wisata murah kota solo

Ga Pake Mahal, Ini Dia 7 Spot Wisata Murah Kota Solo! Senang dengan Bujet Minimal!

Bobobox.co.id — Memilih destinasi wisata yang kamu tuju untuk liburan kerap terbentur dengan bujet yang minim. Untuk itu, kamu bisa mengunjungi spot wisata murah Kota Solo yang Bob rekomendasikan.

Tempat wisata ini sendiri wajib dikunjungi bukannya tanpa alasan. Harga tiket yang terbilang murah menjadi alasan utama tempat ini layak masuk bucket list khususnya yang memiliki bujet liburan yang terbatas.

Meski murah, tempat wisata ini tetap memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan seperti halnya tempat wisata dengan tiket masuk yang mahal. Jadi, kamu tak perlu khawatir soal worth it tidaknya tempat-tempat tersebut.

Daripada penasaran, Bob akan membagikan tujuh spot wisata murah Kota Solo yang wajib kamu kunjungi. Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya!

7 Rekomendasi Spot Wisata Murah Kota Solo

1. Museum Batik Danar Hadi

Rekomendasi spot wisata murah Kota Solo adalah Museum Batik Danar Hadi. Terkenal dengan nama House of Danar Hadi atau HDH, tempat ini menyuguhkan berbagai koleksi batik dengan motif dan pola yang beragam dari berbagai daerah seluruh Indonesia.

Selin motik batik kontemporer, ada juga batik-batik klasik yang terpajang pada museum ini. Bahkan, pihak museum juga menayangkan secara langsung bagaimana proses pembuatan batik pada salah satu area.

Sejauh ini, Museum Batik Danarhadi mempunyai setidaknya kurang lebih 10 ribu koleksi batik. Wajar jika destinasi wisata Solo ini dinobatkan sebagai pemilik koleksi kain batik terbanyak dari Museum Rekor Dunia Indonesia.

Untuk masuk ke museum ini, kamu hanya perlu membayar Rp35.000 untuk umum dan Rp15.000 untuk pelajar. Harga tersebut tentu terbilang murah dan tidak akan bikin kantong bolong khususnya bagi yang liburan minim bujet.

wisata murah kota solo museum batik danar hadi

sumber: pasjabar.com

2. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Spot wisata murah Kota Solo selanjutnya ini tidak boleh terlewatkan dan bahkan harus masuk ke bucket listmu. Tempat yang Bob maksud adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau kerap disebut Keraton Surakarta saja.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningkarta adalah bangunan sejarah yang masih bisa kamu kunjungi. Didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744, destinasi wisata ini dibangun sebagai pengganti Keraton Kartasura yang hancur pada saat itu.

Saat ini, Keraton Sukarta berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi destinasi liburan yang bisa dikunjungi bagi para pengunjung Kota Solo.

Harga tiket masuknya untuk perseorangan hanya seharga Rp10.000, sedangkan rombongan dan turis asing sebesar Rp8.000 dan Rp15.000. Jika kamu yang ingin memotret bagian dalamnya, ada tarif sebesar Rp3.500 yang harus kamu bayar.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

sumber: promoliburan.com


Baca Juga: 3 Hari 3 Malam Wisata Di Kota Solo Dengan Bujet 1,5 Juta


3. Galabo

Layaknya berwisata ke kota destinasi wisata, tak lengkap rasanya jika berkunjungi ke tempat wisata Solo tetapi tidak singgah untuk menyantap kuliner khas dari kota batik ini.

Nah, tempat yang pas untuk menikmati kuliner khas Solo ini adalah Galabo. Galabo atau Gladag Langen Bogan mempunyai kurang lebih 28 kios siap memanjakan perutmu yang sudah keroncong sehabis berkeliling destinasi wisata Solo.

Beberapa menu yang bisa kamu pesan selama di antaranya ada gudeg cakar Margoyudan, tahu kupat, wedang ronde, sate buntel, dan masik banyak lainnya yang pas untuk mengisi perut kosong.

Soal harga, tak perlu risaukhawatir. Walaupun terbilang lebih mahal dibandingkan pedagang dengan menu yang sama, tetapi kenyamanan tempat dan rasanya tentu masih tetap terjangkau kok.

galabo

sumber: timlo.net

4. Kampung Batik Kauman

Jika tadi kamu hanya bisa melihat koleksi batik di Museum Batik Danarhadi, spot wisata murah Kota Solo ini adalah tempat melihat langsung proses pembatikan dan juga membeli langsung batik khas Solo.

Destinasi wisata tersebut sudah terkenal dan bahkan menjadi salah satu destinasi yang banyak dituju oleh pengunjung. Apalagi kalau bukan Kampung Batik Kauman. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Surakarta.

Oleh karenanya, setelah berkeliling Keraton Surakarta, kamu bisa langsung mampir ke sini. Kamu juga bisa membeli beragam motif dan corak batik yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

wisata murah kota solo Kampung Batik Kauman

sumber: tourism.pekalongankota.go.id


Baca Juga: Yuk, Berwisata Ke 8 Pantai Yang Terdekat Sekitar Wilayah Solo!


5. Pura Mangkunegaran

Tak hanya Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran menjadi wisata murah Kota Solo selanjutnya yang wajib kamu kunjungi. Istana yang terlihat megah dan indah ini adalah tempat kediaman resmi pimpinan Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Saat masuk ke area pura, kamu akan disambut dengan halaman yang luas dengan bangunan bergaya arsitektur khas Eropa. Ketika sampai dalam wilayah interior, pendopo bergaya arsitektur kombinasi Eropa dan Jawa terlihat kentara.

Jika memang memungkinkan, datanglah ke Pura Mangkunegaran pada hari Rabu. Setiap hari Rabu kamu bisa melihat secara langsung gelaran gamelan yang rutin terselenggara pada hari tersebut. Ataupun jika tidak memungkinkan, kamu bisa melihat para penari tradisional dan modern berlatih di sanggar tari tiap harinya pada jam 3 sore. Soal harga tiket masuk, kamu hanya perlu membayar Rp10.000 saja.

wisata murah kota solo Pura Mangkunegaran

sumber: puromangkunegaran.com

6. Museum Radya Pustaka

Tak hanya Museum Batik Danarhadi saja yang wajib kamu kunjungi, ada juga Museum Radya Pustaka yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Wisata murah Kota Solo ini telah ada sejak tanggal 28 Oktober 1890 dan menjadi museum paling tua di Indonesia.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda kuno peninggalan sejarah Keraton Mataram dan yang memiliki kaitan erat dengan Kota Solo seperti gamelan, wayang kulit, koleksi keramik, senjata tradisional, dan masih banyak lainnya.

Memiliki jam operasional dari hari Selasa hingga Minggu, kamu bisa melihat langsung koleksi tersebut dengan membayar Rp35.000 untuk umum dan Rp15.000 untuk pelajar. Tertarik datang ke tempat ini?

wisata murah kota solo Museum Radya Pustaka

sumber: radyapustaka.id


Baca Juga: Ini Dia 10 Wisata Kuliner Solo 2021 Yang Harus Kamu Coba Saat Menginap Di Bobobox Solo Slamet Riyadi


7. Pasar Antik Triwindu

Wisata murah Kota Solo yang terakhir ini sebagai tempatmu membeli oleh-oleh bagi sanak famili khususnya yang senang dengan barang-barang antik. Di Pasar Antik Triwindu, kamu bisa dengan mudah menemukan para pedagang yang menjual barang-barang jaman dulu (jadul) dan vintage.

Barang-barang yang dijual di sini di antaranya adalah pajangan, hiasan rumah, dan berbagai macam koleksi barang-barang lawas yang memiliki nilai seni tinggi.

Harga yang ditawarkan untuk tiap barangnya sendiri bervariasi. Tinggal keluarkan jurus tawar-menawar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jika ingin, kamu pun bisa membayar barang yang kamu inginkan dengan cara barter dengan barang antik yang kamu bawa.

wisata murah kota solo pasar triwindu

sumber: tentangsolo.web.id

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Ya di Bobobox

Nah, setelah memutuskan untuk liburan, tentu kamu membutuhkan tempat menginap yang cocok untuk kamu inapi selama liburan nantinya. Salah satu yang recommended adalah Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul dengan konsep futuristik yang menawarkan fasilitas-fasilitas keren bagi para pengunjung yang datang. Walaupun menawarkan fasilitas-fasilitas keren, bukan berarti harga inap per malamnya mahal. Malah, di sini, kamu bisa menginap dengan harga terjangkau.

Pemesanan pod di Bobobox cukup mudah kok. Tinggal unduh aplikasi Bobobox di sini dan podnya bisa dipesan lewat smartphonemu di manapun dan kapanpun kamu mau.

kamar bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles