skating jakarta

Tempat Skating Jakarta Kekinian di Moja Museum

Kamu kangen nggak sih main sepatu roda kaya waktu kecil dulu? Tenang, di Jakarta sekarang ada yang namanya Roja atau Roller Skating Jakarta. Tempat ini merupakan bagian dari MoJA atau Museum of Jakarta. Penasaran seperti apa tempat skating Jakarta ini? Yuk kita simak sama-sama.

Bersepatu roda di Museum of Jakarta

skating jakarta

@mojamuseum

Buat kamu yang belum tahu, MoJA atau Muesum of Jakarta merupakan museum yang memadukan instalasi seni dengan tema kekinian. Museum ini menampilkan tema koleksi yang berbeda-beda setiap periode waktunya dan lebih cenderung kepada cinema art.

Nah, di periode kali ini, yaitu sejak Mei 2019, MoJA Museum mengusung konsep ROJA atau Roller Skating Jakarta, sebuah perpaduan antara permainan sepatu roda dan spot-spot foto yang instagenic. Nuansa yang disuguhkan seperti roller disco yang sempat populer di berbagai negara, terutama Amerika Serikat.

Di tempat skating Jakarta ini kamu tidak hanya bisa bermain sepatu roda tapi juga melihat spot-spot kece sambil berfoto-foto. Kamu bisa bergaya ala 80-an dan berfoto dengan mesin juke box yang disediakan. Ada juga meja bar yang disediakan supaya kamu bisa berfoto di tempat skating Jakarta ini seperti di film-film.

Warna dan pernak-pernik yang digunakan di tempat skating Jakarta ini sangat identik dengan tahun 80-an. Perpaduan warna cerah seperti merah, ungu, biru, dan hijau mendominasi arena skating. Namun, kesan jadulnya masih sangat terasa. Ada lampu disko yang menggantung dan dekorasi lain yang nggak kalah kece.

Sejak pertama kali dibuka, Roller Skating Jakarta dari MoJA ini sudah berada di lokasinya yang ketiga. Tentu saja dengan tema yang berbeda pula.

Oh iya jika kamu ingin mencoba pengalaman seru di tempat skating Jakarta ini, jangan lupa untuk mengenakan kaus kaki ya. Soalnya, kamu tidak bisa mengenakan sepatu roda yang kamu sewa jika tidak menggunakan kaus kaki.

Akan tetapi, jika kamu lupa untuk mengenakan kaus kaki, kamu bisa membelinya dengan harga Rp25.000 saja. Desainnya pun unik dan bisa dijadikan sebagai suvenir. Kamu juga bisa membeli sepatu rodanya jika kamu mau dengan harga Rp1.000.000.

Sepatu roda dulu dan kini

Bermain sepatu roda adalah kegiatan yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Keberadaannya sudah ada sejak tahun 1700an. Tepatnya pada tahun 1743, sepatu roda digunakan di atas panggung pertunjukkan di London.

Belum ada data yang menunjukkan tentang siapa penemu sepatu roda di waktu itu. Barulah pada tahun 1760 John Joseph Merlin dikenal sebagai penemu sepatu roda dengan desain yang masih sederhana.

Karena desainnya yang masih kurang bagus, para penemu terus memperbaiki desain sepatu roda supaya menjadi lebih baik dan mudah digunakan. Penggunaannya pun terus berkembang hingga sekarang. Di Indonesia sendiri sepatu roda mulai populer sejak tahun 1999 meskipun tidak sepopuler BMX dan skateboard.

Memasuki era yang lebih modern dan kreatif, sepatu roda tak hanya dijadikan sebagai olahraga saja. Sekarang, kamu bisa menikmati kegiatan ini dengan cara yang berbeda. Kamu tidak hanya berselancar menggunakan sepatu roda di atas arena saja tapi juga menikmati sajian seni visual yang trendi seperti di tempat skating Jakarta MoJA.

Roller disco

skating jakarta

Photo by Charlotte Coneybeer on Unsplash

Roller disco merupakan tempat berdisko sekaligus arena skating di mana pemainnya menari menggunakan sepatu roda diiringi dengan musik yang cocok untuk berdansa.

Biasanya musik yang dimainkan adalah musik disko namun seiring perkembangan zaman, musik lain seperti pop, rock, elektronik, dan jenis musik lain pun turut dimainkan. Konsep ini berawal di tahun 1970 di mana pada saat itu orang-orang sedang keranjingan disko. Puncak dari roller disco adalah di tahun 1980.

Pada tahun 1984, tren roller disco mulai masuk ke Inggris dan sejak saat itu, roller disco muncul di berbagai negara termasuk tempat skating Jakrta. Akan tetapi, tren ini mulai hilang sejak tahun 2006 meskipun masih banyak tempat roller disco yang bertahan yang buka pada tahun 70-an.

Roller disco juga cukup populer di kalangan remaja terutama untuk berpesta. Layaknya disko pada umumnya, roller disco juga menggunakan efek spesial seperti mesin asap dan lampu-lampu. Tempat skating Jakarta MoJA juga mengusung konsep ini.

Jenis-jenis sepatu roda

Pada dasarnya, ada lima jenis sepatu roda yang biasa digunakan yaitu Artistic, Jam, Speed, Derby, dan Rhythm.

Artistic

Sepatu roda Artistic umumnya digunakan untuk single free skate, pairs skating, solo dance, pairs dancing, synchronized skating, dan show teams.

Jam

Sepatu roda jenis Jam biasanya digunakan untuk menari, senam, dan bersepatu roda biasa. Jenis sepatu roda Jam terpengaruhi roller disco di era 1970-an.

Speed

Speed digunakan biasanya untuk lap skating, time trials, sprints, relays, dan maraton.

Derby

Sepatu roda Derby didesain khusus untuk olahraga roller derby meskipun bentuknya mirip dengan sepatu roda biasa.

Rhythm

Jenis sepatu roda ini didesain untuk menari, shuffle skating, dan slides.

Museum tempat skating Jakarta kekinian untuk masa depan

skating jakarta

@mojamuseum

Museum merupakan bagian penting dari pembangunan peradaban. Lihat saja negara-negara besar seperti Prancis, Italia, Inggris, dan Amerika Serikat. Museum ada di mana-mana dan bukan menjadi tempat pajangan semata. Orang-orang mengantri demi bisa melihat koleksi yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, langkah MoJA dalam memadukan konsep museum dan tempat skating Jakarta adalah sebuah langkah yang segar. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap museum.

Dengan demikian, museum bisa menjadi tren baru bagi anak muda sebagai tempat berlibur dan menambah pengetahuan. Terlebih, dengan menjadikan museum sebagai tempat skating Jakarta, kamu juga bisa sambil berolahraga.

Harga tiket tempat Skating Jakarta MoJA

Weekday
  • 2 jam: Rp90.000 (tambah Rp25.000 per jam jika melebihi waktu)
  • Satu hari penuh: Rp150.000
Weekend
  • 2 jam: Rp110.000 (tambah Rp25.000 per jam jika melebihi waktu)
  • Satu hari penuh: Rp200.000
Harga per kelompok
  • 10 orang ke atas: diskon 10 persen
  • 20 orang ke atas: diskon 15 persen

Harga tiket tempat skating Jakrta MoJA sudah termasuk sewa sepatu roda.

Dari tempat skating Jakarta MoJA, mampir dulu ke Bobobox

bobobox

Setelah seharian bermain sepatu roda kamu tentunya butuh tempat istirahat yang nyaman dan juga terjangkau. Apalagi buat kamu yang sengaja datang ke tempat skating Jakarta dari luar kota.

Nggak perlu bingung karena Bobobox kini hadir di Kebayoran Baru dan Pancoran. Lokasinya dekat dari tempat skating Jakarta MoJA dan juga memiliki akses transportasi yang mudah. Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh berkendara.

Hotel kapsul yang satu ini bisa bikin kamu rileks. Meskipun terletak di tengah kota, suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox sekarang juga!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles