Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Pulau Jawa. Ia menawarkan berbagai macam tempat wisata, mulai dari destinasi edukatif yang kaya sejarah dan budaya, panorama alam yang indah, hingga pusat perbelanjaan untuk membeli oleh-oleh khas Jogja.

Bob sudah merangkum sejumlah rekomendasi tempat wisata di Jogja paling terkenal yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Jogja. Agar liburanmu makin menyenangkan, jangan lewatkan tempat-tempat ini, ya!

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Jogja paling terkenal yang wajib kamu kunjungi:

1. Keraton Jogja

Keraton Jogja

Foto: terasmalioboro.jogjaprov.go.id

Keraton Jogja saat ini masih berfungsi sebagai kediaman Sultan dan keluarga Sultan. Namun, tempat ini juga sekaligus menjadi museum yang memamerkan berbagai macam barang-barang unik dan bersejarah.

Barang yang dipamerkan bermacam-macam, mulai dari barang-barang rumah tangga keluarga kesultanan Jogja hingga barang-barang hadiah pemberian dari para raja asal Eropa.

Kamu bisa menyewa jasa pemandu untuk menemanimu berkeliling Keraton. Dengan begitu, kamu akan lebih mengerti penjelasan di balik arsitektur dan sejarahnya.

Keraton Jogja dapat dikunjungi pukul 08.30–14.30 WIB saja, jadi akan lebih baik kalau kamu berkunjung pada pagi hari.

Baca Juga: 7 Kampung Batik Jogja, Sekarang Kamu Bisa Wisata Sekaligus Belajar Membatik

2. Taman Sari

Taman Sari

Foto: pariwisata.jogjakota.go.id

Taman Sari merupakan semacam kompleks besar yang memuat kolam-kolam pemandian, taman, dan beberapa bangunan untuk keluarga kesultanan. Kompleks ini mulai dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I, tepatnya pada tahun 1758.

Dulunya, tempat ini pernah digunakan tempat perlindungan. Saat musuh menyerang Keraton, Sultan dan keluarganya dapat menyelamatkan diri lewat jalan bawah tanah.

3. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Foto: kebudayaan.jogjakota.go.id

Benteng Vredeburg dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda. Kala itu, dalih Belanda adalah untuk menjaga keamanan kesultanan. Padahal, sesungguhnya Belanda menggunakan benteng ini untuk mengintai dan mengawasi segala kegiatan Keraton.

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Foto: sintiaastarina.com

Pasar Beringharjo merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang paling terkenal untuk membeli buah tangan dengan harga miring. Pasar tertua di Jogja ini juga tempat yang ideal untuk menjelajahi kekayaan budaya Jogja lewat kerajinan tangan, pakaian, dan oleh-oleh khas.

Bobobox Maximum Comfort Banner

5. Jalan Malioboro

Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Foto: Indojavaholiday

Siapa yang tak tahu Jalan Malioboro? Jalan Malioboro adalah jalan paling terkenal di Jogja, jadi rasanya tak lengkap jika belum mampir ke jalan ini. 

Kamu dapat menjumpai toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, mulai dari kerajinan tangan, kain batik, pakaian khas Jogja, bermacam oleh-oleh, hingga makanan. 

Salah satu ciri khas yang dapat kamu temui di Jalan Malioboro adalah banyaknya pedagang makanan lesehan dan angkringan. Biasanya, pedagang makanan ini akan mulai menggelar lesehannya setelah jam 17.00 WIB.

6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Wisata Jogja

Foto: salsawisata.com

Pantai Parangtritis merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang paling terkenal sehingga tak pernah sepi pengunjung. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan kuat.

Salah satu daya tarik yang bisa kamu coba adalah menjajal paralayang dari Bukit Paralayang Watugupit dengan pemandangan pantai yang indah.

Baca Juga: 8 Pantai Terdekat di Yogyakarta dengan Pemandangan yang Menakjubkan!

7. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Foto: alodiatour.com

Selain Pantai Parangtritis, Pantai Wediombo juga merupakan salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang paling terkenal. Daya tariknya ada pada kolam renang alami atau lagunanya. Selain itu, Pantai Wediombo juga terkenal sebagai tempat berselancar yang ideal.

8. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Foto: travelspromo.com

Pilihan wisata pantai lainnya yang tak kalah populer adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini terkenal dengan panorama pasir putih dan air laut birunya yang memesona.

Pantai Indrayanti relatif bersih dan bebas polusi, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin refreshing menghilangkan penat dari hiruk pikuk perkotaan. 

9. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Foto: Ranidya via Gmaps

Selain pantai, kamu juga bisa menikmati keindahan panorama air terjun yang menakjubkan di Jogja. Salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Kedung Pedut.

Keunikan air terjun ini ada pada airnya yang tampak memiliki dua warna, yakni putih dan toska. Hal ini disebabkan oleh warna batuan dasarnya yang perlahan larut dan mengubah warna air.

Selain bermain air di kolamnya, kamu juga bisa bermain flying fox dan sepeda gantung di sini.

10. Bukit Mojo

Bukit Mojo

Foto: busjogja.id

Tempat wisata ini menawarkan panorama perbukitan yang cantik. Spot favorit para wisatawan adalah instalasi sarang burung di atas bukit yang kerap dimanfaatkan sebagai tempat foto-foto.

11. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Foto: Muhammad Lutfi via Gmaps

Goa Jomblang merupakan gua vertikal dengan hutan purba di dasarnya. Gua ini terbentuk akibat proses geologi yang terjadi ribuan tahun lalu, yakni amblesnya tanah beserta vegetasi di atasnya ke dasar bumi.

Jika kamu tidak membawa peralatan untuk menjelajahi gua, kamu bisa menyewanya di sini dengan biaya sekitar Rp450.000–1.000.000 per orang. Ini sudah termasuk makan siang dan pemandu yang akan menemanimu menelusuri gua.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Indoor Yogyakarta Saat Menginap di Bobobox Malioboro

Hotel Murah Meriah di Yogyakarta? Bobopod Malioboro Jawabannya!

bobobox

Berlibur ke Jogja akan lebih seru kalau kamu bisa melakukan beragam kegiatan dan menjelajahi kota dengan maksimal. Agar bujet tidak jebol, kamu bisa menginap di Bobopod Malioboro yang terjangkau, aman, dan nyaman!

Dengan sistem kode QR yang canggih, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat. Lokasinya juga strategis dan dekat berbagai lokasi wisata serta kuliner, jadi kamu tidak perlu habis banyak untuk transportasi.

Yuk, pesan pod yang kamu mau dan rasakan pengalaman baru menginap di hotel kapsul!

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Indojavaholiday

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles