wisata solo safari

Bagi Pencinta Hewan, Simak Pembahasan Mengenai Tempat Wisata Solo Safari Berikut Ini!

Kabar baik untuk si kecil dan keluarga pencinta hewan: Solo Safari menawarkan beragam kegiatan yang bisa si kecil dan keluarga lakukan bersama satwa!

Mulai dari mengelus kelinci hingga berkeliling menunggangi kuda, kamu bisa melakukan semuanya di sini. Pokoknya seru banget!

Nah, sebelum berangkat, sebaiknya kamu simak dulu informasi lengkap mengenai Solo Safari berikut.

Sekilas tentang Tempat Wisata Solo Safari

Sekilas tentang Tempat Wisata Solo Safari

Sumber: Solo Safari via Instagram

Solo Safari baru saja diresmikan pada awal tahun 2023 oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. Tempat wisata ini pun sudah menerima pengunjung dalam dan luar negeri sejak 27 Januari 2023.

Solo Safari sebelumnya bernama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta, kemudian berubah nama setelah pemerintah Kota Surakarta melakukan revitalisasi dan menambah koleksi satwa.

Solo Safari sendiri mengusung standar Taman Safari Indonesia. Tempat wisata ini juga merupakan bentuk kerja sama antara Taman Safari Indonesia Group dan Perumda TSTJ.

Dari total kawasan seluas 13,9 hektare, setidaknya terdapat lebih dari 347 satwa dari 87 spesies satwa endemik Indonesia di sini. Kamu bahkan bisa menjumpai komodo, kadal terbesar di dunia yang merupakan saudara jauh dinosaurus!

Baca Juga: 10 Wisata di Solo yang Lagi Hits, Keren dan Unik!

6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Tempat Wisata Solo Safari

1. Petting Zoo

Petting Zoo

Sumber: dprd.jatengprov.go.id

Petting zoo merupakan area khusus satwa jinak yang menggemaskan seperti kura-kura darat, kelinci, kambing kerdil, serta kuda poni. Kamu bebas berinteraksi langsung dan bermain dengan semua satwa di area ini.

2. Edukasi Satwa

Untuk belajar lebih banyak hal mengenai satwa yang ada di Solo Safari, kamu bisa mengikuti acara-acara pertunjukan yang diadakan.

Kamu akan mempelajari pentingnya konservasi alam dan lingkungan melalui pertunjukan hiburan satwa yang edukatif.

Berikut adalah jadwal pertunjukan satwa Solo Safari:

  • Animal Show: 09.00, 11.00, dan 14.30 WIB
  • Pelican Show: 09.30 dan 15.00 WIB
  • Otter Show: 10.00, 11.15, dan 15.30 WIB
  • Elephant Show: 10.30 dan 16.00 WIB

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Interaksi Satwa

Interaksi Satwa

Sumber: Khalim Mahfur via betanews.id

Selain petting zoo dan edukasi satwa, kamu juga bisa merasakan pengalaman unik makan di Makunde Restaurant ditemani para satwa.

Ya, di bagian outdoor tempat makan ini kamu bisa makan sambil berinteraksi langsung dengan satwa seperti zebra, rusa, dan burung unta. Sedangkan di bagian indoor restoran, kamu bisa menyaksikan dan berfoto dengan singa dari kaca pembatas.

Kamu pun bisa merasakan pengalaman seru memberi makan meerkat hanya dengan membayar Rp50.000. Slot memberi makan meerkat ini dibuka pukul 11.00–13.00 WIB dan 15.00–16.30 WIB.

Baca Juga: Bermain ke Taman Satwa Taru Jurug di Solo

4. Satwa Tunggang

Satwa Tunggang

Sumber: Detik Jateng

Di Solo Safari kamu juga bisa menunggangi beberapa satwa seperti kuda, gajah, dan unta. 

Melalui aktivitas ini, kamu bisa belajar cara berinteraksi dengan satwa, menangani dan merawat satwa, serta menunggangi satwa tunggang dengan baik dan benar. 

Jangan lupa mengajak keluargamu menunggangi kuda, gajah, atau unta di Solo Safari, ya!

5. Makan di Makunde Restaurant

Keunikan Taman Safari ini terletak pada adanya Makunde Restoran di dalamnya, di mana pengunjung dapat menikmati pengalaman makan dengan keberadaan singa dari jarak yang dekat. Restoran ini hanya tersedia bagi pengunjung yang membeli tiket premium, sehingga tidak semua orang dapat menikmati fasilitas tersebut.

6. Kids Playground Solo Safari

Taman Safari Solo juga menawarkan arena bermain khusus bagi anak-anak, tempat mereka dapat bermain dengan bebas. Di sana, tersedia kids playground dengan beragam permainan yang bisa dinikmati sepuasnya oleh anak-anak sehingga menambah keseruan liburan keluarga di tempat ini.

Rute Perjalanan Menuju Solo Safari

Rute Perjalanan Menuju Solo Safari

Sumber: era.id

Bertempat di kawasan Taman Satwa Taru Jurug, kebun binatang ini berlokasi tak jauh dari aliran sungai Bengawan Solo dan juga Universitas Sebelas Maret. Alamat lengkapnya adalah Jalan Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata baru ini, ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa kamu pilih.

Kalau kamu naik ojek online, kamu tinggal mengetikkan nama destinasi untuk diantarkan ke lokasi. Sama halnya jika kamu menggunakan taksi konvensional.

Kalau kamu naik Batik Solo Trans, kamu bisa naik dari halte mana pun dan turun di tujuan akhir halte Jurug.

Sementara itu, kalau kamu datang dari luar kota, kamu bisa menaiki bus antarkota/antarprovinsi dan berhenti di halte Jurug. Kebetulan, lokasi tempat wisata baru ini berada di Jalan Raya Solo-Karanganyar.

Baca Juga: Mengunjungi 7 Tempat Ngopi di Solo yang Paling Nyaman dan Cocok untuk Berbuka Puasa

Jam Operasional Solo Safari

  • Senin–Jumat: 08.30–16.30 WIB
  • Sabtu–Minggu dan hari besar: 08.00–16.30 WIB

Harga Tiket

Harga tiket masuk Solo Safari berapa ya? Dilansir dari laman resminya, harga tiket Solo Safari terbagi menjadi beberapa kategori pengunjung. Berikut rinciannya:

  • Tiket reguler anak: Rp30.000 (Senin–Jumat) dan Rp40.000 (Sabtu & Minggu)
  • Tiket premium anak: Rp50.000 (Senin–Jumat) dan Rp60.000 (Sabtu & Minggu)
  • Tiket reguler dewasa: Rp45.000 (Senin–Jumat) dan Rp60.000 (Sabtu & Minggu)
  • Tiket premium dewasa: Rp65.000 (Senin–Jumat) dan Rp75.000 (Sabtu & Minggu)
  • Tiket reguler: Tiket masuk kawasan, pertunjukan edukasi satwa, interaksi bersama satwa
  • Tiket premium: Tiket masuk kawasan, pertunjukan edukasi satwa, interaksi bersama satwa, welcome drink, souvenir, tempat duduk prioritas di pertunjukan edukasi satwa, akses area premium di Makunde Restaurant, buggy car dari Makunde menuju pintu keluar

Istirahat Nyaman dengan Harga Terjangkau di Bobobox Solo Slamet Riyadi!

Bobobox Solo Slamet Riyadi

Hotel Kapsul Bobobox adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, strategis, dan terjangkau.

Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Agar pod tetap bersih, kamu bisa menyantap makanan di area komunal. Tersedia microwave juga lho, jadi kamu bisa menghangatkan makanan yang kamu beli terlebih dahulu.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

 

Penulis artikel: Shafira Amalia

Foto header: kompas.tv

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles