Sumber: @ozy_samapaty via Instagram

Keindahan yang Menyegarkan, Inilah 15 Air Terjun Sumba dengan Pemandangan Terbaik

Sumba terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Karena itu, tidak heran jika pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Meski sebagian lanskapnya didominasi padang rumput, Sumba juga memiliki wisata air terjun dengan keindahan yang menyegarkan.

Berikut ini adalah sepuluh air terjun Sumba dengan pemandangan terbaik.

15 Air Terjun di Sumba yang Wajib Kamu Kunjungi

Sumba adalah salah satu pulau eksotis di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan budaya dan tradisinya yang kaya, tetapi juga dengan pesonanya yang alami dan indah. Salah satu daya tarik alam terbesar di Sumba adalah keberadaan air terjun yang memukau. Berikut air terjun di Sumba yang wajib kamu kunjungi.

1. Air Terjun Kanabu Wai

Air Terjun Kanabu Wai

Sumber: @mas.indraena via Instagram

Kanabu Wai merupakan salah satu air terjun di Sumba dengan pemandangan terbaik. Air terjun ini terbilang tidak tinggi dengan aliran air yang juga tidak deras.

Ada sekitar empat atau lebih aliran yang keluar dari celah bebatuan di sini. Aliran airnya membentuk undakan yang tampak eksotik, apalagi dengan dilengkapi tanaman hijau di sekitarnya.

Jika tertarik mengunjungi Kanabu Wai, pastikan fisikmu benar-benar kuat. Pasalnya, air terjun ini berlokasi di pelosok hutan. Medannya terjal, dan kamu perlu trekking sekitar 4–5 jam untuk mencapainya.

2. Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang

Sumber: Koel Vanhollebeke via Google Maps

Berlokasi di Ngaru Kanoru, Desa Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Air Terjun Waimarang memiliki ketinggian sekitar 2 meter.

Ia mengalir dengan bentuk melingkar di antara tebing tinggi. Akibatnya, air bawahnya tampak seperti kolam alami pribadi. Warna airnya yang biru kehijauan membuat suasana semakin indah dan menyegarkan.

Air terjun Waimarang sebenarnya memiliki tiga tingkatan. Namun, pengunjung lebih banyak datang ke tingkatan ketiga.

Jika ingin pergi ke tingkatan pertama dan kedua, kamu perlu pergi ke arah turunnya air tingkatan ketiga. Lalu, naik dan rayapi dinding tebing hingga mencapai kedua tingkatan tersebut.

Baca Juga: Mengenal 10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

3. Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro

Sumber: @overlandsumba via Instagram

Sesuai namanya, air terjun ini terletak di Desa Lokomboro, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Air terjun satu ini menjulang setinggi 60 meter di antara bebatuan karst serta vegetasi lebat, membuatnya tampak begitu eksotik dan menyegarkan.

Di bawah aliran airnya yang deras, ada kolam alami yang bisa kamu gunakan untuk berendam. Selain itu, tidak sedikit pengunjung yang kerap memosisikan dirinya di bawah guyuran air terjun untuk merasakan “pijat refleksi” dari alam.

4. Air Terjun Koalat

Air Terjun Koalat

Sumber: @eryradixa via Instagram

Selanjutnya, ada Air Terjun Koalat yang berada di Desa Maidang, Kecamatan Kambatta Mapambuhangu, Kabupaten Sumba Timur.

Air terjun ini tidak tinggi seperti air terjun di Sumba lainnya. Namun, pesona Koalat begitu memikat dan mengingatkan banyak orang pada Air Terjun Niagara. 

Hal ini tidak lain karena Air Terjun Koalat berbentuk memanjang dengan arus yang deras, terutama saat musim hujan tiba.

Karena bentuknya tersebut, kolam Air Terjun Koalat pun terbilang luas, sehingga memudahkan kamu untuk berenang tanpa hambatan. 

Baca Juga: Daya Pikat Tenun Ikat Sumba, Butuh 42 Langkah untuk Membuatnya

5. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Sumber: @__itsivn via Instagram

Bebatuan di sekitar Air Terjun Tanggedu memiliki corak goresan bekas aliran sungai, serta berbentuk tangga alami yang tampak begitu eksotis.

Keberadaan Air Terjun Tanggedu ini juga bak oase di tengah padang sabana. Sebab, di kiri kanannya terdapat hamparan sabana indah yang akan kamu lewati dalam perjalanan menuju air terjun.

Keunikan lain yang tak kalah menakjubkan adalah air terjunnya yang berasal dari beberapa aliran sungai berbeda. Dari aliran-aliran air itu terciptalah beberapa kolam dengan ukuran dan kedalaman yang bervariasi.

6. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu

Sumber: @__5xjho via Instagram

Air Terjun Lapopu terletak di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Dengan ketinggian mencapai 92 meter, air terjun ini tak hanya menyuguhkan pemandangan indah, tetapi juga menjadi yang tertinggi di Sumba.

Airnya mengalir deras, tapi tidak langsung jatuh ke bawah karena air terjunnya bertingkat atau berundak. Air kemudian berkumpul di dalam kolam alami eksotis berwarna kebiruan di bawahnya.

Kedalaman kolam ini cukup variatif, bahkan ada yang mencapai 2 meter. Namun, kamu tetap bisa berenang di sekitarnya untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Walau begitu, kamu tidak dianjurkan body jumping karena ada banyak bebatuan di sekitar kolam yang berisiko menimbulkan cedera.

Bobocabin Bobobox

7. Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu

Sumber: @wijaya91 via Instagram

Berlokasi di Desa Manurara, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Air Terjun Matayangu unik karena memiliki dua air aliran terjun.

Air terjun pertama memiliki ketinggian hingga 75 meter dan berasal dari sungai yang ada di dalam sebuah gua. Sementara itu, air terjun kedua tidak begitu tinggi dan hanya muncul di musim penghujan.

Selain menyuguhkan keindahan yang memesona, Air Terjun Matayangu juga identik dengan mitosnya yang populer di kalangan masyarakat.

Mereka meyakini bahwa air terjun ini adalah persinggahan arwah para leluhur sebelum mencapai tempat yang lebih tinggi. Nama “Matayangu” sendiri memiliki arti ‘persinggahan sementara’.

Baca Juga: 5 Tarian Adat Sumba yang Memesona, dari Penyambutan hingga Perayaan

8. Air Terjun Waikelo Sawah

Air Terjun Waikelo Sawah

Sumber: @emmett_sparling via Instagram

Berlokasi di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Waikelo Sawah mernyuguhkan perpaduan indah antara panorama air, gua, dan sawah.

Waikelo Sawah sebenarnya terbentuk dari sebuah bendungan. Di tempat itu, terdapat sumber mata air tawar di dalam gua selebar 4 meter dan tinggi 3 meter. Air itu mengalir menuju kolam kecil di mulut gua lalu menuju bendungan.

Bentuk air terjunnya berundak dan pendek sehingga menimbulkan kesan seperti sungai alami. Panorama air terjun ini semakin indah dengan keberadaan pepohonan serta hamparan sawah di sekelilingnya.

9. Air Terjun Gunung Meja

Air Terjun Gunung Meja

Sumber: @adityaroxy via Instagram

Air terjun Gunung Meja berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur.

Salah satu keunikan air terjun datu ini terletak pada keberadaan “danau” bawahnya. Danau tersebut memiliki air jernih kebiruan yang membuat siapa saja ingin langsung menceburkan diri.

Tak hanya menyuguhkan keindahan, Air Terjun Gunung Meja juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung. Air terjun satu masih jarang dijamah dan lokasinya berada di tengah hutan.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu perlu trekking selama kurang lebih 2 jam. Karena itu, pastikan tubuh dalam kondisi fit dan bawalah perbekalan lengkap.

10. Air terjun Hirumanu

Air terjun Hirumanu

Sumber: @gungafif via Instagram

Hirumanu termasuk salah satu air terjun di Sumba dengan pemandangan terbaik.

Air terjun setinggi 70 meter ini mengalir melewati bebatuan berundak. Arusnya yang deras membuat aliran airnya tampak seperti juntaian kain putih tak beraturan.

Air terjun Hirumanu sebenarnya terdiri dari tiga tingkatan. Namun, pengunjung hanya bisa berfoto di dua tingkatan terbawah sahj. Air terjun paling atas belum memiliki akses naik yang bisa dilalui pengunjung.

Meski begitu, pemandangan di dua tingkat terbawah sudah sangat menakjubkan. Terlebih, kamu juga akan dimanjakan pemandangan tanaman hijau di sekitar yang asri dan eksotis.

12. Air Terjun Weekacura Sumba

Air Terjun Weekacura Sumba

Sumba: tripsumba.com

Air Terjun Weekacura di Sumba Barat Daya adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, air terjun ini memiliki daya tarik yang unik dikarenakan lokasinya yang berada di tengah area persawahan.

Tempat wisata ini juga menampilkan beberapa kolam air yang sangat jernih, menciptakan latar belakang yang menakjubkan untuk berfoto. Untuk mencapai ke lokasi ini, pengunjung perlu melakukan perjalanan sekitar 40 menit dari pusat kota Tambolaka.

Dengan area yang cukup luas, pengunjung memiliki kesempatan untuk menjelajahi setiap sudutnya. Pepohonan yang rindang juga menambah pesona alam tempat wisata ini. Pengalaman di sini akan membawa pengunjung merasakan suasana pedesaan yang sangat kental di sekitar lokasi ini.

13. Air Terjun Bokota Katura

Air Terjun Bokota Katura

Sumber: tripsumba.com

Terletak di Tema Tana, Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, tempat wisata ini berada dalam lingkungan yang mirip dengan Weekura. Area sekitarnya dipenuhi oleh persawahan yang subur dan pepohonan hijau yang rindang.

Tempat ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati suasana pedesaan yang masih alami dan segar.

14. Air Terjun Lakolat

Air Terjun Lakolat

Sumber: hendrik Kabulu D. Bera via Gmaps

Air terjun di Sumba selanjutnya adalah Pantai Lakolat. Air terjun ini memiliki lokasi yang unik, karena lokasinya yang jauh dari keramaian, sehingga cocok untuk orang yang menginginkan ketenangan dan keindahan alam yang alami.

Tidak hanya itu, pantai ini menawarkan pemandangan yang memesona dan keindahan alam yang masih alami, menjadikannya destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam yang tenang dan indah.

15. Air Terjun Lakomboro

Air Terjun Lakomboro

Sumber: Umbu Andhika via Gmaps

Destinasi air terjun Sumba selanjutnya adalah Air Terjun Lokomboro. Air terjun ini memiliki keindahan yang masih alami dan pesona air terjunnya yang mempesona. Air terjun ini memiliki debit air yang stabil dan tidak pernah kering meski di tengah kemarau panjang. Lokasi air terjun ini berada di Desa Ewata, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

Baca Juga: Jenis-Jenis Transportasi untuk Menjelajahi Sumba

Tubuh Lelah Setelah Berwisata? Recharge Energimu di Bobocabin!

bobobox

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dunia, Sumba menyediakan berbagai macam penginapan agar kamu bisa recharge energi setelah seharian berwisata.

Berlokasi di atas tebing, Bobocabin Umarato Sumba menawarkan pemandangan laut memukau yang bisa kamu saksikan langsung dari dalam kabin.

Berpadu dengan suara ombak yang beralun lembut, angin laut yang menyegarkan, dan cakrawala yang seolah tak berujung, pengalaman menginapmu tak akan terlupakan.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Aidah Musyarofah

Foto header: @ozy_samapaty via Instagram

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles