photo-1495320520040-44186a20c601

Tips dan Trik Mudah Agar Bagasi Tidak Tertukar atau Kesasar

Koper adalah salah satu barang penting saat terbang dengan pesawat. Sayangnya, barang satu ini biasanya memiliki tipe atau desain serupa, sehingga kemungkinan koper tertukar selalu ada. Untuk menghindari hal tersebut, tips bagasi tidak tertukar berikut ini bisa kamu coba.

Pilih Koper yang Mentereng

Sumber: cleverjourney.com

Salah satu tips bagasi tidak tertukar yang bisa kamu coba adalah dengan memilih koper yang mentereng.

Kebanyakan orang biasanya menggunakan koper warna gelap. Kesamaan warna koper dengan penumpang lain pun bisa membuat kamu kesulitan saat mengambil koper dari bagasi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu memilih koper warna cerah, terang, dan bermotif unik. Selain kemungkinan tertukar menjadi lebih kecil, kamu pun bisa lebih mudah menemukannya di conveyor belt.


Baca Juga: Kalender Tahun 2023, Cek Tanggal Merah dan Cuti Bersama Di Sini


Gunakan Luggage Strap

Sumber: kikkerland.com

Selain pemilihan koper, penggunaan luggage strap (sabuk pengaman/tali pengikat koper) juga bisa menjadi pilihan.

Dengan luggage straps yang unik dan berwarna terang, koper kamu akan tampak menonjol sehingga kecil kemungkinan akan terambil penumpang lain.

Selain itu, tips bagasi tidak tertukar ini juga bisa memastikan keamaan koper. Luggage strap biasanya menempel ketat pada koper tanpa ada bagian yang menjuntai, jadi kamu tidak perlu khawatir ada bagian yang tersangkut.

Penggunaan luggage strap juga menjaga agar koper tidak mudah terbuka ataupun dijebol paksa tanpa sepengetahuan kamu. Sebab, aksesoris satu ini biasanya dilengkapi pengaman kunci, kode, atau kata sandi.

Tambahkan Penanda Lain

Sumber: etsy.com

Agar lebih mudah membedakan koper dari milik penumpang lain, kamu bisa menambahkan penanda yang lebih mentereng.

Selain warna koper dan luggage strap yang mencolok, kamu juga bisa menambahkan gantungan kunci pada ritsleting koper sebagai pembeda.

Berikan Informasi dengan Luggage Tag

Sumber: kikkerland.com

Menyematkan luggage tag pada koper bisa membantu kamu terhindar dari insiden koper tertukar. Meski berukuran kecil, benda satu ini berperan cukup besar bagi keselamatan kopermu.

Luggage tag berfungsi sebagai identitas pemilik koper. Biasanya, ia berisi informasi pemilik koper, mulai dari nama, alamat tujuan, nomor telepon, dan email.

Dengan adanya informasi identitas, koper pun tidak akan mudah tertukar. Informasi tersebut juga memudahkan petugas maskapai mengembalikan koper jika tertinggal.

Namun, informasi alamat bisa kamu kosongkan. Pihak maskapai biasanya tidak akan mengirimkan koper ke alamat pemilik tanpa menghubungi pemilik koper terlebih dahulu. Pasalnya, penumpang bisa saja sudah beralih tempat sehingga alamat yang tersemat tidak lagi berlaku.

Selain itu, hindari juga menuliskan alamat rumah pada tag koper untuk meminimalkan risiko koper jatuh ke pihak-pihak yang berniat jahat.

Selain memberikan informasi di luar koper, informasi di dalam koper juga tidak kalah penting. Kamu bisa menaruh informasi serupa, yaitu nama, nomor telepon, dan alamat email.

Jangan lupa tambahkan informasi yang lebih mendetail, seperti tempat tujuan, alamat hotel tempat menginap, dan itinerary wisata kamu.

Dengan tips bagasi tidak tertukar ini, orang yang mungkin salah mengambil kopermu pun akan lebih mudah mengembalikannya padamu.


Baca Juga: 7 Perlengkapan Traveling Esensial Agar Jalan-Jalan Tetap Aman


Double Check Tag pada Koper

Sumber: palmaairport.info

Tips bagasi tidak tertukar berikutnya adalah memastikan kembali informasi pada luggage tag.

Periksa apakah tulisannya cukup jelas dan terbaca, apakah tag-nya tersemat kuat pada koper, dan apakah informasi yang tersemat sudah benar—mulai dari identitas diri hingga kode destinasi pada koper yang sesuai dengan bandara tujuan.

Lepaskan Tag dan Stiker Lama

Sumber: travelocity.com

Sebelum berangkat, pastikan kamu telah melepaskan luggage tag, stiker, dan barcode lama yang tertempel atau tersemat pada koper.

Meski dibiarkan pun tidak masalah, penanda-penanda lama ini bisa saja membuat petugas maskapai atau penumpang lain kebingungan saat koper kamu benar-benar tertukar.

Tips bagasi tidak tertukar ini tentu akan memudahkan orang lain mengetahui ke mana seharusnya koper tersebut pergi.

Bawa Koper Kabin

Sumber: yacobchuk via iStockphoto

Salah satu cara sederhana agar koper bagasi tidak tertukar adalah dengan tidak membawanya sama sekali. Dengan kata lain, kamu dianjurkan untuk membawa barang di dalam koper kabin saja.

Tips bagasi tidak tertukar ini bukan hanya menjauhkan kamu dari risiko koper terambil orang lain, tetapi juga menghemat waktu sebab kamu tidak perlu menunggu di area pengambilan.

Hal ini tentu bisa kamu lakukan jika memang memungkinkan. Kamu juga perlu mempertimbangkan dengan matang, sebab kapasitas kabin dan bagasi cukup berbeda. Batas muatan koper kabin adalah 7 kilogram sementara untuk bagasi adalah 40 kilogram.


Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Solo Traveling


Gunakan GPS atau Alat Pelacak

Sumber: bestproducts.com

Jika kekhawatiran tentang kemungkinan koper tertukar cukup besar, alat pelacak atau GPS bisa menjadi solusi pilihan.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kamu bisa mendapatkan berbagai pilihat alat pelacak canggih, baik dengan jangkau pendek maupun panjang.

Namun, kamu perlu melakukan research terlebih dahulu sebelum menerapkan tips bagasi tidak tertukar ini. Pastikan bahwa alat pelacak kamu tidak menyalahi aturan penerbangan.

Kamu juga perlu mempertimbangkan fungsi, limitasi alat, jangkauan, serta jaringan internet yang terhubung dengannya. Dengan begitu, kamu tidak akan sia-sia telah membelinya.

Foto Koper dan Ingat Ciri Khususnya

Sumber: @liurev via Unsplash

Cara lain untuk menghindari koper bagasi tertukar adalah dengan menyimpan foto koper di ponsel untuk berjaga-jaga.

Kepanikan terkadang membuat kamu bingung dan linglung, sehingga lupa akan detail kopermu sendiri. Nah, dengan foto, kamu bisa menunjukkan gambar koper kepada petugas keamanan atau bagian informasi bandara.

Selain bagian luar koper, kamu juga bisa memotret bagian dalamnya. Hal ini membantu memastikan barang-barang di dalam koper tetap sama seperti saat kamu membawanya dari rumah.

Ingat-ingat pula ciri-ciri khusus pada koper kamu, seperti adanya robekan, gagang yang bengkok, atau roda yang tidak bisa berputar.

Kamu bisa menginformasikan ciri-ciri khusus ini kepada petugas, agar kopermu bisa lebih mudah ditemukan.

Menghadapi Kemungkinan Terburuk

Sumber: thetravel.com

Selalu berharap baik memang perlu. Namun, kesialan bisa menimpa kamu kapan saja, termasuk saat berpergian dengan koper bagasi.

Jika kemungkinan buruk terjadi dan koper kamu benar-benar tertukar, tidak ada salahnya bersiap menghadapi kemungkinan terburuk dengan melakukan tips bagasi tertukar berikut ini:

  • Simpan barang-barang berharga dan dokumen penting seperti uang dan dokumen perjalanan di bagasi kabin saja.
  • Masukkan pakaian ganti, obat-obatan, dan peralatan mandi ke tas kabin.
  • Jika bepergian ke negara yang sedang musim dingin, hindari memasukkan mantel ke dalam bagasi dan lebih baik membawanya ke kabin saja

Menginap Seru? Bobobox Jagonya

Ingin liburan ke luar negeri tapi tabungan dan waktu belum memungkinkan? Nggak masalah! Sambil menabung, tetap manjakan diri dengan liburan atau staycation di dalam negeri bersama Bobobox.

Mengusung gaya futuristik, Bobobox menawarkan pod luas yang membuat kegiatan rebahan tidak terelakkan.

Bukan cuma itu, hotel kapsul satu ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan dan kebutuhan kamu. Ada Wi-Fi, moodlamp, Bluetooth speaker, pantry, communal space, musala, hingga kamar mandi bersih.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunduh aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles