cara ke nusa penida dari bali

Cara ke Nusa Penida dari Bali: Panduan Perjalanan ke Surga Tersembunyi

Liburan ke Bali rasanya belum lengkap kalau tidak mengunjungi Nusa Penida. Pulau kecil satu ini rupanya merupakan salah satu destinasi wisata beken yang terletak di bagian tenggara Bali, berdekatan dengan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, lho!

Dalam ulasan ini, Bob akan berbagi tips cara ke Nusa Penida dari Bali dan apa saja yang dapat kamu temukan di pulau indah satu ini. Yuk, simak!

Mengenal Nusa Penida

Mengenal Nusa Penida

Sumber: Polina Kuzovkova via Unsplash

Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang terletak di bagian tenggara Pulau Bali. Secara administratif, Nusa Penida termasuk dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Klungkung.

Pulau ini memiliki karakteristik yang unik. Dipisahkan Selat Badung yang cukup lebar, Nusa Penida menjadi destinasi agak terpencil yang keindahan alamnya relatif masih terjaga.

Walau tergolong dalam kabupaten yang sama dengan Bali, Nusa Penida memiliki keindahan alam yang berbeda dengan pantai-pantai berpasir putih, tebing-tebing dramatis, dan kehidupan bawah laut yang memukau. 

Baca Juga: Nikmati Quality Time bersama Orang Tersayang dengan Bercengkrama di Spot Piknik di Bali Berikut Ini!

Daya Tarik Nusa Penida

Dengan alam yang masih sangat alami dan pemandangan yang memukau, Nusa Penida menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pelancong.

Kalau kamu mencari petualangan dan kecantikan alam yang masih sangat terjaga, Bob sudah merangkum beberapa daya tarik Nusa Penida yang wajib kamu kunjungi:

1. Pantai Atuh, Kelingking

Pantai Atuh, Kelingking

Sumber: Johnny Africa via Unsplash

Pantai Atuh adalah salah satu surga tersembunyi di Nusa Penida. Kamu akan terpesona oleh keindahannya begitu tiba di sana. Pantai ini terletak diapit oleh formasi tebing yang tinggi, menciptakan suasana teduh dan tenang. 

Waktu terbaik berkunjung kemari adalah saat air surut. Saat air pasang, sebagian besar pantai ini akan tertutup oleh air laut yang datang begitu kuat. Jadi, sebaiknya hindari datang saat air pasang agar kamu bisa menikmati keindahan Pantai Atuh sepenuhnya.

2. Pantai Kelingking “T-Rex”

Pantai Kelingking “T-Rex”

Sumber: Nattu Adnan via Unsplash

Jangan kaget dengan namanya, pantai ini ternyata benar-benar memiliki sebuah tebing dengan formasi yang membentuk kepala dinosaurus T-Rex, lho! 

Keindahan Pantai T-Rex ini tidak perlu diragukan lagi. Tempat ini juga menjadi salah satu atraksi wisatawan yang harus kamu kunjungi ketika berada di Nusa Penida. Untuk mencapai pantai ini, kamu harus menuruni tebing menggunakan tangga yang sangat curam. 

Meskipun perjalanan turun tebing bisa membuatmu merasa lelah, semua rasa lelah itu akan terbayarkan ketika kamu sampai di pantainya yang memiliki debur ombak yang tenang, air biru yang memikat, dan pasir yang putih bersih.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Outfit ke Pantai Agar Liburan Kamu Tetap Nyaman!

3. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan

Sumber: We Seek Travel

Tidak hanya pantai, kamu juga bisa menemui beberapa air terjun yang sangat indah di Nusa Penida. Salah satu air terjun yang terkenal adalah Air Terjun Peguyangan.

Untuk menuju bagian air terjun, kamu terlebih dahulu harus menuruni tangga biru yang tersedia. Perjalanan ke bawah memakan waktu kurang lebih 20 menit. 

Sesampainya di bawah, rasa lelahmu akan terbayar dengan pemandangan laut dan air terjun yang jernih serta susunan tebing yang menakjubkan.

4. Snorkeling di Toyapakeh

Snorkeling di Toyapakeh

Sumber: Dive Concepts

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan yang tidak kalah keren adalah snorkeling sambil melihat keindahan biota laut di Nusa Penida.

Toyapakeh sendiri sudah sangat terkenal sebagai salah satu tempat yang banyak dikunjungi untuk snorkeling

Hal ini juga karena warna airnya yang jernih serta banyak terdapat berbagai macam jenis makhluk hidup di dalamnya.

Baca Juga: 7 Tempat Makan di Bali dengan View Bagus, Wajib Coba

Cara ke Nusa Penida dari Bali

Menarik sekali bukan? Untuk kamu yang saat ini sedang berada di Bali dan ingin mengunjungi Nusa Penida, jangan khawatir, karena terdapat beberapa cara mudah dan ekonomis yang pastinya dapat kamu praktikkan.

Berikut adalah beberapa cara ke Nusa Penida dari Bali yang harus kamu ketahui:

1. Dari Pelabuhan Sanur

Cara ke Nusa Penida dari Bali pertama adalah dengan menaiki kapal lewat Pelabuhan Sanur. Berlokasi di Jl. Sanur Beach Street Walk, terdapat banyak sekali pilihan kapal fast boat yang siap memberangkatkan kamu ke berbagai tempat di sekitar Bali, salah satunya Nusa Penida.

Beberapa fast boat yang bisa kamu pilih antara lain:

Nama Kapal Jam Berangkat

(Dari Sanur)

Jam Berangkat

(Dari Nusa Penida)

Golden Queen Fast Boat 08.15 16.30
Dwi Manunggal 08.00 07.00
11.00 09.00
15.30 14.30
18.00 17.00
Idola Express 08.15 07.00
16.15 15.00
Mola-Mola Express 08.30 07.30
17.00 16.00
Angel Billabong Fast Cruise 07.30 06.30
08.30 07.30
14.00 13.00
17.00 16.00

 

Banyak sekali, bukan? Namun, perlu diingat bahwa agar lebih aman, lebih baik kamu memesan tiket secara online terlebih dahulu satu hari sebelum keberangkatan, ya!

Selain itu, tiket juga dibeli langsung di pelabuhan, tapi kamu harus datang lebih awal agar tidak kehabisan.

Bobocabin Bobobox

2. Dari Pelabuhan Serangan

Tidak hanya dari Sanur, kamu juga bisa mengunjungi Nusa Penida dari Pelabuhan Serangan. Berlokasi di Gang Kuda Laut, Serangan, Denpasar, kamu bisa memesan tiket untuk menaiki kapal feri untuk mencapai Nusa Penida.

3. Dari Pelabuhan Tribuana, Kusamba

Cara ke Nusa Penida dari Bali yang berikutnya adalah dengan naik kapal dari Pelabuhan Tribuana di Kusamba.

Berlokasi di dekat Padang Bai, tepatnya di Kusamba, Dawan, kamu juga bisa memesan tiket fast boat untuk mengunjungi pulau indah satu ini. Beberapa kapal yang bisa kamu pilih beserta jadwalnya:

Nama Kapal Jam Berangkat

(Dari Kusamba)

Jam Berangkat

(Dari Nusa Penida)

Gangga Express 06.30 06.30
07.00 07.00
08.00 07.30
09.00 08.00
10.30 11.00
12.15 13.00
14.00 15.00
16.00 16.00
The Angkal 06.00 06.30
07.00 07.00
08.00 07.30
09.30 08.00
11.45 10.45
13.45 12.45
16.00 14.30
16.00
Sekarjaya 07.15 07.00
08.00 08.00
11.00 10.30
14.00 13.30
16.00 15.30

 

Perlu diingat bahwa agar lebih aman, lebih baik kamu memesan tiket secara online terlebih dahulu satu hari sebelum keberangkatan.

Jika tidak sempat, kamu juga bisa beli langsung di pelabuhan, tapi datanglah lebih awal agar tidak kehabisan tiket, ya!

4. Dari Pelabuhan Padang Bai

Berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Tribuana, kamu juga bisa mengunjungi Nusa Penida lewat pelabuhan Padang Bai. Sebenarnya, pelabuhan ini merupakan area transit untuk barang-barang yang akan dikirim ke Nusa Penida dari Bali.

Harga tiket fast boat dari pelabuhan ini termasuk yang paling murah dibandingkan pelabuhan lainnya. Cukup dengan membayar sekitar Rp80.000-an, kamu sudah bisa menaiki kapal menuju Nusa Penida dengan durasi kurang lebih 1 jam.

Nah, itulah beberapa atraksi wisata yang ada di Nusa Penida dan opsi pilihan moda transportasi yang bisa kamu pilih.

Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa mengunjungi salah satu pulau terindah di Indonesia dan menikmat berbagai kekayaan alam yang ada di dalamnya. Asyik sekali, bukan?

Baca Juga: Lapar di Malam Hari? Ini Dia 10 Rekomendasi Cafe 24 Jam di Bali!

Liburan di Bali Makin Asyik dengan Bobocabin Ubud

Liburan di Bali Makin Asyik dengan Bobocabin Ubud

Liburan ke Bali tentu sangat mengasyikkan. Kamu bisa melihat berbagai pemandangan alam yang indah, mencicipi kuliner lezat, hingga terjun langsung di keramaian setempat.

Setelah asyik berjalan-jalan keliling Nusa Dua, kamu bisa melipir sedikit untuk melihat keindahan Ubud. Ketika di Ubud, kamu juga bisa menginap di Bobocabin Ubud untuk melengkapi pengalaman liburan di Bali.

Pesan segera kabinmu hanya lewat aplikasi Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles