Bisa jadi Penghasilan Tambahan, Kenali 9 Hobi yang Menghasilkan Uang Ini!

Bisa jadi Penghasilan Tambahan, Kenali 17 Hobi yang Menghasilkan Uang Ini!

Katanya, pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar. Namun, praktiknya tentu tidak sesederhana itu. Belum tentu bayaran yang didapat akan sesuai dengan kebutuhan.

Beda halnya jika kamu menekuni hobi sebagai sampingan. Selain memberikan penghasilan tambahan, kamu bisa mengembangkan hobi tersebut sampai bisa menghasilkan lebih dari pekerjaanmu sekarang.

Apa sajakah hobi yang menghasilkan uang itu? Simak 17 di antaranya berikut ini!

Hobi yang Menghasilkan Uang

1. Blogging

Blogging

Sumber: @microsoftedge via Unsplash

Blogging termasuk kegiatan fleksibel yang bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun, misal saat berlibur atau memiliki waktu senggang pada sore hingga malam hari.

Pada dasarnya, blogging merupakan aktivitas mengelola blog. Aktivitasnya bisa berupa menulis, mempostingnya ke situs web, menambahkan elemen lain seperti video dan gambar, serta melakukan pembaruan agar tulisan tetap relevan.

Tulisan untuk blog biasanya bersifat informatif. Informasi yang disampaikan bisa disesuaikan dengan minat dan kemampuanmu.

Sebut saja tulisan rekomendasi dan ulasan film, buku, makanan, skincare, resep makanan, informasi tempat wisata, dan lainnya.

Baca Juga: Liburan Nggak Harus Mahal! 20 Tips Liburan Murah dan on Budget

2. Bermain Game

Tidak disangka-sangka, bermain game ternyata juga bisa mendatangkan uang, lho! Meskipun selama ini dianggap sebagai hobi yang menghabiskan waktu saja, ternyata hobi bermain game juga bisa mendatangakan uang.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan cara bermain game. Pertama, jika kamu serius, hobi bermain game bisa mengantarkanmu mengikuti kompetisi e-sport. Tak main-main, bila menang sebuah kompetisi kamu bisa mendapatkan hadiah mencapai puluhan juta rupiah.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi influencer game atau streamer di media sosial seperti Youtube dan Twitch. Dengan membahas game yang sedang kamu mainkan, kamu bisa menghasilkan uang dan mendapatkan respon positif dari netizen.

3. Menulis

Menulis

Sumber: Thought Catalog via Unsplash

Jika kamu hobi menulis tapi tidak sreg dengan blogging, jangan khawatir. Masih ada jalan lain untuk menghasilkan uang dari menulis. Salah satunya adalah dengan menjadi penulis novel.

Dewasa ini, ada banyak platform novel berbayar yang bisa menjadi wadah bagi para penulis pemula, sehingga kamu tidak perlu menerbitkan karya melalui penerbitan besar.

Hasilnya pun tidak akan mengecewakan, apalagi jika ceritamu menarik dan disukai banyak pembaca.

Selain penulis novel, kamu juga bisa mencoba menjadi penulis lepas atau ghost writer (biasanya untuk buku dan biografi).Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Berkebun

Punya hobi berkebun? Jangan anggap sepele hobi yang satu ini! Hobi berkebun bisa menjadi sebuah peluang bisnis besar bagi kamu yang memiliki tangan dingin.

Kalau kamu memiliki banyak pengetahuan di bidang bercocok tanam, kamu bisa mulai merintis bisnis kecil-kecilan. Kamu bisa mulai dengan menanam sayur dan buah-buahan organik.

Selain itu, kamu juga bisa menanam beragam jenis bunga. Kemudian, kamu bisa merangkainya menjadi buket bunga segar untuk dijual. Atau, kamu juga bisa menjadi supplier bunga segar untuk toko bunga atau bisnis dekorasi event.

Terakhir, kamu juga bisa membudidayakan tanaman hias populer. Jangan salah, meskipun terlihat sederhana, tanaman hias seringkali bisa dijual dengan harga fantastis mencapai puluhan juta rupiah, lho!

5. Kerajinan

Kerajinan

Sumber: @rocknwool via Unsplash

Kerajinan tangan merupakan hobi yang disukai segala kalangan, baik anak muda sekalipun. 

Berkat nilai seni yang terkandung di dalamnya dan proses pembuatannya yang tidak sebentar, kerajinan bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Kegiatan satu ini memiliki cakupan yang cukup luas. Sebut saja rajutan, buket bunga kertas atau kering, resin, lilin aromaterapi, makrame, aksesori, lampu hias, lukisan, gambar, kaligrafi, dan masih banyak lagi.

6. Bermain Musik

Bagi kebanyakan orang, bermain musik adalah sekedar hobi yang dilakukan untuk bersenang-senang. Tetapi, kamu juga bisa menjadikan hobi ini sebagai sumber penghasilan, lho!

Kamu bisa mulai dengan menjadi content creator ahli musik di media sosial. Misalnya, dengan cara membuat cover lagu populer atau membuat aransemen musik sendiri.

Kamu juga bisa menjual hasil karya musikmu sebagai jingle bagi perusahan atau brand lain.

7. Fotografi

Fotografi

Sumber: Webster via Unsplash

Jika kamu suka berburu foto dan mengabadikan momen menarik di sekitar, maka fotografi bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang. Kamu bisa mendapatkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Selain memberikan jasa memotret untuk berbagai acara, misalnya pernikahan, pertunangan, dan lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan hobi satu ini untuk dokumentasi produk.

Kamu juga bisa coba menjual foto-fotomu di platform penyedia gambar seperti Shutterstock.

8. Berolahraga

Selain membuat badan lebih sehat dan bugar, memiliki hobi berolahraga juga bisa mendatangkan uang. Apabila kamu punya kemampuan berolahraga yang baik, kamu bisa menjadi content creator ahli olahraga di media sosial.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjual program olahraga atau program diet untuk orang lain. Atau, kamu juga bisa mengiklankan berbagai jenis produk olahraga dan hidup sehat.

9. Pengeditan Video

Pengeditan Video

Sumber: Jacob Owens via Unsplash

Kemampuan pengeditan video banyak dibutuhkan untuk membuat beragam konten menarik, terutama bagi para kreator konten yang tidak atau belum memiliki keterampilan tersebut.

Jika kegiatan ini termasuk hobi kamu, tidak ada salahnya mencoba menghasilkan uang dengan menjadikannya ladang bisnis.

10.  Merawat Hewan Peliharaan

Kamu suka binatang dan senang merawat hewan peliharaan? Hobi yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Bila kamu senang merawat hewan peliharaanmu yang lucu, kamu bisa membuat konten foto dan video yang menggambarkan keseharianmu dan hewan peliharaanmu. Konten tersebut sangat populer di media sosial dan kamu bisa menjadikan hewan peliharaanmu sebagai petfluencer.

Apabila kamu memiliki kemampuan baik dalam berinteraksi dengan hewan, kamu juga bisa membangun salon grooming hewan sebagai bisnis utama.

11. Make-up

Make-up

Sumber: Raphael Lovaski via Unsplash

Seiring berkembangnya teknologi, orang-orang kini dapat dengan mudah mempelajari hal baru. Salah satunya adalah make-up yang kini telah menjadi kebutuhan sehari-hari banyak orang. 

Selain menjadi hobi untuk mempercantik penampilan, kegiatan ini juga bisa menjadi penghasil uang.

Kamu bisa menawarkan jasa make-up untuk berbagai acara, seperti wisuda, pernikahan, pertunangan, dan lainnya.

Selain itu, make-up juga bisa kamu uangkan dengan memanfaatkan situs YouTube, baik dengan memberikan tutorial make-up atau memberikan rekomendasi peralatan make-up yang bagus.

12. Fashion

Hobi dalam bidang fashion juga bisa menjadi salah satu hobi yang menghasilkan uang. Jika kamu tahu istilah-istilah di dunia fashion atau pandai memadu-padankan busana, ada banyak cara menghasilkan uang dari bidang ini.

Pertama, kamu bisa menjadi fashion influencer di sosial media. Kamu bisa mulai dengan membagikan inspirasi OOTD atau memadu-padankan outfit yang unik.

Kemudian, apabila kamu pandai menggambar, kamu juga bisa membuat ilustrasi fashion dan menjualnya. Kamu juga bisa menggunakan ilustrasi fashion tersebut untuk merintis bisnis butikmu sendiri!

13. Memasak

Memasak

Sumber: @alyson_jane via Unsplash

Jika kamu ingin merintis usaha sebagai penghasilan tambahan, memasak bisa menjadi pilihan. 

Kamu bisa memulai dengan membagikan hasil masakan atau resep dan cara memasaknya melalui media sosial.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjual makanan hasil kreasimu dalam jumlah kecil kepada teman-teman dekat, teman kerja, atau ke khalayak ramai dengan mempromosikannya di media sosial.

Masakan sendiri ada banyak macamnya dan bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan, mulai dari masakan rumahan hingga kue-kuean.

14. Melawak

Suka membuat orang-orang di sekitarmu tertawa? Siapa sangka, hobi melawak juga bisa menjadi sumber penghasilan, lhi!

Kamu bisa menjajal karier sebagai stand-up comedian. Bila sukses, pendapatan seorang stand-up comedian bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap penampilannya.

Tapi, jangan khawatir kalau kamu gugup tampil di hadapan orang banyak. Kamu bisa memulai kariermu sebagai komedian di media sosial juga, kok!

15. Melukis Tembok

Melukis Tembok

Sumber: @davidclode via Unsplash

Hobi menggambar dan melukis tak hanya bisa dituangkan di kertas dan kapas, tetapi juga tembok rumah atau bangunan lainnya.

Jika selama ini kamu hanya bisa melukis tembok di kamar, kini saatnya kamu membuka kemampuan ini kepada khalayak umum.

Dengan hasil yang rapi dan indah, tidak sedikit orang akan tertarik untuk melukis tembok-tembok rumah atau bangunan bisnis mereka.

16. Belanja

Hobi belanja memang membutuhkan uang, tapi jika kamu pintar mengelolanya, kamu justru bisa mendapatkan uang yang lebih banyak lagi.

Caranya, kamu cukup membuat ulasan produk yang menarik. Jangan lupa untuk melampirkan video dan foto produk yang menarik. Kemudian, gunakanlah ulasan tersebut untuk membuat konten media sosial.

Setelah menjadi influencer review produk yang dipercaya, kamu bisa bergabung dengan program afiliasi e-commerce. Kemudian, kamu bisa membuat berbagai konten rekomendasi dan mendapatkan uang dari program afiliasi tadi.

17. Menjahit

Menjahit

Sumber: @flaxeco via Unsplash

Meskipun banyak orang berprofesi sebagai penjahit, kegiatan menjahit sendiri tidak begitu diminati banyak orang.

Oleh karena itu, jika kamu punya hobi menjahit, tidak ada salahnya menjadikan kegiatan ini sebagai penghasil uang tambahan.

Kamu bisa cek ombak dengan memperlihatkan hasil karya sekaligus proses pembuatan karya yang kamu jahit, baik itu pakaian sehari-hari, kebaya, pakaian anak, bahkan sarung bantal dan sprei.

Saat banyak orang mulai tertarik, kamu bisa mulai menjual jasa dalam jumlah kecil.

Baca Juga: Ayo, Ikuti 7 Tips Berikut Ini Supaya Me Time Kamu Makin Produktif

Bagaimana Cara Mengetahui Hobi Kita Sendiri?

Meski menjadi hal lumrah yang dinikmati banyak orang, hobi rupanya bukanlah untuk semua orang. Ada banyak faktor yang berperan.

Contohnya adalah kesibukan yang menyita waktu, kewalahan karena terlalu banyak hobi yang dilakukan secara bersamaan, atau takut keluar dari zona nyaman.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa menemukan hobi yang tepat?

1. Perhatikan Kegiatan di Waktu Luang

Perhatikan dengan saksama apa kegiatan yang kerap kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Apakah bermain video game, membaca buku, menggambar, membuat kerajinan, atau semuanya?

Catat kegiatan apa yang kira-kira membuatmu senang. Tuliskan juga bagaimana pengalamanmu saat menjalaninya, baik dari segi kekurangan maupun kelebihannya.

Jika ada banyak hal yang kamu nikmati, sebaiknya jangan mencoba semua kegiatan dalam satu waktu. Seleksi apa yang benar-benar menarik minat, lalu mulai lakukan dengan perlahan. 

Taruh kata kamu suka fotografi. Maka, luangkan setidaknya setengah jam setiap harinya untuk menekuni kegiatan tersebut.

Perlahan-lahan, kamu bisa memutuskan apakah benar-benar menyukai kegiatan itu atau tidak.

2. Kembali ke Masa Lalu

Saat beranjak dewasa, orang-orang cenderung kehilangan minat untuk melakukan banyak hal, termasuk hobi.

Beda halnya dengan anak-anak yang penuh semangat dan rasa ingin tahu, orang dewasa menerima banyak tekanan dari berbagai sisi yang membuatnya tak lagi melihat dunia sebagai tempat menyenangkan.

Maka dari itu, cobalah untuk menengok ke belakang. Ingat-ingat kegiatan apa yang kamu sukai saat kecil. Ini bisa menjadi inspirasi untuk menjajal hobi lama yang telah lama terlupakan.

3. Tentukan Prioritas

Memiliki banyak hobi bisa membuat kamu kewalahan di saat yang sama.

Oleh karena itu, tentukan prioritasmu dengan memutuskan kegiatan mana yang paling kamu senangi untuk dijadikan hobi utama.

4. Sesuaikan dengan Kepribadian

Kepribadian juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih hobi.

Jika kamu seorang ekstrovert yang senang berbaur dengan banyak orang, maka cobalah kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Sementara itu, kepribadian introvert yang cenderung lebih suka menyendiri bisa mencoba hobi yang tidak perlu membuatnya berhadapan dengan banyak orang.

5. Minta Pendapat Orang Lain

Jika kamu bingung menentukan pilihan, tidak ada salahnya meminta pendapat atau rekomendasi dari orang lain. Siapa tahu mereka punya rekomendasi yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Selain itu, jika kamu kesulitan melakukan suatu hobi seorang diri, cobalah lakukan bersama teman. Rasa solidaritas dari menjalani hobi bersama-sama bisa membuat semangatmu menyala lebih lama.

6. Cobalah Hobi yang Murah

Uang kerap menjadi hambatan bagi sebagian orang untuk memulai hobi baru. Maka dari itu, cobalah sesuatu yang tidak menguras isi dompetmu.

Beberapa hobi yang bisa kamu coba adalah menulis, membaca, menari, atau berkebun (kamu bisa memanfaatkan biji-biji atau sisa-sisa sayuran dan buah-buahan yang ada  di rumah!)

Baca Juga: Selain Kucing Taylor Swift, Ini 7 Hewan Peliharaan Terkaya di Dunia yang Hartanya Triliunan

Bobo Nyaman di Bobobox!

Bobo Nyaman di Bobobox!

Jangan biarkan stres dan rasa penat karena kesibukan sehari-hari mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Yuk, recharge energi dengan staycation di Bobobox!

Mengusung gaya futuristik nan minimalis, Bobobox menawarkan pod luas dengan kasur empuk yang membuat kegiatan rebahan tidak terelakkan.

Nggak hanya itu, hotel kapsul satu ini juga menyediakan fasilitas mood lamp untuk memastikan kualitas tidurmu. Kamu bisa mengubah kecerahan serta warna cahaya lampu di dalam pod sesuka hati.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles