air terjun manado

7 Air Terjun Manado yang Cantik dan Wajib Kamu Kunjungi

Liburan ke Manado kurang lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata alamnya, seperti air terjun Manado yang bakal bikin kamu terkesima.

Air terjun di Manado menjadi daya tarik tersendiri berkat suasana di sekitarnya yang amat menyejukkan, dan cocok untuk kamu yang sedang mencari ketenangan selama liburan. 

7 Air Terjun di Manado dan Sekitarnya

Berikut sejumlah rekomendasi air terjun Manado yang wajib kamu kunjungi!

1. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas

Sumber: Edy Milala via Gmaps

  • Alamat: Kima Atas, Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-16.00

Air Terjun Kima Atas terletak di pusat Kota Manado, tapi masih alami dan terjaga keasliannya. Kondisi ini membuat pemandangan di sekitarnya begitu indah dan cantik. 

Untuk bisa sampai ke air terjun ini, kamu tak perlu risau karena akses jalannya terbilang cukup mudah. Selama berada di air terjun Manado ini, ada sejumlah aktivitas seru yang bisa kamu coba, termasuk mencicipi kuliner lokal.

Bobocabin Bobobox

2. Air Terjun Kali

Air Terjun Kali

Sumber: Dunggio Hendra via Gmaps

  • Alamat: Tinoor Satu, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam

Jika kamu sedang mencari air terjun Manado yang bisa dikunjungi kapan saja, coba kunjungi Air Terjun Kali. 

Daya tarik yang ditawarkan air terjun ini ada pada keindahan alamnya yang memesona. Suasana terasa rimbun berkat pepohonan rindang yang mengelilingi air terjun.

Berbeda dengan Air Terjun Kima Atas, akses Air Terjun Kali terbilang cukup menantang. Kamu harus menyiapkan stamina dan tenaga ekstra untuk bisa sampai kemari.

3. Air Terjun Desa Tincep

Air Terjun Desa Tincep

Sumber: losnito via video.kompasiana.com

  • Alamat: Tincep, Sonder, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam

Sesuai namanya, Air Terjun Desa Tincep—dikenal juga dengan nama Air Terjun Kengkang—adalah destinasi liburan yang berada di Desa Tincep.

Di kawasan air terjun, terdapat jalan setapak dan pondok-pondok yang memudahkanmu menikmati suara alami air terjun dan pemandangan pohon-pohon hijau di sekitarnya.

Daya tarik lain yang ditawarkan air terjun ini adalah harga tiketnya yang tergolong murah, yang sebanding dengan keindahan air terjun yang akan kamu saksikan.

Baca Juga: Sedang Butuh Healing? Kunjungi 7 Wisata Air Terjun di Padusan Berikut ini!

4. Air Terjun Kelimbun Tumbohon

Air Terjun Kelimbun Tumbohon

Sumber: superlive.id

  • Alamat: Tumbohon, Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Gmaps)

Air Terjun Kelibun Tumbohon adalah tempat wisata di Manado yang berpotensi jadi salah satu destinasi unggulan di Tumbohon. Tempat ini menyuguhkan suasana alam yang menyejukkan berkat keberadaan pepohonan rimbun di sekitarnya.

Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Karena termasuk tinggi, banyak pegiat panjat tebing bebatuan yang sengaja datang untuk memacu adrenalin dengan cara memanjat tebing yang basah.

5. Air Terjun Tunan

Air Terjun Tunan

Sumber: atourin.com

  • Alamat: Wasian, Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Gmaps)
  • HTM: Rp10.000

Rekomendasi berikutnya jatuh pada Air Terjun Tunan. Air terjun Manado ini termasuk salah satu tempat liburan yang cukup populer di kalangan wisatawan. Alasan utamanya adalah hawa yang sejuk serta panorama alam sekitarnya yang begitu menakjubkan.

Di samping itu, air terjun ini juga punya ketinggian hingga 85 meter. Hal tersebut membuat aliran airnya cukup deras karena mengalir langsung dari pegunungan.

6. Air Terjun Popontolen

Air Terjun Popontolen

Sumber: beritamanado.com

  • Alamat: Popontolen, Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara

Tak jauh dari Minahasa, ada air terjun yang wajib kamu sambangi, yakni Air Terjun Popontolen. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan pemandangan alam yang asri dan sejuk.

Karena kondisinya menenangkan, banyak orang sengaja datang kemari untuk melepas penat dari rutinitas harian yang melelahkan.

Jika kamu tertarik mengunjungi tempat wisata ini, kamu harus menyiapkan mental karena perjalanannya cukup panjang, sekitar sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Manado. Sesampainya di desa terdekat, kamu perlu menempuh 20 menit lagi untuk bisa sampai.

Baca Juga: Mengenal Air Terjun Dlundung yang Indah dan Memikat

7. Air Terjun Ranowawa

Air Terjun Ranowawa

Sumber: Ryo noor via Tribun Manado

  • Alamat: Kumelembuay, Tim., Kumelembuay, Kec. Tomohon Tim., Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Gmaps)

Tomohon dikenal memiliki pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Salah satunya bisa kamu lihat di Air Terjun Ranowawa.

Air terjun ini dikelilingi panorama sekitar yang asri dan suasana yang menenangkan. Di samping itu, daya tarik lain dari air terjun Manado ini ada pada airnya yang jatuh dalam dua ukuran berbeda, yaitu besar dan kecil.

Selama berada di air terjun, kamu bisa mengabadikan momen di sebuah jembatan klasik yang jadi favorit banyak pengunjung. Disarankan untuk membawa baju ganti karena kamu akan terkena cipratan air saat berada di jembatan tersebut.

Menginap di Tengah Alam Manado yang Mengagumkan? Yuk, ke Bobocabin Bunaken Hills!

Sedang berlibur di Manado dan ingin menginap dikelilingi bentang alamnya? Bobocabin Bunaken Hills telah hadir untuk memenuhi harapanmu! 

Bobocabin hadir dengan fasilitas lengkap yang bakal menunjang istirahatmu, seperti kabin yang leluasa, pengeras suara untuk mendengarkan musik, jendela yang bisa kamu atur agar transparan atau ke mode privasi, campfire & BBQ, dan banyak lainnya.

Yuk, amankan kabinmu segera dengan reservasi via aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier Abdul Fiqih P

Foto header: Jeffrey Workman via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles