IMG-4425

Jalan-Jalan Ke Palopo? Jangan Lewatkan 5 Pemandian Alami Berikut ini

Pernahkah kamu mendengar tentang kota Palopo? Kota yang berada di Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang nggak boleh terlewat untuk kamu kunjungi saat menjelajahi Indonesia Timur. Palopo terkenal akan keindahan panorama alamnya yang mampu memanjakan mata, salah satunya adalah pemandian alaminya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Penasaran? Langsung saja simak ulasan tentang wisata alam Palopo yang sudah Bob rangkum khusus untuk kamu!

1. Latuppa

wisata alam Palopo

(Image by @aficalibre via Instagram)

Wisata alam Palopo yang pertama adalah sebuah air terjun bernama Latuppa. Pemandian alami yang satu ini berlokasi di kelurahan Latuppa, Kecamatan Mungkajang. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Palopo, yakni hanya berjarak sekitar 9 kilometer.

Keindahan dari tempat wisata alam Palopo yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi. Alamnya yang masih asri serta air terjunnya yang masih bersih dan menyejukkan tentu saja mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata alam Palopo ini.

Selain itu, air terjun Latuppa ini juga memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya cukup unik, loh. Yakni terdiri dari 3 tingkatan yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Tak hanya air terjun Latuppa, di sini juga terdapat sebuah sungai bernama sungai Jodoh yang letaknya tak jauh dari air terjun ini. Mengapa diberi nama sungai Jodoh? Konon, menurut masyarakat setempat, pernah ada seseorang yang menemukan jodohnya di tempat ini. Menarik banget, ya, untuk para jomblo?

BACA JUGA: Ini Dia 5 Air Terjun Di Bali Yang Wajib Kamu Kunjungi

Selain bermain di air terjun dan mandi di sungai, di tempat wisata alam Palopo yang satu ini kamu juga bisa menikmati durian khas Palopo yang terkenal akan kelezatannya. Harganya pun terbilang sangat murah!

Jika bertepatan dengan hari libur, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar 1.000 rupiah per kepalanya. Namun, tidak ada pungutan biaya jika kamu hendak berkunjung ke tempat wisata alam Palopo satu ini pada hari biasa. Asyik banget, kan? Nggak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Palopo.

2. Batupapan

Wisata Alam Palopo

(Image by @dilahra via Instagram)

Tempat wisata alam Palopo selanjutnya adalah sungai Batupapan yang berlokasi di kelurahan Padang Lambe. Pemandian alami yang satu ini merupakan salah satu pemandian alami yang menjadi favorit masyarakat sekitar.

Letak tempat wisata alam Palopo yang satu ini pun cukup dekat dari pusat kota. Yakni hanya berjarak sekitar 25 kilometer atau memakan waktu sekitar 30 menit saja dari pusat kota Palopo. Akses menuju tempat wisata yang satu ini pun terbilang mudah. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke tempat ini.

BACA JUGA: 10 Ide Wisata Alam Bandung Anti-Mainstream, Cocok Untuk Long Weekend!

Selain suasana alamnya yang indah dan masih asri, fasilitasnya yang lengkap juga menjadi salah satu daya tarik dan nilai plus dari wisata alam Palopo yang satu ini. Kamu bisa mengisi perut laparmu di kedai-kedai makanan yang tersedia di sana.

Selain itu, kamu juga bisa bersantai atau bahkan bermalam di villa yang telah dibangun oleh pemerintah di sana. Tak hanya itu, di tempat wisata alam Palopo yang satu ini kamu juga bisa bersantai di pinggir sungai sambil bakar-bakar ikan. Bayangkan betapa nikmatnya menyantap ikan bakar sambil ditemani bunyi gemercik air sungai yang jernih.

Oleh karena lengkapnya fasilitas serta indahnya panorama alam yang ditawarkan oleh tempat wisata alam Palopo satu ini, tak heran jika banyak wisatawan yang memilih untuk menghabiskan waktu luangnya dengan berkunjung ke Batupapan. Pemandian alami satu ini biasanya akan sangat ramai pengunjung saat akhir pekan tiba, atau menjelang musim liburan.

3. Pemandian Alam Bora

Wisata Alam Palopo

(Image by @imhel.karamel via Instagram)

Selain Latuppa dan Batupapan, pemandian alam Bora juga merupakan salah satu tempat wisata alam Palopo yang tidak boleh terlewatkan. Pemandian alami satu ini sebenarnya merupakan kolam renang yang berada tepat di samping aliran sungai Latuppa.

Meskipun wujudnya berupa kolam renang, namun para pengunjung tetap akan merasakan nikmatnya sensasi mandi di alam bebas. Sebab, tempat wisata alam Palopo yang satu ini dikelilingi oleh pemandangan indah pegunungan nan asri penuh dengan pohon-pohon rindang yang menyejukkan mata. Belum lagi suara gemercik aliran sungai yang ada di sampingnya, semakin menambah kesan alam bebas pada tempat wisata alam Palopo satu ini.

Selain itu, lokasi pemandian alami satu ini pun cukup dekat dari kota, yakni hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Palopo. So, tempat wisata alam Palopo yang satu ini cocok banget bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam nan asri namun nggak pingin jauh-jauh beranjak dari kota.

4. Bambalu

Wisata Alam Palopo

(Image by @palopo_info via Instagram)

Destinasi tempat wisata alam Palopo berikutnya adalah pemandian alam Bambalu yang berada di kelurahan Battang Barat, kecamatan Wara Barat. Letak tempat wisata ini sekitar 19 kilometer dari pusat kota Palopo.

Pemandian alami ini berada di kawasan pegunungan yang sangat asri dan menyejukkan. Aliran airnya pun berasal dari puluhan aliran air terjun yang ada di sekitar lokasi tempat wisata alam Palopo satu ini.

BACA JUGA: 10 Wisata Alam Dunia Yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual

Akses menuju tempat wisata ini pun terbilang cukup mudah, sebab fasilitas serta infrastruktur jalannya sudah cukup memadai. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi hijaunya alam pegunungan, serta pemandangan lereng-lereng gunung yang curam.

Karena keindahan panorama alamnya, tempat wisata alam Palopo satu ini juga termasuk salah satu tempat wisata favorit masyarakat kota Palopo, terutama untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan.

5. Bantole

Wisata Alam Palopo

(Image by @BonterSpider via YouTube)

Tempat wisata alam Palopo terakhir yang juga wajib masuk list tempat liburan kamu saat berkunjung ke Palopo adalah pemandian alami Bantole. Tempat wisata satu ini berada di desa Tombang yang juga berbatasan langsung dengan kelurahan Sumarambu.

Jarak tempat wisata alam Palopo satu ini terbilang cukup jauh dari pusat kota, yakni sekitar 32 kilometer jauhnya. Karena itu, pemandian alami ini terbilang cukup jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Nggak heran jika tempat ini masih sangat sejuk dan asri, bebas dari yang namanya polusi.

BACA JUGA: Jernihnya Air Tempat Wisata Alam Sendang Geulis Kahuripan

Untuk kamu yang berniat sejenak lepas dari hiruk-pikuk kota yang ramai, tempat wisata alam Palopo satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab, tak banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, bahkan di akhir pekan. So, tempat ini masih terbilang cukup sepi dan jarang dijamah.

Selain menikmati pemandian alaminya, kamu juga bisa mencoba berkunjung ke Gua Puang Massawae. Gua ini kerap dijadikan sebagai objek wisata tujuan study tour oleh para siswa yang tertarik mempelajari geografi dan sejarah.

Teman liburan yang pas, ya Bobobox!

Bingung pilih hotel yang seru dan nyaman untuk menemani liburanmu? Tenang, ada Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman juga pasti bikin kamu betah berlama-lama menginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

hotel kapsul untuk keluarga

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles