Sumber: Mingat Innocent via Google Maps

5 Destinasi Wisata Mojokerto Terbaik, dari Air Terjun Sampai Rainbow Garden

Saat berkunjung ke Jawa Timur, Kabupaten Mojokerto bisa menjadi pilihan wisata yang menarik untuk disambangi. Sempat menjadi pusat pemerintahan Majapahit, Mojokerto menawarkan wisata yang kental dengan nuansa Hindu-Buddha. Selain itu, sebagian wilayah kabupaten ini merupakan wilayah pegunungan dengan udara sejuk serta pemandangan hijau. Jika tertarik berkunjung, jangan lupa kunjungi lima destinasi wisata Mojokerto terbaik ini.

Air Terjung Coban Canggu

Sumber: @adjengratripramundito via Instagram

Tiket masuk: Rp7.500-Rp10.000
Jam buka: Setiap hari pukul 08.00-16.00

Air terjun Coban Canggu merupakan salah satu destinasi wisata Mojokerto yang cukup populer di kawasan tersebut. Terletak di Kecamatan Pacet, Coban Canggu menyuguhkan pemandangan air terjun setinggi 70 meter. Air tersebut mengalir jatuh melewati tebing batu cadas hitam yang tampak seperti hidung raksasa. Di sekelilingnya, banyak pepohonan dan tumbuhan hijau tumbuh menjalar, sehingga membuat kawasan air terjun begitu asri dan eksotis.

Aliran air terjun Coban Canggu ini jatuh ke sebuah kolam yang terbilang dalam. Oleh karena itu, pengunjung dilarang berenang di sekitar kolam demi keselamaatan. Meski begitu, kamu masih bisa menikmati kesegaran air terjun yang jernih ini di area sekitarnya, yang dikelilingi bebatuan berbagai ukuran.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi destinasi wisata Mojokerto ini, kamu perlu tahu bahwa Coban Canggu harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir. Lokasi air terjun yang berada di bawah bukit mengharuskan kamu untuk menuruni sekitar 200 anak tangga sebelum akhirnya sampai di kawasan air terjun.

Meski tangganya cukup banyak, kamu tidak perlu khawatir. Tangga tersebut bukanlah tangga tanah, melainkan tangga yang terbuat dari paving block serta telah dilengkapi pegangan besi di kanan kirinya.

Selain anak tangga, air terjun ini juga dilengkapi fasilitas lain berupa area parkir, musala, kamar mandi, gazebo, warung makan, wahana permainan anak seperti ayunan dan jungkat-jungkit, dan spot foto di area tangga.


Baca Juga: Sedang Butuh Healing? Kunjungi 7 Wisata Air Terjun di Padusan Berikut Ini!


Buddha Tidur

Sumber: Ryan Amadea via Google Maps

Tiket Masuk: Rp3.000 (anak-anak) dan Rp5.000 (dewasa)
Jam operasional: 06.00-17.00

Berlokasi di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, patung Buddha Tidur atau Rupang Sleeping Buddha menjadi salah satu destinasi wisata Mojokerto terbaik sekaligus ikonis. Sesuai namanya, Buddha Tidur adalah patung raksasa Buddha yang sedang berbaring.

Patung Buddha Tidur ini berada di dalam kawasan Maha Vihara Mojopahit, sebuah wihara tempat beribadah umat Buddha yang memiliki arsitektur khas Jawa beratap Joglo. Patung tersebut memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Dengan ukuran tersebut, Buddha Tidur di Mojokerto pun menjadi patung Buddha tidur terbesar di Indonesia dan ketiga terbesar di dunia setelah Thailand dan Nepal.

Dibangun sejak 1993, patung Buddha Tidur adalah gambaran detik-detik tutup usia Buddha Gautama. Sang Buddha diketahui wafat dalam posisi tidur miring ke kanan dengan telapak tangan menyangga kepala. Posisinya mengarah ke selatan yang merupakan kiblat bagi umat Buddha.

Buddha Tidur pun menjadi simbol Pradaksina bagi umat Buddha. Pradaksina merupakan proses mengelilingi objek yang yang dihormati oleh umat Buddha searah jarum jam dengan lokasi objek selalu di sebelah kanan.

Patung berwarna emas ini juga dikelilingi kolam teratai yang cukup luas. Selain menambah keindahan, kolam tersebut melambangkan lautan tempat abu sang Buddha dilarung.

Tempat Ghanjaran

destinasi wisata mojokerto, taman ghanjaran

Sumber: Taman Ghanjaran via Google Maps

Tiket masuk: Rp5.000
Jam buka: 08.00-21.00 (Senin-Jumat) dan 07.00-22.00 (akhir pekan)

Jika kamu ingin berkunjung ke destinasi wisata Mojokerto sambil liburan keluarga, Taman Ghanjaran adalah pilihan yang tepat. Berlokasi di Kecamatan Trawas, Taman Ghanjaran menawarkan aneka wahana permainan yang bisa dinikmati anak-anak hingga dewasa. Beberapa di antaranya adalah:

  • Taman bunga (gratis)
  • Kolam renang (Rp10.000)
  • Odong-odong kereta (Rp5.000)
  • Kereta jalan (Rp5.000)
  • Cinema 9D (Rp10.000)
  • Carousel (Rp10.000)
  • Swinger (Rp10.000)
  • Tagada Rider (Rp10.000)
  • Pontang-panting (Rp10.000)
  • Bianglala (Rp10.000)
  • Crazy wave (Rp10.000)
  • Bioskop VR (Rp15.000)
  • Bom-bom car (Rp20.000)
  • Sepeda udara (Rp20.000)

Selain menawarkan beragam wahana dengan harga terjangkau, destinasi wisata Mojokerto ini juga berlokasi di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Oleh karena itu, tidak heran jika suasananya begitu sejuk. Kamu bisa bermain sambil menikmati pemandangan Gunung Welirang dan Penanggungan di kejauhan. Karena buka hingga malam hari, Taman Ghanjaran juga bisa menjadi pilihan wisata malam saat berkunjung ke Mojokerto.

Setelah membayar tiket masuk yang sangat terjangkau, kamu bisa memilih sendiri wahana yang ingin kamu naiki. Namun, kamu juga bisa membeli tiket paket seharga Rp30.000-Rp40.000 untuk anak-anak (maksimal tujuh tahun) atau Rp55.000-Rp65.000 untuk dewasa.

Tiket paket dewasa sudah termasuk tiket masuk, Cinema 9D, bom-bom car, carousel, swinger, pontang-panting, sepeda udara, tagada rider dan kereta jalan. Sementara itu, paket anak meliputi tiket masuk, playground, bom-bom car, carousel, tagada rider, dan kereta jalan.


Baca Juga: Bosan ke Kebun Kopi? 5 Aktivitas Petik Strawberry Padusan Ini Juga Seru!


Gunung Penanggungan

destinasi wisata mojokerto, penanggungan

Sumber: @gunungpenanggungan.id via Instagram

Tiket masuk: Rp10.000

Gunung Penanggungan merupakan destinasi wisata Mojokerto yang kerap menjadi tujuan pendakian. Dengan tinggi 1.653 mdpl, gunung satu ini kerap dijuluki sebagai miniatur Semeru sebab memiliki bentuk kerucut dan berpasir di puncaknya, seperti gunung tertinggi Jawa tersebut.

Meski begitu, Penanggugan lebih cocok untuk pendaki pemula karena medannya lebih bersahabat. Namun, fisikmu harus tetap prima jika ingin sampai ke puncak.

Berlokasi di antara Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan, Penanggungan masih satu kompleks dengan Gunung Arjuno dan Welirang. Gunung satu ini menawarkan lima rute pendakian, yaitu Jalur Betro, Jalatunda, Kedungdi, Tamiajeng, dan Ngoro. Dari kelimanya, Tamiajeng adalah yang paling populer dan terbilang mudah karena jaraknya cukup pendek dan konturnya tidak terlalu terjal.

Meski begitu, masih ada titik-titik tertentu yang cukup curam sehingga kamu tetap perlu waspada. Selain itu, gunung satu ini tidak memiliki sumber air dari bawah hingga puncak, jadi kamu perlu membawa airmu sendiri.

Rainbow Garden Poetoek Soeko

destinasi wisata mojokerto, rainbow garden

Sumber: Channel Inspirasi Bersama via Google Maps

Tiket masuk: Rp5.000
Jam buka: 07.00-19.00 (Senin-Jumat) dan 07.00-21.00 (akhir pekan)

Berlokasi di Sukosari, Kecamatan Trawas, Rainbow Garden Poetoek Soeko merupakan destinasi wisata Mojokerto yang cocok jika kamu ingin berburu foto cantik. Taman bunga satu ini menawarkan keindahan bunga yang tengah bermekaran dan dijamin bikin mood kamu naik. Kamu juga bisa menyaksikan megahnya Gunung Welirang dan Penanggungan dari kejauhan.

Kamu bisa berfoto sepuasnya di tengah hamparan bunga warna-warni yang didominasi oleh bunga matahari. Selain itu, ada pula jembatan cantik yang lokasinya memang diatur agar dikelilingi warna-warni bunga tersebut.

Sebaiknya hindari datang di siang hari sebab cuaca akan sangat terik, apalagi tidak banyak pohon atau tempat berteduh untuk menghalau panas. Bob menganjurkan untuk datang pagi atau sore hari saja. Namun, jika tetap ingin datang di siang hari tentu tidak masalah. Pastikan saja kamu membawa kaca mata hitam dan topi untuk melindungi diri dari terik dan silaunya matahari.

Jika sudah puas berpanas-panasan, kamu bisa berteduh di kafe di tengah-tengah taman. Kafe tersebut menawarkan menu beragam, mulai dari seblak hingga ayam geprek, dengan kisaran harga sekitar Rp20.000-an. Selain itu, destinasi wisata Mojokerto ini juga menyediakan area parkir, toilet, musala, area bermain anak, kegiatan berkuda, dan ATV.


Baca Juga: Lagi Cari Tempat untuk Healing? Yuk, Mampir ke Wisata Desa Mojokerto!


Lepas Lelahmu di Bobocabin Padusan!

Setelah seharian berwisata, Bobocabin Padusan adalah pilihan sempurna untuk melepas lelah. Mengusung konsep futuristik, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih. Liburan di tengah alam pun terasa mudah, aman dan menyenangkan dengan fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp, hingga Bluetooth speaker.

Jangan khawatir soal masalah internet sebab Bobocabin sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlancar semua kegiatan daring kamu. Agar keseruan semain lengkap, Bobocabin juga memiliki fasilitas campire & barbeque.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles