8 Destinasi Wisata Religi Bandung, Unik dan Membuat Hati Tenang

12 Destinasi Wisata Religi Bandung, Unik dan Membuat Hati Tenang

Kota Bandung memang dikenal dengan wisata kulinernya yang kaya. Warganya pun gemar berkumpul-kumpul, salah satunya dengan tujuan beribadah.

Tak heran jika Bandung memiliki segudang destinasi wisata religi yang unik, baik itu situs agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha, dan situs agama lainnya.

12 Wisata Religi Bandung yang Menarik Dikunjungi

Selain berbelanja, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi Kota Bandung sambil berwisata religi. Berikut ini adalah duabelas destinasi wisata religi di Bandung yang patut kamu kunjungi!

1. Masjid Raya Bandung

Destinasi wisata religi Bandung yang pertama adalah Masjid Raya Bandung. Masjid ini terletak di jantung Kota Bandung, tepatnya di alun-alun Bandung.

Lokasinya yang tepat di pusat kota membuat masjid ini sangat mudah dijangkau.

Jika kamu sedang berwisata ke area ini, jangan lupa mampir ke masjid kebanggaan warga Bandung ini, ya! 

2. Biara Karmel OCD Bandung

Biara Karmel OCD Bandung

Sumber: tempatwisatadibandung.info

Ingin beribadah di lokasi yang sejuk dan asri? Kamu bisa coba kunjungi Biara Karmel OCD Bandung di Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Destinasi wisata religi Bandung ini kerap menjadi tujuan wisata warga Katolik. Tempat ini merupakan tempat bertapa suster dari Ordo Carmelita, atau biasa disebut sebagai Ordo OCD.

3. Vihara Vipassana Graha Lembang

Bagi kamu yang sedang berwisata ke wilayah Lembang, kamu bisa coba kunjungi Vihara Vipassana Graha Lembang.

Wihara ini memiliki ciri khas berupa dua buah patung gajah putih yang mengusung Wheel of Dhamma.

Tak hanya itu, pada bagian interior luar terdapat relief gambaran kehidupan di alam baka dan neraka. Ini menjadi pengingat bagi umat manusia untuk senantiasa melakukan kebaikan dan menjauhi hal-hal jahat.

Baca Juga: Tujuan Wisata Religi yang Bikin Ramadan Terasa Meriah!

4. Masjid Al-Irsyad Satya Padalarang

Ingin mengunjungi masjid dengan desain bangunan yang unik? Kamu bisa coba sambangi Masjid Al-Irsyad Satya Padalarang.

Keunikan masjid ini bisa kamu lihat dari bentuk bangunannya yang tak berkubah. Alih-alih, masjid ini menyerupai Ka’bah dan berbentuk kubus.

Faktanya, arsitek masjid unik yang berdiri di kawasan Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat ini adalah Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat.

5. Katedral Santo Petrus Bandung

Berikutnya, kamu juga bisa coba sambangi Katedral Santo Petrus yang dikenal memiliki nilai sejarah nan kental.

Sebelum menjadi Katedral Santo Petrus, gereja ini memiliki Gereja St. Franciscus Regis pada 16 Juni 1895 silam.Bobobox Maximum Comfort Banner

6. Masjid Pusdai

Masjid Pusdai

Sumber: Flickr

Tak jauh dari Gedung Sate, kamu bisa istirahat sambil beribadah di salah satu masjid megah di Kota Bandung, yaitu Masjid Pusdai.

Masjid ini telah berdiri sejak 1998. Saat ini, pengelolaannya dikelola oleh pemerintah Jawa Barat sebagai fasilitas pusat dakwah Islam.

Hal unik dari Masjid Pusdai Jabar ini adalah desain interior dan eksteriornya yang bergaya Timur Tengah dan Turki. 

Jika kamu perhatikan, terdapat banyak motif geometris dan lengkung dalam desain gedung Masjid Pusdai ini, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. 

7. Masjid Agung Trans Studio

Selanjutnya, ada juga Masjid Agung Trans Studio yang bisa kamu kunjungi di kawasan Trans Studio Bandung.

Masjid ini berdiri megah dengan desain yang mewah sehingga menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Tak heran jika masjid di Bandung ini tidak pernah sepi.

Selain itu, arsitektur bangunannya yang menarik akan membuatmu betah dan nyaman beribadah atau sekadar singgah sebentar.

8. Masjid Al-Jabbar

Masjid Al-Jabbar

Sumber: Ramadan – Tempo.co

Destinasi wisata religi Bandung terbaru yang bisa kamu kunjungi adalah Masjid Al-Jabbar. Kini, masjid ini menjadi ikon baru Jawa Barat. Lokasinya sendiri ada di Jalan Cimincrang No. 14 Gedebage, Kota Bandung.

Masjid Raya Jawa Barat ini didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dibangun di tengah kolam retensi, Masjid Al-Jabbar terlihat seakan-akan mengapung di atas permukaan danau saat air kolam mencapai batasnya.

Tak hanya itu, empat menara yang terdapat di masjid ini juga menjadi daya tarik tersendiri, dengan menara tertingginya yang mencapai ketinggian 99 meter.

Kamu bisa mengunjungi masjid yang diresmikan pada 30 Desember 2022 ini untuk beribadah, rekreasi, atau menikmati pemandangan sekitar.

Baca Juga: Mulai Perjalanan Wisata Religimu dengan Mengunjungi Masjid-Masjid Terindah di Indonesia Berikut Ini

9. Masjid Bandung Lautze 2

Berlokasi di Jalan Tamblong No. 27, Braga, Sumur Bandung, Masjid Lautze 2 memancarkan pesona uniknya yang kental dengan aksen Tionghoa. Masjid ini dirikan oleh H. Ali Karim, seorang muslim keturunan Tionghoa, pada bulan Januari 1997, masjid ini menjadi saksi perpaduan harmonis antara budaya Islam dan Tionghoa di Kota Bandung.

Warna merah dan kuning yang mendominasi sekeliling masjid, serta kehadiran lampion-lampion yang menambah keceriaan, memberikan nuansa klenteng yang membedakan Masjid Lautze 2 dari masjid-masjid lainnya. Terletak di area pertokoan, masjid ini, meski terlihat seperti bangunan lain pada pandangan pertama, memperlihatkan keberagaman dan toleransi dalam beribadah.

Meskipun ukurannya hanya 7 kali 6 meter, Masjid Lautze 2 dapat menampung hingga 200 jamaah. Bangunan yang awalnya berdiri di Jakarta dan kemudian dibangun kembali di Bandung ini menjadi bukti nyata peran budaya dalam menyatukan umat Muslim di Indonesia.

10. Masjid Al-Multazam

Masjid Al-Multazam, terletak di dalam Perumahan Cherry Field, Jalan Ciganitri, Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga sebuah karya seni arsitektur yang menyatu dengan alam sekitarnya.

Didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, masjid ini memancarkan pesona keindahan yang unik.

11. Masjid Al-Imtizaj

Masjid Al-Imtizaj

Sumber: Karwan Taufiq via Google Maps

Masjid Al-Imtizaj, yang terletak di Jalan ABC, membawa kita ke dunia budaya Tionghoa yang terasa kental.

Berdiri di dalam bangunan eks Mal pada tahun 2008, masjid ini menghadirkan arsitektur yang memikat dengan sentuhan warna merah, emas, dan kuning yang khas.

Dengan kapasitas hingga 200 orang, meskipun terlihat kecil, masjid ini memiliki atmosfer khusyuk dan menawan. Ornamen-ornamen seperti kaligrafi dan tulisan Cina, dipadu dengan lampion-lampion yang melayang, memberikan pengalaman beribadah yang unik dan memikat bagi para pengunjung.

12. Masjid Cipaganti

Masjid Besar Cipaganti di Jalan Raden AA Wiranatakusumah (Jalan Cipaganti) No 85 menggabungkan keindahan arsitektur Eropa dan Jawa, menciptakan destinasi bersejarah yang tak ternilai harganya.

Dirancang oleh C.P.W. Schoemaker, masjid ini menjadi simbol perpaduan harmonis antara dua budaya yang berbeda.

Detail konstruksi dengan kuda-kuda segitiga penyangga atap mencirikan unsur Eropa, sementara pilar-pilar dari bata dan atap sirap berbentuk tajuk tumpang dua memberikan nuansa Jawa yang kental.

Di dalam masjid, empat saka guru dengan ornamen bunga bersulur dan ukiran kaligrafi ber-lafaz Hamdallah mengukuhkan kesan Islami yang mendalam.

Pada 1 November 2018, status bangunan cagar budaya Masjid Besar Cipaganti diresmikan, menandai pengakuan atas nilai sejarah dan arsitektur yang luar biasa.

Sebuah plakat di samping pintu masjid menegaskan bahwa tempat ini dilindungi dan dihargai sebagai bagian dari warisan budaya Kota Bandung.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Paskal, Bandung!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Paskal, Bandung

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan: jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox Paskal, Bandung. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles