wisata kuliner sentul

Wisata Kuliner Sentul: Tempat Kuliner Terbaik di Sentul

Kawasan Sentul dan sekitarnya sudah sejak lama menjadi alternatif wisata bagi warga Jakarta. Bukan cuma dekat, kawasan di bilangan Bogor ini juga menawarkan beragam wisata menarik untuk melepas penat. Salah satunya adalah wisata kuliner Sentul.

Mulai dari makanan tradisional hingga kekinian, Sentul menawarkan beragam tempat kuliner menarik yang sayang untuk kamu lewatkan. Yuk, simak 15 di antaranya berikut ini!

Sekilas Mengenai Sentul

Sekilas Mengenai Sentul

Sumber: sentulcity.co.id

Secara administratif, Sentul merupakan sebuah desa di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Namun, nama Sentul tidak hanya berlaku untuk desa tersebut. Di Bogor juga terdapat Sentul City yang berjarak sekitar 14 km dari desa Sentul, tapi masih dalam kawasan Kecamatan Babakan Madang.

Sentul satu ini merupakan kawasan modern berupa kota pegunungan dengan luas mencapai 3.100 hektare. Kawasan ini dibangun pada 1994 dan dilengkapi dengan beragam fasilitas publik, termasuk perumahan hijau, pusat perbelanjaan, sekolah, dan tempat wisata.

Selain itu, Sentul juga sangat identik dengan nama Sirkuit Internasional Sentul yang berdiri lebih dulu. Seiring dengan perkembangan di kawasan sekitar sirkuit dan Sentul City, nama Sentul pun semakin populer dan dikenal banyak orang.

Dengan banyaknya tempat wisata yang dibuka di sana, Sentul kini menjadi salah satu pilihan favorit untuk berlibur, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: 25 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bogor di Cibinong

15 Rekomendasi Wisata Kuliner Sentul yang Sedang Hits

1. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Sumber: Canra Widiati via Google Maps

  • Alamat: Jalan Ir. H. Juanda No. Kav. 8, Desa Cipambuan, Kecamatan Sukaraja
  • Jam operasional: 10.00–22.00 (weekdays) dan 08.00–22.00 (weekend)
  • Harga: Mulai dari Rp30.000-an

Pasar Ah Poong tak hanya menyediakan aneka makanan. Tempat ini juga dilengkapi dengan wahana permainan, lanskap pegunungan hijau, dan pemandangan Sungai Cikeas yang menyegarkan mata.

Tempat satu ini juga cocok sebagai pilihan wisata kuliner Sentul bersama anak. Menunya sendiri cukup beragam. Ada es krim, cakwe, soto kuning, mi Jawa, gudeg, soto Bogor, nasi bambu bakar, dan masih banyak lagi.

2. Talaga Kuring

Talaga Kuring

Sumber: Yudananta Ferisa via Google Maps

  • Alamat: Kompleks Graha Utama, Jalan Bukit Sentul, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 10.00–22.00 (Selasa–Minggu)
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

Talaga Kuring merupakan tempat wisata kuliner Sentul yang menyediakan aneka makanan khas Sunda. Mengusung tema indoor dan outdoor, tempat ini akan memanjakan pengunjung dengan suasana khas pedesaan lengkap dengan gubuk di tepian danau.

Menu makanannya sendiri cukup beragam. Kamu bisa mencoba nasi liwet, nasi timbel, sate maranggi, pesmol gurame, semur jengkol, karedok, pepes tahu, dan masih banyak lagi.\

Bobocabin Bobobox

3. Ikan Bakar Bambu Haur

Ikan Bakar Bambu Haur

Sumber: Dwi Wicaksono via Google Maps

  • Alamat: Jalan Alternatif Sentul No.38, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 10.00–22.00
  • Harga: Mulai dari Rp17.000

Pilihan lain untuk wisata kuliner Sentul bareng keluarga adalah rumah makan Ikan Bakar Bambu Haur. Sesuai namanya, ikan patin yang dibakar di dalam bambu menjadi andalan tempat makan ini.

Selain itu, kamu juga bisa membeli menu menarik lainnya, seperti nasi goreng, nasi timbel, sapi lada hitam, ayam, iga bakar, kangkung, capcay, aneka ikan, dan seafood. Jika kamu membawa serta anak-anak, kamu bisa membawanya ke area bermain yang tersedia.

4. D’Ubud Sentul

D’Ubud Sentul

Sumber: Sheila FM via Google Maps

  • Alamat: Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 10.00–21.00
  • Harga: Mulai dari Rp28.000

D’Ubud merupakan tempat wisata kuliner Sentul baru yang menyuguhkan suasana restoran layaknya di Ubud Bali.

Tempat ini memang menghadirkan hamparan sawah lengkap dengan sungainya yang adem, serta hiasan kain khas Bali di tiang-tiangnya.

Untuk menunya, D’Ubud menyajikan makanan khas Bali serta aneka makanan Barat yang siap memanjakan lidah. Ada ayam taliwang, ayam betutu, sate lilit, nasi goreng, sop buntut, spageti, salad, burger, dan masih banyak lagi.  

5. Taste and See

Taste and See

Sumber: Taste and See Restaurant via Google Maps

  • Alamat: Jalan Siliwangi No.1, Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 09.00–21.00
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

Tak hanya menyediakan aneka makanan lezat, Taste and See juga menyuguhkan suasana nyaman yang membuat kamu betah berlama-lama.

Menunya sendiri terdiri dari makanan Indonesia dan Barat dengan porsi yang cukup mengenyangkan, seperti pasta, salad, nasi goreng kampung, iga penyet sambal ijo, bebek krispi, steik daging sapi, dori sambal matah, ayam bumbu rujak, dan banyak lagi.   

6. Bakmi Golek Sentul

Bakmi Golek Sentul

Sumber: Kemas Muhammad Ridwan via Google Maps

  • Alamat: Ruko Plaza Niaga Sentul City, Jalan MH. Thamrin Blok A No.35, Desa Citaringgul, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 09.00–21.00
  • Harga: Mulai dari Rp16.000

Sesuai namanya, menu andalan Bakmi Ayam Golek adalah bakmi ayam golek spesial. Menu ini berisi mi besar bertekstur kenyal, dua bakso, dua telur puyuh, ayam jamur kecap, dan sayuran. Rasanya tidak perlu kamu ragukan lagi, sudah pasti maknyus!

Selain bakmi ayam golek, tempat ini juga menyediakan menu-menu lain yang menggugah selera. Ada aneka bakmi lainnya, bihun, lomie, siomay, bihun, nasi goreng, kwetiau, udang, gurame, ayam, bistik, kangkung, kailan, hingga cumi.

7. Sawah Segar Sentul

Sawah Segar Sentul

Sumber: @sawahsegarsentul via Instagram

  • Alamat: Jalan Sentul Paradise Park, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 09.00–18.00 (Selasa–Minggu)
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

Sawah Segar adalah tempat wisata kuliner Sentul lainnya yang menyajikan keindahan sawah di depan mata. Tempat ini juga dilengkapi dengan area taman serta joglo-joglo sebagai tempat bersantap.

Menu makanannya didominasi oleh makanan khas Indonesia, termasuk nasi liwet, gurame asam manis, ayam kampung pecak, cah kangkung, semur jengkol, dan lainnya.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Cafe di Bogor Dekat Stasiun

8. POPOLO

POPOLO

Sumber: Nino via Google Maps

  • Alamat: Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 09.00–20.00 (Senin–Sabtu)
  • Harga: Mulai dari Rp20.000

Bukan hanya makanan berat, wisata kuliner Sentul juga termasuk kedai kopi yang tidak boleh kamu lewatkan, seperti POPOLO.

POPOLO menyuguhkan nuansa rumah kecil di tengah hutan. Karena dilengkapi dinding dan atap kaca, kamu dapat melihat keindahan di sekeliling sambil menyesap kopi yang nikmat.

Menu minuman yang tersedia meliputi espresso, affogato, baileys latte, dan minuman nonkopi. Sebagai pelengkap, kamu bisa memesan camilan manis dan asin, seperti cookie, kroket daging, risoles, cheese cake, brownies ice cream, chicken tortilla wrap, dan lainnya.  

9. Taman Fathan Hambalang

Taman Fathan Hambalang

Sumber: @tamanfathan_hambalang via Instagram

  • Alamat: Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup
  • Jam operasional: 11.00–21.00 (Senin–Jumat), 09.00–21.00 (Sabtu–Minggu), dan 11.00–19.00 (Kamis)
  • Harga: Mulai dari Rp5.000

Taman Fathan Hambalang merupakan pilihan wisata kuliner Sentul untuk kamu yang suka nongkrong dengan view indah, suasana tenang, dan jajanan murah. Yup! Tempat ini lebih banyak menyediakan camilan daripada makanan berat.

Menu camilan ini termasuk kentang goreng, sosis goreng, burger, roti bakar, mi goreng, pisang goreng, mi rebus, bakso, fish roll, dan pempek. Sementara itu, makanan beratnya hanya meliputi nasi ayam geprek, nasi ayam bakar, dan nasi rames.

10. Resto Kebun Teduh

Resto Kebun Teduh

Sumber: Resto Kebun Teduh via Google Maps

  • Alamat: Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 10.00–18.00 (hari biasa) dan 10.00–21.00 (akhir pekan)
  • Harga: Mulai dari Rp20.000

Tempat yang luas menjadikan Kebun Resto Kebun Teduh lokasi yang cocok untuk wisata kuliner Sentul bersama keluarga.

Ditambah dengan angin sepoi-sepoi, lanskap gunung, dan pemandangan tumbuhan hijau yang menyegarkan, bersantap di sini bisa sekalian melepas penat.

Untuk menu makanannya, lidah kamu akan dimanjakan dengan aneka menu khas Nusantara. Ada sayur asem, sop buntut, karedok, nasi timbel, rawon, tahu gimbal, tumis kangkung, dan masih banyak lagi.

11. Anthology Coffee & Tea

Anthology Coffee & Tea

Sumber: @anthologycoffee_ via Instagram

  • Alamat: Komplek Danau Teratai, Jalan MH. Thamrin, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 08.00–20.00
  • Harga: Mulai dari Rp18.000

Anthology Coffee & Tea menawarkan pengalaman menikmati secangkir kopi bertemankan panorama tepian danau dan pepohonan hijau.

Untuk menunya, es kopi susu premium adalah salah satu menu andalan yang wajib banget kamu coba. Minuman satu ini terbuat dari Arabica blend, susu, gula aren, dan sedikit karamel.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba crème brulee latte, iced unicorn tea, Anthology milk tea, teh kampoel, dan masih banyak lagi. Untuk makanannya, kafe ini menyediakan lemon cake, cheese samosa, brownies cream, dan potato ball.   

12. Kampoeng Koneng Sentul

Kampoeng Koneng Sentul

Sumber: Hanks Wu via Google Maps

  • Alamat: Jalan Raya Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 09.00–17.00 (hari biasa) dan 09.00–19.00 (akhir pekan)
  • Harga: Mulai dari Rp12.000

Wisata kuliner Sentul bersama keluarga juga bisa kamu lakukan di Kampoeng Koneng Sentul. Tempat ini menyediakan aneka masakan khas kampung, seperti nasi tutug oncom, nasi bakar, sop buntut, rawon, sayur asem, aneka ikan, ayam, nasi goreng, dan mie goreng.

Selain bersantap sambil menikmati indahnya suasana khas pedesaan, kamu juga bisa membawa anak-anak untuk bermain di area playground yang tersedia.

13. FLOWEY

FLOWEY

Sumber: Flowey via Google Maps

  • Alamat: Jalan Siliwangi No.1, Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 09.00–23.00 (Senin–Kamis) dan 08.00–00.00 (Jumat–Minggu)
  • Harga: Mulai dari Rp20.000

Berlokasi di dalam Taman Budaya Sentul City, FLOWEY adalah pilihan wisata kuliner yang cocok dikunjungi bersama teman-teman.

Pilihan makanannya sangat beragam, mulai dari Asia hingga Barat. Salah satu yang wajib kamu coba adalah piza yang bisa disantap beramai-ramai.

Selain itu, ada juga menu pasta, salad, omelette, French toast, nasi goreng kampung, soto Betawi, burger, sirloin steak, dan chicken cordon bleu.  

14. EdensorHills Villa Resort & Café

EdensorHills Villa Resort & Café

Sumber: @edensorhills via Instagram

  • Alamat: Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 10.00–20.00 (hari biasa) dan 08.00–21.00 (akhir pekan)
  • Harga: Mulai dari Rp14.900

EdensorHills Villa Resort & Café adalah tempat wisata kuliner Sentul yang mengusung konsep desa di pedalaman Inggris. Tidak cuma nyaman, tempat ini juga super duper Instagrammable, apalagi dengan adanya pemandangan Gunung Salak dan Curug Bidadari yang menenangkan. 

EndensorHills juga menawarkan aneka makanan lezat yang bikin ketagihan. Ada Black Angus sirloin steak, nasi goreng, chicken steak, fish and chips, tom yum soup, chicken capcay, tenderloin Wagyu meltique, dan lainnya.  

15. Gaya Rimba

Gaya Rimba

Sumber: @gayarimba via Google Maps

  • Alamat: Jalan Curug Bidadari, Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 09.00–21.00
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

Gaya Rimba adalah tempat wisata kuliner Sentul yang cocok dikunjungi bersama teman atau keluarga. Selain menyuguhkan suasana alam khas pedesaan, tempat ini juga menyediakan menu makanan dengan porsi lumayan besar.

Menunya terdiri dari aneka makanan khas Nusantara. Sebut saja sayur lodeh, pepes, rawon, tumis kangkung, mi tektek, soto ayam, jengkol cobek, karedok, urap, empal geprek, dan banyak lagi.

Baca Juga: Pelancong Wajib Coba, Inilah 6 Makanan Khas Bogor yang Legendaris

Staycation di Tengah Perkebunan Teh yang Jauh dari Keramaian

Bobocabin Gunung Mas

Bogor menyediakan beragam akomodasi yang bisa kamu pilih sesuai preferensi. Salah satunya adalah Bobocabin Gunung Mas, yang siap menjadi pelarian kamu dari penatnya perkotaan.

Akomodasi satu ini berdiri di tengah sejuknya udara Kota Hujan, menjanjikan tempat istirahat di tengah perkebunan teh yang jauh dari keramaian. Di dalam kabin, kamu bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti speaker Bluetooth, moodlamp, dan Smart Window.

Tertarik mencoba? Yuk, unduh aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk reservasi!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Liburan Hiburan via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles