Didi L/SkyEyeBali.com

7 Pulau Wisata yang Underrated, Cocok untuk Liburan Spesial!

Jika bicara soal wisata pulau di Indonesia, sebagian orang mungkin langsung terpikiran destinasi populer seperti Bali, Raja Ampat dan Lombok. Namun, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau mencapai 17.000, Indonesia tidak pernah kehabisan destinasi menarik untuk dikunjungi, termasuk pulau-pulau underrated yang pesonanya belum diketahui banyak orang. Berikut adalah tujuh di antaranya.

Pulau Weh

via cruisemapper.com

Ujung Barat Indonesia menyimpan potensi wisata yang masih underrated. Salah satunya adalah Pulau Weh. Termasuk bagian Provinsi Aceh, Pulau Weh merupakan salah satu dari 111 pulau kecil terluar Indonesia. Pulau ini juga sangat spesial sebab menjadi lokasi berdirinya Sabang, kota paling barat di Indonesia.

Karena itu, di Pulau Weh ini kamu bisa menjumpai Tugu Nol Kilometer yang menjadi simbol titik paling barat wilayah Indonesia. Dengan tinggi 22,5 meter, tugu ini berbentuk lingkaran berjeruji dan memiliki patung Garuda yang menggenggam angka nol di bagian ujungnya.

Dikelilingi oleh Laut Andaman, Pulau Weh merupakan surga bagi para pecinta diving dan snorkeling. Di pulau ini, kamu bisa menjumpai beragam biota laut menakjubkan, mulai dari hiu paus, ikan pari, hingga lumba-lumba.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata pantai hingga sejarah sebab Pulau Weh memiliki:

  • Pantai Iboih, Sumur Tiga, Anoi Itam, Kasih, Teupin Layee, dan Rubiah
  • Danau air tawar Aneuk Laut
  • Pemandian air panas Gunung Api Jaboi
  • Sisa-sisa benteng peninggalan Perang Dunia II

Baca Juga: Selain Danau Toba, Pulau Sumatera Juga Punya 5 Danau Terkenal Lho!


Pulau Gili Labak

Naacha Wafiroh/Google Maps

Nama Gili Labak mungkin mengingatkan kamu akan Lombok. Gili Labak sendiri masih bagian dari kawasan Jawa, tepatnya berlokasi di sebelah tenggara Pulau Madura di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pulau satu ini masih terbilang underrated dan baru populer beberapa tahun ke belakang setelah gencar dipromosikan pada 2018 lalu. Meski begitu, pesonanya tentu tidak boleh kamu remehkan.

Pulau kecil ini menyuguhkan pasir putih halus serta air laut jernih yang memungkinkan kamu untuk melihat berbagai jenis ikan yang berenang di dalamnya. Banyaknya biota laut dan terumbu karang aneka warna di sekitar pulau menjadikan Gili Labak spot snorkeling terbaik di Jawa Timur.

Dengan luas sekitar lima hektar, tidak butuh waktu lama bagi kamu untuk bisa menjelajahi berbagai sudut menarik di pulau ini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas khas pantai yang tersedia di Gili Labak, seperti menikmati sunrise dan sunset, berkemah, memancing, hingga bermain ATV dan banana boat.

Pulau Rote

@c.sugiono/Instagram

Nusa Tenggara Timur terkenal dengan wisata pulaunya yang menjadi favorit baik bagi turis lokal maupun asing, seperti Pulau Flores, Alor, Padar, Komodo, dan Rinca. Selain pulau-pulau tersebut, NTT juga memiliki pulau dengan status paling selatan di wilayah Indonesia. Namanya adalah Pulau Rote.

Meski berada di titik nol paling selatan Indonesia, Rote menawarkan berbagai keindahan yang sayang untuk kamu lewatkan. Terbilang underrated, Pulau Rote sebenarnya cukup terkenal di kalangan turis mancanegara, terutama karena ombak besarnya yang menjadi incaran para peselancar, seperti di Pantai Nemberala, Bo’a dan Do’o.

Selain itu, Pulau Rote juga memiliki pantai lain dengan keunikannya tersendiri. Sebut saja Pantai Telaga Warna, Tolanamon, Dombo, Teluk Mulut Seribu, Oesosole, Batu Pintu dan Tiang Bendera.

Tak hanya itu, Pulau Rote juga terkenal dengan keberadaan Danau Laut Mati atau juga dikenal dengan nama Pantai Oeseli. Penamaan tersebut bukanlah karena kadar garamnya yang cukup tinggi, melainkan berkaitan dengan tebing yang mengelilingi danau sehingga permukaan airnya tampak tenang dan tidak bergerak. Selain pantai, ada juga kolam air tawar bernama Pemandian Sulimatan, Tangga 300 Mando’o, Batu Temanu, serta Danau Merah dengan gumpalan garam padat di pinggirannya.


Baca Juga: Mengintip Keindahan Pantai Santolo, Salah Satu Pantai Terindah Di Jawa Barat!


Pulau Kakaban

via indonesia.travel

Kakaban merupakan salah satu wisata underrated yang merupakan pulau terluar Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Meski belum diketahui banyak orang, Pulau Kakaban ini sangat spesial karena keberadaan sebuah danau yang airnya berasal dari rembesan air laut dan guyuran hujan. Danau tersebut menjadi habitat bagi ribuan ubur-ubur mini yang tidak menyengat sebab mereka sudah terjebak sejak ribuan tahun silam di dalam sana.

Sebagai informasi, hanya ada tiga tempat di dunia yang memiliki ubur-ubur tanpa sengat, yaitu Pulau Kakaban, Pulau Togean (Indonesia) dan Rock Island (Mikronesia). Namun, jenis ubur-ubur di Kakaban lebih banyak.

Setidaknya, ada empat jenis ubur-ubur yang hidup di Danau Kakaban, yaitu ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata), dan ubur-ubur bintik (Mastigias papua). Ubur-ubur tersebut didominasi oleh warna oranye kemerahan yang begitu kontras dengan dengan dasar danau yang kehijauan.

Dengan kehadiran ubur-ubur special ini, Kakaban pun menjadi spot favorit untuk pecinta snorkeling. Selain menikmati keidahannya, kamu pun bisa berenang bersama dan bahkan menyentuh ubur-ubur tanpa takut tersengat. Namun, ada beberapa syarat yang perlu kamu ikuti untuk menjaga kelestarian mereka, yaitu berupa larangan untuk:

  • Menggunakan alat bantu renang, seperti kaki katak
  • Mengangkat ubur-ubur keluar dari air
  • Melompat saat masuk ke danai sebab bisa melukai ubur-ubur
  • Menggunakan krim appaun sebab zat kimianya bisa mencemari habitat ubur-ubur

Pulau Labengki

@hafnirp/Instagram

Beralih ke Sulawesi Tenggara, kamu akan menjumpai wisata underrated lain bernama Pulau Labengki. Meski masih asing di telinga banyak orang, keindahan yang ditawarkan pulau ini pasti menimbulkan decak kagum para wisatawan yang berkunjung kesana.

Pulau Labengki ini memiliki gugusan pulau di tengah laut sehingga membuatnya mirip dengan Kepulauan Raja Ampat di Papua. Selain itu, pulau ini juga memiliki sebuah spot foto favorit pengunjung bernama Teluk Cinta. Teluk dengan bentuk menyerupai hati ini hanya bisa dinikmati dari ketinggian. Karena itu, pengunjung perlu trekking ke atas bukit melalui tangga yang tersedia.

Selain miniatur Raja Ampat dan Teluk Cinta, Labengki juga memiliki landscape lain yang tak kalah menarik. Sebut saja Pantai Pasir Merah, Laguna Mahumalalang dengan airnya yang berwarna toska, Goa Kolam Renang, serta berbagai spot snorkeling dan diving. Tak hanya itu, Labengki juga menjadi rumah bagi kima, kerang raksasa, terbesar kedua di dunia dengan ukuran mencapai hampir 50 cm.


Baca Juga: Yuk, Berlibur Ke 10 Pantai Pasir Putih Di Indonesia Yang Terkenal Dan Memesona!


Pulau Seram

via designthinktravel.com

Pulau Seram merupakan pulau utama dan terbesar di Provinsi Maluku yang terbagi ke dalam tiga kabupaten, yaitu Maluku Tengah, Seram Timur dan Seram Barat. Berbeda dengan namanya, Seram merupakan salah satu pulau terindah di Indonesia. Meski terbilang underrated, pulau satu ini menyuguhkan segudang keindahan alam yang tidak ada habisnya untuk kamu jelajahi, mulai dari pantai, pulau, gua, air terjun hingga danau.

Beberapa pantai dan pulau yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Ora, Pantai Gumumae, Pantai Kuako, Pulau Latunai, Pulau Marsegu, Pulau Geser, Pulau Kon dan Taman Nasional Manusela. Selain itu, ada juga Tanjung Sesar yang cocok untuk menikmati sunset, Air Terjun Lumoli, Air Terjun Waisia, Danau Thoru, dan Goa Akohi. Dengan beragam jenis tujuan yang ada, kamu pun memiliki banyak pilihan kegiatan untuk dinikmati, mulai dari berenang, snorkeling hingga trekking.

Pulau Biak

@rocktavianus/Instagram

Selain Raja Ampat, Papua juga memiliki pulau lain dengan pesona yang tak kalah memukau bernama Pulau Biak. Pulau yang ada di Teluk Cendrawasih ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Biak Numfor. Di antara pulau-pulau lain di sekitarnya, Biak merupakan yang terbesar.

Setiap pulau di Kabupaten Biak Numfor dikelilingi oleh pasir putih serta panorama laut jernih dan terumbu karang aneka warna. Karenanya, wisata bahari pun menjadi salah satu daya tarik utama dari Pulau Biak. Beberapa pantai yang cukup populer meliputi Segara Indah, Raja Tiga, dan Batu Picah.

Selain bahari, Biak juga terkenal dengan wisata sejarahnya sebab pulau satu ini pernah menjadi rebutan antara sekutu dan Jepang di masa Perang Dunia II. Untuk melihat jejak sejarahnya, kamu bisa berkunjung ke Goa Binsari, Museum Cendrawasih, dan Monumen Perang Dunia II di Pantai Paray. Selain itu, Biak juga menawarkan wisata menarik lain, seperti Air Terjun Wafsarak, Air Terjun Karmon, Kuburan Tua Padwa, Telaga Biru Samares, Taman Burung dan Taman Anggrek Biak, dan masih banyak lagi.

Recharge Energi di Bobocabin

Kesibukan sehari-hari terkadang bisa membuat kamu lelah secara fisik maupun mental. Agar tidak kehabisan energi, healing sambil staycation di Bobocabin bisa menjadi solusi yang tepat. Pilihannya cukup beragam. Kamu bisa memilih staycation di Bobocabin Ranca Upas, Cikole, Toba, Kintamani, Gunung Mas, Batu Malang atau Baturraden.

Apapun pilihan kamu, Bobocabin siap memberikan pengalaman menginap di tengah alam bebalut teknologi canggih. Unduh dulu yuk aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles