danau toba

Mau Danau Toba? 5 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan!

Danau Toba dikenal memiliki keindahan alamnya yang menakjubkan! Jika kamu memiliki agenda untuk berkunjung ke Sumatera Utara, kamu bisa coba kunjungi Pulau Samosir dan menyaksikan secara langsung keindahan Danau Toba. Tak hanya menikmati pemandangan alamnya saja, kamu juga bisa mengenal lebih jauh ragam budaya dan adat khas masyarakat Batak di sana mulai dari kain tradisionalnya hingga tarian tradisionalnya.

Pulau Samosir ini berlokasi di tengah-tengah Danau Toba, Sumatera Utara. Kapan lagi kamu bisa menikmati pemandangan danau yang indah, udara yang sejuk, dan juga budaya yang kaya. Kira-kira kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Danau Toba? Berikut adalah informasinya!

1. Kegiatan Seru di Danau Toba: Bersepeda Sambil Menikmati Keindahan Pulau Samosir

klook

Kegiatan yang bisa kamu lakukan terahir adalah bersepeda melintasi daerah perdesaan di Samosir. Kegiatan bersepeda ini sangat cocok untuk kamu coba terutama untuk menikmati pemandangan menjelang matahari terbenam yang menawan. Sepeda memang jadi salah satu pilihan transportasi merupakan cara terbaik yang bisa kamu coba lakukan saat ingin berkeliling menjelajahi pulau.

Jika kamu menempuh perjalanan dari Ambarita menuju Tomok, kamu akan disuguhi lukisan alam hijau yang memesona. Kamu bisa mengayuh sepeda di sekitar danau hingga ke atas perbukitan sambil menikmati pemandangan hamparan luas area persawahan di tepian danau yang sangat indah dan menyejukkan mata. Tak perlu repot membawa sepeda dari rumah. Faktanya di Samosir ada banyak persewaan sepeda yang bisa kamu gunakan dengan harga bervariasi.

2. Kegiatan Seru di Danau Toba: Berbelanja di Pasar Tomok

Kendhil

Kegiatan seru yang bisa kamu lakukan yang pertama adalah berbelanja banyak barang-barang unik khas Sumatera Utara. Kamu bisa coba kunjungi salah satu pasar tradisional Sumatera Utara yang bernama Pasar Tomok. Tak hanya berbelanja, kamu juga bisa mengamati bagaimana warga lokal beraktivitas di pasar ini dan berbaur dengan para warga lokal. Selama menjelajahi Pasar Tomok ini kamu akan menemukan banyak toko di sepanjang jalan utama.

Selain toko ada juga berbagai deretan warung yang menjual berbagai barang khas pasar tradisional. beberapa makanan unik yang kamu bisa temukan di pasar ini diantaranya adalah aneka buah tropis, sayur-mayur, bunga, aneka ikan kering, daging dan rempah-rempah serta beragam karya seni khas Toba. Bagi kamu yang hendak mencari oleh-oleh, jangan lupa untuk coba kunjungi Pasar Tomok, ya!


Baca Juga: Beristirahat di tengah Pesona Alam Indonesia dengan Bobocabin Bobobox!


3. Kegiatan Seru di Danau Toba: Mempelajari Tari Tor Tor

Ingin mempelajari budaya khas warga lokal saat berkunjung ke Sumatera Utara? Kamu bisa coba pengalaman belajar langsung tarian tradisional Tor Tor selama berkunjung di sana! Tari tradisional satu ini umumnya dilakukan oleh para warga setempat saat ada upacara adat dengan diiringi musik tradisional seperti gondang. Tari Tor Tor adalah tarian tradisional suku Batak yang diambil dari bunyi hentakan kaki dari kumpulan orang-orang yang sedang menari sehinga dinamakan Tor Tor.

4. Kegiatan Seru di Danau Toba: Berburu Kain Ulos, Kain Tradisional Khas Sumatra Utara

foto: travelingyuk.com

Setelah puas berbelanja di Pasar Tomok dan berwisata kuliner selanjutnya kamu bisa coba berburu kain trdisional khas Sumatera Utara yang dikenal dengan nama kain ulos. Kain ulos ini dikenal sebagai kain khas tradisional adat Batak. Keunikan kain ulos ini terdapat pada warna dan motif beragam yang menyimpan simbol seremonial berbeda. Tak hanya cantik, kain tradisional satu ini juga punya fungsi simbolik diberbagai aspek budaya Batak.

Kain ulos faktanya melambangkan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak juga ikatan antara seseorang dengan orang lainnya. Hal ini kemudian yang membuat kain ulos umumnya akan selalu dipakai pada saat upacara adat untuk merayakan kelahiran, perkawinan, bahkan hingga kematian. Jika kamu perhatikan dengan seksama, orang-orang Batak pada umumnya akan mengenakan ulos di kepala, bahu dan bagian bawah tubuh.

Harga kain ulos ini dibanderol dengan harga yang beragam tergantung dari jenis kain dan motif ikat pada kainnya. Jika kamu sempat berkunjung ke Sumatera Utara cobalah untuk berburu kain ulos sebagi oleh-oleh khas Sumatera Utara yang berharga. Kamu bisa gunakan kain ulos ini sebagai salah satu statement fashion style kamu.

5. Kegiatan Seru di Danau Toba: Menikmati Semangkuk Mie Gomak yang Lezat

Menjelajahi Pasar Tomok sambil berbelanja di sana mungkin akan membuat perut kamu keroncongan karena lelah. Jika sudah begini maka ini jadi salah satu momen yang tepat bagi kamu untuk mencoba kuliner khas warga setempat di seputarkawasan Danau Toba. Salah satu kuliner lokal yang wajib kamu coba adalah semangkuk mie bernama mie gomak.

Mie yang satu ini merupakan hidangan mie kari tradisional khas Batak Toba yang sesuai namanya gomak dari kata‘digomak’ memiliki arti diolah dengan tangan. Mie gomak ini memiliki karakteristik warna oranye pucat dan tekstur tebal yang dapat disajikan dengan kuah kaldu dan juga digoreng.

Kuah kari khas mie gomak ini memiliki cita rasa rempah-rempah lembut dengan warna kemerahan ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Hal ini membuat mie gomak terasa ramah di lidah saat disantap. Semangkuk mie gomak yang lezat ini juga dilengkapi dengan bumbu kerisik (parutan kelapa goreng yang kering). Bagi kamu yang suka citarasa pedas kamu bisa juga menambahkan sambal andaliman (saus sambal yang dibuat dari lada batak lokal) dan telur rebus sebagai topping.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Indonesia Cantik, Menawan dan Tak Terkalahkan

Lepas Penatmu di Bobocabin Danau Toba!

Setelah puas menjelajahi wisata alam Danau Toba dan sekitarnya, saatnya kamu kembali ke Bobocabin dan manjakan diri kamu dengan berbagai fasilitas yang ada. Akomodasi yang berlokasi di area wisata Danau Toba ini memiliki dua pilihan cabin, yaitu deluxe dan family. Keduanya dilengkapi dengan kamar mandi dalam serta fasilitas lain khas Bobocabin seperti Wi-Fi, Smart Window dan B-Pad.

Untuk melengkapi keseruan kamu di tengah alam, Bobocabin juga memfasilitasi diri dengan fasilitas campire & barbeque hingga entertainment (board games dan proyektor film). Dengan kapasitas dan fasilitas tersebut, Bobocabin dapat menjadi pilihan utama bagi keluarga muda yang ingin mencari kesegaran di kawasan alam yang menyegarkan.

Kamu juga tidak perlu khawatir soal toilet dan kamar mandi saat menginap di Bobocabin, karena di Bobocabin telah tersedia toilet dan kamar mandi yang super bersih. Dengan kelengkapan fasilitasnya, konsep yang fresh dan lokasi yang indah, Bobocabin menjadi solusi bagi para pencari ketenangan maupun petualangan di tengah alam yang indah nan asri. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles