wisata religi di jakarta

10 Wisata Religi di Jakarta yang Bersejarah, Bisa buat Ngabuburit Lho!

Sedang mencari tempat wisata religi di Jakarta untuk ngabuburit? Daripada bingung, lebih baik simak ulasan Bob berikut ini, yuk!

Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di dunia, tak terkecuali di Jakarta. Pasalnya, pada bulan ini, setiap amal baik yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya.

Tak hanya itu, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu selama Ramadan adalah ngabuburit. Ini adalah momen bagi orang-orang yang sedang berpuasa menghabiskan waktu sebelum magrib tiba.

Nah, dari sekian banyak tempat wisata, ada beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi untuk ngabuburit. Tempat mana sajakah itu?

Simak rekomendasi tempat wisata religi di Jakarta yang Bob rangkum berikut ini!

10 Rekomendasi Wisata Religi di Jakarta

Simak rekomendasi tempat wisata religi di Jakarta yang Bob rangkum berikut ini!

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Sumber: Kompas Travel

Rekomendasi destinasi wisata religi di Jakarta pertama adalah Masjid Istiqlal. Masjid kebanggaan Indonesia ini disebut-sebut sebagai salah satu masjid terindah di dunia, lo.

Tak hanya itu, masjid ini juga dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara. Pasalnya, bangunannya sendiri mampu menampung hingga 200 ribu jemaah sekaligus.

Fakta unik dari Masjid Istiqlal bukan itu saja. Siapa sangka jika masjid ini dirancang oleh seorang arsitek beragam Kristen, yaitu Frederich Silaban.

Wajar saja jika fakta ini menunjukkan bahwa masjid ini adalah simbol keberagaman umat beragama.

Apalagi, kebetulannya lokasi Masjid Istiqlal berhadapan dengan salah satu gereja tertua di Indonesia, yakni Gereja Katedral.

Kembali ke desain arsitekturnya, hampir sebagian besar bagian masjidnya mengaplikasikan kaidah islam.

Mulai dari pintu yang disesuaikan dengan Asmaul Husna, hingga pilar berjumlah 12 yang juga tanggal kelahiran Nabi Muhammad.

Baca Juga: 10 Cafe Instagrammable Jakarta dekat Tanah Abang dan Harganya!

2. Masjid si Pitung

Berikutnya, ada Masjid si Pitung. Dari namanya, kamu sudah bisa mengetahui bahwa tempat ibadah ini erat kaitannya dengan salah satu sosok pahlawan betawi, yakni si Pitung.

Masjid di tepi Pantai Marunda, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara ini dibangun oleh si Pitung dan keluarganya pada tahun 1600. Ini membuat arsitektur bangunannya terbilang sangat sederhana.

Tempat wisata religi di Jakarta ini mempunyai atap berbentuk joglo dan ditopang dengan empat pilar yang jadi hiasan unik dan menarik.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Masjid Luar Batang

Wisata religi di Jakarta berikutnya adalah Masjid Luar Batang.

Tempat ibadah yang berlokasi di Jalan Luar Batang, Gang V No. 1, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara ini adalah salah satu tempat bersejarah, lo.

Tak mengherankan jika setiap harinya, masjid ini kerap didatangi ribuan peziarah. Selain karena masjidnya yang bersejarah, terdapat juga makam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus.

Berbicara soal arsitektur, Masjid Luar Batang terbilang cukup sederhana.

Pasalnya, terdapat dua menara mirip mercusuar yang jadi keunikan tersendiri. Walau begitu, masjid ini sudah menjadi cagar budaya sejak tahun 1993!

4. Masjid Sunda Kelapa

masjid agung sunda kel

Sumber: Masjid Agung Sunda Kelapa

Sedang mencari tempat wisata religi di Jakarta yang tak jauh dari kawasan Menteng?

Jika itu yang sedang kamu cari, Bob punya rekomendasi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selama bulan Ramadan: Masjid Agung Sunda Kelapa.

Dulunya, masijd ini adalah kantor pos dan perusahaan kereta api pada masa pemerintahan Belanda. Setelah Belanda tak lagi berkuasa, bangunannya sempat dijadikan kantor Angkatan Laut Jepang.

Barulah, usai Indonesia merdeka, bangunan tersebut dipugar dan dijadikan masjid pada tahun 1987.

Masjid Agung Sunda Kelapa ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

5. Masjid At-Tin

Tempat wisata religi di Jakarta berikutnya adalah Masjid At Tin. Berlokasi di Jalan Taman Mini 1 No. 3, Pinang Ranti, Jakarta Timur, tempat ibadah ini pertama kali dibangun pada tahun 1967.

Setelah lama dibangun, masjid tersebut telah menjelma jadi bangunan yang megah. Tak hanya itu, di sekitar masjidnya, terdapat taman berhias lampu dan pohon palem yang berderet lurus.

Tak ayal, kondisi tersebut membuat suasana yang terasa bak di Timur Tengah. Hal ini makin terasa tatkala melihat berbagai ornamen mewah yang menghiasi Masjid At-Tin.

6. Masjid Perahu Baiturrahman

Sumber: Ridwan Aji Pitoko via KOMPAS.com

Masjid Perahu Baiturrahman adalah tempat wisata religi di Jakarta yang wajib dikunjungi. Masjid ini mempunyai keunikan yang membuatnya berbeda dengan destinasi wisata yang ada di daftar ini.

Keunikan tersebut adalah bentuk arsitektur luar bangunannya yang menyerupai perahu. 

Usut punya usut, perahu ini melambangkan kisah Nabi Nuh a.s. yang memberi banyak pelajaran bagi umat Islam yang ada di seluruh dunia.

Masjid yang berlokasi di Jalan Casablanca No. 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan ini dibangun oleh K.H. Abdurrahman Masum pada tahun 1960-an.

Saat dibangun, masjid tersebut memiliki emas sebesar 3 kilogram yang berjumlah 99, sesuai dengan Asmaul Husna.

Baca juga: Siap-Siap Dibikin Takjub oleh 7 Masjid Paling Unik di Indonesia!

7. Masjid Agung Al Azhar

Rekomendasi wisata religi di Jakarta terakhir adalah Masjid Agung Al Azhar. Berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tempat ibadah ini pertama kali dibangun pada tahun 1953.

Masjid tersebut dibangun dengan begitu megah dan berwarna putih bak Taj Mahal di India. Keindahan masjidnya jadi salah satu alasan banyak wisatawan yang menyempatkan diri ke Masjid Agung Al Azhar.

Alasan lain yang membuat banyak wisatawan mengunjungi masjid ini, khususnya di bulan Ramadan adalah adanya taman. Hadirnya taman ini tentu bisa membuat orang-orang yang datang makin betah berlama-lama sambil ngabuburit.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Jakarta yang Keren dan Asyik untuk Liburan Keluarga

8. Jakarta Islamic Center

Jakarta Islamic Center, terletak di Jalan Kramat Raya No. 164, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, menjadi tempat unik untuk ngabuburit.

Biasanya para santri melaksanakan tadarus bilghoib atau khataman Alquran tanpa melihat Alquran selama 10-11 jam hingga waktu berbuka puasa.

Pada sore hari, warga dari berbagai wilayah DKI Jakarta berkumpul di halaman dan trotoar masjid untuk ikut tadarus bersama para santri. Setiap orang diberikan satu juz Alquran untuk dibaca hingga azan Maghrib, menciptakan suasana ngabuburit yang penuh keberkahan.

9. Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa

Sumber: M Hasan Sauful Ulum

Masjid Ramlie Musofa, yang berada di Jalan Danau Sunter Raya, Sunter Agung, Jakarta Utara, adalah destinasi ngabuburit yang menawan.

Dengan kubah yang menjulang tinggi mirip replika Taj Mahal di India, masjid ini menjadi lambang cinta umat Islam kepada Allah SWT.

Pendiri masjid, Haji Ramli Rasidin, seorang mualaf beretnis Tionghoa, memberikan nama masjid ini berdasarkan inisial keluarganya.

Pada bulan Ramadan, masjid ini menjadi tempat bersemayam spiritual, di mana umat Islam dapat melakukan ibadah, tadarus, dan meresapi keindahan arsitektur masjid yang megah.

Suasana tenang dan penuh makna menjadikan Masjid Ramlie Musofa sebagai tempat ngabuburit yang istimewa.

10. Masjid Al Riyadh Kwitang

Masjid Al Riyadh Kwitang, yang berada di Jalan Kembang VI, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, menjadi spot ngabuburit yang selalu ramai dikunjungi.

Meskipun terletak di dalam gang, masjid ini populer dan penuh pengunjung. Di Masjid ini juga terdapat makam Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau Habib Ali Kwitang, salah satu tokoh ulama berpengaruh pada abad ke-20.

Selama bulan Ramadan, masjid ini menawarkan atmosfer yang khusyuk dan penuh spiritualitas.

Para pengunjung dapat berziarah, beribadah, dan menikmati keberkahan bulan suci ini.

Dengan kapasitas hingga 100 pengunjung, Masjid Al Riyadh Kwitang menjadi tempat yang nyaman untuk ngabuburit dan menyambut waktu berbuka puasa dengan ketenangan.

Butuh Menginap Sehabis Ngabuburit di Tempat Wisata Religi?

bobobox

Sumber: @Bobobox via Instagram

Kamu pasti merasa lelah setelah berkeliling kota sambil menikmati wisata religi di Jakarta. Untuk mengisi kembali energimu, kamu bisa menginap di Bobobox yang ada di Jakarta.

Hotel kapsul ini siap memberikan kenyamanan ekstra yang kamu butuhkan. Penginapan ini punya beragam fasilitas berteknologi tinggi yang bikin kamu betah, seperti Wi-Fi super cepat, lampu LED, hingga bluetooth speaker.

Bagi yang tertarik, jangan lupa untuk melakukan reservasi, ya. Pemesanan sendiri bisa kamu lakukan di aplikasi Bobobox.

Jika belum punya aplikasinya, yuk unduh di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles