tempat wisata di sumba

Inilah 7 Tempat Wisata di Sumba Timur Wajib Dikunjungi, Serasa Warga Lokal!

Sumba Timur terletak di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sumba sendiri telah banyak dikenal karena tempat wisata alamnya yang beragam dan indah, terutama perairannya. Keindahan tempat-tempat wisata di Sumba Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler.

Pasalnya, Sumba Timur menawarkan keindahan alam yang fenomenal dan tidak akan ditemukan di tempat mana pun. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pelancong yang ketagihan berkunjung ke sini. Selain itu, Sumba Timur juga dikenal dengan wisata lokal dan khasnya, yang bisa membuat siapa pun yang berkunjung merasa jadi warga lokal.

Bagi kamu yang menyukai traveling dengan kearifan lokal dan ingin healing, mengunjungi beberapa tempat wisata di Sumba Timur bisa menjadi pilihan.

Kali ini, Bob akan memberikan rekomendasi 7 tempat wisata di Sumba Timur yang khas yang dijamin bikin kamu merasa jadi warga lokal. Yuk, baca artikelnya sampai habis!

7 Tempat Wisata Lokal Khas Sumba Timur

Bagi kamu yang masih belum punya rencana berlibur atau bingung mau liburan ke mana, Sumba Timur bisa menjadi alternatif liburan akhir tahunmu. Sumba Timur banyak menawarkan tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau kerabat dekatmu.

Dari mulai wisata perbukitan, pantai, padang savana, hingga air terjun. Untuk bisa menjelajahi semuanya, kamu membutuhkan waktu liburan panjang. Liburan akhir tahun bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjelajahi Sumba Timur.

Agar kamu tidak terlalu bingung memilih tempat wisata yang mau dikunjungi, Bob sudah merangkum 7 tempat wisata terbaik di Sumba Timur yang bikin kamu jadi serasa warga lokal. Berikut beberapa wisata lokal khas Sumba Timur yang bisa kamu coba.

1. Puru Kambera

Rekomendasi tempat wisata di Sumba Timur yang pertama adalah pantai dan padang savana Puru Kambera. Dikelilingi pohon pinus, pantai ini bukanlah pantai biasa. Arusnya yang tenang adalah tempat yang tepat untuk bersantai.

Selain keindahan pantainya yang menarik wisatawan, kawasan savana ala Afrika juga menjadi simbol utama pantai ini. Kapan lagi kamu bisa menikmati keindahan pantai sekaligus padang savana di satu tempat, kan?

Ditambah lagi, saat musim hujan, kamu bisa berfoto dengan bunga-bunga di padang rumput yang sangat Instagrammable, lho! Postingan kamu dijamin akan banyak like-nya!

tempat wisata di sumba puru kambera

Sumber: befreetour.com

2. Pantai Walakiri

Siapa tak kenal dengan tempat wisata Pantai Walakiri. Pantai ini telah menjadi tujuan populer bagi banyak wisatawan. Mangrove yang tumbuh di kawasan pesisir memiliki bentuk yang unik mirip dengan orang menari.

Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, senja adalah waktu terbaik untuk menikmati pantai ini. Kamu akan melihat hamparan luas pantai yang biru berubah menjadi warna jingga. Dijamin kamu tidak mau beranjak dan melewatkan momen sunset di Pantai Walakiri deh!

Pantai Walakiri

sumber: kangentraveling.com


Baca Juga: 7 Tempat Wisata Ini Ternyata Dekat Dari Stasiun Yogyakarta Lho!


3. Bukit Persaudaraan, Mauliru

Tempat wisata di Sumba Timur berikutnya yang akan bikin kamu serasa warga lokal adalah Bukit Persaudaraan di Mauliru. Jika kamu merasa bosan dengan pemandangan bukit-bukit yang lainnya, kamu wajib kunjungi Bukit Persaudaraan ini.

Pemandangan hamparan sawah hijau tersaji dengan indah di hadapan kamu. Bahkan dengan datangnya musim kemarau, kamu bisa menikmati hijaunya persawahan yang menyegarkan mata.

Kamu pasti tidak akan bosan melihat ke sekeliling dari atas bukit. Selain itu, kamu juga melihat desa dari kejauhan, menyaksikan petani lokal yang meladang, dan lain sebagainya.

tempat wisata di Sumba bukit persaudaraan

Sumber: mytrip.co.id

4. Bukit Warinding

Rekomendasi tempat wisata di Sumba Timur berikutnya adalah Bukit Warinding. Bukit Warinding memang menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Sumba Timur. Selain pemandangan perbukitannya yang paling spektakuler di antara perbukitan lainnya, aksesnya pun mudah dan sangat dekat dengan Waingapu.

Kamu tidak perlu menempuh perjalanan yang sulit. Di sini, kamu bisa menikmati semilir angin sepoi-sepoi dari perbukitan yang sesekali menyapamu akan membuatmu betah berlama-lama di sini!

bukit warinding

Sumber: tripsumba.com


Baca Juga: 7 Tempat Wisata Sekitar Bekasi Terbaik Yang Bisa Kamu Kunjungi!


5. Pantai Tarimbang

Berikutnya yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Tarimbang. Karena aksesnya yang masih sulit, keindahan pantai ini masih sangatlah asri. Meski begitu, pantai ini sudah lama terkenal di kalangan peselancar dunia. Bukit kapur yang megah di satu sisi membuat pantai ini semakin terjal dan anggun.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto dengan tenang tanpa antre dengan wisatawan lain. Di pantai ini juga terdapat pohon yang hanya memiliki dahan dan ranting saja, seperti pohon mati namun masih kokoh.

Kamu bisa menikmati pemandangan pantai dengan nyaman sambil menaiki pohon tersebut. Serasa pantai milik sendiri, ya!

tempat wisata di Sumba pantai tarimbang

Sumber: backpackerjakarta.com

6. The Twin Canyon: Air Terjun Tanggedu

Dari pantai kita beralih ke air terjun. Di Sumba Timur ada juga loh wisata air terjun yang indah, salah satunya adalah Air Terjun Tanggedu yang dikenal juga dengan The Twin Canyon.

Selain berada di desa terpencil bernama Tanggedu yang jaraknya cukup jauh dari Waingapu, kamu juga harus melakukan trekking yang cukup menguras tenaga untuk mencapai air terjun ini.

Namun, rasa lelah dijamin langsung luntur setelah melihat keindahan air terjun Tanggedu. Air terjun ini juga memiliki lapisan bebatuan ala Grand Canyon. Berenang di sini tidak hanya akan menyegarkan tubuh, tapi sekaligus pikiranmu!

tempat wisata di Sumba air terjun tanggedu

Sumber: liputanislam.com


Baca Juga: Sejuknya Berwisata Ke Hutan Pinus Limpakuwus Baturraden, Tempat Wisata Alam Banyumas. Adem Abis!


7. Air Terjun Kolam Jodoh Lewa

Masih wisata air terjun, kali ini tempat wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Kolam Jodoh Lewa. Meskipun namanya Jodoh Lewa, air terjun ini bukan tempat keramat yang bisa mendatangkan jodoh buatmu, ya!

Air terjun ini mirip dengan Air Terjun Wai Marang, tapi lagunanya tidak terlalu besar. Lokasinya yang dekat dengan jalan raya kecamatan Lewa menjadikannya destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumba Timur dari Bobobox yang bisa kamu kunjungi semasa liburan. Jika kamu berencana pergi ke Sumba, jangan lupa persiapkan dengan matang ya.

Lalu, biasakan untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian tempat wisata mana pun.

tempat wisata di sumba air terjun kolam jodoh lewa

Sumber: maxfmwaingapu.com

Lengkapi liburan akhir tahunmu dengan melepas penat di Bobocabin Sumba. Momen healing kamu dijamin lebih asyik!

Setelah lelah menjelajahi tempat wisata di Sumba Timur, kamu pasti ingin beristirahat dan merebahkan badan. Tubuh yang sudah lelah tentu mendambakan tempat nyaman untuk recharge energi. Namun, kamu bosan dengan ruangan hotel yang begitu-begitu saja.

Jangan khawatir! Bobocabin segera hadir di Sumba untuk kamu yang ingin istirahat dikelilingi suasana alam asri. Ruangan kabin berkonsep natural namun tetap dilengkapi dengan teknologi masa kini akan buat pengalaman menginapmu lebih menyenangkan.

Kamu bisa menikmati kabin yang luas, kasur yang empuk, Wi-Fi, hingga jendela kaca yang langsung menampilkan pemandangan alam sekitar.

Dengan begitu, kamu bisa stay di dalam ruangan namun serasa berada di alam. Sungguh menakjubkan, bukan?

Saatnya melengkapi momen liburanmu di Sumba bersama orang terkasih dengan Bobocabin. Nantikan kehadiran Bobocabin di Sumba dan jangan lupa ajak orang terdekatmu untuk menginap bersama, ya!

Download aplikasinya di sini untuk informasi lebih lengkap!

toilet bobocabin signature toba

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles