Ketinggalan Pesawat Ini 11 Solusi yang Harus Segera Kamu Lakukan

Ketinggalan Pesawat? Ini 11 Solusi yang Harus Segera Kamu Lakukan!

Ketinggalan pesawat merupakan salah satu insiden yang kerap melanda para traveler. Sebesar apa pun usahamu agar tepat waktu, kesialan bisa datang di waktu yang tidak tepat.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan dalam menghadapi situasi seperti ini? Berikut ini adalah solusinya.

Solusi Saat Kamu Ketinggalan Pesawat

1. Mencoba Tenang

Mencoba Tenang

Sumber: way.com

Kepanikan merupakan respons yang wajar saat menghadapi masalah, termasuk saat ketinggalan pesawat. Namun, jika sudah terjadi, cobalah untuk bersikap tenang dan tidak panik.

Panik berlebih bisa membuat pikiran menjadi tidak jernih. Ini membuatmu mudah gegabah dan bahkan bisa menjadi sasaran empuk kejahatan orang lain.

Sambil menenangkan diri, ambillah napas yang dalam dan keluarkan perlahan.

2. Identifikasi Tiket

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan saat ketinggalan pesawat adalah mengecek apakah tiketmu menggunakan harga normal atau promo.

Jika tiket merupakan harga promo, tiket sudah pasti hangus dan kamu pun harus membeli tiket baru untuk penerbangan selanjutnya.

Jika tiket menggunakan harga normal, kamu masih memiliki kesempatan untuk memakai tiket tersebut di penerbangan berikutnya.

Namun, hal ini berlaku jika masih ada kursi kosong dan kamu biasanya perlu membayar biaya tambahan.

Saat ini terjadi, maskapai tertentu, seperti Garuda, akan mengoper kamu ke waiting list penerbangan selanjutnya.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Bagasi Hilang Saat Naik Pesawat 

3. Datangi Loket Maskapai

Untuk memastikan status tiket kamu setelah ketinggalan pesawat, sebaiknya datangi loket atau konter maskapai yang kamu gunakan.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan surat edaran tentang larangan maskapai menjual tiket di bandara.

Untuk itu, hadirlah loket customer care yang berfungsi sebagai pusat informasi dan layanan pelanggan.

Loket tersebut akan melayani kebutuha penumpang, termasuk layanan informasi, proses fare adjustment, perubahan rute, dan pengembalian atau pembatalan.

Transaksi dilakukan tanpa uang tunai. Karena itu, selalu sediakan kartu debit atau kredit di tas kamu.

Meski tiket termasuk normal, kamu perlu memastikan apakah tiket bisa dipakai untuk penerbangan selanjutnya. Jika tidak bisa, tanyakan apakah bisa refund atau dibatalkan dan bagaimana caranya.

Informasikan kepada pihak maskapai bahwa kamu ketinggalan pesawat dengan alasan yang jelas dan tidak disengaja.

Mintalah panduan tentang langkah apa yang harus kamu ambil setelah ketinggalan pesawat. Jika bisa berangkat di penerbangan selanjutnya, tentu bagus.

Melansir Insider, sejumlah pesawat memiliki aturan tidak tertulis yang memungkinkan mereka memesankan tiket penerbangan selanjutnya tanpa tambahan biaya penalti. Asalkan, masih ada kursi yang tersedia dan alasan kamu ketinggalan bukan secara sengaja.

Namun, ada juga kemungkinan kamu tidak bisa ikut penerbangan selanjutnya karena kursi sudah terisi penuh.

Kalau sudah seperti itu, maka kamu harus siap dengan kemungkinan dipindahkan ke penerbangan selanjutnya lagi jika masih ada kursi kosong. Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Hubungi Call Center

Hubungi Call Center

Sumber: malindoair.com

Tidak semua maskapai memiliki konter atau loket di bandara. Sebagai bentuk antisipasi, sebaiknya simpan nomor call center maskapai yang kamu gunakan.

Dengan begitu, saat terjadi ketinggalan pesawat atau insiden lainnya, kamu bisa langsung menghubungi mereka dan meminta panduan untuk langkah selanjutnya.

Jika beruntung, kamu bisa diprioritaskan masuk dalam waiting list penerbangan berikutnya.

5. Beritahu Lebih Awal

Jika kamu sudah di perjalanan menuju bandara, tapi kamu tahu akan ketinggalan pesawat, sebaiknya segera hubungi pihak maskapai.

Kamu bisa menyampaikan kepada mereka bahwa kamu, misal, terjebak macet dan tidak mungkin mengejar penerbangan.

Semakin cepat mereka tahu masalah kamu, semakin cepat pula kamu mendapat solusi dan semakin banyak pilihan untuk mengatasinya.

Kamu bisa saja meminta reschedule jadwal penerbangan, tapi biasanya memerlukan biaya tambahan. Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba solusi ini ketimbang tidak jadi berangkat.

Baca Juga: Naik Pesawat Bersama Anak? Ini 7 Tips Agar Tetap Anteng dan Tidak Rewel 

6. Beli Tiket Online

Jika tiket ternyata hangus dan maskapai tidak bisa me-refund atau mengoper kamu ke penerbangan selanjutnya, maka tidak ada pilihan lain selain membeli tiket pesawat baru.

Pembelian tiket bisa kamu lakukan secara online atau melalui travel agent.

Agar lebih praktis, sebaiknya lakukan pembelian secara online dan pembayarannya bisa menggunakan ATM di area banda ataupun m-banking.

Dengan begitu, kamu tidak perlu keluar area bandara dan mengulang kejadian serupa.

Periksalah bagian e-ticket untuk memastikan jam berapa pesawat lepas landas. Selanjutnya, tetaplah stand by dan perhatikan pengumuman di bandara.

Pastikan kamu tidak pergi terlalu jauh dari area bandara, terutama jadwal penerbangan sudah tidak lama lagi.

Manfaatkan fasilitas di bandara agar waktu menunggu tidak membosankan. Kamu bisa memanfaatkan Wi-Fi yang ada atau mengisi perut di restoran yang tersedia.

Sambil menunggu, kamu juga bisa menggunakan fasilitas check-in online sehingga nama kamu sudah tercatat.

Dengan begitu, pihak maskapai bisa memanggil nama kamu jika kamu belum kunjung masuk pesawat.

7. Bicarakan Jika Kesalahan Datang dari Maskapai

Saat posisi sudah di bandara, tapi kamu tetap ketinggalan pesawat karena maskapai salah menginformasikan jadwal, solusi yang tepat adalah segera menghubungi pihak maskapai.

Jelaskan masalahnya dengan baik lewat call center atau customer service, sehingga mereka bisa membantu menyelesaikan masalahnya.

8. Hubungi Penginapan

Karena ketinggalan pesawat, jadwal yang telah kamu susun pun bisa jadi tidak sesuai rencana, termasuk untuk penginapan.

Jika sudah menemukan alternatif untuk bisa sampai ke tujuan, segera hubungi pihak akomodasi.

Jelaskan tentang keterlambatan pesawat dan bahwa kamu tiba bisa datang tepat waktu sesuai wkatu reservasi. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari biaya tambahan.

9. Minta Kompensasi

Jika kamu ketinggalan connecting flight (penerbangan lanjutan), misal akibat delay panjang di penerbangan pertama, sebagai pelanggan, kamu berhak mendapatkan kompensasi dari maskapai. Besaran kompenasinya bervariasi.

Beberapa maskapai juga menawarkan reschedule untuk hari berikutnya dan menyediakan akomodasi berupa penginapan atau lounge.

Untuk mendapatkan benefit tersebut, segeralah hubungi pihak maskapai terkait kendala yang kamu alami.

10. Beralih ke Transportasi Lain

Jika pihak maskapai tidak bersedia memesankan tiket pesawat jadwal berikutnya tanpa penalti, kamu bisa mencoba opsi lain.

Pertama, pertimbangkanlah untuk membeli tiket untuk jadwal di hari lain atau carilah alternatif penerbangan dari maskapai lain.

Saat semua opsi itu tidak memungkinkan, maka jalan terakhir adalah beralih ke moda transportasi lain, terutama jika tujuan kamu tidak begitu jauh. Bisa naik bus, kereta atau kapal feri.

11. Beli Tiket Baru

Saat insiden ketinggalan pesawat murni terjadi karena keterlambatan pelanggan sehingga membuatnya berstatus no-show, solusi satu-satunya adalah membeli tiket pesawat baru.

Jika tidak ingin mengubah jadwal, kamu bisa memesan tiket last-minute flight dengan harga yang lebih mahal.

Namun, jika ingin berhemat, kamu pun dapat memilih maskapai dengan biaya termurah.

Meskipun banyak orang pernah mengalami pengalaman buruk dengan maskapai tersebut, hal ini bisa menjadi opsi agar rencana tidak berantakan.

Baca Juga: Bosan Nungguin Pesawat di Bandara, Enaknya Ngapain? 

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Sumber: https://www.instagram.com/p/CoCdsHkuFJ5/

Agar perjalanan berlibur menggunakan pesawat tetap lancar, jangan lupa untuk mempersiapkan segalanya dengan matang.

Di antaranya adalah dengan mengatur waktu keberangkatan ke bandara dan booking akomodasi, agar kamu tidak kehabisan tempat nyaman untuk beristirahat.

Untuk pilihan akomodasi, terutama jika kamu hendak berlibur ke Ubud, Bobocabin bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu.

Mengusung konsep futuristik, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih.

Liburan di tengah alam pun terasa mudah, aman dan menyenangkan dengan kehadiran fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp, hingga Bluetooth speaker.

Dapatkan penginapan terbaik, kualitas ekslusif, dan harga terjangkau hanya di Bobocabin. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh dulu aplikasinya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles