snorkeling pangandaran

Snorkeling Pangandaran: Nikmati Pesona Bawah Air yang Indah

Warga Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan Pantai Pangandaran, salah satu destinasi liburan favorit di tanah Pasundan.

Alasan utamanya adalah karena Pantai Pangandaran merupakan pantai menarik yang memanjakan mata. Kamu dapat mengunjungi pantai unik dengan pasir hitam di bagian timur dan pasir putih di bagian barat!

Tentunya, pantai ini juga menawarkan ragam kegiatan seru yang dapat kamu lakukan. Salah satunya adalah snorkeling, yang dapat membawamu bertualang ke alam bawah laut yang tak kalah cantik dari pemandangan di permukaannya.

Menarik, bukan? Yuk, kenali lebih dalam seputar Pantai Pangandaran, rute perjalanan, daya tarik snorkeling di Pantai Pangandaran, lengkap hingga tip snorkeling yang aman!

Sekilas Mengenai Pantai Pangandaran

snorkeling pangandaran

Sumber: portal.pangandarankab.go.id

Pemandangan cantik pantai-pantai di Pangandaran membuat kabupaten ini dijuluki sebagai Hawaii van Jabar, yang berarti Hawaii dari Jawa Barat, oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Salah satu pantai yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Pangandaran. Terletak di Desa Pangandaran dan Pananjung, Kabupaten Pangandaran, pantai yang menghadap ke Samudra Hindia ini menjadi terkenal berkat perpaduan unik pasir putih dan pasir hitamnya. 

Tak hanya itu, Pantai Pangandaran juga menawarkan pemandangan alam indah yang masih terjaga serta matahari terbenam yang menakjubkan. Tak heran jika AsiaRooms menobatkannya sebagai pantai terbaik di Provinsi Jawa Barat.

Terdapat pula cagar alam hutan dan gua yang bisa kamu jelajahi di sekitar area pantai. Jadi, kegiatan air bukanlah satu-satunya jenis kegiatan yang dapat kamu lakukan di sini.

Masyarakat Pantai Pangandaran umumnya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Hal ini menyebabkan Pangandaran mendapat julukan Kota Nelayan Kecil. Maka, tak jarang bagi pengunjung untuk melihat perahu-perahu nelayan di area pantai.

Baca Juga: Nikmati Pesona Pangandaran Lewat 7 Tempat Ini!

Lokasi & Rute Menuju Pantai Pangandaran

Lokasi & Rute Menuju Pantai Pangandaran

Sumber: pantaipangandaran_ via Instagram

Setelah mengetahui sekilas informasi mengenai Pantai Pangandaran, kini saatnya merencanakan liburan ke Pangandaran dengan lebih detail. Berikut panduan lengkap seputar lokasi dan rute terbaik untuk mencapai Pantai Pangandaran:

1. Bus

  • Dari Jakarta: Kamu bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan menuju Terminal Pangandaran. Terminal Pangandaran hanya berjarak 300 meter dari gerbang masuk pantai.
  • Dari Bandung: Kamu bisa naik bus dari Terminal Cicaheum dengan rute Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran. Bus Budiman adalah salah satu pilihan yang bisa digunakan.
  • Dari Yogyakarta: Kamu bisa naik bus dengan rute Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Pangandaran.

2. Kereta

Terdapat dua pilihan stasiun terdekat menuju Pangandaran, yaitu Stasiun Banjar (waktu tempuhnya sekitar 2 jam menuju Pangandaran) dan Stasiun Sidareja (waktu tempuh sekitar 1,5 jam).

Dari stasiun, kamu bisa menggunakan jasa penyewaan mobil atau taksi untuk dapat mencapai tujuan.

Baca Juga: Jadwal dan Rute Kereta ke Pangandaran, serta Panduan menuju Pantai Madasari

3. Pesawat

Maskapai Susi Air menyediakan jasa penerbangan dari Jakarta dan Bandung ke Pangandaran setiap harinya, dengan durasi penerbangan sekitar satu jam.

4. Kendaraan Pribadi

Jika kamu lebih suka road trip dengan kendaraan pribadi, kamu dapat mengikuti rute yang diambil oleh layanan bus atau mengandalkan navigasi dari peta online. Namun, demi keselamatan, pastikan kendaraan berada dalam kondisi yang baik sebelum perjalanan, ya!

  • Dari Jakarta: Kamu bisa mengambil rute Jakarta – Cikampek – Cipularang – Purbaleunyi dan keluar di Cileunyi. Lalu, ambil Jalan Nasional III menuju Ciamis dan Pangandaran. Rute ini menempuh jarak sekitar 350-an km dan waktu tempuh normal 7 jam perjalanan.
  • Dari Bandung: Kamu bisa mengambil rute Bandung – Cicalengka – Soreang – Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Pangandaran. Rute ini menempuh jarak 191 kilometer dalam waktu 6 jam.
  • Dari Yogyakarta: Kamu bisa mengambil rute Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Pangandaran. Rute ini menempuh jarak 283 kilometer dalam waktu 7 jam.

Bobocabin Bobobox

Daya Tarik Snorkeling di Pantai Pangandaran

Daya Tarik Snorkeling di Pantai Pangandaran

Sumber: Lars H Knudsen via Pexels

Pantai Pangandaran punya segudang daya tarik yang akan bikin kamu jatuh cinta. Pasir yang bersih dan pemandangan yang indah adalah salah satunya. Selain itu, Pantai ini juga menyuguhkan berbagai daya tarik lainnya:

  • Kejernihan air dan keindahan bawah laut: Saat kamu snorkeling di Pangandaran, kamu akan mendapati bahwa air lautnya sangat jernih. Jadi, kamu bisa melihat kehidupan bawah lautnya dengan jelas. Ada berbagai jenis ikan tropis, terumbu karang, dan biota laut lainnya yang akan menyambutmu.
  • Pantai yang landai: Pantai Pangandaran memiliki karakteristik pantai yang landai. Jarak antara pasang dan surutnya pun relatif lama. Dengan demikian, kamu bisa berenang dan snorkeling dengan aman.
  • Hamparan pasir putih: Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan luas. Sungguh sempurna untuk berjemur atau bermain-main di tepi pantai!
  • Pemandangan alam yang menakjubkan: Dikelilingi oleh hutan tropis yang indah, Pantai Pangandaran menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.
  • Sunrise dan sunset yang indah: Kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang ciamik dari pantai ini.
  • Gua Jepang: Tidak jauh dari pantai, ada Gua Jepang yang merupakan peninggalan sejarah. Gua ini dulu digunakan oleh tentara Jepang sebagai bunker dan benteng saat perang. Di dalamnya terdapat ruangan untuk menyimpan senjata.

Lewat snorkeling, kamu dapat berinteraksi langsung dengan aneka ragam hayati yang menakjubkan, seperti terumbu karang yang cantik, ikan warna-warni yang berenang bebas, hingga tumbuh-tumbuhan laut yang menghiasi terumbu karang.

Kondisi perairannya yang tidak terlalu dalam juga membuatnya cocok bagi para pemula yang ingin mencoba snorkeling. Jangan khawatir, kamu akan dibimbing untuk menggunakan peralatan snorkeling dengan baik dan benar oleh para pemandu yang andal.

Selain snorkeling, kamu juga dapat melakukan penjelajahan dengan perahu, mengunjungi cagar alam, serta menikmati panorama laut yang cantik.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Pangandaran yang Dijamin Bikin Ketagihan

6 Tips Snorkeling di Pantai Pangandaran

5 Tips Snorkeling di Pantai Pangandaran

Sumber: mali maeder via Pexels

Untuk memastikan kegiatan snorkeling di Pantai Pangandaran berjalan lancar, pastikan untuk mengikuti tip-tip berikut:

1. Menyewa Jasa Pemandu

Tugas pemandu tidak hanya terbatas pada membimbing kamu dalam menggunakan peralatan saja, tapi juga berperan sebagai tour guide untuk membawamu menjelajahi alam bawah laut Pantai Pangandaran.

Selain itu, jika terjadi hal tak terduga seperti kram ataupun kecelakaan lainnya, pemandu profesional dapat langsung sigap mengatasi masalah. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa snorkeling akan berjalan lebih lancar.

2. Cek Peralatan Sebelum Digunakan

Pastikan bahwa peralatan yang akan kamu gunakan sudah sesuai ukuran dan layak digunakan. Jika kamu tidak yakin, lebih baik mintalah petunjuk langsung dari pemandu.

3. Snorkeling di Pagi Hari

Snorkeling pada pagi hari lebih direkomendasikan karena air laut cenderung lebih jernih dan anginnya juga tidak terlalu kencang. Dengan demikian, kamu dapat menikmati pemandangan bawah laut tanpa terganggu.

4. Punya Dasar Berenang

Jika kamu ingin snorkeling dan bermain di pantai, alangkah baiknya memiliki dasar-dasar dalam berenang. Hal ini akan membantu kamu ketika menyelam di air nantinya. Kamu pun akan lebih leluasa menjelajah biota laut di Pantai Pangandaran.

5. Jangan Tegang

Pastikan kamu sudah terbiasa bernapas menggunakan snorkel agar tidak panik saat berada di air. Posisikan tubuh agar telungkup dan menghadap ke bawah, sehingga tubuh akan lebih seimbang dan mampu mengapung di permukaan air.

6. Jangan Menyentuh Biota Laut

Meskipun indah, biota laut bukan untuk disentuh. Jangan sampai mengganggu keseimbangan ekosistem laut hanya karena rasa penasaran, ya!

Biaya Paket Snorkeling di Pangandaran

Jelajahi keindahan bawah laut dengan Paket Snorkeling Pangandaran yang menawarkan petualangan yang menakjubkan. Dengan beragam jenis ikan yang cantik, nikmati pengalaman snorkeling dengan tarif harga yang bersahabat;

  • Peserta >5 Orang Rp. 129.000
  • Peserta >15 Orang Rp. 109.000
  • Peserta >30 Orang Rp. 89.000
  • Peserta >60 Orang Rp. 69.000

Paket Snorkeling Pangandaran menjadi pilihan menarik untuk menjadikan outing Anda di Bandung lebih seru dan berkesan. Ayo, temukan keindahan bawah laut dengan paket snorkeling Pangandaran.

Mencari Penginapan di Sekitar Pantai Pangandaran?

Mencari Penginapan di Sekitar Pantai Pangandaran?

Ingin berlibur di dekat Pantai Pangandaran? Bobocabin Madasari jawabannya!

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Tentunya, kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Tersedia pula fasilitas campfire, BBQ, dan Wi-Fi untuk menunjang pengalaman menginapmu.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta dan Sheila Lalita

Foto header: Sumber: portal.pangandarankab.go.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles