Puri Saren Agung

24 Jam di Ubud untuk Kamu yang Nggak Suka Alam!

Ubud adalah surga untuk mereka yang ingin menikmati kesunyian jauh dari keriuhan kota. Hamparan sawah subak yang hijau hingga berbagai pura nan asri menunggumu di sini.

Namun, Bob paham kok, kalau berkelana di alam kurang cocok untuk beberapa orang. Trekking di Bumi Campuhan cukup menantang, dan mungkin beberapa dari kamu pun takut dengan binatang-binatang kecil yang hidup di rerumputan dan pohon.

Nah, kalau kamu relate dengan kondisi tersebut, tidak usah khawatir! Selain dikenal karena keindahan alamnya, terdapat tiga pilar lain yang turut menyokong Ubud: seni, kuliner, dan pengalaman spiritual.

Untuk itu, Bob sudah siapkan panduan untuk challenge 24 jam di Ubud. Yuk, simak!

Persiapan ke Ubud

Ada dua cara pergi ke Bali, yaitu jalur darat-laut atau udara.

Jalur darat-laut memiliki dua opsi. Pertama, ambil kereta atau bus menuju Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, lalu naik kapal feri dengan tujuan Pelabuhan Gilimanuk di Bali.

Opsi udara dengan pesawat tetap menjadi opsi yang paling diminati banyak pelancong, baik dari luar maupun dalam negeri.

Setibanya di Bandara Ngurah Rai, kamu harus siap-siap mencari kendaraan menuju Ubud. Kamu bisa menggunakan Trans Metro Dewata dari halte di bandara dan turun di Central Park Kuta. Dari situ, transit ke bus dengan tujuan Tabanan hingga Terminal Ubung, lalu ganti menggunakan bus yang ke arah Ubud.

Meskipun begitu, Trans Metro Dewata di Bandara Ngurah Rai hanya beroperasi pukul 06.00–19.50 WITA. Selain itu, kemungkinan kamu akan cukup kesulitan jika membawa koper yang cukup berat.

Alhasil, jika pesawatmu sampai di luar jam operasional tersebut dan bawaanmu banyak, kamu harus menggunakan alternatif transportasi lain.

Bob paham banget, banyak yang ketakutan dan kebingungan di sini karena jasa taksi online tidak diperbolehkan masuk ke area bandara. Kondisi lelah setelah naik pesawat dan dihadang banyak supir taksi yang menawarkan harga tinggi dengan nada mendesak pasti bikin deg-degan duluan.

Kalau kamu tipe orang yang tidak punya energi untuk menghadapi hal seperti itu, takut harganya naik di luar perjanjian dan tidak bisa negosiasi, kamu bisa menyewa layanan pickup mobil yang sudah disediakan jika kamu reservasi di Bobocabin, lho!

Bobocabin Ubud

Selain layanan pickup, kamu juga bisa menyewa berbagai kendaraan mulai dari sepeda motor, e-bike, hingga mobil lewat Bobocabin Ubud. Bobocabin Ubud terletak di daerah Tegallalang, sekitar dua jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. 

Di sana, kamu dapat menikmati udara Ubud yang segar dan menyejukkan hati. Setiap kabinmu dilengkapi dengan smart window yang dapat diatur dengan sekali klik lewat B-Pad.

Kamu dapat memilih tiga opsi kabin: Deluxe Cabin untuk berdua, Executive Cabin yang dapat menampung hingga enam orang dewasa, hingga Deluxe Cabin Hot Tub!

Sudah siap menjelajahi Ubud bersama Bob?

Bob’s Budget Check:

  • Trans Metro Dewata: kisaran tarif Rp8.000/orang hingga Ubud.
  • Taksi bandara: mulai dari Rp300.000/mobil, dari bandara hingga Ubud
  • Cek harga terbaru Bobocabin Ubud dan tarif pickup bandara di sini.

Baca Juga: Tips dan Trik Mudah agar Bagasi Tidak Tertukar atau Kesasar

Mengeksplorasi Ubud ala Bob dalam 24 Jam!

09.00–09.45: Memulai Hari di Warung Makan Bahagia

warung makan bahagia

Cupui via Google Maps

Setelah perjalanan panjang menuju Ubud, pastinya perut pasti keroncongan, nih. Kalau sudah begitu, cocoknya diisi sama nasi campur khas Bali biar nikmat!

Nih, Bob kasih tau nasi campur ayam murah meriah di Ubud: Warung Makan Bahagia di daerah Pengosekan!

Selain harganya yang terjangkau, isi piringnya pun melimpah dan pelayanannya super sat-set mengalahkan restoran cepat saji. Sesuai namanya, siapa pun yang menikmati nasi campur ini pasti akan meninggalkan warung dengan perasaan bahagia.

Porsi makan yang besar ini terdiri dari nasi, sate lilit, ayam, pindang telur, sambal merah dan matah, lawar kacang ijo, mi goreng, kacang, tempe, bakwan jagung, tewel, dan potongan timun. Banyak banget, kan?

Selain itu, mereka juga menyediakan opsi vegetarian dan hidangan lain mulai dari kerupuk hingga jus segar.

Porsi makanmu kecil? Tenang saja, menunya bisa kamu atur sesuai selera! 

Bob’s Budget Check:

  • Nasi Campur Ayam: mulai dari Rp20.000–Rp30.000/porsi
  • Kerupuk, gorengan dan kudapan lain: mulai dari Rp1.000-an

10.00–10.45: Singgah ke Puri Saren Agung dan Pura Saraswati

Puri Saren Agung

Johnny Africa via Unsplash

Kenyang dan puas setelah menyantap nasi campur? Coba berjalan-jalan di sekitar Jl. Raya Ubud untuk menurunkan perut.

Di sini, kamu dapat membeli berbagai buah tangan khas Ubud dan Bali dari Pasar Seni Ubud, atau singgah ke Puri Saren Agung dan Pura Saraswati.

Puri Saren Agung atau yang dikenal sebagai Ubud Palace adalah tempat tinggal untuk para keluarga kerajaan Ubud sejak abad ke-19 hingga sekarang, walau kini lebih difungsikan sebagai museum dan galeri.

Kamu boleh mengeksplorasi bagian depan Puri Saren Agung. Meskipun kecil, detil ornamen dan relief yang terdapat di bangunan ini sangat indah dan menarik.

Kamu juga dapat menikmati pertunjukan seni tari tradisional Bali di sini setiap malam pukul 19.30.

Berjalan sedikit, kamu bisa menemukan Pura Saraswati di belakang Starbucks. Iya, beneran! Kamu bisa menyeruput kopi sambil berswafoto di Pura Saraswati dan kolamnya yang indah, atau menikmati Gaya Gelato jika cuaca mulai panas.

Bob’s Budget Check:

  • Tiket pertunjukan tari: Rp100.000/orang
  • Gaya Gelato: mulai dari Rp33.000/porsi

11:00–12.30: Produktif Bersama Ubud Botany Interactive

ubud botany creative

Ubud Botany Interactive via WordPress

Berteduh dari teriknya matahari Bali dengan mengikuti lokakarya bersama Ubud Botany Interactive! Di sini, kamu bisa belajar dan membuat langsung skincare alami menggunakan kekayaan botani khas Bali.

Aktivitas ini cocok banget untuk kamu yang ingin mempelajari kekayaan budaya Bali, sekaligus membawa hasilnya ke rumah sebagai oleh-oleh. Ada beberapa paket lokakarya yang ditawarkan, tapi Bob sarankan untuk mencoba paket Botanical Products Workshop dulu.

Paket lokakarya tersebut tersedia dari hari Senin–Sabtu, dengan slot waktu pukul 11.00 atau 14.00 dan durasi 90 menit.

Kamu akan mempelajari berbagai bahan alami khas Bali dan membuat produk skincare-mu sendiri. Bahan-bahannya ada Hibiscus Shampoo, Nature’s Sunscreen, Aloe Vera Body Scrub, dan Boreh, lulur khas Bali yang kaya akan khasiat.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati complimentary dalam bentuk teh-teh herbal pilihan dan jajanan pasar khas Bali. 

Produk skincare yang kamu buat pada lokakarya ini masing-masing berisikan 150 ml, dan bisa kamu bawa pulang dengan bungkusan daun pisang atau botol kaca ramah lingkungan. Sustainable deh, pastinya!

Kamu juga akan menerima panduan resep yang dilengkapi dengan ilustrasi lewat email, jadi kamu bisa bikin skincare alamimu sendiri dari rumah.

Jangan lupa reservasi paket lokakarya ini terlebih dahulu, ya.

Bob’s Budget Check:

  • Botanical Products Workshop: mulai dari Rp352.000/orang

12.45–13.45: Makan Siang di Alchemy Bali

alchemy

Alchemy via Forever Break

Mulai kelaparan selepas lokakarya? Yuk cari makan siang bareng Bob!

Sebenarnya, banyak banget pilihan makan siang yang enak di Ubud, mengingat kuliner jadi salah satu keunikan Ubud.

Namun, Bob ingin mengajakmu mencoba menu-menu plant-based di Alchemy Bali. Bahan-bahan yang digunakan pada makanan dan minuman di Alchemy adalah bahan organik terbaik.

Hampir sebagian besar menunya tidak dimasak atau dipanaskan melebihi 43°C agar lebih sehat. Selain itu, banyak pilihan gluten-free di sini, mulai dari waffle, laksa, hingga poke bowl yang segar!

Tempatnya juga sejuk dan estetis banget, cocok untuk kamu yang demen cekrak-cekrek.

Bob’s Budget Check:

  • Alchemy: kisaran harga mulai dari Rp80.000/orang untuk makan dan minum

14.00–15.00: Dusel-Dusel Anabul di Villa Kitty

villa kitty

Villa Kitty via villakitty.com

Siapkan dirimu, karena kamu akan diselimuti kehangatan ketika mencoba aktivitas yang satu ini!

Villa Kitty adalah shelter untuk kucing-kucing lucu nan menggemaskan yang diselamatkan oleh orang-orang baik di sekitar Ubud.

Setelah membuat janji beberapa hari sebelumnya, kamu dapat bermain bersama anabul ini sembari mengobrol dengan relawan di sana tentang kesejahteraan hewan.

Kunjungannya gratis, tapi jangan lupa berdonasi untuk anabul-anabul lucu ini, ya.

Kamu juga bisa banget mengadopsi kucing di sini. Atau, kamu bisa merawat kucing kesayangan yang kamu temukan di sini lewat program sponsor mereka.

Selain itu, mereka pun menyediakan layanan dokter hewan, sterilisasi, serta vaksin gratis!

15.15–16.00: Menjelajahi House of Mask and Puppets

Kelvin Nathanael via Unsplash

Topeng dan wayang memiliki peran yang sangat penting dalam kebudayaan Bali dan juga Indonesia.

Jika kamu penasaran dan ingin mengeksplorasi ragam kriya serta perkembangannya tersebut, coba kunjungi Setia Darma House of Mask and Puppets yang terletak tidak jauh dari Villa Kitty.

Tidak perlu tiket masuk alias gratis, kamu bisa menikmati koleksi mereka yang terdiri dari  kurang lebih 1.300 topeng dan 5.700 wayang.

Selain topeng dan wayang khas Indonesia, terdapat juga koleksi-koleksi dari mancanegara yang dirawat di tempat ini.

Terkadang, mereka juga menghelat acara-acara menarik seperti pameran. Worth it untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup!

16.30–18.30: Menghilangkan Pegal di Sang Spa

Rune Esstad via Unsplash

Setelah seharian berjalan-jalan keliling Ubud, kamu harus cobain deh berendam setelah dipijat sambil luluran di Sang Spa Ubud!

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai perawatan yang bikin badan kamu kembali rileks, mulai dari spa, yoga, hingga retret!

Sang Spa sendiri pun memperoleh beberapa penghargaan seperti Bali Best Brand Award 2013–2016.

Setelah spa, kamu juga bisa bilasan di sini, jadi kamu akan lebih segar dan siap untuk makan malam. Disarankan untuk reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung, ya.

Bob’s Budget Check:

  • Spa Treatment: mulai dari Rp380.000/orang selama 2 jam
  • Refleksi: mulai dari Rp185.000/orang selama sejam
  • Perawatan Wajah dan Rambut: mulai dari Rp100.000/orang

19.00–21.00: Dining Experience di Locavore Restaurant

Wayan Suadnyana via Wira Water Sports

Ingin menikmati ragam sajian nusantara dalam puluhan courses? Locavore jawabannya!

Sejak bulan Agustus 2022 yang lalu, Locavore memulai sebuah inovasi dining experience bertajuk “Artefacts: A History of Locavore in Fifty Edible Ideas”.

Artefacts ini menyajikan ide-ide gastronomi terbaik dari Locavore yang menunya turut berubah setiap beberapa bulan sekali.

Kamu bisa memilih set menu biasa atau yang vegetarian. Locavore pun menyediakan pairing minuman yang bisa bikin pengalamanmu makin seru.

Pastikan untuk membuat reservasi dulu dari jauh-jauh hari ya, sebelum kehabisan.

Bob’s Budget Check:

  • Artefacts Dining Experience: mulai dari Rp1.400.000/orang
  • Drinks Pairing: Rp550.000/orang

Baca juga: Liburan tanpa Keluar Uang Banyak? Simak 9 Tips Traveling Hemat Ini!

21.30–23.00: Mengeksplorasi Berbagai Cocktail di Kawi

Kawi Ubud via Google Maps

Ingin mencicipi kreasi cocktail yang menarik, tapi social battery sudah habis? Kawi bisa jadi jawaban untuk kamu!

Tidak ada spanduk atau penanda di depan bar eksploratif yang terletak di daerah Lungsiakan ini, membuat vibe-nya menjadi lebih tenang dan intim.

Kawi menggunakan ragam bahan-bahan lokal berkualitas untuk cocktail mereka. Base cocktail mereka beragam, dari arak lokal hingga tequila.

Bartender mereka akan siap membantumu memilih minuman sesuai preferensimu, jika kamu kebingungan.

Selain cocktail, mereka menyediakan juga kudapan-kudapan kecil yang bisa menemani pengalamanmu di sini.

Bob’s Budget Check:

  • Cocktails: mulai dari Rp100.000/gelas

23.30–05.00: Kembali ke Bobocabin untuk Beristirahat

Setelah seharian berkegiatan, waktunya kembali ke Bobocabin untuk melepas lelah.

Jika kamu memilih opsi kabin Deluxe Hot Tub, kamu bisa menikmati tenteramnya suasana Ubud pada malam hari sambil berendam.

Untuk kamu yang memilih opsi kabin lain, tenang saja, fasilitasnya tidak kalah keren. B-Pad di dalam kabin bisa dihubungkan dengan Bluetooth, jadi kamu bisa menikmati pilihan lagu favoritmu sembari bersantai.

Selain itu, terdapat aktivitas seru yang bisa kamu coba seperti menyewa peralatan BBQ atau beragam card games, mulai dari UNO hingga Tentang Kita. 

Ingin aktivitas yang lebih personal? Bawa bioskop ke dalam kabinmu dengan mini projector yang bisa kamu sewa di lobby Bobocabin.

Kamu tinggal bersantai dan beristirahat, biar Bob yang urus sisanya!

Bob’s Budget Check:

  • Card Games: mulai dari Rp25.000/hari
  • Mini Projector: Rp35.000/3 jam
  • BBQ Bobocabin: mulai dari Rp100.000-an, sudah termasuk peralatan BBQ

05.30–07.00: Menyatukan Hati, Tubuh, dan Pikiran dengan Yoga Bobocabin

Jared Rice via Unsplash

Kicauan burung serta gemersik daun di pagi hari jadi momen yang cocok untuk mencari harmoni antara hati, tubuh, serta pikiran.

Tidak perlu jauh-jauh, yuk ikut kelas yoga privat bersama instruktur profesional di Bobocabin!

Selama satu jam, kalian akan diajak untuk menemukan ritme tubuh dan lebih dekat dengan lingkungan sekitarmu di tengah udara Ubud yang sejuk. Pastinya, harimu akan menjadi lebih segar.

Bob’s Budget Check:

  • Yoga Bobocabin: mulai dari Rp141.000/orang, sudah termasuk mat dan sesi foto.

08.00–09.00: Sarapan di MOTHER

Syazani Nizam via Unsplash

Tutup perjalanan 24 jam di Ubud ini dengan mencoba menu sarapan di MOTHER. Interior yang memberikan kesan hangat plus wangi roti di oven akan membuat perut siapa pun keroncongan!

Menu mereka pun beragam, mulai dari western hingga fusion dengan hidangan lokal Bali. Semua bahannya memprioritaskan produk organik yang tidak menggunakan pemanis buatan.

Terdapat banyak pilihan menu gluten-free, dairy-free, dan plant-based. Jangan sungkan untuk bertanya kepada waiter nan ramah di sini tentang rekomendasi hidangan yang cocok.

Bob’s Budget Check:

  • MOTHER: kisaran mulai dari Rp80.000/orang untuk makan dan minum

Baca juga: Bingung Cari Sarapan yang Murah di Bali? Simak Rekomendasi Tempat Sarapan Murah Bali Berikut Ini!

Total Bujet 24 Jam di Ubud untuk Kamu yang Nggak Suka Alam!

Bujet ini masih bisa banget kamu sesuaikan dengan preferensi.

Misalnya, ada berbagai aktivitas serta kelas-kelas menarik yang bisa kamu ikuti bersama Bobocabin Ubud. Mulai dari lokakarya mengukir kayu hingga kelas memasak, kamu bisa gali lebih dalam di lobi Bobocabin Ubud.

Namun, dalam panduan tantangan 24 jam ala Bob ini, kisaran bujet yang perlu kamu sisihkan adalah sekitar Rp3.000.000/orang.

Bujet tersebut belum termasuk harga sewa Bobocabin dan transportasi menuju Bali, tapi masih bisa kamu modifikasi dengan aktivitas yang lebih sesuai untukmu!

Hubungkan Hati, Tubuh, dan Pikiran Bersama Bobocabin Ubud!

Mau kamu pencinta alam, seni, kuliner, maupun wisata spiritualisme, Bobocabin Ubud selalu ada untuk menjadikan waktu istirahatmu seolah liburan yang tak terlupakan.

Yuk, jadwalkan liburan terbaikmu!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles