tempat wisata anak di sentul

Liburan dengan Keluarga? Jangan Lupa Mengunjungi 15 Tempat Wisata Anak di Sentul Berikut Ini!

Sentul merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta menjadikan kawasan Sentul dan sekitarnya salah satu destinasi favorit untuk liburan bersama anak. Lalu, apa saja tempat wisata anak di Sentul dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Simak rekomendasinya berikut ini!

15 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Sentul

1. Kampung Mentari Sentul

Kampung Mentari Sentul

Sumber: Agrowisata Hambalang – Kampung Mentari Sentul via Gmaps

  • Alamat: Jalan Raya Hambalang, Kampung Cikalahang, Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp100.000, Rp135.000, dan Rp200.000 per peserta (sudah termasuk tiket masuk, saung, makanan, dan snack)

Salah satu tempat wisata anak yang bisa kamu jumpai di sekitar Sentul adalah Kampung Mentari Sentul. Tempat ini menawarkan beragam aktivitas menarik untuk mengasah kemampuan anak-anak.

Aktivitas yang bisa dipilih meliputi berkebun, membuat prakarya, bermain lumpur, menangkap ikan, panen sayur, outbound, rafting, dan camping. Agar kegiatan lebih terorganisasi, Kampung Mentari telah menyediakan petugas yang akan memandu kegiatan anak-anak.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Wisata Alam Bogor yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

2. EcoArt Park Sentul

EcoArt Park Sentul

Sumber: sentul.city

  • Alamat: Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 10.00–22.00 (hari biasa) dan 07.00–22.00 (weekend)
  • HTM: Rp10.000

EcoArt Park Sentul merupakan sebuah taman di dalam kompleks perumahan Sentul City. Tempat wisata anak di Sentul ini menyuguhkan karya patung dari sejumlah seniman terkenal, termasuk Salvador Dali, Fernando Botero Angulo, dan beberapa seniman asal Indonesia. 

Beberapa karya yang bisa kamu jumpai adalah patung robot dari bekas spare part mobil serta karya 3D dari bekas gerbong kereta. Setelah puas melihat-lihat, kamu bisa mengajak anak-anak ke wahana permainan yang tersedia, seperti parabola aktif dan sepeda di atas tali.

3. Gumati Waterpark

Gumati Waterpark

Sumber: @gumatiwaterpark via Instagram

  • Alamat: Jalan Babakan Tumas No.16, Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 09.00–17.00
  • HTM: Rp40.000 (weekdays) dan Rp60.000 (weekend)

Wisata anak di Sentul berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Gumati Waterpark. Sesuai namanya, tempat ini menyediakan beragam wahana permainan air yang bisa dinikmati anak-anak hingga dewasa.

Kamu bisa mencoba kolam anak, kolam voli air, kolam renang Olympic, waterboom, dan kolam arus. Selain itu, Gumati Waterpark juga menyediakan wahana outbound berupa flying fox, sepeda gantung, panahan, jembatan goyang, jembatan tali, dan masih banyak lagi.

Bobocabin Bobobox

4. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park

Sumber: jungleland.id

  • Alamat: Kawasan Sentul Nirwana, Jaln Jungle Land No.1, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 10.00–17.00 (weekdays) dan 09.00–18.00 (weekend)
  • HTM: Rp155.000 (weekdays), Rp175.000 (weekend), dan Rp195.000 (high season)

Jungleland merupakan taman rekreasi seluas 35 hektare adengan lebih dari 32 wahana untuk anak-anak hingga dewasa. Wahana-wahana tersebut terbagi ke dalam empat kategori, yaitu wahana dewasa, keluarga, anak-anak, dan aktivitas.

Masing-masing kategori menawarkan beragam permainan mengasyikkan, mulai dari kincir angin raksasa, rumah hantu, korsel, trampolin, kursi ayun, kereta mini, kolam renang, hingga flying fox.

5. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City

Sumber: tamanbudaya.co.id

  • Alamat: Jalan Siliwangi No.1, Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 08.00–17.00
  • HTM: Gratis

Taman Budaya Sentul adalah taman rekreasi luar ruangan yang menyediakan beragam permainan menarik untuk anak. Ada flying fox, jembatan gantung, becak mini, berkuda, jaring merayap, mobil-mobilan, panahan, papan goyang, climbing wall, dan masih banyak lagi.

Jika kamu hanya sekadar berjalan-jalan di sekeliling Taman Budaya Sentul, kamu tidak akan dipungut biaya apa pun. Namun, untuk menikmati berbagai wahana permainan yang ada, siapkan biaya tambahan mulai dari Rp15.000-an hingga ratusan ribu.

6. Hutan Pinus Sentul

Hutan Pinus Sentul

Sumber: @gunungpancar via Instagram

  • Alamat: Jalan Ke Karang Tengah, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp5.000 (hari biasa) dan Rp7.500 (hari libur/akhir pekan)

Berlokasi di ketinggian sekitar 800 mdpl, Hutan Pinus Sentul bisa menjadi pilihan asyik untuk menghabiskan akhir pekan bersama anak-anak. Di tempat wisata anak di Sentul ini, kamu tak hanya bisa menikmati kesejukan dan keindahan deretan pohon pinus yang menjulang.

Kamu juga mengajak anak-anak untuk menjajal beragam aktivitas seru. Sebut saja piknik santai, camping, bersepeda, berkuda, hiking, trekking, hingga outbound.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Bogor Dekat IPB untuk Melepas Penat

7. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Sumber: Theresia Intan via Gmaps

  • Alamat: Jalan Ir H Juanda No. Kav. 8, Desa Cipambuan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 10.00–22.00 (weekdays) dan 08.00-22.00 (weekend)
  • HTM: Gratis

Berlokasi di tepian Sungai Cikeas, Pasar Ah Poong bisa menjadi pilihan untuk wisata kuliner bersama anak.

Tidak tanggung-tanggung, pusat kuliner satu ini menyediakan setidaknya 80 jenis makanan yang siap menggoyang lidah kamu. Ada ayam taliwang, mi Jawa, nasi bumbu bakar, sate kambing, soto konro, takoyaki, pisang goreng, rujak ulek, hingga es krim Turki.

Selain makanan, terdapat juga area permainan yang terdiri dari wahana pasir kinetik, komidi putar, panahan, airsoft gun, bola air, dan lainnya.

8. Garuda Farm Sentul

Garuda Farm Sentul

Sumber: Chandra Kartika via Gmaps

  • Alamat: Jalan Raya Bojong Koneng, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 07.30–16.00
  • HTM: Rp150.000–650.000

Garuda Farm Sentul cocok untuk kamu yang ingin berwisata edukasi tentang peternakan. Kamu akan diajak melihat secara langsung proses pengolahan susu sapi segar.

Selain sapi, tempat wisata anak di Sentul ini juga memiliki ayam petelur, ikan, kebun tanaman hidroponik, serta sejumlah saung untuk beristirahat.

Produk-produk yang dihasilkan, termasuk susu, sayuran, hingga telur, bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai dari Rp10.000-an.

9. Sentulfresh

Sentulfresh

Sumber: : junjoey channel via Gmaps

  • Alamat: Kampung Cijulang, Desa Cadas Ngampar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 08.00–16.00
  • HTM: Rp50.000–Rp125.000

Alternatif lain untuk mengedukasi anak tentang peternakan dan interaksi dengan hewan adalah Sentulfresh.

Dengan luas sekitar 2 hektare, Sentulfresh menawarkan tiga tema edukasi, yaitu hewan, tanaman, dan bioteknologi. Ketiga tema tersebut kemudian dibagi kembali menjadi 13 kegiatan yang mengasyikkan.

Dari kategori hewan, anak-anak bisa mengikuti kegiatan memerah susu sapi, memberi makan ikan, hingga berkenalan dengan kelinci, hamster, rusa, kura-kura, dan burung.

Selain itu, ada juga kegiatan mengenal tanaman obat, bioteknologi (membuat yogurt), observasi cacing Lumbricus rubellus, menangkap ikan, dan belajar tentang reboisasi.

10. Cibuluh Land

Cibuluh Land

Sumber: @cibuluh_campingground via Instagram

  • Alamat: Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp50.000

Camping bisa menjadi cara menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan anak-anak. Salah satu lokasi yang bisa kamu coba adalah Cibuluh Land.

Selain menikmati pengalaman tidur bertemankan perbukitan hijau dan udara menyejukkan, kamu juga bisa menjajal kegiatan menarik di sekitar area camping ground, seperti susur Sungai Cibuluh, fun games, serta wisata ke Leuwi Kanyere, Curug Banyu, dan Curug Leuwi Koneng.

11. Villa Bukit Hambalang

Villa Bukit Hambalang

Sumber: Villa Bukit Hambalang via Gmaps

  • Alamat: Jalan Raya Hambalang, Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 08.00–16.00
  • HTM: Rp20.000

Villa Bukit Hambalang merupakan tempat menginap yang sekaligus menawarkan sarana rekreasi dan edukasi bagi pengunjung. Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah area kolam renang outdoor-nya.

Selain itu, tempat wisata anak di Sentul ini juga menyediakan taman bermain anak, perkebunan, kandang kelinci dan soang, kolam terapi ikan, area paintball, dan pendopo.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Cafe di Bogor Dekat Stasiun

12. JBound

JBound

Sumber: jbound.net

  • Alamat: Jalan Bogor Nirwana Residence, Desa Ranggamekar, Kecamatan Bogor Sel, Kota Bogor
  • Jam operasional: 09.00–17.30 (weekdays) dan 08.00–18.00 (weekend)
  • HTM: Rp50.000–Rp165.000

Jbound merupakan tempat rekreasi dan edukasi yang menawarkan beberapa pilihan paket untuk dewasa maupun anak-anak. Paket tersebut terbagi menjadi paket wahana, fun program, dan edukasi.

Tergantung paket yang kamu ambil, kamu bisa menikmati aneka kegiatan dan fasilitas yang tersedia. Di antaranya adalah mini zoo, outbound, animal feeding, kano, bola air, trampolin, panahan, ATV, melukis topi caping, menangkap ikan, dan masih banyak lagi.   

13. Sawah Segar Sentul

Sawah Segar Sentul

Sumber: Rudi Asmara via Gmaps

  • Alamat: Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 10.00–18.00 (weekdays) dan 08.00–18.00 (weekend)
  • HTM: Gratis

Sesuai namanya, Sawah Segar & Nursery merupakan tempat makan keluarga dengan pemandangan hamparan sawah yang memanjakan mata. Tempat ini menyediakan sejumlah joglo dan gazebo yang bisa kamu capai dengan melewati pematang sawah.

Sawah yang ada di sana tentunya merupakan sawah asli sehingga pemandangan yang kamu dapat akan berbeda-beda. Kamu bisa saja datang saat padi masih pendek, gundul, atau bahkan saat panen.

14. Curug Putri Kirana

Curug Putri Kirana

Sumber: Wempy Saudale via Gmaps

  • Alamat: Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang
  • Jam operasional: 07.00–17.00
  • HTM: Rp25.000

Curug Putri Kencana merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar tujuh meter. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan hijau serta bebatuan tinggi yang membuat suasana begitu asri dan menyejukkan.

Aliran air Putri Kencana jatuh ke sungai di bawahnya yang tampak begitu jernih, sampai-sampai kamu bisa melihat sampai kedalaman 4–6 meter.

Kamu bisa mengajak anak-anak untuk menikmati kesegaran air terjun di area dangkal. Untuk keselamatan, tersedia pelampung atau ban yang bisa kamu sewa untuk buah hati tercinta.

15. Goa Garunggang

Goa Garunggang

Sumber: kompasiana.com

  • Alamat: Jalan Ptp Terusan, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
  • Jam operasional: 08.00-16.30
  • HTM: Rp20.000

Jika ingin kegiatan wisata yang lebih menantang, Gua Garunggang bisa menjadi pilihan. Tempat satu ini memiliki tiga gua unik, tapi hanya dua saja yang aman dikunjungi.

Selain gua, pemandangan di luarnya juga tak kalah menarik; kamu akan menjumpai kumpulan batu eksotis yang wajib banget diabadikan dalam kamera.

Walau begitu, kamu perlu trekking terlebih dahulu sebelum mencapai area gua. Jalurnya tidak menanjak sehingga cukup aman jika pergi bersama anak.

Staycation di Tengah Perkebunan Teh, Jauh dari Keramaian

bobobox

Ada beragam akomodasi di Bogor yang bisa kamu pilih sesuai lokasi dan kenyamanan. Salah satunya adalah Bobocabin Gunung Mas, tempat yang cocok untuk lari dari kesibukan dan penatnya perkotaan.

Karena berdiri di tengah sejuknya udara Kota Hujan, Bobocabin menjanjikan tempat istirahat di tengah perkebunan teh yang jauh dari keramaian. Di dalam kabin, kamu bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti speaker Bluetooth, moodlamp, dan Smart Window.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles