Wisata Kuliner Magelang

Wisata Kuliner Magelang: Menikmati Lezatnya Kuliner Lokal

Magelang terkenal dengan wisata sejarahnya yang mendunia–seperti Candi Borobudur–dan keindahan alam yang menarik dieksplorasi. Selain itu, Magelang juga memiliki beragam kuliner lokal yang lezat dan menggugah selera.

Dalam artikel ini, Bob akan akan kasih tahu beberapa tempat wisata kuliner hits di Magelang yang wajib kamu cobain. Dijamin enak dan harganya terjangkau!

20 Rekomendasi Wisata Kuliner Magelang yang Sedang Hits

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Magelang yang sedang hits dan terkenal:

1. Kupat Tahu Pojok Magelang

Kupat Tahu Pojok Magelang

Foto: Rina Sagita via Gmaps

Alamat: Jl. Sutopo No.15, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang (Gmaps)

Menu andalan warung kuliner khas Magelang ini adalah kupat tahu yang disajikan dengan bumbu kacang encer yang manis dan gurih. Harganya terjangkau; kamu cukup sediakan uang sekitar Rp13.000-an saja untuk menikmatinya.

Baca juga: 10 Spot Wisata Magelang Anti Mainstream Dijamin Bikin Kamu Terpukau

2. Rumah Makan Sehati Borobudur Spesial Ndas Beong

Rumah Makan Sehati Borobudur Spesial Ndas Beong

Foto: amsik fatoni via Gmaps

Alamat: Jl. Raya Borobudur-Salaman Bumen, Kembanglimus, Borobudur (Gmaps)

Rekomendasi wisata kuliner di Magelang yang hits berikutnya adalah masakan beong. Ikan beong ini dimasak dengan bumbu khas Jawa Tengah yang pedas dan gurih. Kamu cukup merogoh kocek Rp20.000–70.000 per porsinya.

3. Warung Makan Purnama

Warung Makan Purnama

Foto: Dudi Iskandar via Gmaps

Alamat: Jl. Magelang – Yogyakarta No.KM. 13, Tangkilan, Pabelan, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang (Gmaps)

Menu andalan Warung Makan Purnama adalah mangut lele, yaitu hidangan ikan lele yang dimasak dengan bumbu khas Jawa Tengah yang pedas dan gurih. Jika ingin mencicipi seporsi mangut lele di sini, cukup sediakan uang sekitar Rp16.000-an untuk menikmatinya.

4. Warung Makan Senerek “Bu Atmo”

Warung Makan Senerek “Bu Atmo”

Foto: Fransisca Citra via Gmaps

Alamat: Jl. Pangeran Mangkubumi No.3, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang (Gmaps)

Menu andalan warung makan ini adalah sop senerek (sup kacang merah) berisikan aneka lauk, ada daging sapi, daging ayam dan juga babat. Seporsi sop senerek dibanderol dengan harga sekitar Rp25.000-an saja. 

5. Sop Empal Bu Haryoko

Sop Empal Bu Haryoko

Foto: Rudyanto A. Wibisono via Gmaps

Alamat: Jl. Veteran No.9, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah (Gmaps)

Rekomendasi tempat makan dan kuliner terkenal di Magelang selanjutnya adalah Sop Empal Bu Haryoko. Seperti namanya, tempat ini menyajikan sup empal daging sapi yang gurih. Cukup dengan Rp17.000-an saja, kamu sudah bisa menikmati paket sop empal yang nikmat ini.

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Dia Tips Memilih Oleh-Oleh Saat Sedang Travelling

6. Nasi Goreng Pak Kadis Menayu

Nasi Goreng Pak Kadis Menayu

Foto: afiqulatief firdaus via Gmaps

Alamat: Jl. Kepanjen, Menayu, Muntilan (Gmaps)

Kalau kamu suka nasi goreng, maka tempat ini wajib kamu kunjungi. Nasi Goreng Pak Kadis Menayu menyajikan nasi goreng yang nikmat dan unik. Satu porsi nasi goreng dibanderol dengan harga Rp15.000-an saja. Terjangkau sekali, bukan?

Bobobox Maximum Comfort Banner

7. Bakmi Pak Naryo Magelang

Bakmi Pak Naryo Magelang

Foto: Taofiq Bima via Gmaps

Alamat: Jl. Ksatrian Lor Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah (Gmaps)

Pencinta bakmi wajib menjajal bakmi dengan cita rasa daging yang lezat di sini. Kamu juga bisa memesan sego godog, yaitu nasi yang diguyur kuah berbumbu khas Bakmi Pak Naryo. Cukup sediakan Rp16.000–22.000-an saja untuk menikmatinya.

8. Ronde Miroso

Ronde Miroso

Foto: Ephie Krista via Gmaps

Alamat: Jl. Medang No.6A, Rejowinangun Utara (Gmaps)

Ronde Miroso termasuk kuliner legendaris Magelang. Menu andalannya tak lain dan tak bukan adalah wedang ronde yang terbuat dari jahe dengan isian ronde, kolang-kaling, agar-agar, dan kacang tanah sangrai. Kamu cukup merogoh kocek Rp13.000-an saja, lho! Tertarik mencoba?

9. Wedang Kacang Kebon

Wedang Kacang Kebon

Foto: Dina Julfiana via Gmaps

Alamat: Jl. Pajang, Kemirirejo (Gmaps)

Masih di hidangan pencuci mulut, rekomendasi tempat makan di Magelang yang wajib kamu kunjungi adalah Wedang Kacang Kebon.

Mirip dengan ronde, Wedang Kacang Kebon juga punya menu andalan berupa wedang ronde dengan isian ronde, kolang-kaling, dan kacang sangrai. Satu porsinya bisa kamu nikmati dengan harga Rp15.000-an.

10. Depot Es Semanggi

Depot Es Semanggi

Foto: Azizah Hasna’ Arifin via Gmaps

Alamat: Jl. Semarang – Yogyakarta No.367, Kramat Selatan (Gmaps)

Depot Es Semanggi juga merupakan satu kuliner yang hits di Magelang. Menu andalannya adalah es semanggi yang terbuat dari perpaduan antara santan, sirup beraneka rasa dan pleret. Cukup Rp5.000-an saja untuk bisa mencicipi es segar satu ini!

Baca juga: Wisata Malam Jakarta Barat: Menjelajahi Kelezatan Malam di Barat Jakarta

11. Es Krim Mahkota

Es Krim Mahkota

Foto: Dhimas Arie Wijanarko via Gmaps

Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 41, Magelang, Jawa Tengah (Gmaps)

Rekomendasi pencuci mulut lainnya yang hits di Magelang adalah Es Krim Mahkota. Menu andalannya adalah es krim potong yang terdiri dari tiga rasa (vanila, cokelat, kopi) dan kue lapis mandarin. 

Kisaran harga es krimnya adalah Rp10.000 per potong dan Rp12.000 per cup, sedangkan rotinya berkisar antara Rp8.500–10.000-an saja. Lezat abis!

12. Warung Makan Sate “Roda Tiga” Pak No

Warung Makan Sate “Roda Tiga” Pak No

Foto: Mas Deny via Gmaps

Alamat: Jl. Kalingga, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang (Gmaps)

Rekomendasi wisata kuliner Magelang berikutnya adalah Warung Makan Roda Tiga Pak No. Cukup dengan Rp15.000-an saja, kamu sudah bisa mencoba berbagai menu andalannya, seperti mangut lele, mangut bawal, opor bebek, lele goreng, bawal goreng, dan nasi pecel.

13. Rumah Makan Sate dan Tongseng Mbak Ning

Rumah Makan Sate dan Tongseng Mbak Ning

Foto: estika via Gmaps

Alamat: Jl. Mayor Kusen, seberang SPBU Mendut, Mungkid (Gmaps)

Menu yang ramai dipesan di sini biasanya adalah sate dan tongseng, dengan variasi lauk seperti kakap bakar atau goreng, ayam kampung goreng atau bakar, mi goreng, dan mi oseng-oseng. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar Rp30.000-an saja.

14. Tongseng Kepala Kambing Pak Din

Tongseng Kepala Kambing Pak Din

Foto: estika via Gmaps

Alamat: Dusun Menayu Desa, Kepanjen (Gmaps)

Eksis sejak tahun 1970-an, rumah makan ini tetap ramai jadi destinasi kuliner Magelang hingga saat ini. Seperti namanya, rumah makan ini menghidangkan tongseng dengan bahan utama kepala kambing. 

Kamu bisa menikmati seporsi tongseng kepala kambing dengan harga sekitar Rp25.000-an. Namun, ada juga porsi jumbo yang menyajikan kepala kambing utuh dengan harga sekitar Rp140.000–150.000-an, tergantung pada besar kecilnya stok kepala kambing. Wow!

15. Ayam Goreng dan Pemancingan Ninit

Ayam Goreng dan Pemancingan Ninit

Foto: fitri amanah via Gmaps

Alamat: Jl. Klopo – Sindas, Sobo Arang, Girirejo, Kec. Tegalrejo, Kabupaten Magelang (Gmaps)

Di Pemancingan Ninit, kamu bisa memancing sembari menikmati makanan lezat. Salah satu menu andalannya adalah ayam goreng tulang lunak.

Satu porsi ayam goreng dibanderol dengan harga Rp15.000-an. Kamu juga bisa memesan ati ampela, sayap, atau sate kulit sebagai tambahan dengan harga Rp3.000-an saja.

16. Nasi Lesah & Kelapa Muda Pak Badut

Nasi Lesah & Kelapa Muda Pak Badut

Foto: Pikentrophus via Gmaps

Alamat: Jl. Singosari No.16, Rejowinangun Selatan (Gmaps)

Rekomendasi kuliner di Magelang yang harus kamu coba adalah nasi lesah, seperti yang disajikan oleh Nasi Lesah & Kelapa Muda Pak Badut.

Tempat makan ini menghidangkan nasi lesah, yaitu nasi dengan campuran sayur tauge, bihun, irisan tahu bacem, daun bawang, dan seledri, dan diguyur kuah soto bersantan yang masih panas. Satu porsinya cukup Rp5.000, sedangkan lauknya mulai dari Rp1.000–4.000-an saja.

17. Paksi Coffee House

Paksi Coffee House

Foto: Paksi Coffee House via Gmaps

Alamat: Jl. Badrawati Ngaran Lor No.I, Dusun XVIII, Borobodur (Gmaps)

Rekomendasi tempat makan lain yang harus kamu kunjungi adalah Paksi Coffee House. Kafe satu ini menyajikan kopi dan makanan Nusantara. Beberapa menu yang harus kamu coba antara lain nasi goreng spesial, gado-gado, serta kwetiau.

Kamu bisa bersantai dan menikmati makanan lezat di Paksi Coffee House hanya dengan biaya sekitar Rp30.000-an hingga Rp80.000-an saja!

Baca juga: Wisata Kuliner Jakarta Pusat Malam Hari: Menikmati Kelezatan Malam

18. Stupa Restaurant

Stupa Restaurant

Foto: Irwan Johannes via Gmaps

Alamat:  Dusun Kretek, Borobudur (Gmaps)

Stupa Restaurant menyajikan menu-menu masakan Nusantara seperti es tape ketan ijo, iga kambing bakar, dan masih banyak lagi. Cukup siapkan uang Rp70.000-an untuk menikmati berbagai makanan yang ada sambil menikmati suasana restoran yang estetis!

19. Rumah Makan Moro Sakeco

Rumah Makan Moro Sakeco

Foto: armila kr via Gmaps

Alamat: Jalan Cokro Grabag Km. 4 Magelang (Gmaps)

Jika kamu hobi memancing, maka tempat ini cocok untuk kamu. Rumah Makan Moro Sakeco adalah tempat makan lesehan sekaligus tempat pemancingan yang menyuguhkan hidangan khas Jawa Tengah. Kamu juga bisa memancing dan hasil pancinganmu bisa langsung diolah. 

Selain itu, Interior tempat ini masih sangat kental dengan suasana tradisional karena menggunakan pendopo terbuka. Kamu bisa menikmati pemandangan daerah Grabag sambil makan, deh. Penasaran ingin mampir, Sahabat Bob?

20. Villa Sumbing French Restaurant

Villa Sumbing French Restaurant

Foto: Michelle Euodia via Gmaps

Alamat: Jl. Raya Kalegen, Kiringan, Kalegen, Bandongan (Gmaps)

Tidak hanya makanan Nusantara, Magelang juga punya tempat bagi kamu yang ingin mencicipi hidangan western. Berlokasi di, Villa Sumbing adalah restoran yang menyediakan makanan asal Prancis.

Beberapa menu andalan yang harus kamu coba antara lain seperti steik, piza, dan es krim. Rentang harga menu di restoran ini sekitar Rp5.000-an hingga Rp80.000-an saja.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Magelang yang sedang hits dan harus kamu kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi untuk liburanmu di Magelang, ya!

Baca juga: Pelancong Wajib Coba, Inilah 10 Makanan Khas Bogor yang Legendaris

Mampir ke Pusat Kota Yogyakarta? Menginap di Bobopod, Yuk!

Menginap di Bobopod Yogyakarta

Bertolak dari Magelang, jangan lupa meluangkan waktu berkunjung ke Yogyakarta karena banyak kuliner tak kalah lezat yang menantimu. Urusan akomodasi, serahkan pada Bobopod Malioboro yang berkualitas dan strategis.

Dengan teknologi canggih serta fasilitas lengkap, istirahat dijamin akan semakin nyaman. Yuk, segera pesan kamarmu via aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: R Eris Prayatama via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles