glamping di garut

5 Rekomendasi Glamping di Garut dengan View Menakjubkan!

Siapa sih yang enggak pengen liburan sambil menikmati keindahan alam tanpa harus ribet pasang tenda? Glamping adalah solusinya!

Buat kamu yang bosan dengan suasana kota dan ingin merasakan segarnya udara pegunungan, Garut adalah tempat yang pas banget. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai spot glamping dengan view yang bikin mata dimanjakan. Dari pemandangan pegunungan hijau sampai danau yang menenangkan, semuanya ada!

Yuk, simak rekomendasi tempat glamping di Garut yang pastinya bakal bikin liburan kamu makin berkesan!

Baca Juga:  5 Rekomendasi Glamping Paling Hits di Boyolali

Rekomendasi Tempat Glamping di Garut

1. Glamping Villa Sabda Alam

Glamping Villa Sabda Alam - glamping di garut

Photo: Via Sabda Alam Garut

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di Villa Sabda Alam enggak kalah keren dibanding hotel bintang 5, dijamin bikin kamu nyaman dan mudah selama menginap!

Selain glamping, ada juga berbagai fasilitas seru yang bisa kamu nikmati, seperti cafe, resto, dan mini golf. Kamu juga akan mendapat akses masuk ke gym, sauna, welcome drink, kolam renang air panas, sarapan untuk dua orang, dan tiket masuk ke Taman Air. Jadi, glamping di sini bakal jadi pengalaman yang lengkap dan memuaskan!

Daya Tarik

Menginap di Villa Sabda Alam dijamin bikin kamu bisa menikmati segarnya udara Kota Garut yang adem. Ditambah lagi, pemandangan alamnya yang indah pasti bikin kamu betah dan pengen berlama-lama di sini. Sebab, kamu bisa langsung melihat keindahan Gunung Guntur yang megah di depan mata.

Glamping di sini juga punya konsep unik, karena bangunannya terbuat dari beton yang bentuknya menyerupai tenda. Jadi, kamu tetap dapat suasana camping meski tinggal di bangunan beton. Tembok beton ini juga bikin kamu nggak terlalu kedinginan saat malam hari. Dengan semua keistimewaan ini, glamping di Villa Sabda Alam pasti jadi pengalaman yang nggak terlupakan!

Harga

Kalau tertarik mencoba glamping di Garut ini, kamu pelu mengaloksikan budget sebesar Rp2.450.000/malam.

Lokasi

Jalan Raya Cipanas No. 3 Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Rute ke Villa Sabda Alam

Salah satu cara menuju Villa Sabda Alam adalah dari Bandung. Perjalananmu akan memakan waktu 1 jam 49 menit dengan mobil yang menempuh jarak 60 kilometer. Kamu bisa mulai dengan melewati Jalan Laswi menuju Jalan Nasional III selama sekitar 19 menit (sekitar 5,9 kilometer).

Setelah itu, lanjutkan perjalanan di Jalan Nasional III dan terus ke Jalan Raya Rancaekek-Garut selama 56 menit. Kemudian, ikuti Jalan Raya Rancaekek-Garut ke Rancabango selama sekitar 35 menit sampai kamu menemukan Villa Sabda Alam yang ada di dalam kompleks Taman Air Sabda Alam. Perjalanan yang cukup mudah, kan?

2. Papandayan Camping Ground

Papandayan Camping Ground - Glamping di Garut

Photo: papandayancampingground via Instagram

Fasilitas

Papandayan Camping Ground menyediakan semua fasilitas dasar yang kamu butuhkan untuk berkemah, seperti area perkemahan, tempat api unggun, dan toilet umum yang terjaga kebersihannya. Di sini, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru di alam sekitar, mulai dari hiking, eksplorasi kawah, berfoto di hutan pinus, atau hanya bersantai menikmati pemandangan indah!

Daya Tarik

Seperti banyak destinasi alam di Garut, Papandayan Camping Ground menawarkan udara sejuk khas pegunungan dan pemandangan hijau yang menakjubkan. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan city light Garut dari sekitar lokasi. Kamu juga dapat memanfaatkan waktu untuk berjalan-jalan di taman dengan pemandangan gunung dan pepohonan yang menawan.

Pastikan kamu bawa kamera ya, karena terdapat beberapa spot foto menarik, seperti sayap kupu-kupu dan sarang burung, serta area santai dengan ayunan yang cantik untuk dijadikan sebagai latar foto!

Harga

Harga tiket masuk ke Papandayan Camping Ground relatif sangat terjangkau, hanya Rp15.000/orang. Kalau kamu mau camping, cukup bayar Rp25.000 saja. Sewa rumah kayu dan rumah pohon mulai dari Rp300.000-an.

Untuk cabin house, harganya Rp350.000 saat weekend dan Rp300.000 saat weekday. Sedangkan untuk tree house, tarifnya Rp600.000 di hari-hari weekend dan Rp500.000 untuk tarif weekdays.

Lokasi

Jalan Kawah Papandayan, Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Rute ke Papandayan Camping Ground

Untuk sampai ke Papandayan Camping Ground, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam atau sekitar 30 kilometer dari pusat kota Garut. Kamu bisa ambil rute melalui Cikajang, lalu masuk ke Cikamiri. Setelah melewati Samarang, tempat tujuanmu ada di kaki Gunung Papandayan!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Glamping di Dieng Wonosobo

3. Cilopang Adventure Camp

camping dengan pemandangan alam yang indah

Photo: Scott Goodwill via Unsplash

Fasilitas

Cilopang Adventure Camp punya berbagai fasilitas yang dijamin bikin pengalaman kamu di sana semakin seru dan nyaman! Pertama, ada lapangan luas yang cocok banget buat mendirikan tenda dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Kamu bisa bermain, bersantai, atau bahkan mengadakan kegiatan kelompok di sini!

Buat yang suka tantangan, ada fasilitas outbound yang menawarkan berbagai kegiatan outdoor yang menantang dan seru. Kamu bisa menguji adrenalin dan menikmati waktu bersama teman-teman atau keluarga.

Kalau kamu ingin merasakan camping dengan kenyamanan ekstra, Cilopang Adventure Camp juga menyediakan glamping. Ini adalah kemah mewah dengan fasilitas modern yang bikin pengalaman berkemah kamu jadi lebih istimewa dan nyaman. Jadi, apapun gaya camping kamu, Cilopang Adventure Camp siap memberikan pengalaman terbaik!

Daya Tarik

Keindahan Cilopang terletak pada danaunya yang luasnya lebih dari satu hektar. Dari jauh, danau ini terlihat hijau, padahal airnya sangat jernih. Kata warga sekitar, air danau ini enggak pernah surut meskipun sedang musim kemarau.

Di Cilopang Adventure Camp Garut, banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu nggak mau berkemah, bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau dan menikmati pemandangan sekitarnya.

Kedalaman danau ini bisa mencapai 15 meter, dan karena airnya jernih, kamu bisa melihat ikan-ikan cantik dari atas perahu. Bagi kamu yang tertarik untuk berenang di danau, pengelola wisata juga menyediakan pelampung, lho!

Sekitar 200 meter dari area berkemah, kamu akan menjumpai tebing batu yang unik karena tampak menyatu dengan akar pohon. Tebing ini jadi favorit bagi para pemanjat tebing dan pecinta alam yang suka tantangan. Tertarik untuk mencoba mendaki tebing ini?

Harga

Harga camping di sini terbilang sangat terjangkau, hanya Rp15.000 kamu bisa mendapatkan pengalaman camping di alam dengan pemandangan yang memukau!

Lokasi

Cilopang, Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Rute ke Cilopang Adventure Camp

Lokasi tempat ini hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Garut, atau sekitar 7,4 km. Untuk mencapai kawasan ini, kamu bisa ambil rute dari Jalan Kadungora menuju Rancabango di Tarogong Kaler. Cilopang Adventure Camp berada sekitar satu kilometer dari objek wisata Cipanas Garut.

Jalur menuju Cilopang Adventure Camp sudah cukup baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Tapi, saat melewati Rancabango, hati-hati ya, karena kadang ada truk pengangkut pasir. Jika kamu ingin lebih praktis, bisa juga menyewa ojek untuk menuju kawasan wisata ini!

4. Glamping Parama Satwika

Glamping bukit prama satwika - Glamping di Garut

Photo: bukitparamasatwika via Instagram

Fasilitas

Glamping Parama Satwika menyediakan fasilitas lengkap untuk memastikan pengalaman kamu menyenangkan selama menginap di sini. Setiap tenda dilengkapi dengan tempat tidur untuk dua orang, layanan BBQ atau makan malam, serta sarapan yang nikmat untuk memulai hari di Glamping Parama Satwika.

Selain itu, fasilitas umum yang tersedia mencakup Wi-Fi, parkir yang luas, 12 unit toilet, mushala, area api unggun, dan kafe yang cocok untuk berkumpul di malam hari. Aktivitas seru di Glamping Parama Satwika tidak hanya terbatas pada menginap saja. Kamu juga bisa menikmati live musik sambil menikmati menu makanan dan minuman yang beragam.

Daya Tarik

Glamping Parama Satwika dikelilingi oleh hutan hijau yang masih asri. Berlokasi di daerah pegunungan dekat Gunung Guntur, glamping ini menawarkan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Untuk pengalaman menginap yang lebih maksimal, Glamping Parama Satwika menyediakan waktu check-in dari pukul 13.0 sampai 22.00 WIB setiap harinya. Dengan desain modern dan estetik, tempat ini sangat cocok untuk kamu melepas penat dan relaksasi bersama teman atau keluarga!

Harga

Akomodasi tenda standar di Glamping Parama Satwika dirancang untuk menampung 2 orang dengan harga terjangkau, mulai dari Rp575.000/malam. Paket ini sudah termasuk makan-minum serta fasilitas dalam tenda seperti queen bed, selimut dan bantal, lemari laci, colokan listrik, dan perlengkapan mandi.

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana glamping tanpa harus menginap, tersedia opsi menginap selama tiga jam dengan harga lebih terjangkau dibandingkan harga per malam. Ini cocok banget untuk kamu yang ingin bersenang-senang bersama keluarga atau teman tanpa perlu bermalam. Berikut beberapa paket yang bisa kamu pilih:

  • Paket 4 orang: tenda dan barbeque, Rp320.000
  • Paket 4 orang: tenda dan liwet komplit, Rp350.000
  • Paket 6 orang: tenda dan barbeque, Rp480.000
  • Paket 6 orang: tenda dan liwet komplit, Rp500.000
  • Paket 8 orang: tenda dan barbeque, Rp640.000
  • Paket 8 orang: tenda dan liwet komplit, Rp650.000

Dengan berbagai pilihan paket ini, glamping di Parama Satwika jadi lebih seru dan fleksibel!

Lokasi

Kampung Cimuncang, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rute ke Parama Satwika Garut

Rute menuju Glamping Parama Satwika cukup mudah diikuti, baik dengan motor maupun mobil. Dari pusat Kota Garut, kamu bisa memulai perjalanan menuju Kecamatan Tarogong Kaler. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam.

Sesampainya di Kecamatan Tarogong Kaler, ikuti petunjuk arah menuju Desa Rancabango sampai kamu menemukan Glamping Parama Satwika di Kampung Cimuncang. Aksesnya mudah dan perjalanan seru menanti kamu!

Baca Juga: Glamping Alam Terbuka di Bobocabin Coban Rondo Malang

5. Popondok Glamping Garut

glamping

Photo: Ruben Ramirez via Unsplash

Fasilitas

Di sini, harga sewa glamping memang bervariasi. Dengan mulai dari Rp500.000, kamu sudah bisa menikmati paket lengkap seperti sarapan, BBQ, peralatan mandi, water heater, heating pot, api unggun, dan tiket wahana lainnya untuk maksimal empat orang. Seru banget buat ngajak keluarga atau teman-teman liburan!

Daya Tarik

Di Popondok Glamping Garut, selain menginap, kamu juga bisa mengeksplor beberapa kegiatan seru. Mulai dari hiking ke Tegal Malaka, berfoto di spot yang difoto langsung oleh jasa fotografer lokal, paket ATV adventure, sampai mengarungi perahu kayak. Yang seru, buat yang nggak menginap juga bisa ikutan menikmati semua ini. Cukup bayar Rp10.000 untuk setiap wahana yang dipilih.

Di Popondok Glamping Garut juga ada cafe asik buat nongkrong sambil menyeruput kopi ditemani pemandangan cantik Gunung Guntur. Jadi, nggak cuma menginap yang seru di sini, tapi juga bisa merasakan pengalaman seru lainnya!

Harga

Tenda-tenda di Popondok Glamping Garut memiliki harga sewa yang berbeda tergantung hari. Kalau kamu mau menginap di akhir pekan atau tanggal merah, harganya sekitar Rp700.000 sampai Rp800.000/hari. Sedangkan kalau hari biasa, harganya lebih terjangkau, sekitar Rp500.000 sampai Rp600.000/hari.

Lokasi

Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Rute ke Popondok Glamping Garut

Nah, kalau mau ke Popondok Glamping Garut, gampang banget kok! Dari Jakarta, kamu bisa ambil jalan tol ke arah selatan menuju Bandung. Nah, setelah itu lanjut terus ke arah Garut, terus ikuti petunjuk ke arah utara menuju objek wisata yang indah ini. Enggak perlu khawatir, jalannya sudah diaspal dengan baik, jadi perjalanan kamu pasti nyaman dan menyenangkan!

5 Tips Glamping Aman dan Nyaman

Cek Kondisi Cuaca

glamping

Photo: Tim Peterson via Unsplash

Sebelum berangkat glamping, ada satu hal yang enggak boleh kamu lupakan: cek kondisi cuaca!

Ini penting banget biar liburan kamu tetap aman dan nyaman. Nggak mau kan, tiba-tiba kehujanan pas lagi asyik menikmati pemandangan saat sedang glamping di Garut?

Makanya, pastikan untuk selalu update informasi cuaca dari aplikasi atau situs terpercaya. Bawa juga perlengkapan yang sesuai, seperti jas hujan atau payung, kalau cuaca diprediksi kurang bersahabat. Dengan begitu, kamu bisa menikmati keindahan alam tanpa khawatir dengan cuaca yang berubah-ubah. Jadi, siap-siaplah dengan baik dan nikmati glamping tanpa hambatan!

Baca Juga: 2 Rekomendasi Glamping di Bogor yang Ada Private Pool

Bawa Baju yang Cukup dan Sesuai

Salah satu kunci glamping yang aman dan nyaman adalah bawa baju yang cukup dan sesuai. Nggak mau kan, liburan terganggu gara-gara kedinginan atau kepanasan? Jadi, pastikan kamu membawa pakaian yang cocok dengan cuaca di lokasi glamping.

Kalau glamping di pegunungan, bawa jaket tebal, sweater, dan kaus kaki biar tetap hangat. Sebaliknya, kalau di tempat yang lebih hangat, pilih pakaian yang ringan dan nyaman. Jangan lupa juga untuk bawa pakaian cadangan, siapa tahu kamu kena hujan atau kotor saat berpetualang. Dengan persiapan yang tepat, pengalaman glamping kamu pasti akan lebih seru dan bebas khawatir!

Membawa Perlengkapan Pendukung

duffle bag atau tas untuk traveling

Photo: Erol ahmed via Unsplash

Biar glamping di Garut makin asyik dan nyaman, jangan lupa bawa perlengkapan pendukung yang lengkap!

Selain pakaian yang cukup, ada beberapa barang yang wajib ada di tas kamu. Bawa power bank biar gadget selalu siap dipakai untuk foto-foto atau navigasi. Jangan lupa juga lampu senter atau headlamp buat penerangan ekstra saat malam hari.

Perlengkapan pribadi seperti toiletries, obat-obatan, dan tisu basah juga penting banget untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kamu selama glamping. Dengan semua perlengkapan ini, kamu bisa menikmati alam bebas tanpa rasa khawatir!

Baca Juga: 4 Glamping Cibodas yang Bikin Ngga Nggak Mau Pulang Liburan

Periksa Ulasan Tempat

bekerja dengan laptop

Photo: Bench Accounting via Unsplash

Sebelum kamu memutuskan tempat glamping yang ingin dikunjungi, jangan lupa cek ulasan dari para pengunjung sebelumnya! Ini penting banget buat memastikan kamu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan bebas drama.

Lewat ulasan, kamu bisa tahu kualitas fasilitas, kebersihan, hingga pelayanan dari tempat glamping tersebut. Cari ulasan di situs terpercaya atau media sosial, dan lihat apa kata mereka yang sudah pernah ke sana.

Dengan begitu, kamu bisa menghindari tempat-tempat yang kurang memuaskan dan memilih yang terbaik untuk liburanmu. Jadi, pastikan kamu riset dulu ya, biar glamping kamu berjalan lancar dan nyaman!

Nikmati Quality Time bersama Keluarga Tanpa Ponsel

liburan di alam dengan keluarga

Photo: Jessica Rockowitz via Unsplash

Salah satu cara terbaik untuk menikmati glamping adalah dengan benar-benar memanfaatkan quality time bersama keluarga tanpa gangguan ponsel.

Coba deh, matikan sejenak notifikasi dan fokuslah pada momen kebersamaan. Manfaatkan waktu untuk ngobrol, bermain game seru, atau sekadar menikmati keindahan alam bersama-sama.

Tanpa ponsel, kamu bisa lebih terkoneksi dengan orang-orang tersayang dan merasakan kedamaian alam dengan lebih maksimal. Percaya deh, momen ini bakal jadi kenangan yang tak terlupakan dan bikin hubungan keluarga makin erat!

Baca Juga:  Healing Sejenak di 3 Glamping Cijeruk Bogor ini, yuk!

Mau Pengalaman Glamping-mu Makin Seru? Menginap di Bobocabin!

Bobocabin Cikole

Photo: Bobobox Internal Asset

Penasaran kan seperti apa rasanya glamping di tengah keindahan alam Indonesia? Tenang, selain berbagai rekomendasi glamping di Garut di atas, ada juga lho Bobocabin yang siap menemani waktu liburanmu!

Hadir dengan konsep glamping berteknologi modern, Bobocabin kini tersedia di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Bandung, Bali, Malang, Baturraden, Toba, Bunaken, Lombok, Sumba, dan masih banyak lagi.

Bobocabin Dieng

Photo: Bobobox Internal Asset

Setiap cabang Bobocabin didesain memiliki unit kabin yang modern dan minimalis, dengan fasilitas lengkap yang dijamin bikin liburanmu jadi makin nyaman. Tiap kabin dilengkapi dengan Mood Lamp, Smart Window, dan B-Pad yang akan memudahkanmu mengontrol semuanya dalam satu sentuhan saja!

Bobocabin Dieng

Photo: Bobobox Internal Asset

Jika kamu liburan bersama keluarga atau teman, jangan khawatir bakal boros di biaya menginap. Sebab Bobocabin menyediakan kabin yang luas dengan kapasitas dua hingga empat orang! Cocok banget untuk kamu yang suka pergi liburan sendiri atau bersama dengan orang-orang tersayang.

Bobocabin Dieng

Photo: Bobobox Internal Asset

Selain menawarkan pemandangan yang khas di setiap cabang, seperti laut, pegunungan, hutan pinus, maupun kebun teh, kamu juga tidak akan bosan jika menginap di sini. Sebab, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu cobain, seperti BBQ, api unggun, trekking, atau hiking di destinasi wisata alam yang dekat dengan Bobocabin. Lengkap banget!

Yuk, download aplikasi Bobobox sekarang untuk reservasi kabin favoritmu dan dapatkan berbagai promo menarik!

 

Penulis: Ratna Asih

Foto utama oleh: Bobobox Internal Asset

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles