Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara

Jalan-Jalan? Yuk, Kunjungi 20 Tempat Wisata di Jakarta Utara Berikut Ini!

Jakarta yang kita kenal adalah kota metropolitan, sarat dengan masyarakat yang sibuk dan gedung-gedung menjulang tinggi. Namun, di antara kesibukan tersebut, terdapat pula berbagai tempat yang dapat kamu singgahi untuk beristirahat sejenak dari rutinitas.

Salah satu kawasan yang tepat untuk jalan-jalan adalah Jakarta Utara. Selain menyimpan berbagai aktivitas seru, area kota ini juga terkenal sebagai area pelabuhan dan produsen seafood segar. Yuk, maksimalkan waktu liburanmu di Jakarta Utara!

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara

Berikut 20 tempat wisata di Jakarta Utara yang tidak boleh kamu lewatkan.

Wisata Edukasi

1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Sunda Kelapa

Sumber: wirariyannika.blogspot.com

Lokasi: Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jakarta

Pelabuhan ini merupakan bagian penting dari sejarah Indonesia. Kamu masih bisa melihat berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur zaman dahulu di sekitar area pelabuhan. Kamu pun bisa menggunakan puluhan kapal yang ada sebagai backdrop Sumber estetis.

2. Museum Bahari

Museum Bahari

Sumber: Haryo Sutanto via commons.wikimedia.org

Lokasi: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440

Terletak sekitar 2,8 km dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari adalah destinasi wisata Jakarta Utara yang wajib dikunjungi penggemar sejarah. 

Kawasan museum merupakan kawasan yang telah dialihfungsikan. Di gedung yang dulunya merupakan gudang rempah-rempah VOC ini, kamu dapat mempelajari koleksi berbagai peninggalan bersejarah, terutama yang berhubungan dengan kelautan.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung Tempat WIsata di Jakarta Utara

Sumber: Reynas via Tribunnews

Lokasi: Jl. Kampung Marunda Pulo, RT.2/RW.7, Marunda, Kec. Cilincing, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14150

Si Pitung adalah tokoh legendaris Betawi yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Nah, Rumah Si Pitung adalah rumah panggung yang dijadikan Cagar Budaya Betawi dalam upaya mengenang sejarah perjuangan sang pahlawan.

Kamu hanya cukup membayar Rp5.000 (dewasa) dan Rp1.500 (pelajar) untuk mempelajari adat Betawi dan melihat koleksi peralatan yang digunakan untuk melawan Belanda.

Baca Juga: Lezat dan Unik! 10 Camilan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Jakarta

Wisata Aktivitas Seru

4. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi (Dufan)

Sumber: ancol.com

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Liburan ke Jakarta Utara rasanya tidak lengkap tanpa mengunjungi Dufan, pusat hiburan dan rekreasi outdoor keluarga. Tak hanya menawarkan berbagai wahana permainan seru seperti kora-kora, poci-poci, hingga rollercoaster, terdapat juga berbagai permainan seru yang edukatif.

5. Alive Museum Ancol

Alive Museum Ancol

Sumber: jalanbarengarif.com

Lokasi: Ancol Beach City Mall, 3rd Floor Jalan Ancol Beach City Pademangan, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Di Alive Museum Ancol, kamu bisa mengambil banyak Sumber di depan berbagai lukisan dengan ilusi 3D yang membuatnya terlihat seakan nyata. Terdapat juga berbagai patung lilin tokoh-tokoh ternama yang bisa kamu jadikan teman foto.

6. Faunaland Ancol

faunaland-ancol

Sumber: ancol.com

Lokasi: Ecovention Building – Ecopark, Jl. Lodan Raya, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Kamu dapat menyaksikan aneka ragam satwa di tanah seluas kurang lebih 5 hektare ini. Termasuk di antaranya adalah koleksi hewan langka dan unik seperti singa putih Afrika Selatan.

Selain melihat koleksi satwa, kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan beberapa jenis hewan. Kamu dapat memberi mereka makanan, berkeliling area naik sampan, menunggang kuda poni, hingga menyaksikan bird show.

7. Jakarta Bird Land Ancol

Jakarta Bird Land Ancol

Sumber: tiket.com

Lokasi: Jl. Lodan timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Jika menonton bird show saja belum cukup, maka kamu wajib mengunjungi Jakarta Bird Land Ancol. Kamu dapat mempelajari kehidupan berbagai jenis burung di sini, mulai dari burung Makau Amerika, Kakatua Indonesia, Rangkong, burung pemangsa, hingga burung perairan.

8. Ocean Dream Samudra Ancol

Ocean Dream Samudra Ancol

Sumber: ancol.com

Lokasi: Jl. Lodan timur No.7 RW.10, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Masih seputar wisata edukasi bertema satwa, Ocean Dream Samudra adalah oseanarium terbesar yang memperkenalkan berbagai satwa air tawar dan air laut di akuarium besarnya.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menikmati pentas aneka satwa (seperti lumba-lumba dan singa laut) serta menaiki berbagai wahana seru bersama keluarga.

Baca Juga: Mengenal 10 Kebiasaan Orang Betawi yang Jarang Diketahui, Unik!

9. Sea World Ancol

Sea World Ancol

Sumber: tiket.com

Lokasi: Jl. Lodan timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Sea World adalah tujuan wajib untuk mempelajari dunia laut lebih dalam. Bagaimana tidak, terdapat ribuan jenis biota air laut yang dapat kamu lihat di sini.

Selain itu, kamu juga bisa melihat feeding show di akuarium utama, berinteraksi langsung dengan berbagai hewan di kolam sentuh, serta menjelajahi museum yang menampilkan beragam jenis hewan yang telah diawetkan, termasuk jenis ikan purba!

10. Atlantis Ancol

Atlantis Ancol

Sumber: ancol.com

Lokasi: Jl. Lodan Timur, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Setelah seharian mempelajari biota laut, mungkin kamu juga jadi ingin menikmati segarnya air melalui aktivitas air seru. 

Atlantis Ancol adalah taman bermain air yang menyediakan berbagai slides dengan kecepatan dan level ekstrem yang berbeda. Terdapat pula kolam ombak yang memberi sensasi seolah kamu sedang berada di pantai.

11. Aqua Fun Ancol

Aqua Fun Ancol

Sumber: Irwan Rismawan via Tribunnews

Lokasi: Gedung Gondola Ancol Tower A lt 2 Taman Impian Jaya, Ancol, Pademangan, North Jakarta City, Jakarta 14430

Jika kamu ingin aktivitas air yang lebih menantang, maka kamu tak boleh melewatkan Aqua Fun Ancol. Dengan desain serupa acara Wipeout, wahana permainan ini memiliki 10 rintangan yang dibuat khusus untuk menguji ketangkasan di atas air!

12. Ecopark Ancol

Ecopark Ancol

Sumber: ancol.com

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Taman yang satu ini memiliki beberapa fasilitas seru untuk menunjang quality time bersama keluarga maupun teman-teman. Kamu bisa menaiki sepeda air bebek sambil menikmati pemandangan atau bersepeda di area taman yang luas.

Wisata Alam

13. Pantai dan Taman Ancol

Pantai dan Taman Ancol

Sumber: ancol.com

Nikmati keindahan pantai berpasir butih yang indah di Pantai Ancol. Selain cocok sebagai tempat jalan-jalan, jogging, dan bersepeda, kamu juga bisa menghabiskan quality time dengan mengadakan piknik di area pantai.

Baca Juga: 7 Tempat Liburan di Jakarta yang Murah Meriah Tapi Menyenangkan

14. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Sumber: jakartamangrove.id

Lokasi: Jl. Garden House, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470

Konservasi alam mangrove ini memiliki luas sekitar 99 hektare dan merupakan tempat seru untuk wisata alam. Selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan, kamu juga dapat menjelajahi alam melalui wisata air speedboat kano atau perahu dayung sampan.

15. Pantai Pasir Putih PIK 2

Pantai Pasir Putih PIK 2

Sumber: Shalika Rahma Kencana, Ni Nyoman Wira Widyanti via Kompas Travel

Hamparan pasir putih dan laut biru menunggumu. Selain menikmati panorama cantik ini, kamu juga dapat menikmati ragam kuliner yang tersedia di berbagai area sekitar pantai.

Wisata Jalan-Jalan & Kuliner

16. Urban Farm

Urban Farm

Sumber: Hestianingsih via Wolipop

Lokasi: Kawasan Pantai Maju, Jl. The Golf Island Boulevard Kel, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Merupakan perpaduan antara ruang kreatif dan pusat kuliner, Urban Farm adalah tempat yang nyaman untuk menikmati hari sambil icip-icip berbagai jenis makanan lezat.

Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Kinetic Farm yang merupakan pusat penelitian tanaman. Kamu dapat membeli berbagai jenis tanaman organik, herbal, dan hidroponik di sini.

17. Cove at Batavia

Cove at Batavia

Sumber: coveatbataviapik via Instagram

Lokasi: Pantai Golf Island, Jl. Pantai Indah Kapuk No.1, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, 14460

Satu lagi tempat hangout di area outdoor yang tak boleh kamu lewatkan! Nikmati pemandangan laut yang indah dengan desain bangunan ala Los Angeles. Jangan lupa untuk mencoba aneka makanan dan minuman di berbagai gerai yang ada, mulai dari gelato hingga sushi.

Baca Juga: Berani Berkunjung? Ini Dia 10 Tempat Angker di Jakarta!

18. Pantjoran PIK

Pantjoran PIK

Sumber: pantjoranpik via Instagram

Memiliki nuansa ala Tionghoa, Pantjoran PIK adalah surga kuliner wisatawan. Terdapat beragam jenis makanan yang dapat kamu nikmati, mulai dari bakpao, kopi, dimsum, nasi hainan, bakmi, hingga makanan pencuci mulut seperti es campur.

Terdapat beberapa hiburan mingguan yang dapat kamu saksikan juga di sini, seperti tarian seribu tangan, barongsai, dan tai chi.

19. Bandar Djakarta

Bandar Djakarta

Sumber: 3millionmiletraveler via Tripadvisor

Lokasi: Jl. Pantai Indah No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Penggemar seafood ayo merapat! Restoran satu ini memiliki konsep unik layaknya pasar ikan, tempat kamu bisa memilih varian seafood segar untuk dimasak langsung oleh koki andal.

20. Seafood Ayu

Seafood Ayu

Sumber: piknikdong.com

Lokasi: Jl. Boulevard Bar. Raya No.15, RT.18/RW.3, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Satu lagi restoran seafood yang tak boleh kamu lewatkan, Seafood Ayu menyajikan berbagai menu seafood yang menggugah selera, seperti cumi goreng tepung, kepiting saus padang, dan cah taoge teri.

Istirahat Nyaman dan Terjangkau di Bobobox!

Istirahat Nyaman dan Terjangkau di Bobobox

Hotel Kapsul Bobobox adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan harganya terjangkau. Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles