10 Tempat Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi

15 Tempat Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi

Medan, kota yang berada di Pulau Sumatra ini, merupakan surga bagi para pelancong.

Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan kekayaan budayanya yang khas, Medan memiliki banyak tempat wisata yang patut dikunjungi. 

15 Tempat Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi

Kalau kamu tak sabar ingin menjelajahi kota ini, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Medan yang wajib kamu kunjungi!

1. Danau Toba

Wisata Edukasi di Danau Toba

Sumber: @diohsb via Unsplash

Pergi ke Medan tak lengkap tanpa mengunjungi tepi danau terbesar di Indonesia dengan keindahannya yang memukau, yaitu Danau Toba. 

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia. Saat berkunjung ke danau ini, pastikan untuk menikmati keindahan panoramanya yang memukau.

Lalu, sempatkan juga untuk mampir ke Pulau Samosir, yang terkenal dengan kebudayaan Bataknya.Bobocabin Bobobox

2. Istana Maimun

Mengetahui Sejarah Istana Maimun

Istana Maimun merupakan bangunan megah dengan arsitektur Melayu yang mempesona. 

Sebagai informasi, istana Kesultanan Deli yang berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Aur, Medan Maimun ini adalah salah satu ikon Kota Medan.

Kamu bisa menjelajahi kamar-kamar istana dengan interiornya yang mengesankan, serta bagian tamannya yang menawan.

Jika kamu berfoto-foto di sini, feed media sosialmu dijamin akan dipenuhi gambar-gambar yang menakjubkan!

Baca juga: Mengulas Sejarah Istana Maimun hingga Legenda Meriam Puntung di Medan

3. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Sumber: Alhang Nanda via Google Maps

Selanjutnya, jangan lupa kunjungi Masjid Raya Medan yang merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia.

Sendiri mengagumi keindahan arsitektur Islamnya yang klasik dan memukau, kamu juga bisa memandangi panorama kota Medan dari atas menara masjidnya. 

4. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion

Sumber: Kompas.com

Tjong A Fie Mansion adalah sebuah rumah bergaya Tionghoa yang memukau. Rumah ini menghadirkan suasana zaman kolonial dengan furnitur antik dan koleksi seni yang menarik.

Saat menginjakkan kaki di sini, kamu seakan berjalan melintasi waktu. Kamu bisa melihat kehidupan keluarga Tjong A Fie yang berpengaruh di Medan pada masa lalu.

5. Bukit Lawang

Bukit Lawang

Sumber: Google Search

Di Bukit Lawang, kamu bisa menjumpai orang utan di habitat aslinya dan menikmati trekking menantang di hutan hujan tropisnya. 

Tempat wisata ini sendiri bukanlah area berbukit atau pegunungan, melainkan hutan alami yang menjadi rumah bagi beragam satwa dan flora yang hidup dilingkungan liar.

Dengan pemandangannya yang menakjubkan dan udaranya yang sejuk, kamu bisa merasakan petualangan yang tak terlupakan di Bukit Lawang!

6. Toko Pusat Bolu Meranti

Toko Pusat Bolu Meranti

Sumber: bolumeranti.co.id

Toko Pusat Bolu Meranti di Medan adalah salah satu tempat yang terkenal dan menjadi tujuan utama untuk mencari oleh-oleh khas Medan, seperti bolu meranti.

Toko ini memiliki desain modern dan terletak di Jalan Kruing Simpang Razak No. 7C Medan.

7. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Sumber: Ibed Sembiring via Google Maps

Tempat ini menawarkan pengalaman edukatif yang menarik. Sebab, museum ini menampilkan koleksi hewan langka, mulai dari mamalia hingga burung, serta artefak sejarah dan budaya dari berbagai dunia. 

Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk para pencinta alam dan sejarah. Tertarik berkunjung ke sini?

8. Museum Perjuangan

Museum Perjuangan

Sumber: tripadvisor.com

Kalau tadi ada museum berisi koleksi hewan langka, Museum Perjuangan menyimpan koleksi sejarah Indonesia di masa perjuangan sebelum kemerdekaan Indonesia.

Kamu bisa menemukan kisah-kisah heroik para pejuang kemerdekaan di sini. Pamerannya yang informatif dan menarik menggambarkan perjuangan para pahlawan bangsa.

Baca Juga: Sedang di Sumatra Utara? Ini Dia Tempat Wisata Hits Medan yang Anti-Mainstream!

9. Taman Lumbini

Taman Lumbini

Sumber: Hello Kuma via Google Maps

Taman Lumbini adalah taman Buddha yang menakjubkan. Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan patung Buddha yang indah, taman ini memberikan kedamaian bagi pengunjungnya.

Suasana religius dan pemandangan yang menenangkan akan membuatmu lupa akan rasa penat yang tengah kamu rasakan. Yuk, rasakan kedamaian di taman Buddha yang indah ini! 

10. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Sumber: merdeka.com

Gunung Sibayak adalah gunung berapi aktif yang menawarkan pengalaman hiking yang menantang. Dengan pemandangan spektakuler dari puncaknya, gunung ini menjadi tujuan favorit para pendaki.

Yuk, jelajahi gunung berapi aktif ini dan nikmati pemandangan yang memukau dari puncaknya. Mungkin akan menantang, tetapi pemandangannya yang indah akan setimpal!

11. The Le Hu Garden

The Le Hu Garden

Sumber: Faizal Rambe via Google Maps

Buat kamu yang suka aktivitas outdoor, The Le Hu Garden adalah pilihan yang pas. Tempat wisata yang satu ini menggabungkan konsep taman berkebun dengan spot-spot foto yang menarik banget.

Karena tanaman-tanaman yang bikin mata segar, tempat wisata ini kerap menjadi lokasi favorit untuk sesi foto pra-wedding!

Baca juga: Jika Ke Medan Jangan Lupa Mencicipi 8 Wisata Kuliner Medan Berikut Ini!

12. Taman Lope Lope

Taman Lope Lope

Sumber: Nuruddin Cak Udin via Google Maps

Taman Lope-lope, atau yang juga dikenal dengan sebutan Taman Cinta di Pinggir Kota, adalah salah satu tempat wisata gratis yang unik di Medan. Nama “Taman Cinta” mungkin diberikan karena taman ini memiliki elemen-elemen romantik seperti kolam dengan jembatan unik dan bebatuan berbentuk hati, yang sering diidentifikasi dengan simbol cinta.

Tempat ini menawarkan suasana yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga, teman, atau pasangan. Kolam dengan jembatan unik dan bebatuan berbentuk hati menciptakan latar belakang yang menarik untuk berfoto dan mengabadikan momen bersama. Selain itu, adanya ayunan yang sering digunakan sebagai tempat berfoto membuatnya menjadi tempat yang populer di kalangan para pasangan.

13. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni

Sumber: Taku via Google Maps

Graha Maria Annai Velangkanni memang merupakan salah satu gereja yang memiliki desain arsitektur yang unik di Kota Medan, Indonesia.

Gereja ini menggabungkan unsur-unsur arsitektur kuil India-Mughal dengan elemen-elemen Katolik, menciptakan tampilan yang menarik perhatian.

Salah satu ciri khas yang menonjol adalah fasadnya yang mirip dengan kuil atau vihara. Desain ini mencakup kubah-kubah, ornamen-ornamen artistik, dan warna-warna yang mencolok yang umumnya terlihat pada bangunan kuil Hindu atau Buddha.

14. Air Terjun Sibolangit Medan

Air Terjun Sibolangit Medan

Sumber: tempatwisata.pro

Air Terjun Sibolangit merupakan salah satu unggulan destinasi wisata di Medan, Sumatera Utara, menawarkan pemandangan menakjubkan dengan ketinggian 75 meter dan warna air yang kontras.

Air putih turun dari tebing, sementara air biru muda mengalir di telaga bawahnya, menciptakan harmoni yang indah.

Terletak di lereng Gunung Sibayak, akses menuju wisata alam ini menantang namun sepadan. Wisatawan dapat merasakan keajaiban alam yang jarang ditemui, ditemani hutan hujan tropis yang memikat sepanjang perjalanan.

Baca juga: Sejarah Air Terjun Situmurun: Surga yang Aduhai di Tepian Danau Toba

15. Tjong Yong Hian Gallery

Wisata di Tjong Yong Hian Gallery

Sumber: Agustinus Haryanto via Google Maps

Tjong Yong Hian Gallery adalah salah satu destinasi wisata bersejarah yang terletak di Medan, Indonesia.

Bangunan ini memang memiliki sejarah yang kaya dan sekarang berfungsi sebagai museum yang menampilkan koleksi-koleksi yang terkait dengan sejarah dan budaya.

Tjong Yong Hian sendiri adalah seorang pedagang Tionghoa yang sangat berpengaruh pada abad ke-19 di Medan. Ia juga dikenal sebagai salah satu tokoh peranakan Tionghoa yang berjasa dalam perkembangan ekonomi dan budaya di Kota Medan.

Kesimpulan

Medan menawarkan berbagai macam pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dengan keindahan alam dan warisan budayanya, Medan pasti akan meninggalkan kenangan tak terlupakan bagi petualangan wisatamu. 

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Medan ini. Mulailah merencanakan perjalananmu sekarang juga!

Baca Juga: Pergi ke Medan? Jangan Lupa Cicipi 8 Wisata Kuliner Medan Berikut Ini!

Yuk Menginap di Bobocabin Signature Toba!

Yuk Menginap di Bobocabin Signature Toba!

Jika sedang melancong di Medan, pastikan untuk merencanakan kunjungan ke Danau Toba. Keindahan dan kesegaran udara di Toba pasti akan membuatmu rileks, terlebih jika ada kesempatan untuk berkemah di sekitarnya.

Namun, jika kamu tidak ingin direpotkan dengan persiapan berkemah, menginap di Bobocabin Signature Toba bisa jadi pilihan menarik! 

Dengan fasilitas seperti tempat tidur yang nyaman, kabin yang luas, akses Wi-Fi, sampai peralatan BBQ, kamu pasti akan mendapatkan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Lebih menariknya lagi, kamu bisa menikmati pemandangan Danau Toba langsung dari dalam kabin melalui jendela besarnya. Menarik, kan?

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles