unnamed (92)

9 Tips Tetap Lancar Berpuasa Selama Bepergian

Siapa yang jadi malas traveling di bulan puasa? Wajar saja sih, energi tubuh juga terasa di ambang batas karena harus menahan lapar, haus, dan rasa kantuk.

Namun, tentunya ada keadaan yang mengharuskan kita untuk bepergian. Misalnya, untuk pekerjaan atau saat waktu mudik tiba. Tapi tenang saja, karena kamu tetap bisa menikmati perjalanan jauh walaupun sedang berpuasa, lho.

Nah, biar puasa tetap lancar selama bepergian, berikut ini Bob berikan 9 tips yang bisa kamu coba lakukan. Simak baik-baik, ya!

Baca Juga: Inilah 11 Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Puasa, Cobain Deh!

Pilih waktu berangkat yang tepat

Photo: Kishor via Unsplash

Berangkat pagi-pagi untuk traveling saat puasa adalah salah satu waktu yang tepat. Mungkin kamu merasa sulit bangun pagi setelah sahur, tapi kalau sampai terlalu siang, perjalanan bakal terasa semakin menyiksa.

Terik matahari di perjalanan, apalagi buat kamu yang mengendarai motor atau mengendarai mobil sendiri, bakal bikin tubuh mudah dehidrasi. Tubuh pun jadi lebih mudah lelah karena kekurangan cairan.

Kalau ingin menghindari macet di pagi hari, kamu juga bisa berangkat saat sore hari menjelang senja agar udara sudah lebih sejuk. Kalau pun terpaksa berada di perjalanan saat tengah hari, kamu bisa beristirahat sebentar di tempat teduh untuk memulihkan energi tubuh.

Siapkan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman

Photo: Harley-Davidson via Unsplash

Kalau kamu tidak menggunakan kendaraan umum dan harus mengendarai mobil atau motor sendiri, pastikan untuk menggunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman, ya.

Misalnya, menggunakan sarung tangan, helm yang nyaman, dan jaket yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis jika mengendarai motor agar tetap ada udara yang mengalir.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? 9 Persiapan Mudik Naik Motor Agar Kamu Aman

Petakan perjalanan

Photo: Freepik

Kalau kamu melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan untuk memetakan rute yang akan ditempuh. Kamu bisa memetakan rute jalan yang akan diambil, di mana tempat beristirahat, tempat salat, dan tempat isi bensin.

Selain untuk menghindari salah jalur yang bisa membuat perjalanan jadi semakin lama, tapi juga agar perjalanan makin efektif.

Makan sahur padat nutrisi

Photo: Freepik

Tips puasa yang sangat penting adalah makan sahur. Jangan sampai lupa sahur ya, karena makan sahur adalah fondasi energimu untuk sepanjang hari. Makanya, pastikan untuk makan makanan sahur yang bergizi lengkap. Santaplah menu 4 sehat 5 sempurna, serta perbanyak sayur dan buah.

Alasannya, sayur dan buah kaya akan serat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama pada tubuh kita. Porsinya tidak perlu terlalu banyak, yang penting cukup mengenyangkan untukmu. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup biar tidak dehidrasi, ya!

Baca Juga: Ini Dia 5 Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Sepanjang Hari

Bawa bekal makanan ringan

Photo: Rachael Gorjestani via Unsplash

Kamu memang sedang berpuasa, tapi pastikan untuk tetap membawa bekal makanan ringan kalau-kalau kamu harus membatalkan puasa di tengah perjalanan. Jangan membeli jajanan asal di luar sana karena kebersihannya tidak terjamin. 

 

Lebih baik membawa bekal sendiri dari rumah. Tidak perlu repot, air putih dan kurma juga sudah cukup, kok. Setelah berbuka seadanya, kamu bisa mencari tempat makan berat yang bersih dan terjamin. Kalau memang bisa, sebaiknya kamu juga sekaligus membawa bekal makanan berat, ya.

Bawa obat-obatan

Photo: Pexels via Pixabay

Salah satu yang tidak boleh dilupakan saat bepergian kemana pun adalah membawa obat-obatan pribadi. Enggak ada yang tahu kapan kamu akan sakit. Kamu harus bersiap dengan segala kemungkinan.

Apalagi kondisi tubuh orang yang berpuasa memang lebih rentan dari biasanya. Jadi, pastikan untuk membawa obat-obatan sederhana seperti obat sakit kepala, minyak angin, obat anti mabuk, obat merah, obat maag, dan perlengkapan P3K sederhana.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Resep Masakan Untuk Bekal Mudik

Hiburan untuk di perjalanan

Photo: Freepik

Enggak jarang rasa lapar dan haus bisa sangat membuat frustrasi di tengah perjalanan. Nah, kamu bisa menciptakan distraksi dengan mempersiapkan hiburan untuk di perjalanan.

Misalnya, dengan membawa buku-buku bacaan atau mengunduh tontonan di platform OTT kesukaanmu. Ini cocok buat kamu yang bepergian dengan kendaraan umum atau tidak menyetir.

Istirahat yang cukup

Photo: Ian Dooley via Unsplash

Untuk perjalanan jauh, pastikan kamu beristirahat dengan cukup. Salah satu tips mudik jarak jauh adalah, ambil jeda sekitar 2 – 2,5 jam sekali untuk beristirahat secara maksimal. Apalagi untuk kamu yang membawa kendaraan sendiri.

Berkendara membuat tubuh kita kaku dan lelah karena tidak terlalu banyak bergerak dalam waktu yang lama. Beristirahatlah untuk sekadar meregangkan badan atau bahkan tidur jika memungkinkan. Untuk ini, kamu bisa memilih tempat seperti SPBU atau tempat ibadah.

Kalau sudah waktu berbuka, jangan lupa juga untuk membatalkan puasamu terlebih dahulu. Dengan beristirahat, aliran darah dalam tubuh akan kembali lancar. Oksigen pun lebih lancar dialirkan ke otak, yang membuat kita lebih fokus saat berkendara.

Baca Juga: Bagi Kamu yang Sedang Mudik, Berikut Rest Area Terbaik di Jawa Timur

Buat rencana liburan yang santai

Photo: pressfoto via Freepik

Terakhir, kamu mungkin bisa membuat rencana liburan yang lebih santai daripada biasanya. Jangan terlalu forsir diri sendiri dengan rencana atau itinerary yang sangat padat selama berpuasa.

Bagaimanapun, energi tubuhmu tidak akan sebesar biasanya. Coba deh, atur itinerary untuk pergi ke lebih sedikit destinasi tapi bisa menikmatinya dengan maksimal. Tidak perlu banyak beraktivitas tapi ujung-ujungnya kamu malah kelelahan dan tersiksa. Setuju?

Isi Kembali Energimu di Bobopod!

Traveling kapan pun dan ke mana pun bisa kamu buat menyenangkan, kok. Termasuk juga saat bulan puasa. Dengan tips di atas, enggak ada lagi alasan malas traveling saat bulan puasa, deh!

Untuk memastikan rencana liburanmu terus berjalan lancar, kamu enggak boleh lupa untuk memilih tempat istirahat yang nyaman untuk mengembalikan energimu yang habis di perjalanan, seperti Bobopod!

Bobopod merupakan hotel kapsul yang menawarkan kenyamanan maksimal dengan kasur single bed atau king size bed yang super empuk. Di dalam kapsulnya pun sudah dilengkapi fasilitas canggih seperti B-Pad, QR Door Lock, Bluetooth Speaker, dan Mood Lamp yang bisa kamu atur sesuka hati.

Masih belum yakin kenapa harus memilih Bobopod? Selain fasilitas kamarnya, ada berbagai keuntungan yang bisa kamu nikmati khusus selama bulan puasa aja, lho.

Pertama, kamu bisa request untuk dibangunkan saat jam sahur tiba. Enggak ada deh, alasan ketiduran karena enggak dengar alarm. Selain itu, kamu juga enggak perlu repot-repot mencari makanan sahur, karena kamu sudah dapat fasilitas makan sahur gratis!

Biar dapat harga terbaik dan informasi seputar promo terbaru, pastikan untuk download aplikasi Bobobox di sini dan pesan Bobopod sekarang juga untuk liburan saat puasa yang menyenangkan!

 

Penulis: Syifa

Header Image: Samuele Errico Piccarini via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles