Jangan Bingung, Ini Cara Naik Kerata Api Jarak Jauh

Jangan Bingung, Ini Cara Naik Kerata Api Jarak Jauh

Cara naik kereta api jarak jauh tak semusingkan yang kamu kira. Dengan mengetahui apa saja persyaratan yang harus kamu siapkan, serta cara naik kereta api jarak jauh, maka kamu bisa menikmati perjalanan tanpa perlu khawatir.

Apa Syarat Untuk Naik Kereta Api Jarak Jauh?

Berikut ini adalah syarat untuk naik kereta api jarak jauh mulai 12 Juni 2023:

1. Disarankan untuk terus menjalani vaksinasi Covid-19 hingga mencapai dosis booster kedua atau dosis keempat, terutama bagi individu yang memiliki risiko tinggi terkena penularan Covid-19.

2. Boleh tidak menggunakan masker jika dalam kondisi sehat dan tidak berisiko tertular atau menyebarkan Covid-19. Akan tetapi, disarankan untuk selalu mengenakan masker yang rapat jika kondisi tidak sehat atau berpotensi tertular Covid-19, terutama sebelum dan selama melakukan perjalanan.

3. Disarankan untuk selalu membawa hand sanitizer atau menggunakan sabun dan air mengalir secara teratur, khususnya setelah bersentuhan dengan barang-barang yang digunakan bersama.

4. Individu yang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko tertular atau menyebarkan Covid-19 disarankan untuk menjaga jarak atau menghindari kerumunan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19.

5. Disarankan untuk terus menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk memantau kondisi kesehatan pribadi.

Bagaimana Cara Naik Kereta Api Jarak Jauh?

Bagaimana Cara Naik Kereta Api Jarak Jauh?

Sumber: Linimasa.id

Kini kamu sudah tahu apa saja persyaratan untuk pergi menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh. Pertanyaan selanjutnya adalah: Bagaimana cara naik kereta api jarak jauh?

Tenang, Bob sudah merangkum langkah-langkah cara naik kereta api jarak jauh yang mudah untuk kamu pahami berikut ini:

1. Pesan Tiket

Pesan Tiket

Sumber: Media Indonesia

Cara naik kereta api jarak jauh yang pertama adalah dengan melakukan pemesanan tiket kereta api, salah satunya pembelian tiket melalui aplikasi resmi PT KAI yaitu KAI Access.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memesan tiket kereta melalui website kai.id ataupun channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Saat memesan tiket, beberapa data yang perlu kamu input adalah stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. 

Setelah itu, kamu perlu memasukkan data-data penumpang seperti nama dan nomor Kartu Tanda Penduduk masing-masing. Setelah itu, kamu akan diarahkan memilih kursi yang ingin kamu duduki di dalam kereta. Pilihlah tempat duduk yang sesuai dengan kenyamanan kamu.

Pastikan untuk memesan tiket kereta api Anda beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan, terutama jika Anda berencana melakukan perjalanan pada waktu yang sibuk atau musim liburan. Ini dapat membantu Anda mendapatkan tempat duduk yang diinginkan dan menghindari kehabisan tiket.

Terakhir, kamu tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan harga tiket yang dipesan.

2. Packing Barang Dengan Bijak

2. Packing Barang Dengan Bijak

Sumber: Bank Jatim

Selain itu, penting untuk membawa barang-barang yang benar-benar diperlukan agar perjalanan Anda lebih nyaman. Prioritaskan keperluan esensial seperti pakaian, perlengkapan pribadi, dan barang lain yang dibutuhkan selama perjalanan.

Dengan membatasi barang bawaan sesuai kebutuhan, Anda tidak hanya mematuhi regulasi kereta api, tetapi juga membuat pengaturan barang lebih mudah dan memastikan ruang yang cukup untuk kenyamanan selama perjalanan.

3. Datang Lebih Awal ke Stasiun

Datang Lebih Awal ke Stasiun

Sumber: Tribunnews.com

Agar kamu terhindar dari kemungkinan buruk yang terjadi seperti macet dan sebagainya, hindari keterlambatan agar tidak melewatkan kereta dan tiba pada saat jam sebelum tanggal keberangkatan, hal ini dikarenakan jadwal keberangkatan kereta api sangat teratur.

Kamu dapat menikmati waktu menunggu di stasiun dengan singgah di gerai makanan dan minuman yang tersedia. Pastikan kamu membawa dokumen yang diperlukan, seperti kartu identitas dan bukti kesehatan, jika diperlukan, untuk proses boarding nanti.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Lakukan Check-in dan Cetak Boarding Pass

Lakukan Check-in dan Cetak Boarding Pass

Sumber: Obsession News

Jika kamu membeli tiket kereta melalui aplikasi KAI Access, maka kamu tak perlu mencetak boarding pass di stasiun, karena kamu sudah bisa cetak boarding pass secara online 2 jam sebelum keberangkatan melalui aplikasi, dan kamu bisa langsung check in dengan menunjukan e-boarding pass kepada petugas di stasiun kereta api.

Namun, jika kamu membeli tiket kereta di luar aplikasi KAI Access, pastikan untuk mendatangi mesin check-in mandiri yang disediakan di area stasiun keberangkatan.

Dengan mesin tersebut, kamu dapat memasukkan nomor booking tiket dan mencetak boarding pass dengan mudah. Jika mengalami kesulitan, jangan ragu meminta bantuan petugas stasiun yang berjaga.

Baca Juga: Suka Jalan-Jalan Naik Kereta Api? Simak Jalur Kereta Api Paling Ekstrem di Indonesia Berikut Ini!

5. Siapkan Boarding Pass dan Kartu Identitas

Siapkan Boarding Pass dan Kartu Identitas

Sumber: TribunSumsel.com

Untuk memasuki zona 2 stasiun, diperlukan pameran boarding pass dan kartu identitas kepada petugas boarding. Boarding pass akan dipindai oleh petugas dan diperiksa kesesuaiannya dengan kartu identitas yang kamu tunjukkan. Selain itu, petugas juga akan memberikan informasi mengenai waktu kedatangan dan lokasi jalur kereta yang akan kamu gunakan.

Bagi mereka yang berusia 18 tahun ke atas, diperlukan vaksin booster, sementara bagi yang berusia 6-17 tahun, wajib sudah menjalani vaksinasi kedua. Setelah semua persyaratan terpenuhi, kamu dapat masuk ke zona 2 dan menunggu waktu keberangkatan.

6. Tunggu Kedatangan Kereta Api

Tunggu Kedatangan Kereta Api

Sumber: Kompas.com

Jika petugas sudah memeriksa boarding pass dan kartu identitas kamu, maka langkah selanjutnya adalah menunggu kedatangan kereta.

Jika merasa bingung mencari peron kereta, jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas. Selama menunggu kereta, Anda dapat memanfaatkan waktu dengan ngemil, membaca berita, membuka media sosial, atau terlibat dalam kegiatan positif lainnya.

Di area tunggu zona 2, terdapat berbagai fasilitas untuk kenyamanan pelanggan, termasuk tempat duduk, stasiun pengisian daya, toilet, musala, dan lain sebagainya.

Selalu waspada dengan lingkungan sekitar dan perhatikan pengumuman agar kamu tak ketinggalan kereta. 

7. Naik Kereta Api dan Cari Tempat Duduk

Naik Kereta Api dan Cari Tempat Duduk

Sumber: CNBC Indonesia

Terakhir, kamu tinggal masuk ke area peron kereta api sesuai jalur kedatangan kereta. Letak peron dapat kamu lihat di bagian atas stasiun. Kamu juga akan dibantu petugas yang mengarahkan penumpang menuju kereta.

Pastikan untuk memerhatikan nama kereta dan nomor kursi pada boarding pass kamu dengan saksama dan duduk sesuai dengan nomor yang tertera pada tiket kamu. Semoga perjalanan kamu menyenangkan, ya!

Baca Juga: 10 Kereta Api Termewah di Dunia, Seperti Berada di Hotel Bintang Lima!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobopod Kota Lama, Semarang!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Kota Lama, Semarang!

Memasuki bulan Ramadan, ini adalah saat-saat terbaik bagi kamu untuk menjalin silaturahmi dengan orang-orang tersayang.

Jika kamu sedang bepergian ke luar kota terutama ke Semarang, pastikan untuk memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. 

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobopods. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. 

Kamu juga diharuskan menggunakan siku jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, kamu juga disediakan obat-obatan standar yang bisa digunakan agar tubuh tetap sehat dan fit

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store. Dijamin aman dan nyaman!

 

 

 

Penulis artikel: Toffeedev

Foto header: Media Indonesia

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles