pemandangan ecopark dusun semilir

Warna-Warni Wahana dan Spot Foto di Ecopark Dusun Semilir, Semarang!

Ecopark Dusun Semilir merupakan tempat wisata ramah keluarga yang menghadirkan berbagai fasilitas serta wahana seru yang wajib kamu coba. Konsep yang diusung oleh Dusun Semilir ini memang beragam, alias memadukan beberapa jenis wisata di dalam satu kawasan.

Ada wisata edukasi, budaya, wahana air, permainan, kekinian dan instagrammable, belanja, hingga kuliner. Tinggal pilih saja mana favoritmu untuk bersenang-senang selama di Semarang.

Lalu, ada apa saja di Ecopark Dusun Semilir ini? Yuk, cari tahu bareng Bob!

Arsitektur Unik Ecopark Dusun Semilir

Sumber: dusunsemilir.com

Ecopark Dusun Semilir adalah destinasi wisata yang menghadirkan suasana liburan berbeda. Salah satu yang membuatnya begitu menonjol adalah arsitektur bangunannya yang menyerupai sangkar burung raksasa. Ada juga yang menyebutnya bangunan botol dan bahkan menyamakannya dengan bawang.

Namun, bangunan tersebut rupanya memang terinspirasi dari bentuk stupa Candi Borobudur yang dipadukan dengan logo provinsi Jawa Tengah. Total ada tujuh stupa yang berdiri megah di kawasan Ecopark Dusun Semilir dan terdiri dari dua lantai. Lantai pertama adalah untuk toko suvenir dan kerajinan tradisional, sedangkan lantai dua berisikan restoran.


Baca Juga: Semarang Zoo: Salah Satu Destinasi Wisata Edukasi Terbaik di Semarang!


Perosotan Warna-Warni

Sumbe: Seventhly Peyoh via Google Maps

Perosotan warna-warni adalah salah satu wahana Ecopark Dusun Semilir yang paling populer. Dengan tinggi 30 meter dan panjang lintasan mencapai 120 meter, wahana ini menjanjikan keseruan mendebarkan saat meluncur dari atas ke bawah.

Wahana perosotan warna-warni terbagi ke dalam beberapa lintasan: merah, kuning, hijau, ungu, dan oranye. Setiap lintasan biasanya memiliki kecepatan berbeda-beda.

Perosotan oranye dianggap paling meresahkan sebab luncurannya terasa lebih cepat dibandingkan dengan warna lainnya. Namun, kamu jangan khawatir sebab permukaan untuk mendaratnya dilapisi karpet berwarna hijau.

Omah Suwung untuk Pecinta Horor

Sumber: Alterio Fam via YouTube

Bukan cuma perosotan, Ecopark Dusun Semilir juga siap menantang adrenalinmu lewat wahana Omah Suwung. Sesuai namanya, Omah Suwung alias Rumah Kosong menyuguhkan suasana mencekam dan gelap gulita khas rumah kosong di film horor.

Agar bulu kuduk semakin merinding, Omah Suwung juga menghadirkan beberapa kuburan dengan tengkorak di atasnya. Di sepanjang jalan menyusuri rumah ini, siapkan jantung kamu sebab sosok-sosok menyeramkan akan tiba-tiba muncul untuk menakuti para pengunjung.


Baca Juga: Yuk, Berwisata Sambil Belajar Tentang Sejarah Kota Semarang di 7 Spot Berikut Ini!


Alun Eropa

Sumber: @dusunsemilir via Instagram

Selanjutnya, ada area Alun Eropa yang mengusung konsep kota kecil berhiaskan bangunan-bangunan warna-warni khas Eropa. Berkunjung ke spot Ecopark Dusun Semilir satu ini membuat kamu seolah berada di desa Prancis, Italia, Yunani, dan Maroko.

Salah satu wahana yang bisa kamu coba di sini adalah perahu gondola yang identik dengan Venesia, Italia. Sepanjang menyusuri sungai, kamu bisa sambil menikmati keindahan kota yang dipenuhi rumah-rumah khas Eropa.

Bangunan-bangunan tersebut umumnya berlantai dua tanpa balkon dengan tampilan yang cerah. Agar suasana Eropanya makin terasa, Alun Eropa ini juga memiliki jalan setapak berbentuk bulat-bulat.

Di samping itu, ada juga jembatan putih yang menjadi pemisah bangunan di kedua sisi sungai. Selain gondola, Alun Eropa juga menawarkan wahana trem dan kereta api antik.

Alas Tirta

Sumber: Dusun Semilir via Facebook

Alas Tirta merupakan area di Ecopark Dusun Semilir dengan konsep alam, atau lebih tepatnya hutan hujan tropis ala Brazil. Oleh karena itu, tempat ini pun dipenuhi dengan bermacam-macam tanaman hutan tropis, seperti Philo bergerigi dan Saw Palmetto.

Meski mengusung konsep hutan hujan, Alas Tirta tidak memamerkan koleksi hewan-hewan berbahaya seperti ular dan piranha. Sebagai gantiknya, tempat ini pun menjadi rumah bagi hewan seperti berang-berang, angsa, dan ikan koi.

Hal lain yang membuatnya unik adalah keberadaan patung berbentuk manusia yang sedang berdoa. Karena keunikannya, patung setengah badan ini pun menjadi spot favorit untuk berfoto. Di samping itu, Alas Tirta juga menyediakan spot foto dan patung-patung lainnya, kolam yang indah, serta rumah hewan.

Banyu Biru

Sumber: @dusunsemilir via Instagram

Untuk area Banyu Biru, Ecopark Dusun Semilir mengusung tema danau bohemian yang dilengkapi dengan pasir putih, air mancur menari, bantal taman, hingga tenda gazebo. Di bagian tengahnya terdapat patung perempuan raksasa berwarna hijau dan berambut panjang yang tengah bermeditasi.

Selain itu, ada juga replika sembilan pulau kecil berbentuk lingkaran di tengah danau, serta tambahan pohon kelapa khas tepian pantai.

Selama berada di area ini, kamu bisa bermain pasir, bermain waterball, naik sampan atau kano, tubing, berfoto underwater, atau sekadar berswafoto dengan latar pemandangannya yang indah dan tidak biasa.


Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Pantai Marina Semarang. Makin Tertarik?


Alas Angon dan Truwelu Park

Sumber: @dusunsemilir via Instagram

Selain wahana permainan dan wisata foto kekinian, Ecopark Dusun Semilir juga memiliki kebun binatang mini bernama Alas Angon Play Zoo. Tempat satu ini cocok banget kamu datangi bersama si kecil untuk mengenalkannya dengan berbagai hewan yang ada.

Di antaranya adalah musang, kelinci, burung hantu, domba, dan masih banyak lagi.  Selain menyaksikan tingkah polah para hewan, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan para hewan dengan memberi makan, mengajak bermain, hingga berfoto bersama.

Di depan Alas Angon, kamu akan menjumpai Truwelu Park yang berisikan kelinci-kelinci lucu. Sama halnya dengan di Alas Angon, di sini si kecil bisa berinteraksi dan memberi makan hewan menggemaskan tersebut.

Jalan Kenangan

Sumber: @dusunsemilir via Instagram

Selama berada di Ecopark Dusun Semilir, pandangan kamu akan selalui dimanjakan dengan pemandangan cerah dan warna-warni. Salah satunya adalah area Jalan Kenangan yang mengusung konsep street market dan akan memanjakan kamu dengan ragam pilihan makanan lezat.

Di samping itu, lokasi satu ini juga penuh dengan warna-warni estetik serta beragam spot unik yang cocok menjadi latar berswafoto.

Wisata Kuliner dan Belanja

wisata kuliner dan belanja ecopark dusun semilir

Sumber: @dusunsemilir via Instagram

Selain Jalan Kenangan, Ecopark Dusun Semilir juga menyediakan spot lainnya untuk mencicipi kuliner. Salah satunya adalah Gunungan Restoran yang menawarkan beragam menu makanan dan minuman.

Di antaranya adalah lawar Bali, sate maranggi, steak lidah bumbu Bali, sop buntut asem-asem, dan lainnya. Di area outdoor restoran ini, kamu bisa bersantap sambil menikmati keunikan tujuh stupa.

Selain itu, ada juga Restoran Sepoi-Sepoi yang menghadirkan pelayanan istimewa langsung dari Chef andalan mereka. Beberapa menu yang bisa kamu coba adalah Super Penyet, Sepoi-Sepoi Jamblangan, Dusun Fried Chicken, Bakso Brengos Bandungan, dan lain-lain.

Untuk wisata belanjanya, Ecopark Dusun Semilir menghadirkan Warisan Indonesia yang menjual beragam barang kerajinan produksi lokasi dari seluruh daerah di Indonesia.

Selain itu, ada juga toko Cemilan Indonesia yang menawarkan oleh-oleh berupa makanan, mulai dari camilan kekinian hingga jadul seperti bakpia, getuk, dan dodol.

Fasilitas Lainnya

jalan setapak bulat-bulat ecopark dusun semilir

Sumber: @dusunsemilir via 1Instagram

Wahana Ecopark Dusun Semilir tentu tidak sampai di situ saja. Selain yang Bob sebutkan di atas, tempat wisata ini juga memiliki spot swafoto Jembatan Senggol, live music dengan iringan angkulng dan saksofon, Dunia Salju, dan Omah Dolanan (wahana permainan anak, mulai dari bom-bom car hingga area playground).

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas berupa ATM, area parkir, toilet, akses kursi roda, musala, masjid, ruang laktasi, dan area merokok.

Tiket Masuk Ecopark Dusun Semilir

tampak atas ecopark dusun semilir

Sumber: @dusunsemilir via Instagram

Ecopark Dusun Semilir berlokasi di Jl. Soekarno-Hatta No.49, Ngemplak, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Karena berlokasi di samping jalan utama Semarang-Bawen, keberadaannya akan mudah kamu temukan.

Ecopark Dusun Semilir ini buka mulai pukul 09.00-18.00 (hari biasa) dan 08.00-20.00 saat weekend dan libur nasional. Tersedia tiga pilihan tiket masuk:

  • Regular: Rp30.000 (hari biasa)/Rp40.000 (Sabtu, Minggu, tanggal merah, dan libur panjang)
  • Hemat: Rp40.000 dan Rp50.000 (termasuk tiket masuk, Perosotan dan Hanuman Mlumpat)
  • Salju: Rp65.000 dan Rp90.000 (termasuk tiket masuk dan Dunia Salju)

Jika kamu hanya membeli tiket masuk regular, makan kamu perlu menyiapkan uang tambahan untuk mencoba berbagai wahana dan fasilitas lainnya. Tarifnya dimulai dari Rp5.000 hingga Rp120.000, tergantung jenis wahana yang kamu pilih. Tiket biasanya sudah berlaku untuk anak-anak umur tiga tahun.

Hotel Strategis, Ya Bobobox!

Berencana berlibur ke Semarang tapi bingung dengan pilihan akomodasinya? Ke Bobobox Kota Lama saja! Beralamat di Jalan Letjen Suprapto No. 7, Bobobox satu ini sangat strategis dan cocok banget buat kamu yang datang menggunakan kereta api, terlebih jaraknya hanya sekitar lima menit dari Stasiun Tawang.

Sesampainya di stasiun, kamu hanya tinggal berjalan kaki dan langsung rebahan di kasur pod Bobobox yang luas dan super comfy.

Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles