kota wisata cibubur malam hari

Kota Wisata Cibubur Malam Hari: 10 Tempat Wisata dan Kuliner yang Bisa Dikunjungi di Malam Hari

Menyuguhkan ragam wisata dan kuliner menarik, kawasan Cibubur dan sekitarnya bisa menjadi alternatif berlibur dan kulineran bagi warga Jakarta Timur.

Pada malam hari sekalipun, kawasan ini tetap hidup dengan aneka wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Lantas, apa saja yang bisa kamu jumpai di Kota Wisata Cibubur pada malam hari? Yuk, simak 10 di antaranya berikut ini!

Sekilas Mengenai Cibubur

Sekilas Mengenai Cibubur

Sumber: sinarmasland.com

Saat mendengar kata Cibubur, tidak sedikit orang masih bingung di mana sebenarnya tempat ini berada. Apakah Jakarta Timur, Depok, Bekasi, atau bahkan Bogor?

Secara administratif, Cibubur adalah salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur. Wilayahnya sendiri terbilang kecil dengan luas 210 hektare dan berlokasi di ujung timur Provinsi DKI Jakarta yang berbatasan dengan Jawa Barat.  

Namun, faktanya, kawasan Cibubur mencakup lebih dari kelurahan tersebut. Nama Cibubur bahkan meliputi empat wilayah sekaligus, yaitu Kota Jakarta Timur, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor. Kenapa bisa begitu, ya?

Rupanya, selain Cibubur di Jakarta Timur, ada juga Jalan Alternatif Cibubur yang menghubungkan daerah-daerah penyangga Jakarta, termasuk Depok, Bekasi, dan Bogor. Jalan ini membentang sepanjang kurang lebih 10 km dan melewati tiga wilayah penyangga tersebut hingga Sungai Cileungsi.     

Jalan alternatif ini juga dikenal dengan nama Jalan Transyogi. Secara administratif, Jalan Alternatif Cibubur sebenarnya tidak masuk ke dalam wilayah Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur.

Namun, para pengembang banyak yang melabeli area perumahan mereka sebagai kawasan Cibubur. Mulanya, pengembang Sinar Mas membangun perumahan dengan label Kota Wisata Cibubur dan Kota Legenda Cibubur. Hal ini kemudian diikuti oleh perumahan lainnya.

Akibatnya, kawasan di sekitar Jalan Alternatif Cibubur, termasuk perumahan, pertokoan, tempat wisata, hingga pusat perbelanjaan, dikenal sebagai kawasan Cibubur.

Oleh karena itu, jangan heran jika sebutan Cibubur ternyata mencakup kawasan yang lebih luas, termasuk Cibubur di Jakarta Timur serta kawasan Depok, Bekasi, dan Bogor yang terlewati jalan alternatif.

Lebih detailnya, jalan alternatif yang masuk dalam wilayah Kota Depok ada di Kecamatan Cimanggis. Sementara itu, jalan alternatif Kota Bekasi ada di Kecamatan Jatisampurna dan Kabupaten Bogor di Kecamatan Gunung Putri. Persimpangan empat wilayah inilah yang kemudian dianggap sebagai Kota Wisata Cibubur.

Baca Juga: Nggak Hanya Gedung Saja, Ini 7 Wisata Jakarta Nuansa Alam yang Patut Dicoba

Suasana Kota Wisata Cibubur Malam Hari

Suasana Kota Wisata Cibubur Malam Hari

Sumber: terasrimbun.com

Suasana Kota Wisata Cibubur malam hari, terutama di kawasan perumahan, biasanya cenderung sepi. Namun, tentunya bukan sepi yang mencekam.

Saat kamu berkendara melewati jalanan kota wisata tersebut, kamu masih akan menjumpai motor dan mobil di sekitar. Jumlahnya tentu tidak sepadat di siang hingga sore hari sehingga terasa lebih lengang.

Perjalanan malam di Kota Wisata Cibubur juga akan ditemani pepohonan rindang serta kerlap-kerlip lampu di sepanjang jalan. Kamu juga akan menjumpai sejumlah kafe hingga tempat makan kaki lima yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi perut.

Baca Juga: Ternyata, 10 Wisata Malam Jakarta yang Wajib Masuk Wishlist!

10 Tempat Wisata dan Kuliner Malam di Kota Wisata Cibubur

Setelah mengetahui letak Cibubur yang sebenarnya dan juga suasanya, ini dia sepuluh tempat wisata dan kuliner yang bisa kamu kunjungi.

1. Buperta Cibubur

Buperta Cibubur

Sumber: Faqihah Muharroroh Itsnaini via kompas.com

  • Lokasi: Jalan Buperta Nomor 1, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00–21.00
  • HTM: Rp10.000

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur bisa menjadi salah satu pilihan untuk merasakan suasana Kota Wisata Cibubur malam hari. Tempat satu ini bisa menjadi pelarian sejenak dari penatnya hiruk pikuk perkotaan.

Kamu bisa berkemah, berolahraga, bermain di danau, atau sekadar menikmati segarnya hutan pinus di kawasan Buperta. Pembelian tiket biasanya sudah tutup sejak pukul 18.00, tapi kamu bebas menjelajahi area Buperta hingga pukul 21.00.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Kuliner Malam Fresh Market Kota Wisata Cibubur

Kuliner Malam Fresh Market Kota Wisata Cibubur

Sumber: amie miing via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Raya Ciangsana, Kelurahan Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Jam buka: 17.00–23.00
  • HTM: Gratis

Jika kamu ingin mencoba kuliner Kota Wisata Cibubur malam hari, Fresh Market adalah pilihan yang tepat. Saat malam tiba, kawasan di sekitar pasar segar ini akan dipenuhi aneka kuliner yang menggugah selera.

Menu-menu yang tersedia di antaranya adalah ayam taliwang, martabak khas Palembang, satai, seafood, kue putu, nasi goreng, nasi uduk, bakmi Jogja, dan masih banyak lagi. 

Tempat ini terbilang luas dan memanjang, jadi kamu bebas menelusurinya untuk menentukan pilihan makanan yang kamu inginkan.

Baca Juga: 7 Spot Sate Taichan Terlezat di Jakarta yang Wajib Kamu Coba!

3. Cibubur Junction

Cibubur Junction

Sumber: Rahman al via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Jambore No.8, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Jam buka: 10.00–22.00
  • HTM: Gratis

Cibubur Junction merupakan pusat perbelanjaan yang cukup mudah diakses karena lokasinya dekat stasiun LRT Harjamukti. Pusat perbelanjaan ini memiliki banyak tenant perlengkapan rumah tangga, fashion, alat elektronik, dan tentunya makanan.

Setelah puas berbelanja, kamu bisa mengisi perut yang mulai keroncongan dengan aneka hidangan dari gerai-gerai populer, seperti Burger King, Hokben, Solaria, Yoshinoya, AW, Gokana, Sapo Oriental, Bengawan Solo Coffee, Cuppa Coffee, dan masih banyak lagi.

4. Mall Ciputra Cibubur

Mall Ciputra Cibubur

Sumber: Mall Ciputra Cibubur via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Alternatif Cibubur, Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat
  • Jam buka: 10.00–22.00
  • HTM: Gratis

Selain Cibubur Junction, kamu juga bisa berwisata malam di Cibubur dengan mengunjungi Mall Ciputra. Tempat ini dilengkapi dengan aneka gerai makanan dan minuman, toko pakaian, peralatan elektronik, kebutuhan pokok, gawai, sport station, bioskop, dan lainnya.

Selain itu, di malam Minggu, pengunjung akan dimanjakan dengan live music yang membuat suasana Cibubur malam hari semakin hidup.

5. Masjid Darussalam Kota Wisata

Masjid Darussalam Kota Wisata

Sumber: agus muslim via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Wisata Utama No.1, Kelurahan Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Jika kamu berkunjung ke Fresh Market, sempatkan juga untuk melihat kemegahan Masjid Darussalam Kota Wisata yang berlokasi di seberang pasar.

Salah satu daya tarik utama masjid ini terletak pada kubahnya yang besar, berbentuk seperti tanduk, dan berwarna emas.

Pada malam hari, kamu juga bisa menyaksikan indahnya fasad masjid yang semakin cantik berkat warna-warni lampu yang berganti-ganti setiap menitnya.

Selain untuk melaksanakan salat, Masjid Darussalam kerap kali mengadakan kajian-kajian, terutama di malam Jumat, dengan menghadirkan ustaz-ustaz terkenal.

Masjid ini juga memiliki Halal Mart yang menjual berbagai kebutuhan harian bagi para jemaah. Di samping itu, terdapat juga sebuah kantin dengan pilihan menu yang tak kalah nikmat.

6. Cibubur Garden Eat & Play

Cibubur Garden Eat & Play

Sumber: Cibubur Garden Eat & Play via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Pasar Lama, Kelurahan Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Jam buka: 12.00–21.00 (Senin-Jumat) dan 10.00–22.00 (Sabtu-Minggu dan tanggal merah)
  • HTM: Rp25.000

Selanjutnya, ada taman rekreasi Cibubur Garden Eat & Play. Tiket biasanya sudah termasuk akses untuk wahana trampolin, lego, ayunan, perosotan kecil, rumah balon, sepeda, becak mini, kuda-kudaan, spot foto, dan gazebo.

Untuk wahana selain itu, ada tambahan biaya sebesar Rp10.000–15.000. Wahana berbayar tersebut meliputi serodotan donut, mandi bola, bombom car, bungee jumping, motor dino, balon air, istana balon, dan game coin.

Saat malam tiba, suasana akan semakin indah dengan adanya lampu yang terpasang pada gazebo, patung, pohon, dan sudut-sudut lainnya.

Kalau perut mulai keroncongan, kamu bisa mendatangi area kantin yang menyajikan sejumlah menu ringan hingga berat. Ada roti bakar, pempek, bakso, sosis bakar, mi goreng, nasi goreng, ayam goreng, dan banyak lagi. Harganya berkisar di Rp15.000–25.000.

7. Beranda Kahyangan

Beranda Kahyangan

Sumber: mila fauziah via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Cimatis No. 50, Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat
  • Jam buka: 10.00–22.00
  • HTM: Gratis

Beranda Kahyangan merupakan salah satu kafe di Cibubur yang bisa menjadi pilihan untuk bersantai sambil kulineran. Tempatnya cukup luas, nyaman, dan teduh karena dikelilingi banyak pohon.

Kafe ini terdiri dari beberapa area, termasuk indoor, semi-outdoor, rumah kaca, rumah pohon, dan outdoor.

Menu yang ditawarkan cukup beragam, seperti fish & chips, kentang goreng, burger, nasi telur kecap, dimsum, ricebowl, karage, sup iga, cireng, serta aneka teh dan kopi. Harganya mulai dari Rp15.000 saja.

Selain itu, di malam-malam tertentu, Beranda Kahyangan kerap menghadirkan live acoustic untuk menghibur para pengunjung.

8. Sedap Seafood 88

Sedap Seafood 88

Sumber: Marlina Ahmad via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Boulevard Kota Wisata, Kelurahan Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Jam buka: 11.00–23.00
  • HTM: Gratis

Sedap Seafood 88 merupakan salah satu tempat kuliner Kota Wisata Cibubur yang sedang hits dan selalu ramai pengunjung. Tempat ini menyediakan aneka menu makanan laut dengan harga cukup terjangkau.

Kamu bisa memesan menu udang bakar madu, ikan pari bakar, kepiting saus Padang, ikan steam Hong Kong, cumi goreng tepung, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari Rp15.500–110.000.

Meski ramai, pelayanannya tetap ramah. Ada banyak pelayan yang siap siaga sehingga semua tamu bisa dilayani dengan baik.

9. Teras Rimbun

Teras Rimbun

Sumber: Teras Rimbun via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Jambore No.5, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Jam buka: 11.00–22.00
  • HTM: Gratis

Teras Rimbun merupakan sebuah pusat hiburan seluas 1,5 hektare di Kota Wisata Cibubur yang menggaungkan kuliner, olahraga, dan hiburan keluarga.

Di tempat ini, kamu akan menjumpai enam restoran yang bisa menjadi pilihan untuk bersantap: Alam Cibubur, Ayam Bakar Taliwang, Podjok Priangan, Nasi Goreng Pak Arman, Roemah Suki & Steamboat, dan Bean & Brew Cafe.

Sementara itu, fasilitas olahraga dan hiburan keluarganya terdiri dari:

  • dua lapangan futsal dengan rumput sintetis
  • kolam pemancingan galatama bawal
  • kolam pemancingan kiloan
  • biliar
  • becak mini
  • permainan anak
  • refleksi

10. Pasar Malam

Pasar Malam

Sumber: Tiger 007 via Google Maps

  • Lokasi: Graha Cibubur View Cluster Buyan, Jalan Raya Mess Al, Kelurahan Jatiraden, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat
  • Jam buka: Sabtu pukul 15.00–22.00
  • HTM: Gratis

Jika ingin menyaksikan Kota Wisata Cibubur malam hari yang lebih meriah, Pasar Malam bisa menjadi pilihan.

Seperti yang kamu bayangkan, tempat ini dipenuhi dengan aneka permainan anak serta pakaian dan jajanan murah. Namun, siap-siap dengan keramaian dan kemacetan yang akan menyambutmu di sana.

Hotel Strategis? Bobobox Jawabannya!

bobobox

Setelah puas berwisata, Bobobox bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah, terutama bagi kamu yang ingin menginap di tengah kota.

Karena lokasinya strategis, kamu bisa mengakses beragam tempat penting dengan mudah, seperti stasiun, halte, atau tempat-tempat wisata menarik.

Hotel kapsul ini bisa kamu jumpai di sejumlah kota di Pulau Jawa, termasuk Tangerang, Bandung, Jakarta, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Malang.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: darussalam.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles