Pulau Sepa - Kepulauan Seribu - Wisata Lebaran di Jakarta

Wisata Lebaran di Jakarta ke Mana aja, ya?

Wisata Lebaran di Jakarta ke mana aja? Ya, momen lebaran merupakan momen hari kemenangan, waktu yang tepat bagi umat muslim untuk melakukan refleksi diri dan membuka hati untuk memaafkan agar dapat terus mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat dekat lainnya – inilah salah satu alasan banyak umat Muslim yang berbondong-bondong mudik ke kota asal!

Bagi kamu yang mudik ke Jakarta, Lebaran adalah salah satu momen langka ketika jalanan Jakarta tidak sepadat waktu lainnya. Kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk menikmati quality time bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman di berbagai destinasi wisata dengan aktivitas menarik.

Cobain deh, menikmati wisata Lebaran di Jakarta tanpa harus antre lama. Berikut berbagai tujuan liburan lebaran Jakarta yang tak boleh kamu lewatkan!

1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Pulau Tidung

Foto via indonesia.travel

 

Berjarak sekitar 2 jam dari pusat kota Jakarta, Kepulauan Seribu adalah destinasi yang cocok buat kamu para pecinta lautan. Terdapat berbagai pantai dengan ragam aktivitas yang berbeda, mulai dari Pulau Harapan yang menawarkan kekayaan biota laut yang cantik hingga Pulau Tidung dengan beragam watersport yang seru.

Kamu juga bisa mengajak Si Kecil belajar lebih banyak mengenai hewan laut di Pulau Pramuka. Dengan berinteraksi langsung dengan penyu yang ada di penangkaran tersebut, Si Kecil dapat menjadi lebih memahami siklus hidup hewan laut yang lucu tersebut.

Baca Juga: Jelajahi Wisata Malam Jakarta Pusat: Suasana Malam yang Hidup

2. Dufan

liburan di jakarta - ancol dufan

Foto via ancol.com

Ini dia wisata Lebaran di Jakarta selanjutnya. Bagi kamu yang gemar mencoba berbagai wahana seru, Dufan adalah destinasi asik yang dapat kamu kunjungi! Jangan khawatir, taman bermain populer ini akan tetap beroperasi selama libur lebaran – tepatnya pada 6-30 April 2024 mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

Terdapat jenis wahana yang ramah untuk anak seperti carousel, Ice Age Arctic Adventure, dan lainnya. Atau, kamu dapat mencoba wahana tornado ataupun arung jeram jika kamu lebih menyukai jenis wahana yang dapat memacu adrenalin.

Selain wahana, terdapat konser interaktif seru dari Pinkfong dan juga Dunia Kartun Festival yang menawarkan berbagai santapan lezat untuk mengisi perut setelah puas menjajal seluruh wahana!

3. Museum Keramik

liburan di jakarta - museum keramik

Foto via jakarta-tourism.go.id

Kamu tipe pasangan yang suka museum date? Telah berdiri sejak 1870, Museum Keramik menyimpan berbagai koleksi seni rupa dan keramik dari berbagai penjuru dunia – mulai dari Aceh, Cina, hingga Eropa.

Setelah mempelajari berbagai jenis seni rupa dan keramik, kamu dan pasangan juga dapat mencoba membuat kerajinan gerabah secara langsung! Hasilnya pun dapat kamu bawa pulang sebagai cinderamata, lho.

4. Monas

liburan di jakarta - monas

Foto via jakarta-tourism.go.id

Meski kabarnya Monumen Nasional (Monas) akan tutup sementara pada Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 10 April 2024, Monas dikabarkan akan buka kembali pada hari kedua Lebaran yang jatuh pada 11 April 2024 pada 08.00-18.00 WIB.

Berkunjung ke Jakarta rasanya tidak lengkap tanpa berkunjung ke ikon Kota Jakarta yang satu ini. Kamu dapat mempelajari sejarah Indonesia dengan lebih mendalam di Museum Sejarah Perjuangan Nasional yang menampilkan 12 diorama peristiwa bersejarah di Indonesia.

Kamu juga dapat melihat langsung berbagai patung tokoh nasional, seperti Pangeran Diponegoro, MH Thamrin, RA Kartini, dan lainnya.

Baca Juga: Ini Dia 9 Museum yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta

5. Kota Tua

liburan di jakarta - kota tua

Foto oleh Kharisbhe via Shutterstock

Jika kamu masih belum puas menjelajahi tempat bersejarah di Jakarta, maka Kota Tua dapat menjadi tujuanmu selanjutnya! Di Kota Tua kamu dapat belajar langsung tentang sejarah Jakarta, kamu dapat mengunjungi Museum Fatahillah yang menunjukkan berbagai replika peninggalan bersejarah.

Tak hanya mempelajari sejarah di museum, kamu juga dapat melihat langsung bangunan-bangunan bersejarah yang masih terawat hingga sekarang. Tersedia jasa penyewaan sepeda juga untuk memudahkan kamu menjelajahi keseluruhan area Kota Tua.

Ingin lebih mudah menjelajahi Kota Tua? Pastikan untuk menginap di Bobopod Kota Tua untuk dapat mencapai pusat Kota Tua hanya dengan jalan kaki. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti walking tour bersama guide profesional yang akan menceritakan berbagai sejarah seru tentang Kota Tua.

Gimana, tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata Lebaran di Jakarta yang satu ini?

6. Pos Bloc

wisata lebaran jakarta - posbloc

Foto: Nabilla Ramadhian via kompas.com

Atau, kamu hanya ingin mencari destinasi yang cocok untuk bersantai dan catch up bersama keluarga atau teman-teman? Pos Bloc adalah tujuan yang tepat untuk kamu jika ingin wisata Lebaran di Jakarta!

Kamu dapat bersantai di area khusus untuk duduk-duduk santai sambil menikmati makanan dan minuman dari berbagai gerai yang ada – dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000 saja. Kamu juga dapat mengabadikan momen di photobooth dan menemukan berbagai produk handmade yang trendy mulai dari sepatu, barang antik, hingga aromaterapi!

Setelah seharian menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman, kamu dapat beristirahat dengan nyaman di Bobopod Juanda yang berjarak 6 menit perjalanan dari Pos Bloc.

7. Taman Ismail Marzuki

wisata lebaran jakarta - taman ismail marzuki

Foto: Febri Angga Palguna via tempo.co

Cocok bagi para pecinta seni! Taman Ismail Marzuki adalah pusat kesenian tradisional maupun tradisional yang wajib kamu kunjungi. Area ini memiliki beberapa gedung yang dapat kamu kunjungi, dengan ragam kegiatan yang berbeda. Kamu dapat:

  • Menonton pertunjukan teater di gedung Graha Bhakti Budaya, Gedung Teater Besar, dan Gedung Kesenian Jakarta;
  • Membaca berbagai genre buku di Perpustakaan Taman Ismail Marzuki;
  • Mempelajari alam semesta di Planetarium;
  • Menonton pertunjukan wayang orang di gedung Wayang Orang Bharata; dan
  • Mengagumi berbagai lukisan di gedung Galeri Cipta II dan Galeri Cipta III.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta Selatan yang Paling Populer

8. Jakarta Aquarium & Safari

wisata lebaran jakarta - Jakarta Aquarium & Safari

Foto via traveloka.com

Budget terbatas dan belum bisa pergi jauh ke Kepulauan Seribu? Tak perlu khawatir, kamu masih bisa menjelajahi dunia bawah laut di Jakarta Aquarium & Safari selama libur lebaran di Jakarta!

Selain mempelajari berbagai jenis ikan laut, kamu dan keluarga juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan, memberi makan beberapa jenis hewan, serta menonton pertunjukan Pearl of the South Sea. Harga tiket masuk per orang bisa kamu dapatkan mulai dari sekitar Rp 110.000 untuk anak-anak dan sekitar Rp 140.000 untuk orang dewasa.

Menarik bukan? Libur Lebaran di Jakarta dijamin tidak membosankan dengan ragam aktivitas yang dapat kamu coba! Pastikan untuk sesuaikan pilihan kegiatan dengan hobi dan ketertarikan keluarga ataupun teman-teman, ya.

bobobox kota tua

Foto: Dok. Bobobox

Agar kamu dapat memaksimalkan budget untuk mencoba berbagai aktivitas di Jakarta, lebih baik menginap di akomodasi hemat yang ramah di kantong! Hotel kapsul Bobopod adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan terjangkau. Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah!

Tak hanya itu, tiap pod dilengkapi dengan teknologi modern seperti kunci QR yang menjamin keamanan dan pengaturan cahaya untuk kenyamanan yang maksimal.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya dulu, ya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Eko Herwantoro via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles