2022-06-01

Nggak Usah Jauh-Jauh, Ini 7 Tempat Wisata ala Korea Selatan di Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini, segala hal berbau Korea Selatan sangat digandrungi oleh banyak masyarakat Indonesia, mulai dari musik, drama, kuliner hingga budayanya. Alhasil, berbagai wisata bertema Korea Selatan pun banyak berjamuran di Indonesia dan menjadi alternatif wisata bagi para penggemarnya. Dari Harau hingga Sulawesi, berikut adalah tujuh wisata ala Korea Selatan di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.

Lembah Harau

Lokasi: Tarantang, Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat

Sumber: travel.detik.com

Lembah Harau merupakan lembah subur di Kecamatan Harau yang menjadi lokasi wisata alam hingga kekinian. Salah satunya adalah Kampung Korea Jepang yang menjadi bagian dari Harau Dream Park.

Sesuai dengan namanya, Kampung Korea Jepang ini menyuguhkan area berhiaskan sejumlah bangunan khas Korea dan Jepang. Salah satu yang menjadi incaran para pengunjung adalah spot pohon kering. Pohon tersebut berdiri di atas pasir putih dengan latar dua bangunan menyerupai bangunan sekolah Korea.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Komedi yang Wajib Masuk Watchlist Kamu, Terbaik!


Market Iruum, Tangerang

Lokasi: Lantai GF South 78, Jalan Gading Serpong Boulevard, Medang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Banten

Sumber: marketiruum.id

Ingin mencoba Tangerang Rasa Korea? Market Iruum adalah jawabannya. Wisata ala Korea Selatan ini terdiri dari Iruum Foodcourt, Cafe, Supermarket, Studio dan Cooking Class.

Mengusung konsep open kitchen, Iruum Foodcourt menyajikan berbagai menu khas Korea yang kerap muncul di drama-drama favoritmu. Ada ramyeon, tangsuyuk, odeng, tokpokki, ayam goreng ala Korea dan masih banyak lagi.

Jika ingin nongkrong sambil ngopi, Iruum Cafe adalah tempatnya. Di sini, kamu bisa memesan sejumlah menu kopi hits Korea, termasuk americano dan dalgona, minuman nonkopi (seperti banana milk dan citron tea), serta dessert (misalnya es krim, patbingsu, macaron, dan waffle).

Serba-serbi perkoreaan, mulai dari bahan makanan, camilan, minuman, bunsik (makanan cepat saji Korea), es krim hingga skincare bisa kamu temukan di Iruum Supermarket. Sementara itu, Iruum Studio adalah tempat untuk kamu yang ingin cosplay ala orang Korea.

Studio tersebut merupakan tempat berfoto sekaligus penyewaan hanbok dan seragam sekolah ala murid-murid negeri ginseng. Sementara itu, di Iruum Cooking Class, kamu bisa menyalurkan hobi atau keinginan untuk belajar memasak masakan Korea.

Semua tempat tersebut berlokasi di dalam ruangan sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terik matahari ataupun guyuran hujan. Bagian dalamnya juga Instagrammable abis berkat kehadiran poster drama dan film, tulisan Korea, hingga gambar perfektur khas Korea di beberapa titik.

Oleh karena itu, setiap sudutnya kerap menjadi spot foto bagi para pengunjung, termasuk mereka yang menyewa kostum anak sekolah Korea.

Loonami House

Lokasi: Jalan Surya Wijaya No.35, Kedoya Utara, Kebonjeruk, Jakarta Barat

Sumber: @loonami_house via Instagram

Beralih ke Jakarta, ada Loonami House yang menjadi surga para K-Poppers. Wisata ala Korea Selatan yang satu ini merupakan bangunan dua lantai yang terdiri dari restoran dan Museum K-Pop.

Area restoran berada di lantai satu dengan dengan beragam sajian menu khas Korea yang siap memanjakan lidah. Sementara itu, lantai dua dikhususkan untuk area Museum K-Pop yang berisikan ruangan dan lorong dengan deretan potret hingga standing figure sejumlah idola kenamaan negeri ginseng. Ada BTS, EXO, NCT, Super Junior, iKON, BLACKPINK hingga aespa.

Meski kunjungan kerap didominasi remaja penggemar K-Pop, Loonami House tentu tepat terbuka bagi pengunjung non K-Pop. Permainan warna, desain interior dan pencahayaannya yang cantik dijamin akan memanjakan mata dan menjadi spot foto favorit para pengunjung non K-Pop.


Baca Juga: Mengenal Ripley Syndrome: Kondisi Medis yang Diangkat di Drama Korea The Second Anna


Kampung Korea, Bandung

Lokasi: Jalan Banten No.7, Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung

Sumber: Kampung Korea Bandung via Google Maps

Menikmati nuansa khas Korea di Bandung salah satunya bisa kamu lakukan di Kampung Korea. Sesuai dengan namanya, Kampung Korea menyuguhkan lingkungan khas Korea Selatan lengkap dengan arsitektur, kuliner hingga beragam acara yang memperkenalkan budaya negara tersebut.

Memasuki area Kampung Korea, kamu akan dimanjakan dengan suguhan rumah-rumah tradisional dengan gerbang kayu dan atap melengkung, jembatan kayu, tanah bebatuan hingga pohon Mugunghwa buatan. Selain itu, ada juga area modern berisikan replika suasana kota Seoul berhiaskan jendela kaca lebar dan warna-warni serta jalanan yang penuh hiasan lampu cantik dan unik.

Agar pengalaman wisata ala Korea Selatan semakin lengkap dan seru, sempatkan diri untuk berkeliling dan berfoto mengenakan pakaian tradisional Korea alias hanbok. Jika sudah lelah dan perut mulai berbunyi, kamu bisa menyambangi aneka gerai makanan yang tersedia. Tidak terbatas pada makanan Korea, Kampung Korea juga menyediakan menu makanan khas Indonesia dan negara Asia Timurnya lainnya.

Celosia Happy & Fun, Semarang

Lokasi: Jalan Gedong Songo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Sumber: @fotografercelosia via Instagram

Celosia Happy & Fun merupakan kawasan wisata keluarga yang cukup luas dan terbagi ke dalam beberapa zona dengan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah zona Little Korea.

Sesuai dengan namanya, Little Korea menyuguhkan tempat yang sangat menyerupai negeri ginseng. Kamu pun bisa menikmatiwisata ala Korea Selatan dengan kehadiran deretan bangunan berwarna cerah serta ornamen pohon Mugunhwa dengan bunga pink-nya yang tengah bermekaran. Pohon satu ini memang terkenal sebagai bunga nasional Korea dan kerap menghiasi tepian jalan hingga hutan kotanya. Agar keseruan semakin lengkap, pihak pengelola juga telah menyediakan jasa penyewaan hanbok yang bisa kamu kenakan untuk berkeliling sambil berburu foto.


Baca Juga: Ketahui Beragam Urban Legend Hantu Asal Korea Berikut Ini!


Jatim Park 3, Batu

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur

Sumber: travel.detik.com

Menjadi salah satu wisata kebanggan Jawa Timur, Jatim Park 3 menyuguhkan berbagai wahana dan zona penuh keseruan. Salah satu yang cukup unik adalah zona The Legend Star.

Kawasan satu ini mengajak kamu untuk membuka wawasan tentang dunia dengan menghadirkan ratusan patu lilin para tokoh dan artis kenamaan. Pengalaman kamu akan semakin seru dengan menikmati suasana khas berbagai negara melalui replika tempat-tempat ikonis negara tersebut. Salah satunya adalah Istana Gyeongbok yang menyuguhkan pemandangan istana megah lengkap dengan patung-patung kerajaan dan ornamen pohon berbunga merah mudanya.

Pantai Patokan, Sulawesi

Lokasi: Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara

Sumber: backpackerjakarta via Instagram

Beralih ke Sulawesi, kamu akan menjumpai wisata ala Korea Selatan yang tak kalah menarik. Berbeda dengan tempat wisata sebelumnya, Pantai Patokan bukanlah wisata yang sengaja dibuat mirip dengan nuansa Korea.

Tempat wisata ini secara alami tampak menyerupai Pantai Navagio di Yunani yang menjadi lokasi syuting drama hits Korea “Descendant of the Sun”.

Hal ini memang tidak mengherankan sebab Pantai Patokan memang memiliki kesamaan dengan Navagio, yaitu hamparan pasir putih bersih, air laut biru nan jernih, serta batuan cadas yang menjulang tinggi mengelilingi pantai.

Tak hanya memesona, keindahan ini pun bisa membuat kamu merasakan romantisme Yoo Shi-jin dan Kang Mo-yeon.


Menginap Seru? Ya di Bobobox!

Ingin liburan ke Korea tapi tabungan dan waktu belum memungkinkan? Gak masalah! Sambil menabung, tetap manjakan diri dengan liburan atau sekadar staycation di dalam kota bersama Bobobox.

Mengusung gaya futuristik, Bobobox menawarkan pod luas yang membuat kegiatan rebahan tidak terelakkan. Bukan cuma itu, hotel kapsul satu ini juga berada di lokasi strategis sehingga memudahkan mobilitas kamu dalam menjangkau berbagai tempat wisata hits.

Jika bosan dengan suasana kota, Bobobox juga punya pilihan glamping berbalut teknologi canggih di tengah alam Indonesia alias Bobocabin.

Tinggal pilih saja tempat favorit kamu, mulai dari Ranca Upas, Cikole, Toba, Kintamani, Gunung Mas, Batu Malang, Baturraden hingga Sumba.

Apa pun pilihan kamu, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles