via gembiralokazoo.com

Ternyata, Ada 3 Kebun Binatang di Yogyakarta yang Punya Koleksi Binatang Istimewa!

Kebun binatang merupakan sebuah tempat rekreasi masyarakat sekaligus tempat untuk memelihara berbagai binatang dengan tujuan perlindungan, pembiakan dan penelitian. Sifatnya yang edukatif dan menghibur menjadikan kebun binatang salah satu tujuan rekreasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga. Di di Indonesia, kebun binatang tersebar di banyak wilayah baik dengan koleksi hewan serupa ataupun berbeda, termasuk di Yogyakarta. Berikut ini adalah tiga kebun binatang Jogja dengan koleksi binatang istimewa.

Gembira Loka Zoo

@glzoojogja/Instagram

Gembira Loka Zoo merupakan kebun binatang terbesar dan paling terkenal di Yogyakarta. Sudah buka sejak tahun 1956, kebun binatang Jogja ini menghadirkan ragam jenis satwa dari berbagai belahan dunia, mulai dari reptil, mamalia, amfibi, aves, dan pisces.

Hewan-hewan paling umum di Gembira Loka dan yang juga sering kamu temui di kebun binatang lain meliputi:

  • Orang utan
  • Gajah
  • Simpanse
  • Harimau
  • Kuda nil
  • Rusa
  • Beruang
  • Buaya
  • Macan
  • Zebra
  • Singa
  • Unta
  • Ular
  • Elang
  • Kakatua
  • Merak
  • Burung unta
  • Ikan air tawar

Selain itu, kebun binatang Jogja ini juga memiliki koleksi hewan lain yang tak kalah istimewa. Salah satunya adalah hewan purba yang keturunannya masih hidup hingga sekarang, yaitu komodo. Dengan adanya komodo di Gembira Loka, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Taman Nasional Komodo untuk melihat langsung biawak ini.

Lebih lanjut, Gembira Loka Zoo juga memiliki koleksi kadal unik, yaitu kadal lidah biru. Dengan lidah birunya yang menjulur, hewan satu ini tampak seperti hewan beracun padahal mereka sama sekali tidak berbisa. Koleksi satwa Gembira Loka tentu tidak hanya itu saja. Kebun binatang Jogja ini juga menghadirkan satwa yang tak kalah istimewa, seperti:

  • Kucing bakau atau fishing cat, salah satu kucing liar langka Indonesia yang keberadaannya sudah terancam punah dengan kepandaian dalam berenang dan menyelam
  • Macan dahan Sunda, kucing liar asli Indonesia
  • Binturong si hewan nokturnal yang hobi rebahan di siang hari
  • Meerkat, satwa asal Afrika Selatan yang kerap muncul di film-film animasi
  • Tupai tiga warna yang suka menyendiri
  • Landak Jawa, mamalia endemik Indonesia yang terancam punah
  • Kura-kura Aldabra yang sudah berusia lebih dari 100 tahun
  • Blue insularis pit viper, si ular biru cantik yang mematikan
  • Ikan hantu yang bertubuh hitam

Informasi Tambahan

  • HTM: Rp60.000 (Senin-Jumat) dan Rp75.000 (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional)
  • Jam operasional: 09.00-15.00 (Senin-Jumat) dan 08.30-16.00 (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional)
  • Alamat: Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket di atas sudah termasuk presentasi edukasi satwa serta wahana kereta dan kapal katamaran yang bisa kamu naiki sepuasnya. Tiket tidak berlaku bagi anak dengan tinggi di bawah 80 cm, alias gratis. Jika ingin memasuki wahana lain seperti petting zoo, kolam sentuh, terapi ikan, kolam tangkap, perahu kayuh, ATV, bumper boat, speed boat, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan.


Baca Juga: Siapa Sangka Kalau 7 Ras Kucing Lucu Ini Berasal Dari Indonesia?


Suraloka Interactive Zoo

kebun binatang jogja, suraloka

Rizhet Setro/ Google Maps

Suraloka Interactive Zoo merupakan tempat wisata yang baru dibuka pad Desember 2021 lalu. Kebun binatang Jogja yang satu ini mengusung konsep taman dengan penataan yang rapi, kekinian dan estetik dan tambahan sejumlah spot foto.

Berbeda dengan Gembira Loka, Suraloka tidak memiliki koleksi mamalia yang umum dijumpai di kebun binatang, seperti gajah, harimau, kuda nil, singa, orang utan, dan semacamnya. Meski begitu, bukan berarti koleksi hewan di Suraloka tidak istimewa.

Di kebun binatang Jogja ini, kamu bisa menjumpai hewan dari kategori mamalia, reptil, amfibi, aves, pisces dan insek. Hewan-hewan tersebut kebanyakan masuk kategori jinak.

Contohnya, kategori mamalia didominasi oleh satwa-satwa jinak seperti kelinci rex, kambing (pygmy dan merino), kuda (sadel dan pony), guinea pig, berang-berang dan landak mini albino. Namun, kebun binatang Jogja tersebut juga memiliki tupai tiga warna, common marmoset (salah satu monyet terkecil di dunia dengan panjang ekor melebihi panjang tubuh) dan banded mongoose (sebangsa luwak asal Afrika Selatan yang kerap memangsa ular beracun).

Selain itu, ada juga kategori unggas yang sebagian besar berisi satwa yang hias yang bisa dipelihara. Di antaranya adalah ayam badut, ayam kapas, ayam brahma, burung falk, bebek mandarin, dan merpati ekor kipas. Koleksi hewan istimewa ini cocok banget buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang ragam hewan peliharaan.

Sementara itu, jenis ikannya lebih banyak dibandingkan dengan Gembira Loka Zoo yang hanya menghadirkan ikan air tawar saja. Di Suraloka, mereka tak hanya menghadirkan ikan air tawar, tetapi juga air laut seperti lionfish yang beracun, bintang laut red knob, ikan remora si sahabat hiu, hiu sirip putih dan hitam, dan masih banyak lagi. Lebih lanjut, dari kategori insek hanya ada tarantula smithi dan lipan raksasa Vietnam.

Informasi Tambahan

  • HTM: Rp30.000
  • Jam operasional: 09.00-17.00
  • Alamat: Jl. Boyong No. 97, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tak hanya sebatas melihat satwa, Suraloka juga menawarkan berbagai wahana mengasyikkan, terutama untuk si kecil. Ada playground, flying fox, high rope, naik kuda, arena kelinci, kereta Thomas, makanan hewan, dan Game AR. Untuk menikmatinya, kamu perlu membayar biaya tambahan atau membeli tiket terusan yang sudah termasuk beberapa wahananya.


Baca Juga: 7 Tempat Wisata Ini Ternyata Dekat Dari Stasiun Yogyakarta Lho!


Wildlife Rescue Center (WRC)

kebun binatang Jogja WRC

via wanaswara.com

  • HTM: Rp10.000
  • Jam operasional: 08.00-15.00
  • Alamat: Jl. Pengasih-Nanggulan, Derwolo, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

WRC sebenarnya bukan merupakan kebun binatang Jogja. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah pusat rehabilitasi dan penyelamatan bag satwa liar dan langka. Karena itu, koleksi satwa di Wildlife Rescue Center terbilang istimewa sebab mereka merupakan satwa-satwa langka yang berhasil diselamatkan.

Berdiri di atas lahan seluas 14 hektar, WRC telah menyelamatkan sekitar 1.000 hewan dan melepaskan 805 di antaranya kembali ke habitat liarnya. Satwa-satwa tersebut merupakan hasil sitaaan dari perdagangan liar di kawasan Pulau Jawa, kepemilikan ilegal, atau satwa yang terluka. Hewan-hewan tersebut kemudian akan dikembalikan ke habitat aslinya.

Namun, bagi satwa yang dinilai tidak bisa bertahan di alam liar, misal karena usia, kecacatan, atau perilaku tidak biasa, WRC adalah rumah untuk menghabiskan sisa hidup mereka. Maka dari itu, lingkungan ini pun dibuat senyaman dan semirip mungkin dengan habitat alaminya. Salah satunya adalah kubah atau dome untuk orang utan yang dibuat menyerupai hutan asli layaknya rumah mereka di alam liar.

Sekarang ini, terdapat sekitar sekitar 145 satwa di WRC. Beberapa di antaranya adalah orang utan, elang Jawa, owa Siamang, owa, buaya, sun bear (beruang madu terkecil di dunia), makaka, binturong, kasuari parrot, musang, landak Jawa, alap-alap jambul, kakatua, dan kura-kura.

Kamu bisa datang ke sini untuk melihat secara langsung hewan-hewan liar yang terancam punah dan mempelajari tentang kehidupan mereka. Kamu akan bekeliling di tengah kesejukan alam ditemani seorang pemandu yang siap membagikan ilmunya.

Selain itu, ada juga fasilitas tambahan berupa penyewaan outbond, ruang meeting, high rope game, dan Pendidikan konservasi. Sebagai yayasan nonpemerintah, WRC akan menggunakan pemasukan yang mereka dapat untuk kelangsungan hidup para satwa.


Baca Juga: 7 Wisata Alam Yogyakarta, Mulai Dari Hutan Pinus Mangunan Sampai Blue Lagoon!


Hotel Strategis di Tengah Kota Jogja!

Setelah seharian berwisata, Bobobox bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu. Hotel satu ini menawarkan lokasi strategis di tengah Kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Malioboro No.39, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Masalah kenyamanan, tidak perlu kamu ragukan lagi. Interior pod yang cukup luas dengan kasur empuk pasti bikin kamu betah. Nggak hanya itu, Bobobox juga menyediakanberbagai fasilitas penunjang seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantry, shared bathroom, musala, communal space hingga vending machine yang siap memenuhi kebutuhan camilan kamu.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles