5 Tips untuk Kamu yang Ketinggalan Pesawat Transit

5 Tips untuk Kamu yang Ketinggalan Pesawat Transit, Jangan Panik!

Saat traveling dan berbisnis ke luar kota atau luar negeri, transportasi yang paling memadai cenderung pesawat. Selain lebih efisien waktu, tenaga pun lebih hemat dan terjaga baik. Namun, saat satu dan lain hal membuatmu ketinggalan pesawat transit, lantas harus bagaimana?

Bagaimana Jika Ketinggalan Pesawat Transit?

Durasi perjalanan dan jarak tempuh kerap memengaruhi perjalanan penerbangan langsung atau penerbangan lanjutan, yang biasa disebut transit.

Saat transit, ada saja penumpang yang ketinggalan pesawat ketika transit. Nah, bagaimana cara kita mengatasi hal tersebut?

1. Menginformasikan ke Pihak Maskapai

Tak perlu panik saat kamu mengalami ketinggalan pesawat transit. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginformasikan masalah kamu ke pihak maskapai dengan tenang.

Kamu bisa mendatangi pihak maskapai di lokasi loket atau ruang pengaduan maskapai yang ada di sekitar bandara. 

Setelah laporan pengaduan diterima, selanjutnya pihak maskapai akan menginvestigasi keterlambatan. 

Pastikan bahwa alasan ketinggalan pesawat yang kamu alami bukan terjadi karena kelalaian kamu pribadi.

Jika kamu mengalami ketinggalan pesawat transit karena kelalaian sendiri, maka mau tidak mau kamu harus membeli tiket pesawat baru ke tempat tujuan.

Namun, jika kamu ketinggalan pesawat karena cuaca buruk atau kesalahan dari pihak maskapai, maka kamu tak perlu khawatir. Pihak maskapai akan memberikan hak kompensasi penumpang.

Apa saja hak kompensasi penumpang yang bisa kamu dapatkan?

2. Hak Kompensasi Penumpang

Hak Kompensasi Penumpang

Sumber: Tribun

Saat kamu ketinggalan pesawat di luar kelalaianmu sebagai penumpang, maka kamu berhak mendapatkan kompensasi penumpang, lho.

Kompensasi ini bisa berbeda-beda antarmaskapai, tapi umumnya berupa makanan, minuman, pemesanan tiket penerbangan selanjutnya, refund, dan lain-lain.

Tentunya, kompensasi ini akan ditanggung oleh pihak maskapai jika terjadi kesalahan yang datang dari maskapai itu sendiri.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjelaskan masalah yang kamu alami dan minta pertanggungjawaban ke pihak maskapai untuk mendapatkan kompensasi tersebut. 

Baca Juga: Naik Pesawat bersama Anak? Ini 7 Tips Agar Tetap Anteng dan Tidak Rewel

3. Tips Ketinggalan Pesawat karena Layover

Apa yang harus kamu lakukan jika ketinggalan pesawat transit saat pesawat sedang layover

Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menginformasikan kepada maskapai untuk mendapatkan tiket gratis di penerbangan selanjutnya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan kompensasi seperti makanan, minuman, bahkan penginapan jika memang waktu transit dijadwalkan di hari selanjutnya.

4. Tips Ketinggalan Pesawat karena Pesawat yang Delay

Tips Ketinggalan Pesawat karena Pesawat yang Delay

Sumber: Detik Travel – Detikcom

Salah satu alasan lain penumpang mengalami ketinggalan pesawat transit adalah dikarenakan adanya delay

Delay merupakan salah satu hal yang umum terjadi di dunia penerbangan. Ini bisa dikarenakan adanya cuaca buruk atau human error yang dialami oleh pesawat itu sendiri. 

Jika hal ini terjadi, maka kamu tak perlu cemas, karena umumnya para penumpang akan diberi kompensasi sekaligus tiket gratis pada penerbangan lanjutan. 

Kompensasi yang diberikan di antaranya adalah makanan, minuman, penginapan, transportasi lanjutan ke dan dari bandara, dan akses komunikasi. Bobobox Maximum Comfort Banner

5. Tips Ketinggalan Pesawat Akibat Kelalaian Penumpang

Dari beberapa alasan penyebab terjadinya ketinggalan pesawat transit, salah satu yang umum terjadi adalah karena adanya kelalaian dari sisi penumpang.

Hal ini terjadi bisa karena penumpang terlalu sibuk dengan urusan bisnis, ataupun terlalu asik  berbincang dengan kawan atau keluarga yang membuat mereka tertinggal pesawat lanjutan. 

Jika sudah begini, maka penumpang yang lalai tidak bisa mendapatkan tiket gratis dari maskapai yang bersangkutan. 

Namun, kamu tak perlu panik jika barang bawaan kamu sudah terlanjur masuk di bagasi pesawat.

Kamu bisa segera melaporkan hal tersebut ke maskapai agar keberadaan bagasimu dapat dilacak. Setelah itu, kamu akan diberi informasi mengenai pengambilan barang bagasi.

Kamu bisa memilih antara mengambil barang bagasi sendiri, atau meminta pihak maskapai untuk mengirimkannya ke alamat tujuan dengan tambahan biaya pribadi.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga informasi ini membantu kamu mengatasi permasalahan ketinggalan pesawat saat transit dengan tenang.

Semoga kamu senantiasa selamat di perjalanan, ya!

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Bagasi Hilang Saat Naik Pesawat

Liburan di Bali? Yuk Menginap di Bobocabin Kintamani!

Liburan di Bali Yuk Menginap di Bobocabin Kintamani

Punya agenda liburan dalam waktu dekat ini? Mungkin sudah saatnya kamu mengunjungi Kintamani, Bali. Kintamani punya segudang tempat wisata cantik yang menarik untuk dikunjungi, lho!

Setelah puas bermain dan berwisata di sekitar Kintamani, Bobocabin adalah tempat yang tepat untuk beristirahat. 

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani kamu menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia pun sudah punya fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad.

Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal.

Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat kamu keluar dari kabin di pagi hari.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dengan internet yang kencang?

Abadikan momen seru campfire dan barbeque dengan fasilitas Bobocabin untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Untuk keperluan kesehatan, Bobocabin juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit

Menginap di Bobocabin bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. 

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasinya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles