Tips Liburan Murah Tapi Tetap Seru

Liburan Nggak Harus Mahal! 22 Tips Liburan Murah dan on Budget

Keinginan untuk berlibur terkadang tidak berbanding lurus dengan budget yang kamu punya. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengusahakannya. Yuk, simak tips liburan murah berikut ini!

22 Tips Liburan Murah Tapi Tetap Seru

Liburan Murah Tapi Tetap Seru

Sumber: Thought Catalog via Unsplash

1. Lakukan Riset

Tips liburan murah pertama adalah melakukan riset tentang tujuan liburan, sehingga kamu bisa menentukan mana tempat liburan yang sesuai budget kamu.

Riset bisa kamu lakukan dengan searching di internet, mencari info apakah tanggal kamu liburan merupakan high season atau tidak, kemudian melihat ulasan para pelancong, dan bertanya pada teman, keluarga, serta kerabat yang sudah berpengalaman berlibur.

Baca Juga: Tips dan Trik Mudah Agar Bagasi Tidak Tertukar Atau Kesasar

2. Cari Gratisan

Agar lebih hemat, kamu bisa mempertimbangkan tempat-tempat wisata yang tiket masuknya terjangkau atau gratis, seperti museum, taman, festival tertentu, atau tempat wisata baru.

Selain itu, pastikan juga tempat tersebut mudah diakses dan jaraknya tidak terlalu jauh dari akomodasimu, supaya pengeluaran transportasi tidak membengkak.

3. Buat Rencana

Tips liburan hemat berikutnya adalah dengan membuat rencana yang lengkap. Setelah menentukan pilihan lokasi liburan, buatlah rencana yang matang. Misalnya, kamu perlu menentukan berapa lama kamu akan menghabiskan waktu di tempat tujuan kamu.

Selain itu, ada baiknya kamu juga mengetahui rute perjalanan yang akan kamu ambil. Dengan begitu, kamu akan terselamatkan dari hal tidak terduga yang bisa membuatmu mengeluarkan uang lebih.

4. Liburan Saat Low Season

Low season adalah musim liburan yang sepi pengunjung atau saat kebanyakan orang sedang tidak berlibur.

Di musim ini, harga tiket dan hotel biasanya lebih murah. Bahkan ada promo khusus yang bisa membuat kamu semakin hemat biaya.

Agen-agen perjalanan juga kerap memberikan diskon atau voucher untuk menarik minat pengunjung agar berlibur saat low season.

Selain hemat, berlibur saat low season bisa membuat suasana liburanmu lebih tenang. Kamu pun juga bisa menikmati area wisata dengan lebih leluasa.

Bobocabin Bobobox

5. Perencanaan Budget

5. Perencanaan Budget

Sumber: ekrutassets.com

Hal penting lainnya agar hemat biaya saat liburan adalah dengan mengontrol pengeluaran lewat rincian biaya perjalanan.

Tips liburan murah ini bisa meliputi perincian biaya untuk transportasi, akomodasi, biaya makan, oleh-oleh, dan biaya tak terduga.

Dengan perencanaan budget, kamu bisa membatasi pengeluaran dan menghindari menghamburkan uang untuk hal-hal tidak perlu.

Agar lebih well-prepared, kamu bisa menabung budget liburan dari jauh-jauh hari. Jika kamu pergi mendadak dan hanya mengandalkan pendapatan sebulan, bisa-bisa tekor dan merana di akhir bulan.

6. Pesan Jauh-Jauh Hari

Pesan Jauh-Jauh Hari

Sumber: @noonths via Unsplash

Pemesanan tiket transportasi, terutama tiket pesawat, lebih baik kamu lakukan dari jauh-jauh hari.

Tiket yang dipesan jauh sebelum keberangkatan biasanya lebih murah, dan terkadang menawarkan diskon menarik yang bisa menekan pengeluaran untuk transportasi.

Semakin dekat ke tanggal keberangkatan, harga tiket akan semakin tinggi, apalagi jika kamu memesan langsung di tempat di waktu keberangkatan alias go-show.

Tips liburan murah ini juga bisa kamu terapkan dalam pemesanan hotel.

Baca Juga: Bingung Menginap di Hotel? Ketahui Istilah Hotel Ini Agar Liburan Lancar Jaya

7. Ikut Travel Fair

7. Ikut Travel Fair

Sumber: imagedelivery.net

Jika memungkinkan, kamu bisa menghadiri pameran liburan atau travel fair. Di sana, kamu bisa menemukan banyak penawaran harga lebih murah dan potongan harga menarik.

Jika ingin lebih praktis, opsi paket liburan travel agent juga bisa menjadi pilihan. Paket tersebut biasanya sudah termasuk tiket transportasi, penginapan, dan konsumsi.

8. Sering-Sering Cek Tiket Pesawat

8. Sering-Sering Cek Tiket Pesawat

Sumber: aviationsourcenews.com

Untuk mendapatkan harga terbaik yang sesuai budget, melakukan pengecekan tiket pesawat secara berkala bisa membantu.

Di saat-saat tertentu, pihak maskapai biasanya menawarkan tiket promo menarik nan menggiurkan.

9. Siapkan Barang Bawaan

Agar liburan lancar jaya, pastikan kamu membawa segala keperluan yang akan kamu butuhkan ketika berlibur.

Tips liburan murah ini akan menghindarkan kamu dari keperluan membeli kebutuhan yang berakhir menguras kantong kamu.

Barang bawaan yang perlu kamu siapkan antara lain pakaian dalam, jaket atau pakaian hangat, peralatan mandi, charger, botol minum, dokumen perjalanan (seperti tiket, KTP, paspor, dan visa), uang tunai, kartu ATM, obat-obatan, makanan ringan, dan sebagainya.

Jika bepergian ke luar negeri, pastikan kamu memiliki back-up dokumen berupa file hasil scan yang bisa disimpan di smartphone, email, drive, dan penyimpanan lainnya.

10. Bawa Barang Secukupnya

10. Bawa Barang Secukupnya

Sumber: Orami

Membawa barang secukupnya bisa membuat kamu lebih leluasa bergerak dan hemat biaya, terutama jika bepergian dengan pesawat. Sebab, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk bagasi.

Sebaiknya, siapkan barang kamu dari jauh hari karena packing dadakan kerap membuat panik. 

Jika membawa barang berat, seperti jaket atau mantel, sebaiknya kamu bawa atau gunakan saja, jangan dimasukkan ke dalam tas.

11. Beli Makanan Lokal

11. Beli Makanan Lokal

Sumber: astronauts.id

Liburan ke suatu tempat takkan lengkap tanpa mencicipi makanan khas atau lokalnya.

Penjual makanan lokal, terutama yang berbentuk warung makan pinggiran, biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada makanan di kafe atau restoran.

Sebelum berangkat, kamu bisa mencari informasi terkait makanan murah meriah di lokasi liburan dan membuat daftar makanan khas yang bisa kamu coba.

Sebenarnya sah-sah saja jika kamu keukeuh ingin makan di tempat hit, asal tidak setiap saat.

12. Beli Oleh-Oleh Secukupnya

Beli Oleh-Oleh Secukupnya

Sumber: Erick McLean via Unsplash

Oleh-oleh merupakan salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur. Selain untuk dinikmati sendiri, oleh-oleh juga kerap dinantikan oleh keluarga atau teman yang tidak ikut berlibur.

Namun, agar tidak over budget, belilah oleh-oleh secukupnya saja dan sesuaikan dengan budget plan yang telah kamu susun sebelumnya.

Ingat, jangan sampai kamu tergiur dengan big sale, apalagi jika barang tersebut sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan.

13. Hindari Tourist Spot

Untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya hindari berbelanja suvenir di tourist spot yang biasanya menjual dengan harga relatif lebih tinggi.

Sebagai alternatif, kamu bisa mencari tempat belanja yang agak jauh dari pusat destinasi liburan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Jangan lupa untuk mengeluarkan kemampuan tawar-menawar kamu agar jauh lebih hemat lagi.

Baca Juga: Jangan Sakit! Ini Dia 10 Tips Menjaga Kesehatan Selama Traveling

14. Pilih Transportasi yang Tepat

Untuk liburan jangka panjang (minimal empat hari), sewa motor atau mobil sangat dianjurkan. Selain lebih hemat biaya, kamu juga lebih leluasa untuk pergi ke berbagai tujuan destinasi.

Sementara itu, jika waktu liburan kamu terbilang singkat, misal antara satu hingga tiga hari, kamu sebaiknya memanfaatkan trasnportasi umum yang ada.

Jika tujuan wisatammu dekat dari tempat menginap, jalan kaki bisa menjadi pilihan. Selain hemat biaya, kamu bisa sekalian olahraga dan mengeksplorasi jalanan yang kamu lewati.  

15. Tetap Jaga Kesehatan

Meski jadwal liburan masih lama, pastikan kamu selalu menjaga kesehatan agar liburan tetap menyenangkan.

Jika kamu mendadak sakit saat liburan, tentu sia-sia sudah segala usaha dan biaya yang kamu kerahkan untuk liburan murah ini. Selain itu, kamu juga tidak bisa menikmatinya dengan baik.

16. Ajak Teman

Agar biaya lebih murah, liburan bareng teman-teman bisa menjadi pilihan. Ada banyak biaya yang bisa kamu hemat, mulai dari penginapan, transportasi dan bahkan makanan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan paket rombongan yang biasanya menawarkan harga lebih murah dibandingkan solo.

17. Memiliki Asuransi Perjalanan

Memiliki Asuransi Perjalanan

Sumber: Porapak Apichodilok via Pexels

Kerap dianggap tidak penting, asuransi perjalanan sebenarnya bisa memberikan manfaat saat kamu berlibur di dalam maupun luar negeri.

Meski harus membayar uang ekstra, asuransi akan membantu kamu hemat dalam situasi darurat, termasuk kecelakaan, sakit, delay pesawat, hingga bagasi/barang hilang.

18. Catat Pengeluaran

Tips liburan murah berikutnya adalah untuk selalu mencatat pengeluaran selama liburan, sekecil apa pun itu.

Dari catatan itu, kamu akan mengetahui ke mana saja uang mengalir sehingga bisa menekan pemborosan. Hal ini juga bisa dijadikan acuan dan pembelajaran untuk liburan selanjutnya.

Baca Juga: Nggak Membosankan! 10 Museum Unik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

19. Perjalanan Malam

Melakukan perjalanan di malam hari bisa membantu menghemat biaya untuk menginap, sebab kamu bisa tidur malam di dalam kendaraan.

Tips liburan murah ini terutama efektif untuk perjalanan jauh yang memakan waktu hingga berjam-jam.

20. Bawa Perbekalan

20. Bawa Perbekalan

Sumber: tastingtable.com

Bawa bekal atau makanan ringan dari rumah untuk menghemat pengeluaran. Gunakan botol minum sendiri untuk menghindari air botol di tempat-tempat wisata yang harganya relatif lebih mahal.

Memilih langkah ini tidak hanya mengontrol anggaran, tetapi juga mendukung keputusan ramah lingkungan. Dengan merencanakan makanan dan minuman sebelumnya, Anda dapat menikmati travelling dengan nyaman dan tanpa khawatir tentang dana tambahan tak terduga.

21. Bawa Peralatan Sendiri

21. Bawa Peralatan Sendiri

Sumber: sindonews.net

Membawa peralatan pribadi dari rumah, seperti handuk dan tabir surya, adalah keputusan bijak untuk mengelola pengeluaran dan memastikan kenyamanan selama perjalanan. Ini tidak hanya menghemat biaya sewa atau pembelian di tempat tujuan, tetapi juga memberikan perlindungan terbaik dari sinar matahari tanpa pengeluaran tambahan.

Jangan lupa membawa perlengkapan lain seperti topi, obat-obatan pribadi, dan perlengkapan darurat untuk menghindari biaya tak terduga. Dengan merencanakan persiapan sebelumnya, Anda dapat menjalani perjalanan dengan nyaman dan tanpa khawatir akan pengeluaran tambahan.

22. Cari Penginapan Murah

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penginapan murah, seperti:

  • Berburu promo di aplikasi travel
  • Menghindari hotel berbintang
  • Menyewa tempat bersama teman, seperti vila, apartemen, dorm, atau guest house
  • Mencoba pengalaman tinggal gratis dengan warga lokal

Bingung menentukan pilihan akomodasi terjangkau? Bobopod bisa menjadi solusinya.

Berlokasi di tempat strategis di tengah kota, hotel kapsul satu ini menawarkan kenyamanan dengan kualitas eksklusif dan harga terjangkau.

P.S. Kamu bahkan bisa mendapatkan harga promo menginap di aplikasi Bobobox!

 

 

 

Penulis artikel: Toffeedev

Foto header: Karolina Grabowska via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles