@widyadesi/Unsplash

5 Hutan Super Unik yang Hanya Ada di Indonesia! Tertarik Untuk Datang?

Hhutan menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat dari segala kesibukan dan hiruk pikuk perkotaan. Rimbunan pohon yang menjulang, suasana liar serta udara yang menyejukkan memang bak surga dunia yang siap membawa kamu lari dari kenyataan. Di Indonesia, wisata hutan biasanya identik dengan pohon pinus serta berbagai spot foto Instgrammable-nya. Namun, tahukah kamu bahwa negeri zamrud khatulistiwa ini juga menyimpan beragam hutan unik yang membuat kamu seolah berada di negeri dongeng. Yuk, simak lima hutan unik tersebut di bawah ini!

De Djawatan Forest

@andriekartika/Instagram

Berlokasi di Benculuk, Banyuwangi, De Djawatan Forest menyuguhkan pesona hutan unik layaknya di negeri dongeng. Sebagian orang bahkan menyamakan suasananya yang magis dengan hutan di film Lord of The Rings.

Memasuki area De Djawatan, kamu memang akan disuguhkan dengan suasana sejuk serta pemandangan hijau yang memukau. Namun, yang membedakannya dari hutan wisata lain adalah keberadaan pepohonan trembesi raksasa berusia ratusan tahun yang masih kokoh berdiri. Pohon jenis ini memiliki tajuk atau dahan yang melebar sehingga mahkotanya menyerupai payung.

Tumbuh menjejer di lahan seluas sembilan hektar, keberadaan pohon trembesi pun menciptakan suasana rimbun, liar, dan magis apalagi pohon-pohon tersebut juga ditumbuhi lumut dan tumbuhan menjalar. Pemandangannya akan semakin indah saat cahaya matahari menerobos masuk melewati dahan-dahan pohon yang cukup besar.

Karena pesonanya tersebut, De Djawatan sempat viral pada 2017 lalu hingga resmi dikelola oleh pemerintah dan akhirnya dibuka sebagai tempat wisata pada 2018. Selain menjadi tujuan untuk healing, hutan unik satu ini menjadi spot favorit untuk berfoto. Di samping itu, kawasan wisata satu ini juga menawarkan fasilitas menarik lain yang membuat liburan di De Djawatan semakin mengasyikkan. Ada penyewaan kuda atau delman untuk berkeliling hutan, ATV, dan motocross untuk anak-anak.


Baca Juga: Pantai Merah Banyuwangi: Surga Yang Tersembunyi


Hutan Trinil

via lamongantourism.com

Jika di Banyuwangi ada hutan Lord of the Rings, Hutan Trinil di Lembor, Sendangharjo, Brondong, Kabupaten Lamongan justru memiliki pohon seperti di film Harry Potter. Namanya adalah Wisata Akar Langit atau Hutan Trinil.

Sekilas, wisata hutan ini tampak seperti hutan pada umumnya dengan jejeran pohon yang tumbuh tegak lurus dan rapi. Jati dan mahoni adalah jenis-jenis pohon yang mendominasi kawasan ini. Namun, di antara pohon jati dan mahoni tersebut, ada sebuah pohon dengan tampilan mencolok yang membuat Wisata Akar Langit layak disebut hutan unik.

Pohon tersebut adalah jenis pohon bunga kupu-kupu (Bauhinia lingua) atau oleh warga setempat disebut pohon bunga kupu-kupu trinil. Di hutan ini, sebenarnya ada puluhan pohon trinil yang tumbuh, namun hanya satu yang tampak menonjol.

Batangnya saling melilit dan bergumul menjadi satu hingga membentuk batang dengan diameter sekitar 75 cm. Bukan cuma itu, ada juga batang-batang kecil yang menjalar meliuk-liuk ke berbagai arah sehingga tampak seperti jaring. Dari kejauhan, pohon satu ini tampak seperti akar yang tumbuh ke langit. Hal inilah yang membuat warga sekitar menamainya sebagai Wisata Akar Langit, sebuah objek wisata yang resmi beroperasi pada September 2017 lalu.

Hutan Bambu Keputih

@infowisata202/Instagram

Jika di Jepang ada Arashiyama Bamboo Grove, Indonesia memiliki Hutan Bambu Keputih yang berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, hutan unik ini berisi pohon bambu yang berjajar rapi sehingga menciptakan suasana tenang, asri dan teduh di tengah teriknya Kota Surabaya.

Akses jalannya juga tidak menggunakan aspal atau paving block sehingga suasana di sekitar hutan pun terasa masih alami. Selain itu, pemandangan cahaya matahari yang menyusup di sela-sela pepohonan memunculkan aura magis nan mistis yang seolah membawa kamu ke dunia lain.

Uniknya, sejak tahun 1980, Hutan Bambu Keputih ini mulanya merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun, pada tahun 200, Pemkot Surabaya memindahkan TPA ke kawasan Benowo. Di lahan kososng bekas TPA itu, pemerintah kemudian menanam bibit bambu hingga lahan kosong itu pun beralih fungsi menjadi ruang tebuka hijau dan tempat wisata. Tak hanya sebagai pelarian dari hiruk pikuk perkotaan, hutan unik ini juga menjadi spot foto menarik yang yang selalu ramai pengunjung.


Baca Juga: Tak Hanya Indah, Hutan-Hutan Berikut Ini Juga Memiliki Keunikan Tersendiri


Hutan Lumut Singgalang

@subakti.rahmat/Instagram

Berdiri di ketinggian 2.877 mdpl, Gunung Singgalang di Sumatera Barat tak hanya terkenal dengan keberadaan Telaga Dewi di bagian puncaknya. Gunung satu ini juga menyuguhkan pemandangan indah nan magis yang oleh para pendaki disebut Hutan Lumut Singgalang.

Sesuai dengan namanya, Hutan Lumut berisipepohonan, akar-akar serta bebatuan berselimutkan lumut sehingga mencipatakan pemandangan eksotis layaknya di negeri dongeng. Tidak sedikit bahkan menganggapnya mirip dengan suasana hutan di film Lord of the Rings yang hutannya juga berlumut. Pesona hutan lumut ini semakin bertambah dengan bentuk pepohonannya yang tidak beraturan, membuat kamu seolah tengah tersesat dan berpetualang di dunia lain.

Hutan Lumut Singgalan ini rupanya merupakan jalur pendakian yang harus dilewati setelah pendaki melintasi check point Cadas yang terkenal terjal. Oleh karena itu, kamu tentu harus siap untuk mendaki dengan persiapan yang matang jika ingin bisa menikmati keindahan hutan unik ini. Dengan mengawali pendakian melalui jalur Koto Baru, kamu baru bisa menikmati keindahan Hutan Lumut Singgalang setelah mendaki kurang lebih 5-6 jam. Jika tertarik, kamu bahkan bisa melakukan pre-wedding photoshoot di sini.

Hutan Bonsai Fatumnasi

@harnaka_harto/Instagram

Beralih ke Nusa Tenggara Timur, kamu bisa menjumpai hutan unik lain bernama Hutan Bonsai Fatumnasi yang berada di lereng Gunung Mutis. Sesuai dengan namanya, Hutan Bonsai Fatumnasi berisi barisan pohon bonsai yang tumbuh secara alami dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Jenis pohon yang berada di hutan unik ini sebenarnya merupakan pohon ampupu (Eucalyptus urophylla) yang umumnya bisa tumbuh hingga 40 meter. Namun, pohon ampupu yang tumbuh di area seluas satu hektar ini hanya memiliki tinggi sekitar 2-5 meter. Karena itulah kawasan hutan unik ini bernama Hutan Bonsai.

Pohon-pohon bonsai itu memiliki akar dan batang berbonggol besar dan berlekuk dengan tumbuhuan lumut yang menyelimutinya, seolah mempertegas usia tua pohon-pohon tersebut. Bentuknya yang tidak biasa menciptakan suasana magis khas negeri dongeng apalagi dengan kehadiran bukit-bukit kecil berwarna kemerahan di sekitarnya.


Baca Juga: Ingin Healing Ke Tempat Asri? Yuk, Liburan Ke 7 Wisata Hutan Indonesia Berikut Ini!


Menyatu dengan Alam Bersama Bobocabin

Ingin merasakan pengalaman menginap di tengah alam tanpa ribet? Staycation di Bobocabin bisa menjadi solusi yang tepat. Mengusung konsep futuristik lengkap dengan teknologi  Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu merasakan tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih. Untuk masalah internet, kamu tidak perlu khawatir. Bobocabin tentunya sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlacar semua kegiatan daring kamu!

Pilihannya juga cukup beragam. Kamu bisa memilih staycation di Ranca Upas, Cikole, Toba, Kintamani, Gunung Mas, Batu, Malang dan Baturaden. Apapun pilihan kamu,unduh dulu yuk aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles