dengan nyaman setelah lelah mengeksplorasi.

Salah satunya adalah Bobobox Pods Kota Lama, yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih untuk kemudahan para pelanggan.

Masalah kenyamanan tidak perlu kamu ragukan lagi. Interior podnya cukup luas dengan kasur empuk yang bikin kamu betah rebahan lama-lama.

Dari Bobobox, kamu juga bisa memaksimalkan waktu dengan menjelajahi tempat-tempat kuliner Simpang Lima Semarang.

Unduh aplikasi Bobobox untuk pemesanan dan informasi selengkapnya.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles