Selama Bulan Puasa, Mari Mengunjungi 8 Tempat Wisata Religi di Jakarta

Selama Bulan Puasa, Mari Mengunjungi 12 Tempat Wisata Religi di Jakarta

Di bulan Ramadan, tak ada salahnya jika kamu berlibur dan mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi.

Alih-alih nongkrong ke mal, kamu bisa coba pergi ke berbagai tempat wisata religi di Jakarta. Selain untuk melepas penat, tempat wisata religi ini bisa menambah wawasan keislaman kamu. 

12 Tempat Wisata Religi di Jakarta yang Unik dan Bersejarah 

Tak perlu jauh-jauh hingga ke negeri Arab, kamu bisa lakukan wisata religi dengan mudah ke beberapa tempat wisata religi di Jakarta berikut ini:

1. Masjid Istiqlal 

Bicara soal tempat wisata religi di Jakarta, Masjid Istiqlal Jakarta adalah salah satu tempat pertama yang wajib kamu kunjungi.

Faktanya, masjid kebanggaan masyarakat Indonesia ini adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia, sekaligus merupakan tempat bekas berdirinya Taman Wilhelmina. 

2. Masjid Si Pitung 

Masjid Si Pitung

Sumber: Binus University

Berikutnya adalah Masjid Si Pitung, yaitu masjid yang sudah berusia lebih dari 420 tahun!

Berlokasi di tepi Pantai Marunda, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara, masjid ini dibangun oleh Si Pitung dan keluarganya pada tahun 1600-an.

3. Masjid Luar Batang 

Selain itu, kamu bisa coba menjajal Masjid Luar Batang yang kerap ramai dikunjungi peziarah. Masjid ini berlokasi di Jalan Luar Batang, Gang V No. 1, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Tempat wisata religi di Jakarta ini dikenal bersejarah, sebab di dalam kompleks masjidnya terdapat makam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus.Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Masjid At Tin 

Sedang liburan ke Taman Mini Indonesia? Jangan lupa untuk mampir sejenak untuk beristirahat dan beribadah di Masjid At Tin.

Masjid legendaris di Jakarta ini  terletak di Jalan Taman Mini 1 No.3, Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Bangunan megah ini faktanya dibangun pada tahun 1967 dan dilengkapi taman berhias lampu dan pohon palem ala Timur Tengah. 

Baca Juga: Tujuan Wisata Religi yang Membuat Ramadan Terasa Meriah!

5. Masjid Perahu Baiturrahman

Masjid Perahu Baiturrahman

Sumber: Binus University

Masjid dengan bentuk arsitektur luar menyerupai perahu ini terletak di Jalan Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. 

Perahu ini melambangkan kisah Nabi Nuh AS yang memberi banyak pelajaran bagi umat Islam. 

Dibangun oleh KH Abdurrahman Masum pada tahun 1960-an, Masjid Perahu Baiturrahman memiliki beberapa hal unik di dalamnnya, seperti Al-Quran berukuran 2×1 meter dan setebal 30 cm. 

Bahkan, terdapat pula emas seberat 3 kg yang berjumlah 99, sesuai jumlah Asmaul Husna! 

6. Jakarta Islamic Center 

Tak lengkap rasanya, jika mengunjungi tempat wisata religi di Jakarta tanpa menambah pengetahuan tentang sejarah dan ajaran Islam itu sendiri. 

Nah, bagi kamu yang tertarik memperdalam ilmu pengetahuan tentang Islam, kamu bisa mengunjungi Jakarta Islamic Center yang berlokasi di Kramat Tunggak, Jakarta Utara. 

7. Masjid Agung Al-Azhar

Masjid Agung

Sumber: Kontraktor Kubah Masjid

Selanjutnya, kamu bisa coba mengunjungi Masjid Agung Al Azhar yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Masjid Agung Al Azhar ini tercatat dibangun pada tahun 1953, dan dikenal memiliki bangunan yang megah dan berwarna putih bak Taj Mahal di India.

Selain kemegahan konstruksinya, banyak wisatawan tertarik untuk datang berkunjung berkat desain taman dan corak bangunannya yang indah.

8. Kampung Arab Jakarta

Tempat wisata religi di Jakarta yang terakhir adalah Kampung Arab Jakarta. Kamu bisa mengunjungi Kampung Arab ini di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Kampung Arab ini merupakan salah satu bagian penting dari kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Konon, sejak awal abad ke-18, banyak masyarakat pendatang dari Timur Tengah yang menetap di kawasan ini.

Hal inilah yang menyebabkan kawasan ini kemudian dikenal dengan sebutan Kampung Arab.

Saat bertandang, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah melakukan ziarah ke Makam Al-Hawi, yang merupakan salah satu wali Allah.

Tentunya, kamu juga bisa beribadah di berbagai masjid di sekitar Kampung Arab, atau berbelanja pernak-pernik unik di sekitarnya.

Baca Juga: Mulai Perjalanan Wisata Religimu dengan Mengunjungi Masjid-Masjid Terindah di Indonesia Berikut Ini

9. Masjid Agung Sunda Kelapa

9. Masjid Agung Sunda Kelapa

Sumber: idntimes.com

Masjid Agung Sunda Kelapa adalah masjid besar pertama di kawasan Menteng. Jakarta Pusat. Fungsinya meliputi kegiatan ibadah, pendidikan, sosial, dan ekonomi secara bersamaan.

Pembangunannya pada tahun 1960 menghadirkan sebuah desain yang tidak menampilkan simbol-simbol tradisional Islam seperti kubah, menara, atau ornamen bulan dan bintang.

Yang menarik, struktur bangunan masjid ini didesain menyerupai bentuk perahu, yang melambangkan pelabuhan Sunda Kelapa. Tempat ini adalah titik perdagangan bagi para pedagang Muslim dan juga menjadi titik penyebaran agama Islam.

10. Masjid Ramlie Musofa

Begitu melihat Masjid Ramlie Mustofa, kesan pertama yang muncul adalah Taj Mahal. Begitu banyak persamaan dengan struktur ikonik India tersebut, mulai dari hadirnya danau, dominasi warna putih, hingga kubah-kubah putih yang menjulang tinggi.

Keunikan arsitektur yang mirip inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, termasuk ruang wudhu terpisah, lift ke lantai 2, parkiran yang luas, serta area duduk untuk istirahat. Di bagian depan, terdapat banyak pedagang yang buka dari siang hingga malam.

Salah satu hal yang unik adalah paduan budaya Islam dan Tionghoa yang tercermin dari ornamen masjid. Kombinasi dari keunikan struktur dan fasilitas yang tersedia menjadikan Masjid Ramlie Mustofa sebagai salah satu destinasi wisata religi yang patut dikunjungi di Jakarta Utara.

11. Masjid Cut Meutia

11. Masjid Cut Meutia

Sumber: Kompas.com

Masjid Cut Meutia adalah rekomendasi berikutnya bagi yang ingin belajar sejarah dan menikmati wisata religi. Keistimewaannya terletak pada struktur bangunannya yang sangat khas dengan gaya kolonial Belanda. Uniknya, gedung yang sebelumnya merupakan pusat arsitektur kini bertransformasi menjadi masjid dan tempat ibadah umat Islam.

Lokasinya yang berdekatan dengan Stasiun Godangdia membuat akses ke masjid ini sangat mudah. Bagi yang datang dari luar kota, memesan tiket kereta untuk berkunjung ke Masjid Cut Meutia sangatlah memudahkan. Jika ingin menginap, tersedia banyak pilihan hotel di sekitar masjid yang dapat dipertimbangkan.

Selain menjadi destinasi wisata rohani, tempat ini juga menawarkan pengalaman wisata kuliner, terutama bagi penggemar kuliner street food. Di sekitar masjid, terdapat banyak pedagang kaki lima yang menawarkan jajanan lezat dengan harga yang terjangkau.

12. Masjid Al Alam Marunda

Destinasi religi berikutnya adalah Masjid Al Alam Marunda. Masjid ini termasuk salah satu bangunan bersejarah yang diakui sebagai warisan cagar budaya oleh Pemerintah Provinsi DKI pada tahun 1975, sehingga menjadi kunjungan yang tidak boleh dilewatkan.

Dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan laut, banyak yang percaya bahwa pemilihan tempat ini terkait dengan penyebaran agama Islam. Keunikan lokasi tersebut juga dianggap dapat membantu pengunjung untuk lebih fokus dan khusyuk dalam beribadah dan berdoa di dalam masjid.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobopod Kota Tua, Jakarta!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Kota Tua, Jakarta

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan: jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobopod Kota Tua, Jakarta. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobopod.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobopod juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

 

 

Penulis artikel: Toffeedev

Foto header: travel.tempo.co

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles