Yuk Cari Tahu 6 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Yuk Cari Tahu 10 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Dalam setiap perjalanan, kita seringkali dihadapkan pada pengalaman tak terlupakan. Namun, di balik pemandangan yang menakjubkan, terkadang ada musuh yang tak ‘mabuk perjalanan’.

Fenomena yang tidak asing bagi banyak pelancong, mabuk perjalanan mampu mengubah petualangan yang menyenangkan menjadi tantangan yang menguji ketahanan tubuh.

Dalam artikel ini, Bob akan membahas pengertian mabuk perjalanan, menggali akar penyebabnya, serta menemukan cara-cara efektif untuk mengatasi gangguan yang tak diinginkan ini.

Apa itu Mabuk Perjalanan?

Apa itu Mabuk Perjalanan

Sumber: medlineplus.gov

Mabuk perjalanan adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gejala pusing, mual, dan muntah ketika berada di dalam kendaraan yang bergerak.

Kondisi ini bisa terjadi akibat otak yang tidak bisa mengolah sinyak gerakan yang dikirim mata, telinga, dan tubuh saat berada dalam perjalanan.

Umumnya, mabuk perjalanan dialami oleh orang yang bepergian menggunakan mobil, bus, kereta api, pesawat terbang, atau kapal laut.

Keluhan tersebut bisa hilang saat sudah terbiasa melakukan perjalanan dengan moda transportasi yang disebutkan tadi.

Meskipun demikian, mengalami mabuk perjalanan tentu membuat perjalanan jadi kurang nyaman. Apalgi mengingat bahwa, tendensimu mengalami mabuk perjalanan bisa saja kambuh jika sudah tidak bepergian dalam jangka waktu lama.

Bobobox Maximum Comfort Banner

 

Memahami Penyebab Mabuk Perjalanan

7 Penyebab Mabuk Perjalanan

Sumber: indiatimes.com

Untuk dapat mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan, pertama-tama kamu harus memahami dahulu apa yang menyebabkan kondisi ini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mabuk perjalanan terjadi akibat otak menerima sinyal yang berbeda dari anggota tubuh.

Saat berada di dalam kendaraan, mata seakan melihat pepohonan bergerak. Sementara itu, otot dan sendi merasa bahwa tubuh berada dalam posisi diam dan tidak bergerak.

Akibatnya, otok tidak bisa memproses informasi apakah tubuh dalam kondisi diam atau bergerak.

Secara umum, ada beberapa hal yang jadi penyebab mabuk perjalanan:

  1. Membaca buku atau bermain smartphone dalam kendaraan
  2. Tidak beristirahat dengan cukup sebelum bepergian jauh
  3. Mengalami perubahan hormonal akibat kondisi seperti haid, hamil, atau minum pil KB
  4. Punya keluarga yang menderita mabuk perjalanan
  5. Mengalami fobia terhadap perjalanan jauh
  6. Menderita penyakit tertentu seperti migrain atau Parkinson

Baca Juga: Tips Wisata dengan Kapal Pesiar yang Wajib Kamu Ketahui!

10 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Berikut adalah beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa dicoba.

1. Hindari Makan Berlebihan

Hindari Makan Berlebihan

Sumber: Adrienn via Pexels

Tips agar tidak mabuk perjalanan pertama adalah menghindari makan secara berlebihan.

Mengonsumsi makanan berlebih bisa mengganggu kinerja lambung. Saat di perjalanan, lambung yang tengah memproses makanan akan terguncang, memicu mual dan menyebabkan mabuk perjalanan.

Selain menghindari konsumsi makanan berlebih, tips agar tidak mabuk perjalanan lainnya adalah menghindari makanan tinggi lemak, pedas, dan berminyak. Ketiga jenis makanan ini dapat membuatmu lebih mudah merasa mual.

2. Jangan Lupa Mengisi Perut

Meskipun makan berlebih dapat menyebabkan mual dan muntah di saat perjalanan, bukan berarti kamu wajib tidak makan saat perjalanan!

Usahakan untuk tidak melakukan perjalanan dengan perut kosong. Perut yang kosong justru dapat meningkatkan risiko terjadinya mabuk perjalanan.

Jika tak sempat makan, bawalah makanan ringan yang rendah lemak untuk dimakan selama perjalanan. Pastikan kamu hanya menyantap makanan dalam porsi kecil tetapi dalam frekuensi yang relatif sering.

3. Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Pilih posisi duduk yang tepat untuk mengurangi rasa mual

Sumber: Pixabay

Apabila kamu termasuk orang yang mudah mabuk perjalanan, cobalah untuk memilih tempat duduk yang paling minim guncangan.

Misalkan saja, jika bepergian menggunakan mobil pribadi, bangku depan adalah pilihan teraman.

Sementara itu, area duduk melawan arus laju kendaraan adalah posisi yang paling dihindari. Ketika duduk berlawanan arah, ini bisa membuatmu lebih rentan merasa mual dan pusing.

Tak hanya memilih posisi yang tepat, jangan lupa juga duduk dengan nyaman dan santai. Tempat duduk yang terlalu sempit dan minim ruang gerak dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan.

Baca juga: 7 Tips agar Tetap Nyaman di Pesawat Walau Duduk di Kursi Tengah

4. Pastikan Kamu Cukup Tidur

Ketika melakukan perjalanan, rasa pusing dan mual dapat disebabkan oleh kurangnya waktu tidur di malam hari sebelumnya. Kondisi tubuh yang terlalu lelah dapat menyebabkan mabuk perjalanan.

Meskipun tidur selama perjalanan dapat membantu mencegah mabuk, hal ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan.

Tidur terlalu banyak selama perjalanan malah dapat membuat tubuh merasa lebih pusing dan lemas. 

Oleh karena itu, hindari begadang sebelum pergi untuk mencegah terjadinya mabuk selama perjalanan.

Dengan menyiapkan tubuh secara maksimal sebelum berangkat, maka kamu dapat menghindari masalah kesehatan seperti mabuk perjalanan dan menikmati liburan dengan lebih nyaman.

5. Istirahatlah

Istirahatlah

Sumber: Ivan O. via Pexels

Ketika melakukan perjalanan jarak jauh, penting untuk mengambil waktu istirahat dan menghirup udara segar.

Berhenti selama beberapa menit setelah menempuh perjalanan selama 4–5 jam dapat membantu menyegarkan tubuh dan mencegah rasa mual serta pusing. 

Selain itu, kamu juga dapat mematikan AC mobil dan membuka jendela agar sinar matahari dan udara segar bisa masuk ke dalam kendaraan.

Jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan jika merasa sesak, istirahatlah sejenak untuk merilekskan tubuh.

6. Hindari Membaca Buku dan Bermain HP

Seperti yang disebutkan sebelumnya, membaca buku dan bermain gadget merupakan salah satu penyebab kamu mengalami mabuk perjalanan.

Kedua kegiatan ini memang ampuh dalam mengatasi kejenuhan saat perjalanan. Akan tetapi, keduanya justru menyebabkan ketidaksesuaian sinyal yang diterima mata dan telinga, sehingga menimbulkan gejala mabuk perjalanan.

Jadi, kurangilah atau bahkan hindari membaca buku dan menggunakan HP saat perjalanan. Untuk menghindari rasa bosan, kamu bisa mendengarkan musik sebagai alternatifnya.

Baca juga: Wajib Siapkan, 7 Tips Perjalanan Jauh dengan Mobil

7. Mengonsumsi Jahe

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh U.S. National Library of Medicine (NIH), jahe bisa menjadi solusi mencegah mabuk dan meredakan gejala mual saat bepergian.

Jahe terbukti efektif dalam mengurangi mual, menghambat aktivitas takigastrik, serta mengurangi pelepasan vasopresin yang disebabkan oleh gerakan lingkaran.

Dengan mengonsumsi jahe, kamu dapat mengurangi risiko mabuk ketika bepergian dan merasa lebih nyaman selama perjalanan. Agar lebih praktis, kamu dapat mengonsumsi permen yang mengandung jahe.

8. Menghirup Aromaterapi

Menghirup Aroma Terapi

Sumber: Halodoc

Pengen coba cara alami hindari mabuk perjalanan? Kamu bisa nih, pakai aromaterapi. Pilih saja minyak esensial favorit, seperti lavender atau lemon.

Kamu bisa meneteskan sedikit ke tisu atau pakai diffuser mobil biar wanginya merata di mobil. Wangi yang menenangkan ini bisa bantu atasi mual dan bikin perjalanan makin asik, jadi bisa menikmati setiap detik perjalanan tanpa digangguin mabuk perjalanan.

9. Jaga Pandangan Tetap Stabil

Mabuk perjalanan disebabkan oleh ketidakmampuan otak mengolah sinyal berbeda yang diterima melalui mata, telinga, dan indera lainnya. Jadi, salah satu cara untuk mencegah mabuk perjalanan adalah dengan menjaga pandangan agar tetap stabil.

Pertama, cobalah duduk menghadap depan saat berkendara, terutama di perjalanan darat menggunakan bus, kereta, ataupun mobil.

Lalu, fokuskan pandangan pada titik tetap di depanmu, misalnya horison atau objek yang tidak bergerak. Ini akan membantu otakmu beradaptasi dengan gerakan kendaraan.

10. Mengonsumsi Obat Mabuk Perjalanan

konsumsi obat untuk atasi mabuk perjalanan

Sumber: Pixabay

Terakhir, kamu bisa mencoba mengonsumsi obat mabuk perjalanan atau anti motion sickness sebelum bepergian. Pastikan untuk mengonsumsinya sesuai aturan pakai dan dosis yang dianjurkan. Sebisa mungkin, minum obat anti mabuk setidaknya satu hingga dua jam sebelum perjalanan agar efeknya lebih maksimal.

Namun, obat anti mabuk punya efek samping seperti menimbulkan kantuk. Perlu diingat konsumsi obat-obatan termasuk obat anti mabuk perjalanan sebaiknya disertai dengan saran dokter!

Baca Juga: Naik Pesawat bersama Anak? Ini 7 Tips Agar Tetap Anteng dan Tidak Rewel

Penginapan Aman dan Nyaman? Bobobox Jawabannya!

Penginapan Aman dan Nyaman Bobobox Jawabannya

Kenyamanan dan keamanan menjadi dua hal penting yang harus kamu perhitungkan dalam memesan sebuah penginapan.

Dari sekian banyak penginapan, Bobobox adalah penginapan yang terdepan dalam menyediakan keduanya.

Untuk pemesanan, kamu bisa melakukannya via aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di Play Store dan App Store.

Bob tunggu di cabang Bobobox terdekat di kotamu!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles