Stasiun Semarang Tawang

10 Rekomendasi Kuliner Dekat Stasiun Semarang Tawang

kLapar setelah menyelesaikan perjalanan yang melelahkan dengan kereta menuju ke Semarang? Biar ada tenaga untuk menjelajahi keindahan kota, yuk jelajahi dulu kelezatan kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang. Jangan lupa isi tenaga dulu agar kamu tetap semangat melanjutkan petualanganmu di Semarang!

Baca Juga: 12 Tempat Family Gathering Paling Seru di Semarang

Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok - kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang

Photo: Asyrofi Baturetno via Google Maps

Perjalanan ke Semarang tidak akan lengkap tanpa mencoba hidangan istimewa nasi goreng babat dari Pak Karmin. Kenapa? Karena tidak hanya unik dan lezat, tetapi juga karena kedai ini memiliki reputasi legendaris!

Hidangan nasi goreng babat di sini sangat menggoda. Warna merah kecokelatan nasi goreng dengan gongso babat yang melimpah pasti akan menggugah seleramu. Porsi yang besar juga dijamin akan membuat kamu kenyang.

Di sini, kamu hanya bisa memilih dua menu: nasi goreng babat atau nasi gongso babat yang masing-masing dijual seharga Rp25.000 dan Rp33.000. Rahasia kelezatannya ada pada proses merebus daging selama 8 jam, yang menghasilkan daging yang lembut dan lezat.

Untuk merasakan kelezatannya, kamu hanya perlu tiga menit menggunakan motor dari Stasiun Tawang untuk menuju ke lokasi yang ada di dekat Jembatan Mberok, Kota Lama Semarang!

Sate dan Gule Kambing 29 Kota Lama

Sate & Gule Kambing 29 - Gereja Blenduk - kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang

Photo:  Ignatius Theodore Nico (Ignas) via Google Maps

Warung Sate dan Gule Kambing 29 Semarang merupakan salah satu warisan kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang yang nggak boleh kamu lewatkan! Lokasinya yang strategis di pusat Kota Lama, tepat di depan Gereja Blenduk di Jalan Letjen Suprapto nomor 29, sudah menjadi ikon selama 57 tahun.

Saat melihat menu, pasti kamu akan terpikat dengan sate campur daging yang lezat, disajikan dengan bawang merah iris, sambal rawit merah, dan seiris jeruk nipis.

Sate-sate ini terbuat dari daging kambing yang juicy, tanpa aroma yang mengganggu, dengan bumbu yang meresap dan kecap manis yang nikmat.

Potongan daging kambingnya pun besar dan mengenyangkan. Setengah porsi dengan 5 tusuk sate dan nasi putih sudah cukup memuaskan, dengan harga Rp82.500.

Selain sate, ada juga menu gule dan sate buntel isi daging cincang yang menggiurkan. Kamu tertarik coba yang mana?

Baca Juga: Inilah 13 Mall Terbesar di Semarang, Mana Favoritmu?

Nasi Koyor Kota Lama

Warung Nasi Koyor Kota Lama

Photo: Chris Wirawan via Google Maps

Ini dia kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang lainnya yang wajib dicoba. Warung Koyor Kota Lama, yang terletak di Jalan Gelatik Nomor 7, Purwodinatan, buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 15.00 WIB.

Warung ini memang nampak sederhana, tetapi perutmu akan kenyang dengan sajian lezat yang dihindangkan. Kamu bisa menikmati nasi koyor dengan berbagai isian seperti gudeg, koyor, oseng kacang panjang, serta tambahan lauk seperti telur dan tahu.

Warung Koyor Kota Lama sudah menjadi salah satu rumah makan legendaris sejak tahun 1955, dengan bangunannya yang khas dan terletak di luar gedung Marba yang tampak jadul. Harga menu di Warung Koyor Kota Lama juga terjangkau, hanya berkisar sekitar Rp30,000 saja!

Soto Seger Kartosuro Kota Lama

Soto Seger Old City Semarang - kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang

Photo: Erin Andriana Jacob via Google Maps

Jangan lewatkan kesempatan mencoba Soto Seger Kartosuro di Kota Lama untuk sensasi yang menyegarkan! Kedai ini adalah surga bagi pencinta soto bening dengan kaldu ayam atau sapi yang menggugah selera.

Selain soto, kamu akan menemukan beragam lauk pendamping seperti sate kerang, sate ayam, perkedel, mendoan, dan tempe goreng yang wajib dicicipi, terutama tempe tepung gorengnya yang menggugah selera.

Tempatnya berada di Jalan Letjen Suprapto, Kota Lama, Semarang (seberang Tekodeko), buka setiap hari dari pukul 06.30 hingga 22.00 WIB atau selama stok masih tersedia. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp1.000 untuk tempe, Rp1.500 untuk lauk pauk, Rp10.000 untuk Soto Ayam, dan Rp12.000 untuk Soto Sapi.

Jadi, jangan lupa mampir dan nikmati hidangan segar ini, ya!

Baca Juga: Mengungkap Sejarah Kota Lama Semarang dan Daya Tariknya

Warung Mangut Mbok Dar

Mangut Kepala Manyung Bu Darwati

Photo: Mangut Kepala Manyung Bu Darwati via Google Maps

Semarang terkenal dengan hidangan lokalnya berupa ikan mangut pedas. Sajian mangut terbaik salah satunya ada di warung mangut Mbok Dar yang letaknya di depan Stasiun Semarang Tawang.

Warung ini terkenal dengan mangut jumbo yang pedas dan mantap rasanya, dilengkapi dengan rempah yang kuat. Rasa mangutnya sangat pedas dengan rempah yang kaya dan cita rasa ikan yang khas. Selain mangut, warung ini juga menyajikan telur dadar, lodeh, dan masakan Jawa seperti ramesan.

Meskipun tempatnya sederhana, warung ini selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, termasuk pegawai kantoran, ojek online, dan pegawai KAI.

Selain mangut, kamu bisa mencicipi berbagai makanan lain dengan topping seperti sayur tahu dan tempe goreng dengan dua cabai. Warung Mbok Dar buka dari pukul 04.00 hingga 00.00 WIB. Untuk harganya pun terbilang cukup yang terjangkau, mulai dari Rp35.000 hingga Rp70.000 untuk porsi kepala manyung yang besar!

Sego Bancakan Pawone Simbah

Sego Bancakan Pawonesimbah - kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang

Photo: Krido Sadmoko via Google Maps

Jika kamu ingin menikmati masakan Jawa dengan harga ramah di kantong, Warung Sego Bancakan Pawone Simbah adalah tempat yang tepat. Warung ini terletak di tengah-tengah bangunan Kota Lama Semarang, mudah dijangkau dari Stasiun Tawang.

Di sini, kamu bisa menikmati beragam hidangan khas Jawa seperti berbagai macam sayur, oseng, olahan ayam, seafood, olahan telur, dan gorengan.

Tidak hanya itu, minuman tradisional seperti limun oriental dan es kuwut juga tersedia di sini. Karena konsepnya prasmanan, kamu dapat memilih sendiri lauk apa yang ingin disantap dalam nampan besar tanpa harus mengantri lama.

Harga untuk satu porsi nasi beserta lauk Jawa di Warung Sego Bancakan Pawone Simbah sangat terjangkau, mulai dari Rp8.000 saja. Jadi, nggak perlu ragu untuk mencicipi kuliner khas Jawa yang lezat di warung ini saat kamu berada di Kota Semarang!

Baca Juga: 17 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Semarang yang Nyaman dan Seru

Ayam Goreng Sayangan

Ayam Goreng Sayangan - kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang

Photo: Lutfi Ansyah via Google Maps

Ayam goreng Sayangan berlokasi di seberang kantor Bank BNI, Jalan MT Haryono, Semarang. Warung ini hanya menawarkan dua pilihan ayam goreng: yang segar dan yang sudah diungkep terlebih dulu.

Meskipun tempat makan ini terbilang kaki lima, ayam goreng yang dihidangkan di Sayangan dikenal memiliki proses dan penyajian yang bersih dengan layanan cepat. Harga satu porsi ayam goreng lengkap dengan sambal dan nasi putih hanya sekitar Rp30.000 saja.

Tempat makan ini hanya buka pada sore hari dari pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. Kalau mau mampir ke sini, sesuaikan dengan jadwal keretamu tiba, ya!

Kedai STMJ Karang Doro

STMJ Karangdoro

Photo: Arvia Ari Sugesti via Google Maps

Kedai STMJ Karang Doro terletak tidak jauh dari Ayam Goreng Sayangan. Nah, kedai susu ini terbilang cukup legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1950, lho!

Yang menarik, kedai ini terkenal dengan berbagai varian susu, terutama STMJ yang merupakan susu hangat dengan campuran telur, madu, dan jahe.

Tempat ini menjadi populer karena menyediakan beragam olahan susu dengan variasi rasa seperti cokelat, sirup, jahe, kopi, dan STMJ dengan pilihan telur ayam kampung atau bebek. Selain itu, mereka juga menyediakan telur setengah matang. Harganya juga terjangkau, hanya berkisar Rp4.000 hingga Rp25.000 saja.

Kedai ini buka sejak pukul 05.00 hingga sekitar pukul 21.00 WIB, sehingga cocok untuk sarapan hingga makan malam. Susu Karang Doro telah bertahan selama lebih dari 70 tahun karena menyajikan sesuatu yang unik dan menggugah selera. Jadi, sangat disayangkan jika kamu tidak mencoba sajian hangat di tempat ini!

Baca Juga: Menilik Sejarah Tugu Muda Semarang dan Peristiwa di Baliknya

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Photo: Anna via Google Maps

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang terletak di belakang Gedung Oudetrap Kota Lama Semarang ini memang sangat terkenal dengan kelezatannya.

Warung ini sudah menjual gulai sejak tahun 1971 dan menjadi kuliner legendaris di Kota Semarang. Keunikan dari Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar terletak pada cara penyajiannya yang berbeda dari gulai kambing pada umumnya.

Mereka tidak menggunakan santan, melainkan menggantinya dengan kuah dari campuran serundeng yang ditumbuk dengan bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya. Campuran ini memberikan kuah yang gurih meskipun tanpa santan, dengan tekstur bening dan sedikit manis.

Daging yang digunakan juga dipilih dengan teliti sehingga kualitasnya terjaga. Seporsi komplit gulai kambing berisi potongan daging, babat, jeroan, dan tulang muda. Biasanya, hidangan ini disantap bersama nasi putih hangat. Meski isiannya banyak, seporsi gulai hanya dibanderol Rp30.000/porsi. Murah banget!

Bakso Sapi dan Kakap Moro Seneng Pak Doel 

Bakso Kakap Pak Doel - Semarang

Photo: Dinanda Nisita via Google Maps

Bakso Sapi dan Kakap Moro Seneng Pak Doel adalah tempat makan yang harus kamu coba saat berkunjung ke Kota Semarang. Berdiri sejak tahun 1970-an, Bakso Pak Doel dianggap sebagai pelopor bakso kakap di kawasan Kota Lama.

Warung Bakso Pak Doel selalu ramai dengan pengunjung karena memiliki rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Kuah bakso di sini bening, segar, dan gurih, sementara baksonya memiliki tekstur renyah tetapi tetap lembut dan gurih.

Setiap porsi bakso terdiri dari bakso sapi/kakap, bakso goreng, pangsit, tetelan jeroan, semuanya disajikan dengan kuah hangat yang menggugah selera.

Harga per porsinya mulai dari Rp16.000 yang dijamin akan membuat kamu kenyang tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bakso Sapi dan Kakap Moro Seneng “Pak Doel” berlokasi di Jalan Branjangan No. 10a, Tanjung Mas. Mereka melayani pengunjung mulai pukul 11.00 hingga 18.00 WIB setiap hari.

Jangan sampai kelewatan mencicip bakso legendaris ini ketika kamu berada di Semarang, ya!

Baca Juga: Seru! 12 Rekomendasi Destinasi Wisata di Semarang Tengah

Kenyang Habis Kulineran, Istirahat di Bobopod Kota Lama, Semarang!

Bobobox Pods Kota Lama Semarang

Setelah menjelajah ragam kuliner dekat Stasiun Semarang, menginap di Bobopod Kota Lama, Semarang menjadi pilihan terbaikmu!

Bobopod menawarkan kenyamanan unik dengan smart pod yang dilengkapi dengan personal WiFi, teknologi B-Pad untuk mengatur suasana kamar sesuai keinginan, serta lokasi yang strategis di Kota Lama.

Setelah hari yang penuh dengan eksplorasi kuliner dekat Stasiun Semarang Tawang, tidur malam yang nyaman di Bobopod akan memberimu kenyamanan modern di tengah suasana Kota Lama Semarang yang klasik.

Pesan pod-mu sekarang melalui aplikasi Bobobox dan jangan lewatkan kesempatan untuk menjadikan perjalanan kulinermu di Semarang jadi yang paling berkesan!

Baca Juga: 16 Kafe Unik Semarang yang Wajib Dikunjungi, dari Sky Lounge hingga Kafe Gaya Vintage

 

Penulis: Ratna Asih Setyaningrum

Foto utama oleh: Eril Batuta via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles