takjil khas betawi

Inilah 15 Takjil Khas Betawi yang Banyak Dicari, Mana Favoritmu?

Waktu berbuka puasa sebentar lagi tiba! Rasanya menyenangkan kalau berbuka puasa dengan sajian takjil menarik yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Pernahkan kamu mencoba takjil khas Betawi yang bikin waktu berbuka puasa jadi makin meriah? 

Takjil Khas Betawi untuk Buka Puasa

Agar tak salah beli, Bob sudah merangkum beberapa opsi takjil khas Betawi untuk buka puasa. Rasanya dijamin enak dan bikin buka puasa kamu makin nikmat.

Berikut adalah takjil khas Betawi rekomendasi Bob:

1. Es Selendang Mayang

Takjil khas Betawi yang pertama adalah es selendang mayang. Takjil ini terbuat dari tepung kacang hijau atau tepung beras. 

Kue ini memiliki warna menarik, yaitu warna merah, putih, dan hijau, sehingga terlihat layaknya selendang perempuan.

Baca Juga: Sedang Mempersiapkan Hidangan Buka Puasa? Simak Perbedaan Jenis Tepung Berikut Ini!

2. Es Pacar Cina

Berikutnya adalah es pacar cina yang berbentuk bola-bola kecil. Jajanan ini memiliki rasa manis dan terbuat dari tepung sagu atau tapioka.

Es pacar cina ini memiliki tekstur yang kenyal mirip boba, tapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil. 

3. Ketan Sarikaya

Ketan Sarikaya

Sumber: Berita Sukoharjo – Pikiran-Rakyat.com

Takjil khas Betawi berikutnya adalah ketan sarikaya. Bahannya adalah ketan yang telah dikukus, dengan tambahan srikaya di atasnya. Wangi dan lezat!

4. Kolak Pisang

Siapa sih, yang tak kenal dengan kolak pisang?

Kolak pisang khas Betawi umumnya dibuat dengan menggunakan pisang kepok atau pisang tanduk saja.

Selain itu, pembuatan santannya pun biasanya terpisah dari kolak, sehingga kolak pisang bisa awet lebih lama. 

5. Kue Cucur

Kue khas Betawi yang satu ini dibuat dari tepung beras dan gula merah yang kemudian digoreng. Enak dan bikin kenyang, pasti cocok untuk buka puasa!

6. Kue Pancong

Ingin jajanan manis khas Betawi yang mengenyangkan lagi? Kamu bisa mencicipi kue pancong. Kue pancong ini terbuat dari tepung beras, santan, dan parutan kelapa.

Baca juga: Tempat Toko Kue Enak di Bandung yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

7. Asinan Betawi

Selanjutnya, kamu juga harus menjajal takjil khas Betawi yang bernama asinan Betawi ini.

Asinan ini terdiri dari berbagai potongan sayuran tauge, kol, sawi, wortel, tahu kuning, ubi merah, dan bengkuang.

Potongan-potongan sayur ini kemudian disiram kuah yang punya cita rasa gurih, pedas, dan sedikit asam. 

8. Putu Mayang

Putu Mayang

Sumber: Tastemade

Jajanan yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Betawi. Sebab, rasanya memang enak dan tampilannya juga menarik.

Putu mayang ini memiliki bentuk keriting seperti kumpulan mi. Dalam penyajiannya, putu mayang disiram dengan kuah manis yang terbuat dari campuran gula merah dan sedikit santan. 

9. Kue Talam

Bagi kamu pencinta rasa manis dan gurih, mungkin kamu akan suka dengan kue talam ini.

Kue talam memiliki perpaduan rasa manis dan gurih yang unik. Rasa manis kue ini berasal dari gula merah, sedangkan dan rasa gurihnya datang dari santan. 

10. Mi Juhi Betawi

Bicara soal santapan berupa mi, masyarakat Betawi punye Mi Juhi Betawi yang juga dikenal dengan rujak juhi.

Juhi adalah cumi atau sotong yang telah diawetkan dan memiliki rasa gurih dengan tekstur cenderung kering.

11. Ketan Lupis

Takjil khas Betawi berikutnya adalah ketan lupis, yang berbentuk lonjong padat atau segitiga berwarna hijau. Ketan lupis terbuat dari beras ketan yang dibuat tanpa bahan pengawet.

12. Kue Rangi

Kue Rangi

Sumber: Kompas.com

Berikutnya adalah kue rangi, jajanan yang terbuat dari campuran tepung kanji dan kelapa parut. Adonan ini kemudian dipanggang dengan cetakan khusus di atas tungku, dan ditutup agar cepat matang.

13. Dongkal

Selanjutnya, ada juga takjil khas Betawi lainnya yang bernama dongkal. Dongkal terbuat dari tepung beras dan gula aren, dan bisa dibilang hampir mirip dengan kue putu.

Hal yang membuat dongkal ini berbeda dengan kue putu adalah penyajiannya. Dongkal disajikan dalam balutan warna putih berbentuk kerucut, lain dengan putu yang berbentuk tabung.

14. Stup Tape  

Di daerah lain, sajian yang mirip stup tape adalah kolak tape. Stup tape ini bisa dibilang mirip kolak tape karena sama-sama memiliki warna coklat yang dihasilkan oleh warna dari gula jawa. 

Nah, kalau stup tape dari Betawi ini berwarna putih karena terbuat dari gula pasir, kayu manis, daun jeruk, dan daun pandan. Beberapa orang terkadang menambahkan cengkeh ke dalam stup tape Betawinya. 

15. Bubur Jali 

Takjil khas Betawi yang terakhir adalah bubur jali yang dibuat dari biji jali yang dikupas lalu dijemur. Biji buah jali ini dikenal berwarna putih bulat seperti kacang.

Baca Juga: 9 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa, Bikin Makin Semangat

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Tanah Abang, Jakarta!

lobby 2 bobobox

Sumber: @Bobobox via Instagram

Bagi kamu yang tertarik ingin mencoba langsung kuliner takjil khas Betawi di atas, kamu bisa coba liburan sambil menikmati suasana Ramadan di Kota Jakarta.

Selama kamu sedang berada di Kota Jakarta, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. 

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox Tanah Abang. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles